4 Cara Cek IMEI HP Samsung yang Paling Mudah

Cara Cek IMEI HP Samsung – therantnation.com. IMEI adalah salah satu cara untuk mengetahui keaslian suatu brand HP, termasuk didalamnya adalah Samsung. Kita tahu bahwa suatu keaslian barang merupakan hal yang wajib dan sangat perlu untuk diprioritaskan yang pertama.

Sayangnya belum banyak yang tahu bagaimana cara untuk cek IMEI HP Samsung, padahal sebenarnya hal itu sangatlah mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Tidak terkecuali orang awam atau anak kecil sekalipun. Sebab dalam pengecekan ini tidaklah rumit dan membuat pusing kepala.

Perlu diketahui bahwa mengecek nomor IMEI sangatlah penting untuk memverifikasi keaslian perangkat tersebut. Seperti yang diketahui bersama, bahwa jika saat ini pemerintah Indonesia berusaha untuk mengurangi peredaran HP palsu atau ilegal dengan memblokir nomor IMEI perangkat tersebut. Maka sangat wajib hukumnya bagi kita semua mengetahui cara untuk melihat atau cek IMEI HP Samsung ini.

4 Cara Cek Imei Hp Samsung Yang Paling Mudah

4 Cara Cek IMEI HP Samsung yang Mudah dan Cepat

Jadi bagi yang belum mengeceknya maka berikut 4 cara untuk cek IMEI HP Samsung dengan mudah yang bisa digunakan untuk mengecek nomor IMEI dari HP Samsung baik keluaran lama maupun terbaru.

1. Cek kemasan

Cara termudah adalah dengan melihat kemasan atau dus book perangkat tersebut. Biasanya, IMEI akan dicantumkan pada bagian belakang kemasan agar pembeli bisa mengeceknya secara langsung. Namun, sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan pada HP baru saja.

Jika membeli HP bekas yang tidak punya kemasan maka perlu mengecek dengan cara lain. Sebagai tambahan, perangkat yang memiliki fitur dual SIM biasanya juga memiliki 2 nomor IMEI yang berbeda. Hal ini mungkin membingungkan tetapi keduanya sama-sama adalah IMEI dari perangkat tersebut.

2. Mengecek baterai HP

Biasanya nomor IMEI akan dituliskan di baterai HP tersebut. Namun, sebelum mengeceknya pastikan jika sudah mematikan perangkat tersebut. Jika HP menggunakan baterai tanam nomor tersebut bisa dilihat di bagian atas sementara jika menggunakan baterai biasa maka nomornya berada di bagian belakang.

Oleh sebab itu, perhatikan baik-baik ketika memeriksa nomor IMEI. Jika masih ada dusbook asli maka pastikan jika nomor yang ada di baterai sama dengan nomor yang ada di kemasan. Jika berbeda maka kemungkinan besar produk tersebut bermasalah.

3. Menggunakan kode khusus

Cara ini sangat mudah dilakukan. Hanya perlu ke menu Dial atau Panggilan kemudian menuliskan kode *#06# tanpa perlu menekan tombol Panggil atau OKE. Secara otomatis, nomor IMEI perangkat tersebut akan segera muncul di layar HP.

Untuk bisa memverifikasi nomor tersebut bisa menyalinnya kemudian mengeceknya menggunakan berbagai situs pengecek IMEI yang ada di tanah air secara gratis.

4. Menggunakan menu Pengaturan

Jika kedua cara di atas tidak berhasil maka bisa menggunakan menu Pengaturan atau Setting yang ada di perangkat Samsung. Caranya mudah cukup dengan masuk ke menu tersebut, tekan opsi About Device yang biasanya memiliki lambang i kemudian pilih opsi Status.

Pada opsi ini bisa menemukan berbagai informasi lengkap tentang perangkat Samsung termasuk nomor IMEI.

Keempat cara di atas sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk HP Samsung saja tetapi juga untuk merek lain yang menggunakan sistem operasi Android. Hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan pada menu Setting atau Pengaturan.

Bagaimana Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung

Bagaimana Cara Mengecek Keaslian HP Samsung?

Setelah mengetahui nomor IMEI maka selanjutnya harus mengecek keaslian nomor tersebut. Meskipun perangkat yang dimiliki memiliki nomor IMEI tetapi hal ini tidak menjamin jika perangkat adalah produk asli atau resmi. Sebab, HP Samsung ilegal juga memiliki nomor IMEI.

Di Indonesia sendiri cara paling mudah untuk mengecek keaslian suatu HP adalah dengan mengecek nomor tersebut di berapa situs seperti milik Kemenperin atau situs resmi Samsung Indonesia. Jika nomor IMEI perangkat terdaftar di database mereka maka HP Samsung yang dimiliki sudah dijamin asli dan legal di tanah air.

Namun, jika ternyata nomor IMEI perangkat tidak ditemukan sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Perangkat masih bisa digunakan namun harus melalui proses pendaftaran di bea cukai pemerintah Indonesia terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah. Cukup kunjungi situs resmi bea cukai lalu isi data-data yang diperlukan.

Baca : Cara Membuat Kontak Darurat di HP Samsung dengan Mudah

Berikut merupakan beberapa cara untuk cek IMEI HP Samsung sekaligus cara cek keaslian perangkat tersebut. Meskipun terlihat mudah tetapi sebaiknya tidak menyepelekannya. Sebab jika tidak segera dicek dan didaftarkan maka HP Samsung mungkin akan sulit digunakan seperti biasa.