10 Aplikasi Penghemat Baterai HP Terbaik Agar Awet

Aplikasi Penghemat Baterai HP – therantnation.com. Baterai merupakan komponen penting bagi smartphone, karena berperan layaknya jantung kehidupan. Baterai berfungsi memenuhi kebutuhan daya dan penggunaan terlalu sering dapat berdampak pada borosnya daya.

Tak ayal banyak pengguna smartphone mengeluhkan baterai boros atau lowbat sehingga memerlukan aplikasi penghemat baterai HP bisa mengatasi hal tersebut. Masalah daya boros merupakan hal kerap dirasakan banyak pengguna smartphone.

Pasalnya banyaknya fitur hingga aplikasi ter-install membutuhkan daya cukup besar untuk menjalankannya. Meskipun terdapat perangkat pengisi baterai HP seperti powerbank bisa dibawa dan digunakan dimana saja, namun hal tersebut tetaplah tidak praktis.

Solusinya dapat mengunduh aplikasi penghemat baterai HP yang tersedia secara gratis di Google Play Store ataupun App Store. Namun aplikasi manakah paling terbaik dan direkomendasikan?

10 Aplikasi Penghemat Baterai Hp Terbaik Agar Baterai Awet

10 Aplikasi Penghemat Baterai HP Terbaik

Ada beberapa rekomendasi deretan aplikasi penghemat baterai HP telah admin therantnation.com rangkum. Maka bisa di pilih sendiri sesuai dengan spesifikasi HP yang digunakan.

Baca : 8 Cara Download Video di Twitter Mudah dan 100% Berhasil

1. Battery Optimizer dan Widget

Battery Optimizer dan Widget dapat memberitahukan aplikasi atau widgets apa saja paling banyak memakan daya smartphone. Tak hanya itu, aplikasi penghemat baterai besutan Linpus Technology juga memberikan solusi untuk mengontrol konsumsi daya

Sehingga lebih hemat dengan memilih opsi power plan dan membersihkan memori ponsel. Apabila dalam kondisi low, secara otomatis akan menonaktifkan konektivitas wireless untuk menghemat dayanya.

2. AccuBattery

AccuBattery mengusung fitur Charge Alarm untuk memperpanjang daya smartphone. Charge alarm diklaim dapat digunakan untuk memperpanjang daya hingga 200% serta menghindari overcharging.

Dengan AccuBattery bisa memonitor seberapa banyak daya habis terpakai ketika menggunakan ponsel, berapa lama pengguna dapat menggunakan ponsel ketika dalam kondisi aktif, melihat berapa banyak daya digunakan untuk menjalankan aplikasi.

Serta bisa juga menentukan charger atau kabel USB mana dapat digunakan untuk mengisi daya baterai paling cepat.

3. Kaspersky Battery Life: Saver & Booster

Kaspersky Battery Life dapat digunakan untuk memonitor secara otomatis setiap yang berjalan di perangkat, melihat apa saja memakan energi paling besar, memberitahukan sisa waktu daya baterai, hingga menonaktifkan tidak digunakan.

Apabila terdapat memakan banyak energi secara tiba-tiba, Kaspersky Battery Life juga bisa memberikan peringatan secara otomatis.

4. Easy Battery Saver

Menginginkan aplikasi penghemat daya baterai dengan tampilan antarmuka sederhana dan tidak memusingkan? Easy Battery Saver merupakan pilihan tepat bisa dicoba.

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan mulai dari tampilan simple, mudah digunakan, serta hanya perlu satu klik untuk menghemat daya baterai.

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi, GPS, Bluetooth, auto rotate screen, active auto sync, brightness, hingga screen timeout dengan cepat dan mudah.

5. Green Battery Saver, Booster, Cleaner, App Lock

Penghemat baterai HP satu ini menawarkan fitur lengkap, mulai dari penghemat daya, pembersihan cepat, RAM boost, pengunci, manajer, hingga informasi ponsel.

Battery saver-nya dapat menghemat daya hingga 50% dengan advanced saving mode, junk cleaner-nya bisa membersihkan file sampah untuk meningkatkan performa smartphone, hingga app lock digunakan untuk mengunci dengan gestur ataupun password.

6. Battery Doctor

Hadir dengan tampilan sederhana dan elegan, Battery Doctor merupakan aplikasi penghemat daya baterai yang bisa dicoba pada perangkat HP. Terdapat beberapa fitur ditawarkan mulai dari Battery Saver, One-Click Optimization, App Monitor, hingga Healthy Charge.

Battery Doctor dapat menemukan dan memperbaiki perihal masalah konsumsi daya pada smartphone, memonitor aplikasi apa saja yang memakan energi besar ketika tidak dijalankan, hingga mengingatkan pengguna apabila konsumsi aplikasi terlampau besar.

7. dfndr Battery

Memiliki nama unik, dfndr Battery dapat membantu Anda untuk mempertahankan daya baterai dengan beberapa cara. Fitur menarik dihadirkan dfndr Battery milik PSafe ini adalah sebagai berikut.

  • Quick Optimization
  • Super Optimization
  • Battery Cooler
  • Lockscreen Charge Monitor
  • Customizable Profiles
  • Battery Health Report
  • Screen Saver

Salah satu fitur tak kalah fungsional adalah Battery Cooler, dimana aplikasinya dapat menurunkan temperatur baterai sehingga memperlambat konsumsi daya.

8. Battery Saver DU – Life Saver & DU Battery Charger

Tampilan baru Battery Saver DU cukup memanjakan mata, karena tampilan antarmukanya terlihat rapi dan sederhana. Hanya dengan 1 klik, Anda dapat menghentikan konsumsi daya dari aplikasi sedang berjalan.

Selain itu dapat melihat berapa lama daya bertahan apabila perangkat sedang digunakan untuk bermain games ataupun terkoneksi dengan LAN. Bisa juga menggunakan fitur battery cooler untuk melihat berapa temperatur hingga mendinginkan perangkat.

9. Battery Manager

Battery Manager menyediakan informasi lengkap mengenai konsumsi daya, monitoring, cooling, hingga warming. Terdapat fitur pintar seperti mendinginkan perangkat ketika baterai dalam kondisi panas, serta menghangatkan perangkat apabila suhu terlampau dingin.

Bisa melihat dan memonitor kondisi baterai secara real-time, sehingga menghindari suhu ekstrim yang berpotensi merusak perangkat smartphone Anda.

10. Greenify

Yang menarik dari Greenify adalah mengatur aplikasi ataupun program-program berjalan untuk berada dalam mode hibernasi, sehingga ini tidak bekerja dengan mematikan aplikasi atau program sedang berjalan.

Anda pun dapat memilih apa saja yang ingin dihibernasikan agar nantinya tak menghalangi kinerja smartphone. Fitur dihadirkan adalah sebagai berikut.

  • Agresive Doze untuk membuat perangkat ponsel dalam mode hibernasi setelah beberapa menit tidak terpakai.
  • Shallow Hibernation dapat menghentikan aplikasi untuk sementara waktu atau suspend tanpa perlu mematikannya.

Cara Ampuh Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Ampuh Hemat Data Baterai Android Tanpa Aplikasi

Selain mengunduh aplikasi penghemat baterai HP, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini agar smartphone awet dan tahan lama.

Menurunkan Brightness atau Tingkat Kecerahan

Brightness atau tingkat kecerahan layar pada perangkat smartphone rupanya memakan energi cukup banyak, sehingga semakin tinggi kecerahan layar maka semakin banyak pula daya yang terhisap.

Untuk itu bisa mengatur kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi, serta menghindari auto brightness juga dapat menyedot banyak daya baterai.

Baca : 6 Cara Mengatasi Status WhatsApp Teman Tidak Muncul

Hindari Multi-tasking

Selain menurunkan tingkat kecerahan layar, Anda juga perlu menghindari multi-tasking atau menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan di smartphone Anda. Kegiatan ini sangat menguras daya baterai, pasalnya terdapat banyak yang berjalan di background.

Menonaktifkan Notifikasi

Apabila smartphone Anda tergolong ramai oleh notifikasi dari media sosial ataupun sekedar notifikasi dari update berita, ada baiknya untuk menonaktifkan notifikasi sekiranya tidak terlalu penting.

Karena notifikasi tersebut menyedot daya apabila Anda tidak dapat mengaturnya dengan baik.

Menonaktifkan Fitur Automatic Sync

Salah satu fitur smartphone ada baiknya Anda nonaktifkan demi menghemat daya adalah fitur automatic sync. Fitur satu ini umumnya digunakan untuk mengecek apakah terdapat informasi baru dari aplikasi terpasang pada perangkat ponsel.

Namun sayangnya, pengecekan berkala ini terbilang cukup menguras daya baterai. Sehingga ada baiknya untuk mematikan fitur ini pada menu settings atau pengaturan di masing-masing smartphone.

Itulah 10 aplikasi penghemat baterai HP terbaik yang bisa di coba dan install di smartphone. Namun memanfaatkan aplikasi penghemat daya saja tak cukup, sehingga perlu untuk melakukan beberapa tips diatas agar lebih awet.