14 Aplikasi Emulator PS 1, GBA, NES, dan NDS Terbaik Saat Ini

Aplikasi Emulator – therantnation.com. Seakan tidak berhenti berkembang, semakin lama smartphone sudah memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melakukan berbagai aktivitas. Banyak aplikasi edit logo, aplikasi foto, dan juga aplikasi emulator.

Dengan adanya aplikasi emulator, kita bisa melakukan bermacam kegiatan hanya bermodalkan handphone saja. Tidak menutup kemungkinan bahwa di waktu mendatang akan ada lagi perkembangan yang terus terjadi.

Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah adanya aplikasi emulator. Dengan aplikasi-aplikasi ini, kita dapat memainkan games dari berbagai platform, mulai dari Nintendo, GBA, PS 1, PS 2, dan lain-lain.

Tentu saja ini merupakan kabar menggembirakan bagi para gamers karena bisa menikmati game tersebut dalam satu perangkat saja, cukup praktis untuk memainkan permainan di berbagai tempat.

Aplikasi Emulator PS 1 untuk Android

Aplikasi Emulator Ps 1 Untuk Android

Berikut ini adalah beberapa aplikasi emulator yang bisa Anda coba untuk memainkan bermacam-macam permainan dari berbagai platform. Semua aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store.

Baca : Cara Mengaktifkan ShopeePay Agar Bisa Langsung Aktif dengan Cepat

Yang perlu diingat, tidak semua perangkat bisa menjalankan aplikasi ini, tergantung dari bagaimana spesifikasi smartphone. Jika terjadi error atau masalah lain ketika menjalankan, sebaiknya segera uninstall dan mencari aplikasi pengganti yang lebih ringan.

1. ePSXe

ePSXe openGL Plugin
ePSXe openGL Plugin

ePSXe menempati urutan pertama dalam daftar aplikasi emulator PS 1 untuk Android. Hal tersebut karena aplikasi ini mampu menggunakan berbagai macam plugin serta bios.

Selain itu, grafis yang ditawarkan pun sangat menawan dengan FPS yang cukup stabil. Hanya berukuran 11 MB saja, aplikasi ini telah diunduh lebih dari satu juta pengguna. Para penggemar PS 1 pasti akan dimanjakan dengan hadirnya aplikasi ini.

2. RetroArch

RetroArch
RetroArch
Developer: Libretro
Price: Free

RetroArch memfasilitasi bagi Anda yang senang mengotak-atik pengaturan emulator dan menghendaki interface yang inovatif. Aplikasi keluaran dari Liberto ini sukses merebut perhatian banyak pecinta games.

Terbukti, sampai saat ini, aplikasi RetroArch sudah didownload lebih dari satu juta kali. Hanya saja, ukuran aplikasi ini lebih besar daripada ePSXe, yakni 97 MB.

3. ClassicBoy

Aplikasi berikutnya adalah ClassicBoy. Tidak hanya bisa memainkan game PS 1, dengan aplikasi ini Anda juga bisa memainkan game dari platform lainnya seperti Game Boy Advance, Sega Genesis, Nintendo 64, dan lain-lain.

Hal paling penting, aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di Google Play Store. Jadi, jika Anda gemar memainkan game dari berbagai platform, aplikasi ini wajib terinstal di smartphone Anda.

4. FPse

FPse for Android devices
FPse for Android devices
Developer: Schtruck & LDchen
Price: 2,79 €

Aplikasi FPse menggunakan software OpenGL. Dengan software ini, Anda dapat memainkan berbagai permainan dengan grafik yang memukau. Jadi, jika Anda cukup sensitif dengan masalah grafis pada permainan yang Anda mainkan, aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Sayangnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500.000 kali ini merupakan aplikasi yang berbayar. Namun, sepertinya uang yang Anda keluarkan tidak akan mengecewakan.

5. Emubox

EmuBox - Fast Retro Emulator
EmuBox - Fast Retro Emulator

Memiliki ukuran 43 MB, aplikasi ini saat ini sudah diunduh lebih dari 500.000 kali. Tidak perlu ditanyakan memang, hal ini karena selain dapat digunakan untuk memainkan game PS 1, Emubox juga bisa mendukung permainan dari SNES, NDS, GBA, dan lain-lain.

Untuk menjalankan aplikasi ini, setidaknya smartphone Android minimal harus versi 4.1.

Baca : 13 Aplikasi Membuat dan Mengedit Logo Terbaik Tahun Ini

Aplikasi Emulator NDS untuk Android

Aplikasi Emulator Nds Untuk Android

1. DraStic DS Emulator

DraStic DS Emulator
DraStic DS Emulator
Developer: Exophase
Price: 4,49 €

Jika Anda penggemar permainan dengan platform NDS, aplikasi DraStic DS Emulator wajib ada pada smarphone Anda. Aplikasi ini sangat cocok jika Anda menginginkan pengalaman bermain tanpa hambatan dan grafis yang bagus. Hampir semua permainan NDS bisa dimainkan dengan aplikasi ini.

Namun, untuk bisa menikmati fitur luar biasa ini, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang yang sepertinya cukup sebanding dengan apa yang akan didapatkan.

2. nds4droid

nds4droid
nds4droid
Developer: Jeffrey Quesnelle
Price: Free

Aplikasi untuk emulator NDS berikutnya adalah NDS4droid. Dibandingkan dengan aplikasi serupa, aplikasi bisa dikatakan sebagai salah satu emulator NDS yang tertua. Walaupun tidak terlalu sering melakukan update, namun nyatanya aplikasi ini tetap memiliki banyak peminat.

Buktinya, sampai saat ini sudah ada lebih dari 10 juta pengguna yang menggunakan aplikasi ini. Ukurannya yang hanya 8 MB tentu tidak akan terlalu memakan tempat pada memori handphone.

3. Super NDS emulator

Super NDS emulator memiliki banyak sekali fitur layaknya aplikasi emulator yang lainnya. Mayoritas game NDS yang dimainkan dengan aplikasi ini juga mampu berjalan dengan baik tanpa ada error.

Bagi sebagian orang, ketika menggunakan aplikasi ini mungkin akan sedikit terganggu karena hadirnya iklan. Namun, sepertinya hal itu wajar bagi sebuah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis.

Baca : 17 Aplikasi Arsitek untuk Para Profesional dan Pemula

Aplikasi Emulator GBA untuk Android

Aplikasi Emulator Gba Untuk Android

1. GBA.emu

GBA.emu
GBA.emu
Developer: Robert Broglia
Price: 3,99 €

GBA.emu dikembangkan oleh salah satu developer terkenal, yaitu Robert Broglia dan saat ini telah menempati urutan teratas dari daftar emulator GBA terbaik untuk android. Jika Anda merupakan salah satu pecinta GBA, maka aplikasi ini sangat cocok untuk Anda.

Sayangnya, untuk saat ini versi gratis sudah tidak ada lagi sehingga jika ingin menggunakannya, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang.

2. John GBA

John GBA Lite - GBA emulator
John GBA Lite - GBA emulator

John GBA juga tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan aplikasi emulator GBA lainnya. Emulator ini hampir kompatibel dengan seluruh game GBA. Anda tidak perlu takut jika game favorit Anda tidak bisa dijalankan menggunakan aplikasi ini.

Seperti aplikasi sebelumnya, untuk menikmati ini Anda perlu mengeluarkan uang, namun cukup dengan Rp12.000,00 saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menikmati seluruh fitur yang ada pada John GBA.

3. C64.emu

C64.emu
C64.emu
Developer: Robert Broglia
Price: 3,49 €

Aplikasi berikutnya adalah C64 emu. Aplikasi yang merupakan singkatan dari Commodore 64 ini pernah menjadi salah satu emulator yang paling stabil dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Dengan Rp46.000,00 saja, Anda bisa menikmati berbagai macam game GBA dengan lancar tanpa harus takuti mengalami error di tengah permainan. Tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

4. My Boy

My Boy! - GBA Emulator
My Boy! - GBA Emulator
Developer: Fast Emulator
Price: 4,99 €

My Boy tidak bisa disingkirkan begitu saja dari daftar emulator GBA papan atas. Sekilas aplikasi ini mirip dengan Classic Boy. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus menggunakan versi premiumnya yang dipatok dengan harga Rp68.000,00.

Walaupun seperti itu, Anda akan merasakan berbagai fitur menarik dan pengalaman bermain game yang tidak akan pernah terlupakan. Aplikasi ini pun tergolong cukup stabil dan jarang terjadi error.

Aplikasi Emulator NES untuk Android

Aplikasi Emulator Nes Untuk Android

1. NES.emu

NES.emu
NES.emu
Developer: Robert Broglia
Price: 3,49 €

Aplikasi NES.emu merupakan aplikasi berbayar untuk memainkan game NES di smartphone. Untuk menikmatinya, Anda perlu mengeluarkan uang Rp46.000,00.

Ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar, yakni hanya 1,8 MB saja sehingga tidak akan terlalu memakan tempat untuk Anda yang memiliki kapasitas memori yang hampir penuh. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menikmati keseruan permainan NES zaman dulu.

2. Nostalgia.NES

NES memang merupakan salah satu games lawas yang masih bisa dinikmati saat ini. Jadi, tidak salah jika aplikasi ini bernama Nostalgia.NES karena mengajak penggunanya untuk bernostalgia dengan permainan zaman dulu.

Aplikasi ini mendukung fitur keyboard virtual multi-touch untuk menambah pengalaman ketika bermain. Ukuran aplikasi ini pun tidak terlalu besar, yakni hanya 2,1 MB saja.