Cara Membagikan ID Telegram – therantnation.com. Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Pada aplikasi Telegram dapat dengan mudah berkomunikasi baik secara personal ataupun grup chat.

Di aplikasi telegram, cara mudah dan aman untuk menambah pertemanan baru adalah dengan membagikan ID. Untuk melakukan hal tersebut, terdapat beberapa cara membagikan ID Telegram yang dapat dilakukan.

Langkah-langkah untuk membagikan ID Telegram juga tidak terlalu rumit. Jadi, siapa saja dapat melakukan hal ini dengan cukup mudah. Nah, untuk lebih jelas tentang aplikasi Telegram ini, berikut akan dibahas beberapa hal terkait dengan ID Telegram.

3 Cara Membagikan Id Telegram Dengan Mudah

3 Cara Membagikan ID Telegram dengan Mudah

Untuk Anda semua yang masih kebingungan dalam membagikan ID Telegram ini, maka berikut akan admin sampaikan secara detail agar kita semua bisa membagikannya.

1. Cara Membagikan ID Akun Telegram

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membagikan ID akun Telegram. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Telegram pada HP.
  2. Selanjutnya, pilih atau tap menu dengan icon hamburger yang ada di bagian pojok kiri atas.
  3. Setelah itu, pilih saja menu setting atau pengaturan.
  4. Kemudian, pada bagian “Account”, nanti akan terdapat kolom username. Data tersebut digunakan sebagai kontak pribadi akun Telegram Anda.

Untuk membagikan ID tersebut, dapat menaruhnya di media sosial yang lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau di platform sosial media lainnya. Anda juga dapat menempatkan ID tersebut di benda fisik seperti kartu nama ataupun data pribadi lainnya. Dengan adanya ID Telegram yang ditautkan ke berbagai media sosial tersebut, orang lain dapat menemukan Anda di Telegram dengan lebih mudah.

2. Cara Mengaitkan ID Telegram di Media Sosial

Sebelumnya telah dibahas bahwa ID Telegram Anda dapat dibagikan melalui media sosial. Nah, bagi yang belum mengetahui bagaimana membuat tautan ID Telegram untuk ditempatkan di media sosial, dapat simak informasinya di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi telegram dan pilih atau tap bagian menu.
  2. Kemudian, pilih saja “Settings”.
  3. Setelah itu, pilih atau tap pada bagian username Telegram.
  4. Anda dapat copy tautan https://t.me/username dengan cara tap pada tautan tersebut.
  5. Selanjutnya, tinggal buka akun media sosial yang ingin diberikan tautan link ID Telegram Anda.
  6. Paste saja tautan ID Telegram tadi di bagian informasi diri atau profil media sosial dan simpan.
  7. Selesai. Kini para followers Anda dapat mengakses ID Telegram dengan mengklik tautan tersebut.

Selain membagikan di media sosial juga dapat membagikan tautan tersebut secara manual melalui aplikasi chat seperti WA ataupun platform lainnya. Dengan menggunakan fitur link atau tautan ini, Anda dapat membuat orang mengakses ID Telegram dengan lebih mudah dan juga cepat.

3. Cara Membagikan ID Telegram dalam Bentuk QR Code

Selain menggunakan tautan juga dapat membagi ID Telegram dengan bentuk QR Code. Cara untuk melakukannya tidak terlalu sulit. Nah bagi yang ingin membuat QR code dari ID Telegram Anda, langsung saja simak informasinya berikut ini.

  1. Pertama, buka pengaturan akun Telegram dan copy t.me pada username Anda.
  2. Kemudian, dapat buka https://www.qrcode-monkey.com/ menggunakan browser.
  3. Setelah itu, paste saja link tautan t.me di kolom URL yang disediakan di website tersebut.
  4. Untuk mengatur warna QR code, dapat pilih set colors. Anda dapat pilih warna dengan gradasi dan juga warna tunggal.
  5. Selanjutnya, pilih “Add Logo Image” dan kemudian cari gambar untuk diunggah.
  6. Setelah itu, pilih “Customize Design” untuk membuat bentuk QR code yang sesuai.
  7. Setting juga slider untuk menentukan size dari QR code.
  8. Jika sudah selesai melakukan pengaturan, langsung saja pilih “Create QR Code” untuk membuat kode QR.
  9. Tunggu sebentar sampai QR Code yang dibuat muncul di halaman.
  10. Kemudian, download QR code tersebut. Anda dapat mengatur nama file dan lokasi penyimpanan QR code tersebut jika dibutuhkan.
  11. Terakhir, dapat membagikan QR code tersebut ke berbagai media sosial atau secara manual melalui quick chat.

Membagikan ID Telegram dalam bentuk QR code ini dapat menjadi alternatif menarik bagi yang ingin melakukan pendekatan dan promosi fisik seperti menggunakan poster, pamflet, brosur, ataupun juga kartu nama.

Mengenal Apa Itu ID pada Aplikasi Telegram

Telegram dikenal sebagai aplikasi yang memperhatikan betul soal keamanan dan kerahasiaan data privasi para penggunanya. Hal tersebut dapat terlihat dengan username yang dapat diubah dan dibagi tanpa harus menunjukkan nomor HP Telegram Anda. Nah, username tersebutlah yang dikenal dengan istilah ID Telegram. ID tersebut memiliki peran sebagai kontak dalam menggunakan aplikasi Telegram.

Pada saat membagikan ID Telegram, maka pengguna lain dapat mencari dan menemukan kontak Anda dengan lebih mudah di aplikasi Telegram. Orang yang menemukan ID akun Telegram Anda selanjutnya dapat mengirim pesan kepada Anda meskipun tidak memiliki dan menyimpan nomor HP Anda.

Adanya ID Telegram ini tentu bisa dijadikan sebagai salah satu cara ampuh untuk menambah relasi komunikasi sehingga jangkauan orang baru dapat menjadi lebih luas, khususnya bagi yang punya bisnis atau ingin mencari mitra.

Cara Membuat ID pada Aplikasi Telegram

Sebelum mengetahui cara membagikannya, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara untuk membuat ID Telegram ini. Untuk membuatnya, caranya sebenarnya cukup mudah dan simpel. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, buka aplikasi Telegram.
  2. Kemudian, langsung saja masuk ke bagian pengaturan Telegram.
  3. Setelah itu, pilih menu “Username”.
  4. Selanjutnya, dapat isi bagian kolom “Your Username” sesuai dengan yang diinginkan.
  5. Terakhir, pilih tanda check list.
  6. Selesai.

Dalam membuat ID Telegram ini, terdapat beberapa macam rangkaian huruf dan Angka yang dapat digunakan sesuai keinginan. Namun, karena username atau ID tersebut sifatnya unik, maka bisa saja nama yang diinginkan tidak tersedia karena sudah digunakan oleh pengguna yang lain.

Apabila memasukkan nama username, dari aplikasinya nanti akan melakukan pengecekan apakah nama tersebut masih tersedia atau tidak. Jika nama sudah tidak tersedia, otomatis harus mencari nama lain.

Dalam membuat username atau ID Telegram ini, semua tergantung dari diri Anda sendiri dan sifatnya bukan hal yang wajib. Jadi, apabila tidak ingin berbagi ID Telegram kepada orang lain, dapat menonaktifkan fitur tersebut.

Cara Untuk Menonaktifkan Id Di Aplikasi Telegram

Cara Untuk Menonaktifkan ID di Aplikasi Telegram

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, membuat dan membagikan ID Telegram ini bukanlah hal yang wajib. Jadi dapat memilih untuk tidak menggunakannya atau menonaktifkan username jika sudah telanjur membuatnya. Nah, berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk kembali menonaktifkan ID Telegram.

  1. Pertama, buka pengaturan Telegram dan pilih “Username”.
  2. Setelah itu, hapus username dan pilih tombol check list pada bagian atas.
  3. Selesai. Setelah ID Telegram terhapus, orang lain tidak dapat mencari dan menemukan lagi di pencarian global.

Baca : Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps dengan Mudah

Penutup

Itulah tadi informasi tentang cara membagikan ID Telegram dan beberapa hal terkait dengan ID Telegram. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang apa itu ID Telegram. Gunakan dan manfaatkan fitur tersebut dengan bijak sesuai dengan kebutuhan Anda.