8 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik untuk Pedagang dan Individu

Aplikasi Catatan Keuangan – therantnation.com. Salah satu yang menjadi minat dari berbagai pengembang adalah aplikasi untuk sebuah catatan keuangan harian, mingguan, dan bulanan yang ditujukan untuk pedagang kecil atau mahasiswa. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak perusahaan mulai “melirik” apa saja kebutuhan masyarakat hari ini.

Aplikasi semacam ini bisa menjadi alternatif bagi pedagang dan mahasiswa yang malas mencatatnya di buku seperti model pencatatan tempo dulu. Apalagi hari ini, aplikasi catatan keuangan sudah harus wajib ada di smartphone. Setidaknya pasti mereka memiliki HP jenis Android yang memiliki PlayStore di dalamnya untuk pemasangannya.

Kalau produk dari Google sendiri ada Google Keep, secara sistem juga sama untuk membuat note atau cacatan pengingat, bukan untuk yang keuangan tapi lho ya. Apabila yang khusus keuangan akan admin therantnation sampaikan dibawah. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan berbagai aplikasi catatan keuangan atau aplikasi untuk pendataan keuangan yang sekiranya disukai.

Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik Dan Terbaru Untuk Hp Android

8 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik dan Terbaru untuk HP Android

Kamu pun bisa menyesuaikan fitur yang ditawarkan dengan kebutuhan. Jadi ini adalah informasi yang dibutuhkan saat ini, jangan lupa disimak sampai selesai yang telah therantnation sampaikan ini ya. Bagi yang membutuhkan untuk segala pencatatan transaksi, wajib banget lihat aplikasi catatan keuangan dibawah ini!

1. Aplikasi BukuKas- Catatan Keuangan Harian, Hutang, Piutang


Aplikasi pertama bernama BukuKas atau BeeCash yang diluncurkan oleh PT. Beegroup Financial Indonesia. Aplikasi ini telah mendapat 3 ribu ulasan di Playstore dan mendapat rating 3+ dari penggunanya yang berjumlah 100 ribu lebih orang.

BukuKas sebenarnya lebih diperuntukkan bagi para pedagang di warung, toko kelontong, bengkel, hingga laundry.

Sebab ada beberapa fitur yang mendukung, seperti pencatatan transaksi penjualan, transaksi pengeluaran, hutang piutang, pengingat hutang piutang, laporan penjualan harian hingga tahunan, hingga kartu nama digital untuk usaha.

Berbagai fitur yang ditawarkan cukup sederhana sehingga semua orang bisa menggunakannya. Selain mudah, aplikasi ini juga tergolong ringan karena hanya memakai memori sekitar 9,4 MB saja.

2. Aplikasi Catatan Keuangan

Catatan Keuangan
Catatan Keuangan
Developer: Chad Verbruggen
Price: Free

Aplikasi kedua adalah Catatan Keuangan yang dikembangkan oleh Chad Verbruggen. Aplikasi ini telah mendapat 5 ribu ulasan di Playstore dan mendapat rating 3+ dari penggunanya yang berjumlah lebih dari 100 ribu orang.

Catatan Keuangan sebenarnya diperuntukkan bagi individu yang ingin mengelola keuangannya sendiri.

Beberapa fitur andalan dalam Catatan Keuangan seperti fitur hitung selisih, laporan, format laporan keuangan dalam bentuk file harian excel atau pdf, backup hingga reset data, serta fitur yang terbaru yaitu penambahan grafik overview dan backup Google Drive otomatis.

Para penggunanya juga tidak akan dibuat emosi karena aplikasi yang lambat, sebab fitur smooth dan percepatan saat mengakses sudah disediakan. Karena hanya digunakan oleh individu, aplikasi ini cukup mengambil memori sebesar 4,9 MB saja.

3. Aplikasi Catatan Keuangan Harian


Aplikasi ketiga adalah Catatan Keuangan Harian yang diluncurkan oleh AsyncByte Software. Aplikasi ini telah mendapat 14 ribu ulasan di Playstore dan mendapat rating 3+ dari penggunanya yang berjumlah lebih dari 1 juta orang.

Meskipun namanya Catatan Keuangan Harian, aplikasi pengatur keuangan bahasa indonesia ini tetap bisa digunakan mencatat dan merekap pengeluaran mingguan dan bulanan.

Adapun untuk persoalan fitur yang ditawarkan, Catatan Keuangan Harian sama saja dengan aplikasi catatan keuangan lain, ia hadir dengan desain simpel dan mudah dipakai oleh semua orang.

Bagi beberapa penggunanya, Catatan Keuangan Harian sangat membantu karena ia bisa diexport sesuai kebutuhan dengan pembukuan sederhana. Ukurannya pun sangat ringan hanya 2,8 MB saja.

4. Catatan Keuangan – Pencatat Pemasukan Pengeluaran


Aplikasi keempat adalah Catatan Keuangan yang dikembangkan oleh Riau Smart Soft. Aplikasi ini telah mendapat 7 ribu ulasan di Playstore dan mendapat rating 3+ dari penggunanya yang berjumlah lebih dari 500 ribu orang.

Catatan Keuangan hadir untuk membantu orang-orang mencatat dan mengingat aktivitas pengeluaran dan pemasukannya sehari-hari. Adapun fiturnya seperti deposit untuk menambah uang dalam tabungan, withdraw untuk menarik uang, dan payout.

Awalnya Catatan Keuangan hanya memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tetapi seiring waktu, sekarang Catatan Keuangan sudah dilengkapi dengan bahasa Indonesia agar memudahkan para penggunanya. Jika tertarik, Anda cukup siapkan 8,6 MB saja memori kosong di androidmu.

5. Aplikasi Finansialku-Asisten Keuangan Pribadi


Aplikasi kelima adalah Finansialku yang diluncurkan oleh PT. Solusi Finansialku Indonesia. Aplikasi keuangan pribadi bisa bentuk excel ini telah mendapat seribu ulasan di Playstore dan mendapat rating 3+ dari penggunanya yang berjumlah lebih dari 100 ribu orang.

Finansialku mengklaim mampu membantu penggunanya dalam mengelola dan membuat perencanaan keuangan. Sehingga keuangan bisa lebih terkontrol dan dapat mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Keunggulan dari Finansialku adalah mereka menyediakan jasa konsultasi keuangan secara online yang sudah tersertifikasi. Tidak hanya itu, Finansialku juga rajin memberi edukasi soal keuangan lewat artikel, video, maupun podcast.

Jadi Finansialku cocok sekali digunakan oleh individu yang sudah bekerja, pengusaha baru, atau siapapun yang sedang berjuang mengatur keuangan dengan lebih baik. Jika ingin mendapatkannya, pastikan ada 23 MB memori Anda yang kosong ya.

6. Aplikasi Akuntansi UKM-Keuangan

Akuntansi UKM - Keuangan
Akuntansi UKM - Keuangan
Developer: WiinFeel
Price: Free+

Aplikasi keenam adalah Akuntansi UKM-Keuangan yang dikembangkan oleh WiinFeel. Aplikasi yang satu ini telah mendapat 2 ribu ulasan di Playstore dan mendapat rating 3+ dari penggunanya yang berjumlah lebih dari 100 ribu orang.

Nah, dari namanya saja kita sudah tahu bahwa aplikasi ini dikhususkan bagi para pemilik UKM yang ingin melakukan pengelolaan keuangan sehari-hari. Tujuannya tentu agar usaha yang sedang dijalani tidak berakhir dengan kebangkrutan dikarenakan pencatatan keuangan yang amburadul.

Menariknya, Akuntansi UKM dilengkapi dengan jurnal harian, quick jurnal, koreksi jurnal, buku besar, hingga laporan neraca persis seperti pencatatan akuntansi di buku. Ukurannya pun sangat kecil hanya 2,1 MB saja.

7. Aplikasi Wallet-Pelacak Anggaran

Wallet - Finanztraker
Wallet - Finanztraker
Developer: BudgetBakers.com
Price: Free+

Aplikasi ketujuh adalah Wallet yang diluncurkan oleh BudgetBakers.com. Aplikasi ini telah mendapat 144 ribu ulasan di Playstrore dan mendapat rating 3+ dari 1 juta lebih orang yang mengunduhnya.

Wallet pun sukses menjadi aplikasi keuangan pilihan editor. Ia menyatakan diri sebagai aplikasi yang tepat bagi orang-orang dengan perencanaan keuangan matang satu bulan, satu tahun, hingga 10 tahun ke depan.

Ada beberapa fitur yang membedakan Wallet dengan aplikasi keuangan lain. Pertama, Wallet memiliki pemutakhiran bank otomatis. Pengguna dapat menyinkronkan catatannya dengan bank.

Kedua, anggarannya sangat fleksibel. Ketiga, ada contoh laporan keuangan sederhana yang dimilikinya mendetail. Jika Anda tertarik mengunduhnya, pastikan ada 22 MB memori kosong di ponsel Anda.

Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik Untuk Pedagang Dan Individu

8. Aplikasi Monthly Budget Planner & Daily Expense Tracker


Aplikasi kedelapan adalah Monthly Budget yang dikembangkan oleh DigitLeaf, Ilc. Aplikasi ini mendapat 22 ribu ulasan di Playstore dan mendapat rating 3+ dari 1 juta lebih orang yang mengunduhnya.

Monthly memiliki keunggulan karena ia mampu membuat Anda menghemat pengeluaran, melacak tagihan Anda, mencatat penghasilan yang masuk, hingga mengikuti alur keuangan Anda. Monthly dilengkapi dengan fitur kalkulator bawaan yang mampu memudahkan penggunanya menghitung secara langsung.

Ia pun menyediakan template perencanaan anggaran yang bisa diisi sesuai keinginan. Cara mengatur keuangan dan membuat laporan keuangan pun juga sangat mudah dan simple banget. Jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus menyiapkan 4,5 MB memori kosong pada smartphonemu.

Baca : 15 Aplikasi Stok Barang Terbaik untuk Pembukuan Penjualan Usaha

Dari berbagai macam aplikasi catatan keuangan harian terbaik untuk bisnis usaha diatas yang sudah therantnation.com berikan mana yang terbaik untukmu? Pastikan sudah memasang salah satunya, agar keuanganmu bisa tercatat dengan rapi dan bisa mengetahui uang masuk dan keluarnya.

Sebab kebanyakan dari kita tidak tahu dengan rinci keuangan yang masuk dan keluar, namun tiba-tiba bisa banyak ataupun malah habis dengan sendirinya. Jadi sangat wajib untuk mengetahui dengan pasti!