7 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android dengan Mudah

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android – therantnation.com. Saat baru dikeluarkan dari “box baru”, setiap smartphone pasti akan sangat responsif atau berjalan dengan lancar dan cepat ketika pertama kali digunakan.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu performanya akan semakin lambat. Baik itu karena memorinya yang semakin penuh, terlalu banyak aplikasi atau faktor-faktor lainnya.

Kinerja smartphone yang melambat memang bisa terjadi baik itu smartphone murah maupun mahal. Jika hal ini sudah terjadi maka tentu akan sangat mengganggu Anda.

Apalagi jika sedang membutuhkan smartphone untuk menunjang pekerjaan seperti seminar online, sekolah online, dan lain-lain. Ketika smartphone melambat, aktivitas tersebut akan terganggu.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Dengan Mudah

7 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone yang Benar

Setelah membeli HP sekian lama dan digunakan setiap hari, suatu HP akan mengalami kekurangan performa atau kekendoran dalam menjalankan operasionalnya. Semua itu karena tidak ada pembaruan ataupun pengurangan beban pada HP tersebut.

Untuk mempercepat kinerja smartphone pun sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Yuk kita intip dibawah ini.

1. Menghapus file yang tidak penting

Alasan paling umum yang menyebabkan performa smartphone menurun adalah banyaknya file-file tidak penting yang memenuhi memori. File tersebut bisa berupa dokumen, foto, atau video hasil unduhan dari aplikasi chatting.

Agar ruang penyimpanan sedikit lebih lega, cobalah memilih file mana yang tidak terlalu penting dan hapus file tersebut. Jika file tersebut masih dirasa penting, Anda bisa memindahkannya ke hard disk laptop, PC atau menyimpan di Cloud.

Selain menghapus file yang tidak penting, Anda harus menghapus cache atau residu data dari berbagai aplikasi yang di instal. Untuk menghapus cache biasanya bisa dilakukan di menu aplikasi dalam pengaturan.

2. Mencari penyebabnya

Poin di atas adalah satu dari sekian banyak penyebab melambatnya performa smartphone. Agar bisa melakukan langkah yang tepat, akan lebih baik jika mencari tahu sebenarnya apa yang menyebabkan smartphone lambat.

Bisa juga terjadi masalah pada software atau hardware. Untuk lebih baiknya Anda bisa berkonsultasi pada layanan servis handphone terdekat.

3. Mengelola widget

Beberapa widget memang sangat membantu seperti menunjukkan waktu, membuat catatan secara cepat tanpa membuka aplikasi dan masih banyak lagi. Namun terlalu banyak memasang widget juga tidak terlalu baik.

Bahkan beberapa aplikasi mungkin akan membawa virus yang menyebabkan widget terpasang dengan sendirinya dan jika dibiarkan akan membuat smartphone melambat.

Pilihlah widget yang benar-benar Anda butuhkan. Kemudian hapus widget yang tidak terlalu penting. Selain memperlambat performa smartphone, terlalu banyak widget akan mengganggu tampilan layar utama.

Untuk menghapus widget caranya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu menekan dan menahan widget yang hendak dihapus dan geser ke icon tempat sampah atau pilih menu hapus.

4. Mematikan animasi

Memasang animasi memang akan membuat tampilan smartphone menjadi lebih cantik dan keren. Akan tetapi di sisi lain animasi akan membebani mesin.

Hal ini karena animasi memerlukan RAM yang lebih banyak untuk menjalankan. Jika memang tidak terlalu penting, sebaiknya matikan saja animasi tersebut.

5. Menghindari aplikasi pembersih pihak ketiga

Memang beberapa aplikasi pembersih menawarkan sebuah fitur mudah untuk membersihkan dan mempercepat hanya dalam satu kali klik. Namun apakah itu benar?

Beberapa aplikasi tersebut justru akan semakin membebani memori karena untuk menjalankannya pun harus memakan RAM. Bahkan ada pula aplikasi yang mengancam informasi pribadi Anda.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Yang Benar

6. Memperbarui software update

Jika muncul pemberitahuan untuk melakukan update pada beberapa aplikasi, segera lakukan hal itu. Banyak yang mengabaikan hal ini karena terlalu sayang akan kuota.

Padahal mengupdate aplikasi akan membantu untuk mempercepat kinerjanya. Pembaruan biasanya melakukan perbaikan pada bug, sehingga aplikasi bisa berjalan dengan lebih lancar tanpa terlalu membebani smartphone.

7. Reset ke pengaturan pabrik

Cara terakhir ini bisa dikatakan cara terbaik untuk dilakukan, yakni mereset smartphone ke pengaturan pabrik. Namun sebelum melakukan ini pastikan semua data penting sudah di backup terlebih dahulu.

Cara ini bisa membuat smartphone kembali pada pengaturan awal dan akan membersihkannya dari berbagai aplikasi tidak penting. Seperti cache dan virus layaknya seperti smartphone yang baru dibeli.

Penutup

Demikian beberapa cara untuk mempercepat kinerja smartphone yang bisa Anda coba. Jika masih terasa lambat, bisa jadi ada masalah pada hardware HPnya.

Untuk itu sebaiknya bawa smartphone Anda ke jasa servis handphone untuk melakukan perbaikan hardware atau pengecekan terlebih dahulu. Ingat kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Baca Juga