Cara Membuat QR Code di Telegram – therantnation.com. Penggunaan QR Code sekarang jamak dijumpai pada aplikasi-aplikasi digital. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila banyak orang yang penasaran dengan cara membuatnya. Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana cara membuat QR Code di Telegram.

Mengapa menggunakan Telegram? Karena cara ini dapat dibilang cukup mudah, terutama untuk para pemula. Dengan menggunakan aplikasi Telegram, Anda tidak perlu mendownload atau menginstal aplikasi tambahan lain.

Dengan begitu, Anda hanya perlu fokus pada fitur dalam Telegram tanpa perlu mempelajari aplikasi lainnya. Di samping itu, ini juga menjadi kelebihan apabila sebelumnya sudah memiliki akun Telegram. Pasalnya Anda tidak perlu menginstal dan mendaftar terlebih dahulu. Salah satu fiturnya yaitu QR Code, lalu bagaimana cara membuat QR Code di Telegram? Yuk ikuti lebih jauhnya.

Cara Menggunakan Qrcoder Untuk Melakukan Scanning Atau Pemindaian

Cara Membuat QR Code di Telegram yang Paling Mudah

QR Code merupakan kependekan dari quick response code atau kode dengan respons cepat. QR Code sendiri adalah evolusi atau perkembangan dari kode batang yang biasa dikenal sebagai barcode. Pada Telegram, cara yang dibutuhkan untuk membuat QR Code di Telegram adalah dengan menggunakan bot yang bernama QRCoder. Caranya pun cukup mudah, yakni sebagaimana berikut.

1. Membuka Aplikasi Telegram

Pertama-tama, bukalah aplikasi Telegram pada ponsel Anda. Apabila belum memiliki aplikasi ini, bisa didownload dan diinstal melalui Google Play Store. Setelah itu, bagi pengguna baru atau apabila sebelumnya Anda logout dari aplikasi ini, silakan mendaftar atau login terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran, biasanya Telegram akan meminta nomor ponsel calon pengguna.

2. Menekan Tombol Pencarian

Setelah proses pendaftaran dan login di atas sudah selesai dilakukan, Anda akan dibawa pada halaman beranda atau halaman utama Telegram. Pada halaman ini coba Anda klik pada tombol pencarian atau searching yang terletak pada bagian atas layar di sebelah kiri. Tombol ini dilambangkan dengan ikon yang berupa kaca pembesar.

3. Menuliskan Hasil yang Ingin Dicari

Setelah menekan tombol pencarian, pada layar akan muncul kolom dan papan tulis dimana Anda dapat mengetikkan kata kunci yang diinginkan. Karena yang dibutuhkan adalah bot pembuat QR Code, maka ketikkan kata “QRCoder” pada kolom tersebut. Pada saat menuliskannya, Anda tidak perlu menambahkan tanda petik, jadi langsung ditulis QRCoder saja.

Setelah menuliskan kata kunci tersebut, biasanya akan muncul banyak rekomendasi yang berkaitan. Pilih yang bernama QRCoder dimana di bawahnya terdapat tulisan kecil berupa “bot” dengan warna silver. Biasanya juga bot atau aplikasi ini diletakkan pada posisi paling atas sebagai pilihan atau hasil pencarian pertama.

4. Menggunakan QRCoder

Setelah menemukan bot ini, kemudian silakan klik saja. Anda akan masuk pada laman utama bot ini yang berupa halaman perpesanan. Selanjutnya untuk menggunakan bot tersebut, tekan tombol “Start” atau “Mulai” dengan font warna biru yang terletak pada bagian paling bawah. Lokasinya berada tepat di atas tombol navigasi pada ponsel.

5. Menuliskan Teks atau Memasukkan Link URL

Setelah menekan tombol Start, akan muncul pesan yang berisi informasi tentang bagaimana menjalankan prosedur selanjutnya. Pada informasi ini, Anda akan diminta untuk menuliskan teks atau memilih link URL tertentu yang nantinya akan dijadikan sebagai QR Code. Silakan Anda pilih salah satunya. Setelah itu, tekan tombol kirim yang berupa gambar anak panah.

Setelah mengirimkan teks atau link URL, bot ini akan segera memprosesnya. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa mengetahui jalannya proses ini dengan melihat tulisan “mengetik…” di bawah nama profil bot ini. Setelah itu, QR Code akan dikirimkan ke akun Anda dengan format atau bentuk gambar.

6. Menyimpan QR Code di Galeri

Selanjutnya Anda dapat menyimpan gambar kode ini di bagian penyimpanan atau galeri ponsel. Caranya dengan menyentuh gambar tersebut. Setelah itu, pada bagian atas layar ponsel, di sebelah kanan, akan muncul ikon tiga titik. Klik ikon tersebut. Di bawahnya akan muncul tulisan “Save to gallery” atau “Simpan ke galeri”. Klik saja tulisan tersebut.

7. Membagikan Gambar Kode di Media Sosial

Gambar kode ini juga bisa langsung dishare atau dibagikan di Telegram. Caranya klik ikon anak panah melengkung dengan warna putih tepat di sebelah kanan gambar ini. Selanjutnya akan muncul para pengguna Telegram yang terdapat dalam kontak Anda. Pilih siapa saja yang Anda inginkan dengan mengklik satu atau beberapa pengguna tersebut.

Terdapat alternatif kedua yang dapat dilakukan untuk membagikan kode tersebut melalui media sosial lainnya. Caranya masuk ke dalam galeri. Kemudian cari dan klik pada gambar kode tersebut. Setelah itu, pada bagian atas layar akan muncul ikon tiga titik bundar yang dihubungkan oleh dua garis. Klik pada ikon tersebut.

Setelah itu akan muncul daftar media-media sosial dan aplikasi yang dapat dipilih. Klik untuk memilih salah satu di antaranya. Setelah itu pilih atau tuliskan nama penerima. Kemudian tekan tombol kirim.

Selain penggunaan yang cukup mudah, bot ini dapat digunakan baik untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Bahkan ada hal yang lebih menarik. Bot ini juga dapat digunakan pada perangkat berupa laptop atau computer. Caranya dengan menginstal aplikasi Telegram Web terlebih dahulu.

Cara Membuat Qr Code Di Telegram Dengan Mudah

Cara Menggunakan QRCoder untuk Melakukan Scanning atau Pemindaian

Selain membuat QR Code di Telegram, bot QRCoder juga dapat digunakan untuk membaca atau memindai (melakukan scanning) kode-kode QR. Untuk melakukan hal tersebut, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Menyiapkan File Foto atau Gambar

Sebelum melakukan pemindaian dengan bot di atas, persiapkan terlebih dahulu file gambar QR Code tertentu. Bisa juga dengan menyediakan file foto atau gambar yang di dalamnya terdapat gambar QR Code.

2. Membuka Aplikasi Telegram

Selanjutnya bukalah aplikasi Telegram di ponsel Anda. Kemudian pada ikon pencarian ketikkan kata kunci QRCoder, tanpa tanda kutip. Setelah daftar hasil pencarian keluar, pilihlah kata kunci atau rekomendasi paling atas karena biasanya bot ini memang diletakkan sebagai hasil pencarian pertama.

3. Menggunakan Bot QRCoder

Setelah itu, masuk pada bot ini. Tekan tombol “Mulai” atau “Start” di bagian paling bawah. Setelah itu akan muncul pesan yang berisi informasi tertentu. Setelah itu, coba sentuh kolom balasan. Sekarang klik ikon berupa pin di sebelah kanan papan balasan tersebut.

Selanjutnya akan muncul foto-foto dan gambar yang dapat dipilih. Pilihlah file yang tadi sudah dipersiapkan. Anda dapat memilih satu atau beberapa file sekaligus. Caranya cukup sentuh atau centang pada file-file yang akan dipilih. Kemudian klik tombol kirim di sebelah kanan bawah.

4. Menunggu Hasil

Setelah mengirimkan file-file tersebut, tunggulah beberapa saat. Proses ini juga tidak membutuhkan waktu lama. Selanjutnya hasil pemindaian akan dikirimkan ke akun Anda.

Baca : 2 Cara Menyembunyikan Last Seen di Whatsapp yang Mudah

Penutup

Demikianlah tutorial atau cara membuat QR Code di Telegram yang bisa Anda coba. Tentunya langkah-langkah di atas cukup mudah dipraktikkan, baik untuk membuat maupun memindai kode QR tertentu. Di samping itu, cara tersebut juga dapat digunakan di laptop atau komputer dengan bantuan aplikasi Telegram Web. Selamat mencoba!