Cara Membuat Kontak Darurat di HP Xiaomi – therantnation.com. Semua orang tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Tugas kita adalah selalu berjaga-jaga akan sesuatu yang akan terjadi, salah satunya adalah pada HP. Setidaknya Anda harus tahu bagaimana cara membuat kontak darurat di HP Xiaomi ini.

Lalu kenapa kontak darurat sangat penting? Tentu saja ini untuk mengantisipasi apabila suatu saat kita terkena musibah seperti handphone tertinggal, jatuh di jalan, atau pemiliknya mengalami kecelakaan dan harus menghubungi orang penting.

Cara Membuat Kontak Darurat Di Hp Xiaomi Secara Lengkap

Bagaimana Cara Kerja Kontak Darurat pada Handphone?

Sebagai contoh ada seseorang yang mengalami kecelakaan dan tidak sadarkan diri. Tentu saja orang-orang yang menolong belum tentu mengetahui identitas korban, namun tetap harus menghubungi seseorang yang kenal dengan orang tersebut. Apabila dia sudah menambahkan kontak darurat, maka penolong bisa menghubungi teman atau keluarga korban dari kontak tersebut.

Kontak darurat atau juga disebut emergency call memang sudah disematkan pada semua handphone Xiaomi. Anda bisa menghubungi kontak tersebut dengan cara memencet tombol power pada handphone lima kali. Nomor kontak juga bisa diatur apakah ingin menggunakan nomor teman, kekasih, atau keluarga. Panggilan ini bisa dilakukan walaupun handphone dalam kondisi terkunci sekalipun.

Saat melakukan panggilan darurat, ponsel akan mengaktifkan GPS dan membagikan lokasi terakhir Anda, kemudian mengirim SMS dan melakukan panggilan secara otomatis. Jadi, untuk memastikan semua bisa berfungsi dengan baik, Anda harus selalu mempunyai pulsa atau paket telepon dan SMS.

Cara Membuat Kontak Darurat di HP Xiaomi dengan Mudah

Untuk mengaktifkan cara membuat kontak darurat di HP Xiaomi ini ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah ulasan lebih lengkapnya.

1. Aktifkan Fitur SOS Darurat

Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur SOS terlebih dahulu karena pada pengaturan awal fitur SOS darurat ini belum diaktifkan secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya.

  1. Masuk ke menu pengaturan.
  2. Scroll layar ke bagian bawah.
  3. Pilih Sandi dan Keamanan.
  4. Pilih menu SOS.
  5. Berikan tanda centang pada bagian SOS darurat.
  6. Fitur SOS darurat berhasil diaktifkan.

2. Menambahkan Kontak Darurat

Setelah fitur SOS darurat diaktifkan, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menambahkan nomor kontak darurat. Sebenarnya fitur panggilan darurat ini sudah ada sejak lama. Hanya saja, nomor yang dihubungi dibatasi oleh pihak operator, yakni nomor call center saja.

Akan tetapi, saat ini di ponsel Xiaomi Anda bisa mengatur nomor darurat sesuai dengan kehendak sendiri. Tentu saja ini sangat penting karena nomor tersebut langsung berhubungan dengan Anda.

Untuk menambahkan nomor kontak ke panggilan darurat cukup mudah. Pertama masuk ke menu pengaturan dan pilih Sandi dan Keamanan. Kemudian, tap ada menu kontak darurat. Pada bagian bawah, pilih Tambah dan berikan tanda centang pada 3 nomor kontak yang hendak dijadikan nomor darurat.

3. Melakukan Panggilan Darurat

Apabila semua sudah diatur dengan tepat, Anda bisa mulai mencoba melakukan panggilan darurat ke nomor yang telah diterapkan sebelumnya. Cara untuk menggunakan fitur panggilan darurat ini adalah dengan menekan tombol power lima kali dengan jeda waktu singkat. GPS akan aktif secara otomatis karena akan berfungsi mengirimkan lokasi Anda saat ini.

Cara Mematikan Fitur Panggilan Darurat Di Handphone Xiaomi

Cara Mematikan Fitur Panggilan Darurat di Handphone Xiaomi

Untuk mematikan fitur ini caranya cukup mudah. Anda bisa menonaktifkan melalui menu pengaturan. Pilih bagian Sandi dan Keamanan. Kemudian matikan fitur SOS darurat. Matikan juga fitur GPS supaya tidak membuat baterai boros.

Baca : Cara Membuat Nama di Kamera Handphone (Watermark Shot On Merek HP)

Itulah tadi cara membuat kontak darurat di HP Xiaomi dengan mudah. Mengingat tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi waktu mendatang, akan lebih baik jika Anda segera mengaktifkan fitur ini. Kalaupun tidak ada hal buruk terjadi, setidaknya Anda telah berupaya dengan baik dalam menjaga keamanan diri.