Cara Cek Support MHL di HP Android – therantnation.com. Bagi pengguna smartphone Android yang ingin menghubungkan layar ponsel ke layar monitor, pasti mengetahui fitur MHL yang disematkan pada beberapa ponsel tertentu. Namun karena tak semua ponsel mendukung fitur ini, maka terlebih dahulu Anda perlu mencari informasi seputar cara cek support MHL di HP Android.

Namun bagi Anda yang belum mengetahui apa itu MHL, sebelum membahas cara melihat support MHL pada ponsel terlebih dahulu mari membahas pengertian dan fungsi MHL pada ponsel.

Cara Cek Support Mhl Di Hp Android

Apa Itu MHL?

Teknologi canggih yang satu ini ditemukan oleh Silicon Image, salah satu perusahaan yang turut memberikan sumbangsih pada standarisasi HDMI di masa kini.

MHL yang merupakan singkatan dari Mobile High-Definition Link, merupakan interface atau antarmuka standar untuk peralatan mobile audio video. Teknologi ini memungkinkan perangkat mobile seperti smartphone untuk dapat terkoneksi dengan TV ataupun perangkat lain.

MHL dapat melakukan transfer data dengan cepat serta menghasilkan kualitas terbaik. Contohnya penyaluran data display pada smartphone, sehingga dapat ditampilkan secara ideal dan proporsional ketika Anda melihat melalui layar televisi.

Apa Fungsi MHL?

Ponsel yang didukung oleh fitur ini akan menerima banyak manfaat, salah satunya dapat melakukan screen mirroring. Screen mirroring sendiri memungkinkan Anda untuk dapat menampilkan apa yang terlihat pada layar smartphone ataupun perangkat lain ke layar TV.

Sehingga Anda pun dapat menggunakan layar TV untuk memutar file media, bermain game, serta menampilkan konten-konten lainnya. Selain itu berkat teknologi MHL, Anda pun dapat melihat tampilan yang lebih jernih dan besar ketika mengakses beragam fitur serta multimedia dari gawai Anda.

Mulai dari menonton video berkualitas HD, menonton film berkualitas 4K, melihat foto berkualitas high resolution, memainkan game dengan grafis tinggi, dan masih banyak lagi.

Bahkan dari segi tampilan video, MHL pun turut memberikan kualitas audio yang detail dan jernih hingga sekelas Surround Sound 7.1. Sehingga tak hanya gambar saja yang berkualitas tinggi, telinga Anda pun akan dimanjakan dengan output suara yang jernih dan menggelegar.

Singkatnya, teknologi yang satu ini dapat mengubah layar TV Anda menjadi extender display dari smartphone Anda.

Bagaimana Cara Cek Support MHL di HP Android?

Sayangnya tak semua merek dan tipe smartphone telah dibekali dengan teknologi MHL ini, sehingga terlebih dahulu Anda perlu melakukan pengecekan apakah ponsel pintar Anda termasuk salah satu yang support dengan teknologi canggih ini. Berikut cara cepat bagaimana melihat support MHL di smartphone Anda.

1. Cara Mengecek Support MHL dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama yang dapat Anda coba lakukan untuk melihat apakah gawai Anda support dengan fitur MHL adalah dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga, yakni MHL Checker.

MHL Checker - (Check HDMI)
MHL Checker - (Check HDMI)
Developer: The Tree Team
Price: Free+

Pertama-tama buka Google Play Store yang ada di smartphone Android Anda lalu ketik MHL Checker pada kolom pencarian. Setelah berhasil terunduh dan terpasang, buka aplikasi tersebut. Selanjutnya klik pada tombol “check” guna melihat apakah aplikasi dapat memeriksa dukungan, tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan muncul pada layar smartphone Anda.

Apabila perangkat ponsel Anda tidak didukung fitur MHL, maka akan tertera ikon silang (X) berwarna merah dengan tulisan “this device can’t support MHL connection” yang artinya smartphone Anda tidak dibekali dengan fitur MHL.

Sebaliknya, apabila smartphone Anda support dengan MHL maka akan tertera keterangan yang menjelaskan bahwa fitur MHL tersedia dan support dengan smartphone Android Anda.

2. Cara Mengecek Support MHL Tanpa Aplikasi

Selain meng-install aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store, Anda juga dapat melakukan pengecekan support MHL pada smartphone tanpa menggunakan aplikasi.

Langkah pertama Anda perlu membuka browser pada smartphone Anda ataupun pada laptop. Selanjutnya, buka link berikut ini pada kolom pencarian browser https://www.mhltech.org/devices.aspx. Setelah itu periksa pada bagian tipe perangkat dan pilih “mobile”.

Jika sudah, pilih merek dan tipe smartphone yang ingin Anda periksa apakah support dengan fitur MHL atau tidak. Apabila merek dan tipe smartphone Android Anda support dengan MHL, maka merek dan tipe smartphone Anda akan tercantum pada list yang tertera di situs website tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan MHL?

Apabila smartphone Anda support dengan teknologi MHL ini, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan peralatan untuk menyambungkan smartphone ke TV. Anda memerlukan kabel atau MHL Adapter yang digunakan sebagai konektor untuk menghubungkan smartphone ke TV.

Perlu diperhatikan bahwa adapter MHL untuk smartphone Android tersebut harus memiliki konektor dengan jenis Micro USB. Adapter tersebut juga harus dilengkapi dengan port HDMI guna memasang kabel HDMI menuju port HDMI pada TV. Jika perangkat tersebut telah Anda persiapkan, maka Anda telah siap untuk mencoba menggunakan MHL.

Namun selain smartphone yang support MHL, TV yang akan Anda koneksikan dengan smartphone tersebut juga harus support dengan teknologi MHL. Sehingga Anda juga perlu memastikan apakah TV di rumah Anda dapat mendukung fitur ini atau tidak.

Berikut tutorial untuk menyambungkan HP ke TV bagi pengguna HP Xiaomi, Vivo, Realme dan Oppo:

  1. Cara Menyambungkan HP Realme Ke TV
  2. Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV
  3. Cara Menyambungkan HP Vivo ke TV
  4. Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV

Ada Berapa Versi MHL?

Pada awal kemunculannya di tahun 2010 silam, MHL hadir dengan versi 1.0 yang kemudian dipasarkan di tahun 2011. Seiring berjalannya waktu, MHL versi 2.0 lantas mengikuti jejak versi sebelumnya dengan performa yang lebih baik pula. Kedua versi tersebut hanya dapat berfungsi untuk menampilkan video dengan kualitas maksimal Full HD 1080p.

Namun apabila Anda memiliki TV dan smartphone berkelas 4K, maka MHL versi 3.0 merupakan pilihan tepat bagi Anda. Karena versi terbaru tersebut mengusung kemampuan transfer rate yang lebih handal jika dibandingkan dengan dua versi sebelumnya.

MHL versi 3.0 juga mendukung Surround Sound 7.1 Dolby TrueHD, format 4K (3840 x 2160), serta mampu menampilkan display lebih dari satu atau multiple output.

Bagaimana Jika Smartphone Android Tidak Support Dengan Fitur Mhl

Bagaimana Jika Smartphone Android Tidak Support dengan Fitur MHL?

Setelah melakukan pengecekan dan ternyata smartphone Android Anda tidak support dengan fitur MHL, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, Anda tetap dapat menghubungkan smartphone ke TV menggunakan cara lain yakni dengan alat bernama smartphone cable converter 3 in 1.

Alat yang satu ini terdiri dari beberapa port yakni port HDMI, port USB, serta port USB tipe C. Untuk dapat menggunakannya, Anda perlu bantuan aplikasi pihak ketiga yakni Drongscreen.

Pertama-tama unduh dan pasang aplikasi tersebut di smartphone Anda, jika sudah buka aplikasi. Selanjutnya aktifkan bluetooth, cari opsi pengembang pada menu settings lalu aktifkan opsi pengembang tersebut. Setelah itu rakit alat, lalu sambungkan alat tersebut dengan smartphone serta TV Anda.

Demikianlah cara cek support MHL di HP Android yang dapat Anda coba lakukan. Sehingga kini Anda menyalurkan data display pada smartphone dan dapat ditampilkan pada layar TV secara full HD maupun 4K. Segera cek apakah smartphone Anda support dengan fitur MHL atau tidak sekarang juga!