5 Cara Cek IMEI HP OPPO Untuk Semua Varian dengan Mudah

Cara Cek IMEI HP OPPO – therantnation.com. IMEI (International Modify Equipment Identity) merupakan serangkaian nomor unik yang berfungsi sebagai identitas serta berisi berbagai informasi dari sebuah HP. Tidak terkecuali di HP OPPO, pastinya akan mempunyai sebuah IMEI apabila HP tersebut memang legal dan resmi.

Mengecek nomor IMEI HP memang bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, bagi beberapa pengguna OPPO kadang masih ada yang belum paham bagaimana cara untuk cek IMEI HP OPPO mengingat OPPO memiliki berbagai varian atau tipe.

Ketika Anda sudah mengetahui nomor IMEI dari perangkat tersebut maka Anda bisa langsung memverifikasinya di beberapa situs terkait seperti milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Namun, sebelum memverifikasinya Anda harus mengecek nomor IMEI perangkat tersebut terlebih dahulu.

5 Cara Cek Imei Hp Oppo Untuk Semua Varian Dengan Mudah

5 Cara Cek IMEI HP OPPO dengan Mudah

Cara mengeceknya bermacam-macam yang bisa dilakukan, namun berikut 5 cara termudah cek IMEI HP OPPO yang bisa Anda gunakan untuk mengecek IMEI.

1. Melihat Secara Langsung di Kemasan

Cara ini merupakan cara paling mudah ketika Anda memutuskan untuk membeli HP OPPO baru. Pada setiap kemasan biasanya tertera nomor IMEI masing-masing HP. Anda bisa melihat nomornya secara jelas karena biasanya nomor tersebut sudah langsung dituliskan pada stiker dus.

Sayangnya, cara ini hanya berlaku ketika Anda membeli HP OPPO yang masih memiliki kemasan. Jika Anda membeli HP bekas yang biasanya tidak dilengkapi dengan kemasan resmi maka Anda harus menggunakan cara lain untuk mengetahui nomor IMEI perangkat tersebut.

2. Menggunakan Kode USSD

USSD merupakan kepanjangan dari Unstructured Supplementary Service Data. Layanan ini biasanya digunakan HP sebagai media komunikasi singkat dengan provider seluler masing-masing. Namun, ternyata kode ini bisa digunakan untuk mengecek nomor IMEI perangkat tersebut.

Anda cukup membuka menu Telepon di HP OPPO kemudian mengetikan kode *#606#. Setelah itu, secara otomatis nomor IMEI HP OPPO Anda akan muncul tanpa perlu menekan tanda OK. Biasanya, untuk beberapa HP ada 2 nomor IMEI yang muncul. Ini bukan berarti ada kesalahan sebab keduanya merupakan nomor IMEI HP Anda.

3. Menggunakan Menu Pengaturan (Setting)

Jika menggunakan kode USSD tidak berhasil maka Anda bisa menggunakan menu Pengaturan yang ada di HP. Setelah masuk selanjutnya klik opsi About Phone yang biasanya berada di bagian terbawah layar.

Cari lalu klik menu Status untuk mengetahui semua informasi perangkat termasuk nomor IMEI. Jika perangkat yang dimiliki memiliki fitur dual SIM maka biasanya akan ada 2 nomor IMEI yang ditampilkan.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selanjutnya adalah menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Anda bisa menemukan berbagai aplikasi tersebut baik di toko aplikasi resmi yang menjadi fitur bawaan HP OPPO atau di berbagai situs pihak ketiga yang menawarkan aplikasi serupa.

Meskipun keduanya sama-sama menawarkan aplikasi sejenis tapi ada baiknya jika Anda mengunduh aplikasi yang berasal dari platform resmi. Sebab, aplikasi yang berada di luar platform resmi biasanya memiliki banyak celah keamanan sehingga sangat berbahaya jika diinstal pada HP Anda.

5. Mengecek Bagian Bawah Baterai

Jika keempat cara di atas tidak berhasil maka Anda bisa mengecek nomor IMEI pada bagian bawah HP OPPO Anda. Biasanya, pihak OPPO akan menuliskan nomor IMEI pada bagian atas baterai pada HP yang menggunakan baterai tanam.

Cara ini merupakan cara yang paling ampuh terutama jika HP OPPO yang Anda miliki sudah pernah di-root sebelumnya. Perlu diketahui jika proses root akan membuat nomor IMEI perangkat tidak bisa dilihat dengan cara biasa.

Cara Cek Imei Hp Oppo Dengan Mudah

Bagaimana Jika Nomor IMEI Tidak Terdaftar?

Nomor IMEI yang tidak terdaftar menandakan jika HP yang dimiliki adalah produk tidak resmi alias illegal. Meski begitu, HP tersebut sebenarnya masih bisa digunakan seperti semula.

Anda hanya perlu mendaftarkan nomor IMEI tersebut di Kemenperin melalui aplikasi khusus atau bisa didaftarkan menggunakan situs resmi milik bea dan cukai pemerintah Indonesia. Pilih opsi Registrasi IMEI kemudian lengkapi data-data yang dibutuhkan.

Baca : Cara Membuat Kontak Darurat di HP Oppo Untuk Keadaan Genting

Perlu diketahui jika cara cek IMEI HP OPPO di atas hanya dikhususkan untuk produk-produk OPPO saja baik keluaran terbaru maupun lama. Cara-cara di atas bisa saja tidak berlaku untuk HP merek lain sehingga Anda perlu mencari cara lain yang sesuai.