Cara Membuka Pola HP Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, Samsung dll – therantnation.com. Password atau kata sandi kerap digunakan untuk mengunci smartphone demi keamanan dan privasi si pengguna. Bentuk password smartphone pun beragam, mulai dari fingerprint, face unlock, sandi angka dan huruf, hingga pola. Cara membuka pola HP Android pun bergantung dari sandi yang ditetapkan pengguna.

Banyaknya maling smartphone hingga tak jarang teman dekat yang iseng mengutak-atik perangkat ponsel membuat keberadaan password semakin penting, agar ponsel tak bisa dibuka oleh sembarang orang. Namun karena kerap menggonta-ganti kata sandi, tak sedikit pengguna yang lupa dengan password ponselnya. Terlebih password berbentuk pola, yang kerap membuat pusing pengguna smartphone.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka pola HP yang lupa. Bahkan cara-cara di bawah ini dapat dilakukan untuk membuka ponsel tanpa perlu melakukan factory reset ataupun menghapus data dari smartphone.

Cara Membuka Pola Hp Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, Samsung Dll

6 Cara Membuka Pola / Sandi HP yang Lupa / Terkunci tanpa Menghilangkan Data di Android

Langsung saja berikut ini therantnation.com berikan tips ampuh untuk cara membuka kunci pola untuk semua merk HP Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, Samsung dll yang lupa pada perangkat Android anda!

1. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Cara pertama dan menjadi salah satu cara mudah untuk membuka smartphone Android yang terkunci adalah dengan menggunakan fitur forgot pattern atau lupa sandi. Nantinya fitur ini akan bekerja dengan memanfaatkan akun Google serta sambungan internet.

Pertama-tama siapkan smartphone Android, sambungan internet, serta email Google Anda. Setelah itu nyalakan Android dan pastikan ponsel telah terhubung dengan internet. Ketika muncul tampilan pola, klik “Forgot Pattern” yang terletak di bagian bawah layar.

Selanjutnya akan muncul kotak perintah yang meminta Anda untuk mengisi email serta password email Anda, jika sudah klik “Sign in“.

Langkah selanjutnya Anda diminta memilih salah satu dari 2 metode yang tersedia untuk membuka pola, yang pertama Google akan mengirimkan pertanyaan yang mana jawabannya hanya diketahui oleh Anda. Serta yang kedua Google akan mengirimkan pola sandi Android Anda ke email.

Jika Anda telah memilih salah satu metode yang ditawarkan Google, buka email Anda menggunakan smartphone lain ataupun menggunakan laptop. Buka email dari Google dan ikuti langkah-langkah yang tertera pada email tersebut untuk dapat membuka pola smartphone Android Anda.

2. Menggunakan Android Device Manager

Selanjutnya Anda dapat menggunakan Android Device Manager, yang tak lain adalah layanan resmi milik Google. Untuk dapat menggunakan cara ini, Anda perlu mempersiapkan smartphone Android, laptop atau komputer, serta koneksi internet yang lancar dan stabil.

Anda tak perlu khawatir kehilangan data ketika menggunakan cara ini, karena Android Device Manager tak mengharuskan Anda melakukan factory reset pada smartphone.

Langkah pertama Anda perlu membuka komputer atau laptop, setelah itu kunjungi situs Android Device Manager. Nantinya situs tersebut akan meminta Anda untuk melakukan log in, dan pastikan Anda log in dengan akun email yang sama.

Setelah berhasil log in, akan tertera halaman berupa peta yang memuat lokasi smartphone Android Anda. Selain itu otomatis akan memuat tiga opsi lain yaitu Play Sound, Lock, dan Erase. Untuk membuka pola yang terkunci, klik opsi menu “Lock“.

Selanjutnya akan muncul jendela baru yang meminta Anda untuk mengisi password baru, mengkonfirmasi password baru, recovery message (opsional), serta nomor telepon (opsional). Setelah data seluruhnya terisi, klik “Lock“. Proses pengubahan pola telah berhasil Anda lakukan.

3. Membuat Lockscreen Crash

Membuat lockscreen crash juga dapat Anda lakukan untuk membuka pola yang terkunci. Namun cara membuka pola Android yang satu ini hanya dapat dilakukan pada smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 hingga 5.1.1 saja. Lockscreen crash ini bekerja dengan memanfaatkan bug yang berupa celah keamanan, dan cara ini cukup mudah untuk dilakukan.

Pertama-tama buka menu Emergency Call atau panggilan darurat, lalu ketik tanda bintang (*) pada dialer Anda hingga karakter penuh dan tidak dapat ditambahkan lagi. Selanjutnya, copy atau salin karakter tersebut lalu buka akses kamera pada lockscreen. Tarik notification bar untuk selanjutnya dapat membuka menu settings atau pengaturan.

Setelah itu Anda tetap diminta untuk memasukkan kata sandi, dan Anda hanya perlu menempel karakter yang tadi telah Anda salin sebelumnya untuk menyebabkan lockscreen crash. Jika berhasil, Anda akan masuk ke tampilan utama smartphone Anda.

4. Menggunakan ADB

Cara yang satu ini dapat Anda gunakan untuk membuka pola smartphone Android yang terkunci apabila sebelumnya Anda telah mengaktifkan USB debugging. Tak hanya itu, cara berikut ini juga dapat Anda gunakan apabila Anda memiliki komputer yang pernah terhubung dengan smartphone melalui ADB.

Pertama-tama sambungkan smartphone ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Setelah itu buka Command Prompt dan ketikan perintah pada CMD “adb shell rm /data/system/gesture.key” untuk dapat masuk ke direktori instalasi ADB. Selanjutnya reboot smartphone Android Anda, dan sandi pada lockscreen Anda akan menghilang.

Namun perlu diingat bahwa hilangnya password ini hanya bersifat sementara, sehingga pastikan Anda menetapkan kata sandi baru sebelum Anda melakukan proses reboot ponsel kembali.

5. Menggunakan Safe Mode

Rupanya terdapat banyak aplikasi pengaman lockscreen yang disediakan untuk smartphone Android, dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Beberapa aplikasi bahkan dapat mengubah password sesuai dengan kombinasi status baterai, tanggal, hingga jam dan menit.

Apabila masalah membuka pola smartphone datang dari aplikasi pihak ketiga yang terpasang di ponsel Anda, maka Anda dapat mencoba melakukan boot ke Safe Mode untuk dapat membuka pola smartphone yang terkunci.

Pertama-tama tekan dan tahan tombol Power hingga nantinya muncul pilihan matikan daya atau ulang kembali ponsel. Lalu tekan dan tahan kembali tombol power hingga muncul opsi “reboot to safe mode“, kemudian tekan OK.

Melalui safe mode ini, Anda perlu meng-uninstall atau mencopot pemasangan aplikasi lockscreen yang ada di smartphone Android Anda. Jika proses uninstall telah berhasil, restart ponsel untuk keluar dari safe mode.

6. Melakukan Factory Reset

Apabila Anda telah melakukan cara diatas namun belum berhasil, cara terakhir yang dapat Anda coba lakukan adalah factory reset atau me-reset smartphone seperti bawaan pabrik kembali. Namun sayangnya, cara yang satu ini tidak dapat Anda lakukan apabila Anda tidak ingin kehilangan data yang ada di ponsel Anda.

Sehingga apabila Anda memilih untuk melakukan cara ini, itu berarti Anda telah siap merelakan data-data yang tersimpan di memori internal ponsel Anda.

Tips Penting Terkait Cara Membuka Pola Hp! Bagi Anda Yang Kerap Lupa Kata Sandi

Tips Penting Terkait Cara Membuka Pola HP! Bagi Anda yang Kerap Lupa Kata Sandi

Lupa password merupakan hal wajar yang kerap dialami banyak orang. Terlebih jika kata sandi yang lupa tersebut adalah password untuk membuka smartphone Anda, tentu hal tersebut akan sangat merepotkan. Karenanya, ikuti beberapa tips di bawah ini agar Anda tak lagi lupa dengan kata sandi password ponsel Anda.

Memilih Kata yang Mudah Diingat

Apabila Anda menggunakan kata sandi angka dan huruf, cobalah untuk memilih kata-kata yang cenderung mudah diingat. Hindari memilih kata sandi dengan kombinasi yang ruwet agar Anda tak akan lupa dengan password.

Memilih Nomor Penting

Apabila Anda menggunakan kombinasi angka sebagai kata sandi, pilih nomor-nomor penting dalam hidup Anda. Misalnya tanggal lahir Anda, tanggal pernikahan, dan lain-lain.

Gunakan Pola yang Mudah Diingat

Apabila Anda memilih menggunakan kata sandi pola, pilih pola yang mudah diingat dan tidak terlalu rumit. Sebaiknya pilih pola yang sederhana saja, agar nantinya tak akan menyulitkan Anda ketika Anda kelupaan dengan pola untuk membuka smartphone.

Demikianlah yang bisa therantnation.com berikan untuk cara membuka pola di handphone Android dengan cepat, anti ribet, dan tanpa perlu melakukan reset smartphone. Cara diatas dapat Anda lakukan sendiri di rumah, meskipun Anda tidak berpengalaman dalam dunia smartphone sekalipun. Semoga informasi diatas bermanfaat!