10 Aplikasi Berbahaya di Android, Segera Hapus Sekarang Juga!

Aplikasi Berbahaya di Android – therantnation.com. Ada begitu banyak aplikasi di Playstore Android yang siap Anda unduh dan nikmati keseruannya. Masalahnya, tidak semua aplikasi tersebut bisa dikatakan aman. Apabila salah memilih sebuah aplikasi, Anda berpotensi menjadi salah satu korban.

Pada tulisan kali ini kami akan memberikan bocoran beberapa aplikasi berbahaya di Playstore Android yang bisa jadi sudah Anda miliki.

Secara umum, indikator yang terpenuhi untuk mengatakan sebuah aplikasi berbahaya dilihat dari apa saja izin yang dimintanya saat Anda baru saja login di aplikasi tersebut. Jika izinnya sudah berlebihan dan mulai masuk ke ranah pribadi pengguna, kita sudah pasti wajib waspada.

Izin akses yang dimaksud adalah apabila sebuah aplikasi mengajukan permintaan misalnya mengakses lokasi Anda, mengakses memori penyimpanan Anda di ponsel, bahkan mengakses kamera dan beberapa aplikasi lain.

Sebagaimana informasi yang didapatkan dari CNBC Indonesia, VPNPro telah menemukan ada beberapa aplikasi yang ketika diunduh, dapat membahayakan data dari pengguna Android karena izin akses yang dimintanya masuk dalam ranah pribadi.

Baca : 10 Aplikasi Video Time Lapse Terbaik di Android agar Menarik

Diketahui bahwa semua aplikasi tersebut memiliki banyak pengguna aktif di beberapa negara. Sebelum Anda menjadi salah satu korban, berikut kami berikan semua aplikasi yang diungkapkan oleh VPNPro tersebut.

Aplikasi Berbahaya Di Android

10 Aplikasi Berbahaya di Android

Jika Anda memiliki satu atau lebih di antaranya, Anda tentu tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya, bukan? YA BENAR, HAPUS MENGHAPUSNYA!

1. Calender Lite

1. Calendar Lite

Aplikasi yang satu ini mungkin tidak bisa Anda temukan dalam Google Playstore Android. Namun ketika Anda mengetikkannya di Google, Anda akan diarahkan pada sebuah situs pertama yang saat Anda klik akan muncul aplikasi Calender Lite.

Sebuah aplikasi kalender yang sengaja dirancang untuk membantu penggunanya menandai momen-momen penting, membuat pengingat, dan memberitahukan jadwal yang sudah dibuat dengan lebih efektif.

Ada beberapa fitur unggulan yang dipaparkan pada penjelasan di situs tersebut. Pertama, tidak ada iklan yang akan mengganggu Anda. Kedua, interface yang intuitif. Ketiga, pengaturan pengingat. Keempat, mengakses semuanya atas izin dari pengguna.

Fitur keempat inilah yang dinilai bermasalah. Meskipun ia menjadi keunggulan dari Calender Lite, pada kenyataannya fitur ini seringkali meminta izin untuk mengakses data-data pribadi si pengguna. Contohnya saja izin mengakses kontak di ponsel, panggilan, hingga kamera.

2. Candy Selfie Camera

2. Candy Selfie

Saat Anda mengetikkan nama aplikasi ini di Playstore, Anda akan dihadapkan pada sebuah aplikasi foto yang berwarna cerah. Aplikasi Candy Selfie dikembangkan oleh Sweet Selfie Inc. Di mana hingga saat ini sudah ada 67 ribu ulasan dengan rating 3+ yang berasal dari 10 juta lebih orang yang mengunduhnya.

Candy Selfie memperkenalkan dirinya sebagai aplikasi kamera hebat yang membuat foto indah kapan saja. Beberapa fitur pun dibuat seperti filter langsung real time, mempercantik mobil pintar, membuat kolase, dan lain sebagainya.

Meskipun Candy Selfie disenangi oleh banyak orang yang suka selfie dan mengedit fotonya menjadi menarik, namun kenyataan bahwa aplikasi ini menjadi satu dari aplikasi berbahaya menurut VPNPro patut Anda pertimbangkan.

3. Candy Gallery

3. Candy Gallery

Aplikasi Candy Gallery dikembangkan oleh Saho. Saat ini ia sudah memiliki 12 ulasan dengan rating 3+ dari seribu lebih orang yang mengunduhnya. Aplikasi pengatur gambar ini juga mampu mengedit foto dan membagikannya langsung di media sosial.

Sayangnya, Anda harus mempertimbangkan lagi untuk memiliki Candy Gallery. Sebab ia juga masuk dalam catatan aplikasi berbahaya.

Baca : 7 Aplikasi Nonton Drama Korea Subtitle Indonesia Gratis

4. Dig it!

4. Dig It

Aplikasi Dig it! diluncurkan oleh Maindsense Gamers. Saat ini ia sudah memiliki 48 ulasan dengan rating 3+ dari 10 ribu lebih penggunanya. Sebagai sebuah game, Dig it! menawarkan penggunanya untuk menambang agar bisa dapat permata lebih banyak lagi. Jika Anda punya aplikasi ini, Anda harus segera menginstall-nya sekarang juga.

5. File Manager

5. File Manager

Aplikasi File Manager dikembangkan oleh Flashlight + Clock. Saat ini ia sudah memiliki 729 ulasan dan rating 3+ dari 10 juta lebih penggunanya. Sebagai sebuah aplikasi pengelola data dengan fitur-fitur yang dikatakannya lengkap, Anda harus tetap waspada sebab aplikasi ini juga masuk dalam daftar VPNPro.

6. Hi VPN Free VPN

6. Hi Vpn

Aplikasi Hi VPN Free VPN ini dikembangkan oleh MarisolPena. Dimana hingga saat ini sudah ada 22 ulasan dan mendapat rating 3+ dari seribu lebih orang yang mengunduhnya. Pengembang dari Hi VPN mendeskripsikan pada kolom aplikasi bahwa VPN ini gratis dan tidak terbatas untuk perangkat android.

Ada beberapa kelebihan yang diutarakannya. Pertama, VPN ini sangat cepat dan penggunaan gratis selamanya. Kedua, sejumlah besar servernya mencakup seluruh dunia. Ketiga, tidak diperlukan izin tambahan.

Meskipun telah menyebutkan bahwa Hi VPN tidak memerlukan izin tambahan, pada kenyataannya, VPNPro membuktikan jika Hi VPN masuk dalam kategori berbahaya sebagai sebuah aplikasi Android. Izin-izin yang tidak jelas tetap diminta saat pengguna mengakses sesuatu.

7. Net Master

7. Net Master

Apabila Anda mengetikkan nama Net Master di Playstore Android, Anda akan diarahkan pada sebuah aplikasi bernama Akselerator Internet-Game Lebih Cepat. Aplikasi ini sebenarnya diluncurkan oleh Machka Soft. Dimana hingga saat ini sudah ada seribu lebih ulasan dan rating 3+ dari 100 ribu orang yang telah mengunduhnya.

Ada banyak orang yang mungkin tertarik mengunduh aplikasi Net Master ini. Sebab ia menawarkan pengalaman koneksi internet yang lancar kepada penggunanya.

Jika Anda merasa ini tidak penting, bayangkan ada banyak orang di luar sana yang ponselnya lambat dan harus menunggu beberapa lama untuk mengakses sesuatu. Mereka pasti akan mengunduh aplikasi ini agar diberi kemudahan. Sayangnya, Net Master pun masuk dalam catatan hitam VPNPro.

8. Puzzle Box

8. Puzzle Box

Berbeda dari yang lain, aplikasi Puzzle Box adalah aplikasi game satu-satunya yang dinyatakan tidak aman oleh VPNPro. Padahal game ini cukup populer dengan 4 ribu ulasan dan rating 3+ dari penggunanya yang melebihi seratus ribu.

Hadir sebagai aplikasi game yang mudah dan bisa dimainkan oleh segala usia karena ia klasik, Heidoggame, pengembang Puzzle Box, menawarkan kepada penggunanya permainan yang asyik dan gratis.

9. Super Battery

9. Super Battery

Bagi orang-orang yang merasa hidupnya bergantung pada isi ponselnya, pasti akan tertarik menguduh aplikasi yang satu ini. Sebab Super Battery mengiming-imingi penggunanya sebagai aplikasi yang mampu meningkatkan kecepatan kerja dari sebuah ponsel plus meningkatkan masa pakai baterainya.

Game yang diluncurkan oleh Super Battery Team ini telah mendapat 302 ulasan dan rating 3+ dari 100 ribu lebih penggunanya. Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan, antara lain pendingin baterai, memori booster, interface dengan sistem pengoperasian yang mudah, hingga ringan.

Para penggunanya meninggalkan komentar di aplikasi ini dan menyebutkan bahwa mereka merasa terbantu dan baterainya benar-benar bisa bertahan lama. Namun yang belum penggunanya ketahui adalah aplikasi ini bisa mengakses data-data pribadi dari pengguna.

10. Sound Recorder

10. Sound Record

Aplikasi Sound Recorder dikembangkan oleh Quality Apps (Recorder ,Weather, Music). Hingga saat ini, Sound Recorder telah mendapat 679 ribu ulasan dan rating 3+ dari 10 juta lebih orang yang menguduhnya. Sejauh ini, Sound Recorder menjadi aplikasi berbahaya di Android namun banyak diunduh oleh orang-orang yang belum paham.

Bagaimana juga orang-orang tidak terpengaruh, Sound Recorder menampilkan beragam fitur andalan dari dirinya. Pertama, ia mampu merekam suara pengguna dengan kualitas yang tinggi. Sehingga pengguna akan mendapatkan hasil yang jernih pula.

Kedua, interface yang sederhana agar dapat memudahkan penggunaan. Ketiga, mendukung berbagai tindakan operasi. Sayangnya, semua fitur ini tidak bisa menjadi tolak ukur dalam melihat sebuah aplikasi yang benar-benar aman.

UPDATE APLIKASI BERBAHAYA

1. Auto Picture Cut: diunduh 100 ribu kali
2. Color Call Flash: diunduh 50 ribu kali
3. Square Photo Blur: diunduh 500 ribu kali
4. Square Blur Photo: diunduh 500 ribu kali
5. Magic Call Flash: diunduh 50 ribu kali
6. Easy Blur: diunduh 100 ribu kali
7. Image Blur: diunduh lebih dari 100 ribu kali
8. Auto Photo Blur: diunduh 100 ribu kali
9. Photo Blur: diunduh 500 ribu kali
10. Photo Blur Master: diunduh 100 ribu kali
11. Super Call Screen: diunduh 100 ribu kali
12. Square Blur Master: diunduh 100 ribu kali
13. Square Blur: diunduh 50 ribu kali
14. Smart Blur Photo: diunduh 500 ribu kali
15. Smart Photo Blur: diunduh 500 ribu kali
16. Super Call Flash: diunduh 100 ribu kali
17. Smart Call Flash: diunduh 50 ribu kali
18. Blur Photo Editors: diunduh 5.000 kali
19. Blur Image: diunduh 10 ribu kali

Segera hapus apabila anda telah mendownloadnya!