Aplikasi Menggambar untuk Anak – therantnation.com. Kini, semakin banyak aplikasi bertema edukasi yang membantu anak untuk mengenal lingkungan sekitarnya. Salah satu cara yang paling tepat dengan memanfaatkan gadget untuk mengunduh aplikasi menggambar untuk anak yang sudah didesain khusus.

Anda bisa mengurangi penggunaan pewarna dan kertas untuk si buah hati. Aplikasi menggambar untuk anak TK dan SD sudah banyak terpasang di Google PlayStore. Mewarnai adalah bagian dari meningkatkan daya imajinasi si kecil untuk berkembang lebih luas.

Aplikasi Menggambar Untuk Anak Tk Dan Sd

8 Aplikasi Menggambar untuk Anak TK dan SD yang Terbaik

Inovasi teknologi di bidang pendidikan usia dini semakin banyak bermunculan. Salah satunya adalah aplikasi menggambar untuk anak. Berikut beberapa pilihan rekomendasi aplikasi yang cocok Anda pilih untuk si kecil.

1. Learn To Draw (Kids Painting)

Learn To Draw (Kids Painting)
Learn To Draw (Kids Painting)

Salah satu aplikasi menggambar untuk anak yang bisa Anda unduh di Google PlayStore. Aplikasi ini sangat membantu mengasah sekaligus meningkatkan daya berpikir kreatif ini semakin berkembang secara sederhana. Tidak hanya menggambar saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan mewarnai gambar dengan pilihan tertentu sehingga warnanya semakin menarik.

Learn to Draw (Kids Painting) juga memberikan beragam template gambar indah secara daring dan anak-anak pun bisa memilihnya. Penggunaan aplikasi ini terbilang sangat mudah sehingga Anak tidak mengalami kebingungan untuk memainkannya.

2. Kids Paintings Coloring Book

Kids Paintings Coloring Book
Kids Paintings Coloring Book
Developer: ENYSOFT
Price: Free

Aplikasi ini sangat mudah dan gratis Anda download di Google PlayStore. Kids paintings sangat cocok dimainkan oleh anak-anak karena dapat daya kreativitas anak terasah di bidang seni. Penggunaan aplikasi ditujukan sebagai wadah menggambar dan mewarnai. Tentunya, Anda menginginkan si kecil dapat mengekspresikan daya visualisasinya sebanyak yang mereka bisa.

Beragam pilihan fitur menarik bisa Anda peroleh dari aplikasi mewarnai ini. beberapa diantaranya pena magic yang memberikan sentuhan gambar otomatis. Hal ini akan membuat si kecil merasa senang dan akan terus belajar mewarnai sesuai keinginannya.

3. Kids Doodle

Aplikasi doodle merupakan salah satu aplikasi yang cocok untuk meningkatkan daya imajinasi si kecil melalui visualisasi warna dan gambar. Tampilannya sangat powerfull dan gambar-gambar yang diberikan sangat unik dan menarik. Pilihan fitur yang membantu si kecil untuk mewarnai juga keren. Beberapa diantaranya pilihan kuas cahaya, krayon, pita, semprot, beragam tipe sikat dan masih banyak lainnya.

Terdapat 24 kuas yang digunakan untuk mengaplikasikannya pada gambar karakter yang sudah disediakan. Penggunaan aplikasi ini sangat cocok untuk anak yang sudah menginjak umur 4,6 dan 8 tahun. Anda bisa melakukan pengunduhan di Google PlayStore.

4. Drawing for Kids & Toddlers

Salah satu permainan menggambar yang cocok untuk si kecil yaitu aplikasi menggambar untuk anak-anak game belajar. Pada dasarnya, aplikasi ini bukan ditujukan untuk menggambar. Meskipun demikian, permainan ini sangat cocok dimainkan si kecil untuk menumbuhkan daya kreatif dan imajinasinya dalam spasial. Anak-anak akan belajar mengenai pembuatan kartun lucu dan sesuai dengan pilihannya.

Fitur yang paling direkomendasikan oleh aplikasi drawing for kids & toddlers ialah tersedianya 30 karakter unik dan menarik. Tidak hanya itu, aplikasi ini dilengkapi dengan 100 animasi lucu nan menggemaskan dan suara, bentuk sederhana namun sangat menyenangkan jika dimainkan.

Penggunaan aplikasi sangat cocok untuk si kecil sesuai tumbuh kembangnya. Anda sebagai orang tua harus mendampingi si kecil ketika bermain gadget.

5. Lets Draw with Kids

Lass uns malen
Lass uns malen
Developer: Levitman
Price: Free+

Aplikasi ini bisa dijadikan sebagai ladang kreativitas si kecil untuk mengambangkan daya imajinasinya. Perangkat menggambar ini mampu meningkatkan kecerdasan spasial si kecil. Terdapat beragam fitur aplikasi yang membantu si kecil untuk menggambar.

Terdapat metode yang dilakukan untuk memulai menggambar secara mudah. Anak dapat menggambar binatang yang sering mereka jumpai. Beberapa diantaranya ikan, burung, serangga dan karakter binatang lainnya. Selain itu, terdapat karakter dongeng dan kartun yang disukai si buah hati.

Anda bisa melakukan pengunduhan aplikasi secara gratis di Google PlayStore. Penggunaan aplikasi ini sangat sederhana. Tentunya, dapat meningkatkan daya pikir kreatif si kecil dalam dunia seni terutama menggambar secara digital.

6. Learning & Coloring Game for Kids & Preschoolers

Pilihan aplikasi mewarnai untuk anak TK dan SD yang cocok yaitu Color Kids : Learning & Coloring Game for Kids & Preschoolers. Anak-anak dilatih untuk mengembangkan daya berpikir kreatif dengan media online. Hal ini akan membuat si kecil terbiasa menggambar secara digital.

Perkembangan aplikasi sangat berkembang pesat dari tahun ke tahun. Anda bisa melakukan update maupun pengunduhan aplikasi di Google PlayStore secara gratis. Terdapat beragam fitur menarik dan tunggu updatenya di Google PlayStore.

7. Pinkfong Coloring Fun

Pinkfong Coloring Fun
Pinkfong Coloring Fun

Aplikasi mewarnai ini sangat direkomendasikan bagi Anda untuk meningkatkan daya kreativitas dan tumbuh kembang si kecil. Anak dapat mengasah kemampuan menggambar secara digital. Selain menggambar, si kecil juga bisa melakukan pewarnaan terhadap gambar yang sudah dipilih.

Aplikasi Pinkfong Coloring Fun memiliki beberapa fitur menarik yaitu 11 tema favorit mulai dari hewan hingga kartun. Terdapat 220 halaman bisa dimainkan dengan menggambar maupun mewarnainya. Selain itu, terdapat pilihan warna untuk tiap tema dan alat yang digunakan juga sangat membantu seperti kuas, pengilap, pola dan stiker.

Hal ini akan membuat gambar yang sudah diwarnai semakin menarik. Tidak hanya itu, si kecil bisa menentukan pilihan bingkai foto yang cocok untuk hasil gambarnya. Aplikasi ini tersedia gratis dan sangat mudah diunduh di play store. Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat membantu orang tua mudah mengarahkan si kecil untuk berkreatifitas secara positif. Penggunaan aplikasi sangat aman dan perlu pendampingan orang tua.

8. Mewarnai Mobil Kartun

Mewarnai Mobil Kartun
Mewarnai Mobil Kartun
Developer: Solite Kids
Price: Free+

Aplikasi yang direkomendasikan untuk aplikasi menggambar di usia TK dan SD ini dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore. Terdapat banyak pilihan fitur menarik untuk meningkatkan daya pikir kreatif si kecil. Secara langsung si kecil diajarkan untuk berkesenian digital dengan menuangkan ekspresi melalui gambar dan warna.

Selain itu, gambar-gambar yang tersedia mengenal si kecil pada lingkungan sekitarnya. Pilihan karakter objek membuatnya dengan mudah belajar secara menyenangkan. Penggunaannya terbilang sangat mudah dan aman untuk si anak. Meskipun demikian, Anda bisa melakukan pendampingan secara baik kepada si buah hati.

9. Colouring and Learn

Malen, Farbe und Lernen
Malen, Farbe und Lernen

Aplikasi ini memungkinkan si kecil melakukan permainan menggambar dan mewarnai menggunakan objek secara nyata. Hampir sama halnya dengan menggambar menggunakan media kertas dan pewarna. Aplikasi ini terdiri atas 200 halaman untuk mewarnai dengan tema pendidikan sesuai dengan tingkat usia. Terdapat pilihan fitur pewarna magic.

Si kecil akan diajarkan bagaimana menuliskan huruf dan angka, bentuk geometris, binatang, alat transportasi dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini sangat baik meningkatkan sekaligus mengasah daya imajinasi seni, konsentrasi dan kemampuan motorik halus anak. Anda dapat melakukan pengunduhan secara gratis di Google PlayStore. Pilihan aplikasi menggambar baik anak TK atau SD di atas sangat cocok diperkenalkan pada si kecil.

Orangtua Wajib Tahu 5 Tips Menggambar untuk Anak

Bunda sudah tahu manfaat yang bisa diambil dari belajar menggambar untuk anak? Apabila belum maka simak baik baik manfaat yang ada dibawah ini.

1. Siapkan Peralatan Menggambar

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah peralatan menggambar si Kecil, mulai dari buku gambar, kertas, buku mewarnai, hingga alat pewarna seperti pensil warna, krayon, ataupun cat air.

Agar anak lebih bersemangat untuk belajar menggambar, Anda bisa memberikan kebebasan kepada si Kecil untuk memilih peralatan gambar yang ia inginkan. Biarkan anak memilih sendiri buku gambar hingga alat pewarna yang ia sukai.

Namun perlu diperhatikan untuk pemilihan alat pewarna, gunakan pewarna yang aman dan nontoxic sehingga aman untuk buah hati Anda.

2. Mulai Dengan Bentuk Sederhana

Agar anak mau untuk belajar menggambar, ajak ia untuk menggambar bentuk-bentuk sederhana terlebih dahulu seperti bentuk segitiga, persegi, persegi panjang, oval, bulat, dan bentuk lainnya.

Apabila si Kecil dirasa telah mahir dalam membuat bentuk sederhana, Anda dapat mengajaknya untuk menggambar benda tunggal yang mudah untuk digambar seperti jeruk, apel, balon, bola, ular, stroberi, dan lain sebagainya.

3. Pelajari Warna Melalui Lingkungan Sekitar

Imajinasi anak terhadap beragam hal membuatnya lebih senang mengaplikasikan warna sesuai keinginannya. Meskipun hal ini sah-sah saja, namun Anda sebagai orangtua dapat mengarahkan buah hati untuk belajar tentang warna sesuai dengan apa yang terlihat di sekitar Anda.

Misalnya Anda dapat memberi tahu si Kecil jika baju yang dikenakan ayah berwarna hijau, bunga di halaman rumah berwarna merah muda, sepatu kesayangannya berwarna hitam, dan lain sebagainya.

4. Berikan Kebebasan Menggambar

Tips menggambar untuk anak selanjutnya adalah memberikannya kebebasan menggambar. Berikan si Kecil kebebasan untuk menggambar sesuai dengan keinginannya, karena menghambat kreativitas anak justru dapat berdampak pada perkembangan motoriknya.

5. Berikan Pujian

Hal yang tak kalah penting adalah memberikan apresiasi kepada si Kecil setiap ia selesai menggambar. Misalnya “bagus sekali gambar kamu Nak”, “wah rapi sekali kamu mewarnainya”, dan ungkapan pujian lainnya.

Manfaat Belajar Menggambar untuk Anak

Belajar menggambar untuk anak dapat mendatangkan banyak manfaat, seperti:

  • Dapat mengekspresikan emosi anak
  • Dapat membangun motorik halus anak
  • Dapat merangsang kreativitas dan inovasi anak
  • Dapat meningkatkan kepercayaan diri anak
  • Dapat membuat anak lebih ekspresif
  • Dapat meningkatkan imajinasi anak
  • Dapat membangun keahlian dalam memecahkan masalah

Selain bisa digunakan untuk mengembangkan bakat anak, manfaat menggambar pada anak ternyata lumayan banyak. Mulai dari mengasah kemampuan seni dan daya imajinasinya hingga untuk menganalisa kondisi psikologis anak. Bahkan, banyak diantaranya yang sudah terbukti secara ilmiah oleh para ahli.
Aplikasi Menggambar Untuk Anak

5 Manfaat Menggambar Untuk Anak

Manfaat menggambar bukan hanya sekadar pendapat orang biasa tapi juga para peneliti. Banyak pendapat yang menyebutkan jika menggambar memiliki beragam manfaat positif khususnya untuk perkembangan anak. Apa saja manfaatnya? Berikut 5 contoh yang paling umum.

1. Mengembangkan kemampuan motorik

Gerakan motorik halus seperti menggerakkan pergelangan tangan dan juga jari-jari tangan bisa dilatih dengan kegiatan menggambar. Sebab, kegiatan menggambar mengharuskan anak untuk banyak melakukan gerakan tangan sehingga secara tidak langsung kegiatan ini melatih kemampuan anak.

2. Membangun konsentrasi

Menggambar menuntut konsentrasi yang lumayan tinggi. Ketika anak menggambar maka dia juga sekaligus belajar melatih fokus dan konsentrasinya. Dengan berlatih untuk konsentrasi maka di masa depan anak diharapkan bisa fokus memecahkan masalah yang dihadapinya seperti saat menyelesaikan sebuah gambar.

3. Sarana ekspresi diri

Secara umum, seni adalah media untuk mengekspresikan diri. Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan sarana untuk mengekspresikan diri. Namun, banyak anak-anak yang merasa tidak percaya diri ketika menyampaikan sesuatu secara verbal kepada orang dewasa.

Oleh sebab itu, gambar bisa menjadi alternatif yang bagus untuk media komunikasi antara anak dan orang tua. Sebab, dengan gambar anak-anak bisa mengutarakan perasaannya tanpa perlu banyak berkata-kata.

4. Melatih kesabaran

Menggambar adalah sebuah proses. Dengan begitu, anak-anak akan terbiasa untuk bersabar ketika mereka menggambar. Sebab, untuk bisa menyelesaikan sebuah gambar bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu dan ketelitian agar anak-anak bisa puas dengan hasil karyanya.

5. Mengatasi trauma

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan jika menggambar bisa menjadi terapi untuk mengatasi trauma dan gangguan mental pada anak-anak. Dengan menggambar secara rutin, anak-anak akan lebih mudah untuk mengekspresikan diri dan juga kondisi emosionalnya. Dengan begitu, proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

Meski begitu, terapi dengan media gambar ini masih memerlukan peran orang tua dan juga tenaga ahli yang terpercaya. Sebab, dengan bantuan orang tua maka manfaat menggambar pada anak bisa lebih besar lagi. Selain itu, diperlukan keahlian medis khusus untuk bisa menganalisa kondisi psikologis anak yang sedang trauma.