7 Aplikasi Backup Data Terbaik di Android agar Jadi Mudah

Aplikasi Backup Data – therantnation.com. Satu hal penting sekali adalah memilih aplikasi backup data yang dapat melindungi data agar aman tetapi mudah digunakan. Ada begitu banyak kenangan tersimpan dalam sebuah ponsel pintar.

Karena terlalu banyak, ruang penyimpanan di hp pun menjadi penuh sementara masih banyak yang ingin kita rekam. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan backup data.

Selain itu dengan menggunakan aplikasi backup data juga untuk menjaga data di hp seperti foto hingga video agar tidak hilang, juga sangat berguna apabila suatu hari memori hp kita bermasalah.

Aplikasi Backup Data

7 Aplikasi Backup Data Terbaik di Android paling Nyaman dan Cepat

Kami akan merekomendasikan aplikasi backup data yang dapat dipilih dan digunakan. Jangan khawatir, semuanya akan therantnation.com bahas merupakan asasa aman dan mudah diakses. Apabila membutuhkan informasi ini, pastikan membacanya hingga selesai.

1. App Backup Restore and Transfer



App Backup Restore and Transfer dikembangkan oleh Touchfield. Aplikasi ini telah mendapat 7 ribu ulasan dan rating 3+ dari penggunanya mencapai 1 juta orang.

Ia memiliki beberapa fitur seperti backup internal atau SD Card, menginstal ulang dari intertal atau dari kartu SD, sistem kinerja paling aman, hingga fitur share link.

Banyak penggunanya meninggalkan ulasan di Playstore dengan mengatakan bahwa aplikasinya sangat mudah digunakan bagi siapa saja. Selain mudah juga tergolong ringan, sebab kapasitas memorinya hanya 1,7 MB. Jadi bagaimana? Apa Anda tertarik?

2. Super Backup & Restore

2. Super Backup & Restore

Super Backup: SMS & Kontakt
Super Backup: SMS & Kontakt

Super Backup & Restore diluncurkan oleh MobileIdea Studio. Aplikasinya telah mendapat 166 ribu ulasan dan rating 3+ dari penggunanya mencapai 10 juta orang. Angka tertinggi dimiliki oleh sebuah aplikasi serupa di Playstore untuk Android.

Beberapa fiturnya seperti berikut.

  1. Cadangan untuk kartu SD.
  2. Cadangan semua diinstal URL.
  3. Cadangan dan restore.
  4. Cadangan pada kontak.
  5. Log SMS.
  6. Panggilan.
  7. Bookmarks.
  8. Kalender ke kartu SD.
  9. Mampu mengunggah otomatisnya ke Google Drive.

Ada begitu banyak pengguna memberikan bintang 5 dengan alasan aplikasinya sangat bagus karena pengembang juga selalu melakukan pembaruan untuk fitur-fitur lebih canggih. Untuk memilikinya tinggal menyiapkan memori hp kosong sekitar 11 MB saja untuk pemasangan.

3. Nyadangkeun Mulangkeun Transfer

3. App Nyadangkeun Mulangkeun Transfer


Nyadangkeun Mulangkeun Transfer dikembangkan oleh Trustlook Apps. Aplikasinya telah mendapat 46 ribu ulasan dan rating 3+ dari 5 juta pengguna. Nyadangkeun Mulangkeun Transfer adalah aplikasi kedua dengan pengguna terbanyak setelah Super Backup & Restore.

Ada beberapa fitur dimilikinya, seperti membackup otomatis dan pemutakhiran fitur selalu aktif. Bagi para penggunanya sangat membantu karena ia cepat berkembang dengan fitur-fitur terbaru. Jika ingin mengunduhnya, pastikan ada 3,5 MB memori hp Anda kosong.

Baca : 28 Aplikasi Nonton Film Bioskop

4. G Cloud Backup

G Cloud Backup

G Cloud Backup
G Cloud Backup
Developer: Genie9 LTD
Price: Free+

G Cloud Backup diluncurkan oleh Genie9 LTD. Aplikasinya mendapat 300 ribu ulasan dan rating 3+ dari 5 juta lebih penggunanya. G Cloud Backup sama dengan Nyadangkeun Mulangkeun Transfer yang memiliki jumlah pengguna di bawah 10 juta seperti Super Backup.

Ada beberapa fitur dimilikinya adalah sebagai berikut.

  1. Cadangan sederhana pada pesan.
  2. Kontak.
  3. Foto.
  4. Video.
  5. Musik.
  6. Dokumen.
  7. Log panggilan.
  8. File menuju ke lokasi cloud yang lebih aman.
  9. Mengatur kenangan seperti video dan foto sesuai waktu Anda mengambilnya.

Bagi banyak pengguna, aplikasinya sangat membantu karena berbagai ftur cadangan ditawarkannya gratis, di saat banyak aplikasi meminta penggunanya membeli fitur-fitur tersebut.

Semua fitur dalam G Cloud Backup bisa didapatkan hanya dengan menyisihkan 34 MB ruang kosong pada hp Anda.

5. My Cloud

5. My Cloud

My Cloud
My Cloud

My Cloud dikembangkan oleh Western Digital Technologies, Inc. Aplikasinya mempunyai 88 ribu ulasan dan rating 3+ dari 5 juta lebih penggunanya. My Cloud juga cukup digemari karena berbagai fiturnya sangat membantu.

Sebagai sebuah backup, My Cloud mengatakan dirinya mampu membuat seseorang mengakses kenangannya dari mana saja dengan mudah.

Sebab semua foto, video, hingga file-file pribadi yang mereka miliki akan terintegrasi dan tersimpan otomatis pada sebuah cloud pusat. Dimana cloud tersebut hanya bisa diakses oleh si pemilik data saja, tanpa bisa diakses oleh orang lain ataupun pengembang sekalipun.

Bintang 5 pun bermunculan dari para pengguna karena mampu membuatkan semacam ruang pribadi bisa digunakan menyimpan kenangan. Apabila tertarik menggunakannya, pastikan ada 23 MB memori kosong pada hpnya ya.

6. Backup Your Mobile

6. Backup Your Mobile

Sichere dein Handy - Backup
Sichere dein Handy - Backup

Backup Your Mobile diluncurkan Artur Jaszczyk. Aplikasinya mempunyai 19 ribu ulasan dan rating 3+ dari 1 juta lebih penggunanya di seluruh dunia. Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki, berikut daftarnya.

  1. Mampu dengan sangat cepat memcadangankan semua data dari hp pengguna.
  2. Memulihkannya secara segera.
  3. Tidak hanya video, foto dan file penting saja, pengguna pun mampu memcadangankan sandi WIFI yang sudah tersimpan, APN, event kalender, hingga riwayat browser.

Banyak user memberikan 5 bintang, sebab sangat membantu mereka karena mengirim cadangan kini lebih mudah dan menyenangkan. Jika ingin memilikinya, jangan lupa siapkan 8,7 MB memori kosong.

Baca : 12 Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik untuk Pemula

7. Autosync for Google Drive

7. Autosync for Google Drive

Autosync for Google Drive
Autosync for Google Drive
Developer: MetaCtrl
Price: Free+

Autosync for Google Drive dikembangkan MetaCtrl. Aplikasinya mempunyai 28 ribu ulasan dan rating 3+ dari 1juta lebih penggunanya. Ada beberapa fitur ditawarkan, seperti sinkronisasi berkas secara otomatis dengan penyimpanan clouds pada Google Drive atau perangkat lain.

Jadi jika pengguna menghapus sebuah berkas di lokasi tertentu, berkas yang sama di lokasi lain akan terhapus secara bersamaan. Autosync bahkan mengatakan bahwa mereka sangat efisien dan tidak mengonsumsi daya baterai terlalu besar.

Banyak pengguna puas dan memberikan bintang 5 pada Autosync karena ia dikatakan paling bagus untuk melakukan backup. Autosync tergolong ringan karena hanya berukuran 4,1 MB saja, ya walaupun bukan terkecil namun tetap saja masuk ketegori tidak besar.

Dari berbagai macam aplikasi backup data diatas mana yang paling bagus menurutmu? Tentunya setiap user akan berbeda beda dalam memilihnya. Tinggal disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan diri kita masing-masing ya. Semoga bermanfaat 🙂