Cara Cek IMEI Vivo – therantnation.com. Bagi masyarakat yang ingin membeli ponsel baru, wajib adanya untuk mencari informasi mengenai nomor IMEI ponsel apakah terdaftar atau tidak. Langkah ini dilakukan guna mengetahui kelegalan ponsel, sehingga ponsel yang nomor IMEI-nya tak terdaftar di database Kementrian Perindustrian dapat segera diketahui. Tak terkecuali HP Vivo, sehingga cek IMEI Vivo harus dilakukan.

IMEI merupakan tanda pengenal ponsel, karena tiap perangkat ponsel memiliki nomor pengenal berbeda antara satu dengan lainnya. Namun sebelum membahas bagaimana cara melihat IMEI ponsel Vivo, terlebih dahulu mari membahas apa itu IMEI dan fungsinya.

Cara Cek Imei Vivo

Apa Itu IMEI?

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan kode unik yang tercantum pada perangkat ponsel. IMEI seperti KTP ponsel, karena tiap-tiap perangkat ponsel memiliki tanda pengenal yang berfungsi untuk membedakan ponsel satu dengan ponsel lainnya.

Umumnya IMEI terdiri dari 15 hingga 16 digit, yang mana salah satu nomor serinya digunakan untuk menunjukkan informasi dari tipe ponsel.

Apa Fungsi IMEI?

Keberadaan IMEI dapat dikatakan cukup krusial, karena memiliki fungsi-fungsi diantaranya adalah berikut ini:

Mengecek Garansi Ponsel

Anda dapat mengecek garansi smartphone dengan menggunakan IMEI. Dengan begitu, Anda dapat mengecek ponsel yang ingin Anda beli apakah masih dalam kondisi baru atau tidak.

Melihat Identitas Ponsel

Selain mengecek garansi ponsel, Anda juga dapat melihat identitas ponsel secara detail dengan menggunakan IMEI.

Melacak Ponsel yang Hilang

Fungsi IMEI yang tak kalah penting adalah melacak ponsel yang hilang. Namun untuk dapat melacak ponsel hilang dengan IMEI, diperlukan bantuan dari pihak provider guna melakukan pemblokiran ponsel yang hilang.

Bagaimana Cara Cek IMEI Vivo?

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek IMEI ponsel Vivo Anda. Simak langkah-langkah mengecek IMEI Vivo berikut ini!

1. Melalui Menu Pengaturan

Anda dapat mengecek IMEI dengan mudah melalui menu pengaturan / settings pada ponsel Vivo Anda.

Pertama-tama buka menu pengaturan atau settings pada perangkat Vivo Anda, setelah itu pilih opsi “pengaturan lain”. Selanjutnya pilih “tentang ponsel”, dan pada menu tersebut akan tertera informasi lengkap smartphone Vivo Anda mulai dari model, tahun pembuatan, hingga nomor IMEI.

2. Melalui Kode Panggilan Telepon

Selain melalui menu pengaturan atau settings, Anda juga dapat mengecek IMEI melalui panggilan telepon. Caranya sangat mudah, pertama-tama buka menu panggilan telepon pada smartphone Vivo Anda. Jika sudah, ketik nomor *#06#. Setelah itu tekan tombol panggil dan tunggu beberapa saat hingga tertera informasi mengenai IMEI ponsel Vivo milik Anda.

Perlu diperhatikan apabila smartphone Vivo Anda memiliki dual SIM, maka nomor IMEI-nya pun akan berbeda.

3. Melalui Box Kemasan Ponsel

Mengecek nomor IMEI juga dapat dilakukan dengan melihat box kemasan ponsel Vivo Anda. Karena umumnya nomor IMEI ponsel akan tertera di balik box kemasan tersebut.

Bagaimana Cara Melihat Validasi IMEI?

Setelah Anda melakukan cek IMEI Vivo, selanjutnya Anda perlu memvalidasi IMEI ponsel Anda apakah terdaftar di situs Kemenperin ataukah tidak. Berikut ini cara melihat validasi IMEI yang dapat Anda lakukan.

Melihat di Situs Kemenperin

Untuk mengecek keaslian ponsel, Anda dapat melihat melalui situs resmi Kemenperin. Untuk melihat apakah ponsel terdaftar di database pemerintah atau tidak, berikut langkah yang bisa Anda lakukan.

Pertama-tama buka browser di smartphone Anda, lalu kunjungi situs resmi Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id. Setelah halaman terbuka, masukkan digit nomor IMEI Anda pada kolom yang telah disediakan. Jika sudah, klik “search“. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, itu berarti smartphone Vivo Anda resmi dan telah terdaftar.

Melihat di Situs IMEI.INFO

Selain untuk mengecek informasi lengkap mengenai tanggal rilis, spesifikasi, serta informasi ponsel lainnya, IMEI.INFO juga dapat digunakan untuk melihat keaslian perangkat ponsel Vivo milik Anda.

Pertama-tama jalankan browser lalu buka situs IMEI.INFO. Jika sudah, ketikkan kode IMEI pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik “check“, lalu tunggu beberapa saat hingga tertera informasi perangkat. Apabila muncul informasi sesuai dengan perangkat ponsel milik Anda, maka dapat dipastikan perangkat Vivo Anda asli.

Melihat di Situs Resmi Vivo

Selanjutnya Anda dapat melihat validasi IMEI di situs resmi Vivo. Pertama-tama buka browser dan kunjungi situs resmi Vivo di alamat ini https://www.vivo.com/id/support/IMEI. Setelah itu pada halaman website akan tertera perintah yang meminta Anda untuk memasukkan nomor IMEI guna otentikasi. Masukkan nomor IMEI Anda pada kolom yang tersedia, lalu klik “kirim”.

Apabila nomor IMEI tidak ditemukan, maka kemungkinan besar perangkat Vivo Anda tidak asli. Namun apabila tertera informasi pada halaman website mulai dari model serta warna produk, maka dapat dikatakan perangkat Vivo Anda asli.

Bagaimana Apabila Imei Tidak Terdaftar

Bagaimana Apabila IMEI Tidak Terdaftar?

Ketika Anda berhasil melakukan validasi IMEI namun rupanya nomor IMEI tidak terdaftar, apa yang harus dilakukan? Apabila IMEI tidak terdaftar, maka kemungkinan besar perangkat ponsel Anda masuk melalui jalur tidak resmi.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena regulasi ponsel BM baru akan aktif setelah tanggal 18 April 2020. Sehingga apabila Anda telah mengaktifkan dan memasang kartu SIM jauh sebelum hari regulasi ponsel BM diberlakukan, maka ponsel Anda dapat berjalan seperti biasa.

Namun apabila ponsel Anda dibeli di luar negeri, maka smartphone tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu nomor IMEI-nya. Pendaftaran smartphone dapat dilakukan melalui situs imei.kemenperin.go.id sebelum Anda mengkoneksikan dengan provider kartu SIM Anda.

Bagaimana mudah kan cara cek IMEI Vivo serta lengkap kan informasi penunjang lainnya? Demikianlah cara untuk mengecek IMEI HP Vivo untuk melihat kelegalan ponsel, sehingga Anda dapat memastikan apakah ponsel Vivo Anda asli atau tidak. Semoga bermanfaat ya!