7 Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Memperkecil Ukuran Foto – therantnation.com. Teknologi yang kian berkembang pesat dapat membantu meringankan beragam aktivitas manusia, tak terkecuali kemudahan dalam berbagi foto. Mulai dari aplikasi perpesanan, bluetooth, email hingga jejaring sosial, terdapat banyak cara untuk berbagi foto dengan orang lain.

Namun tak semua mendukung kegiatan berbagi foto dengan resolusi tinggi, sehingga diperlukan cara untuk memperkecil ukuran foto yang harus kita lakukan. Memperkecil sebuah ukuran foto umumnya digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan, dimana calon pelamar diwajibkan mengunggah foto dengan ukuran maksimal 100 kb, maupun keperluan lainnya.

Meskipun JPEG atau JPG merupakan file gambar yang umum digunakan dan memiliki resolusi kecil, namun tak jarang file JPG yang juga berukuran cukup besar. Pasalnya tak sedikit orang yang mengalami kendala ketika membagikan foto karena ukurannya yang tak sesuai, dan ketika mengecilkan resolusi foto justru kualitas gambar semakin menurun.

Akan tetapi tadak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara agar memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya! Yuk kita baca!

Cara Memperkecil Ukuran Foto Online dan Offline Terbaik

Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

1. Menggunakan Situs Compress JPEG

Cara pertama yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto adalah dengan menggunakan situs compress JPEG. Website ini pun dapat diakses secara gratis di https://compressjpeg.com/. Situs pengecilan resolusi foto dengan logo gajah ini menawarkan tampilan interface yang sederhana, dengan tampilan utama yang langsung memerintahkan pengguna untuk meng-upload foto.

Pertama jalankan browser Anda lalu buka situs Compress JPEG. Setelah website terbuka, terdapat beberapa tab menu JPEG, PNG, PDF, SVG, dan GIF. Pilih tab JPEG, dan Anda dapat memilih lebih dari 20 foto. Klik pada “upload files” untuk meng-upload foto. Setelah berhasil terunggah, secara otomatis situs ini akan melakukan pengecilan foto.

Sebelum Anda mengunduh hasil akhir foto, Anda juga dapat mengatur resolusi foto dengan mengklik thumbnail. Jika sudah, klik “download all” untuk men-download seluruh foto. File dapat Anda unduh secara satu persatu ataupun berada dalam satu folder bentuk ZIP.

Baca : 6 Cara Memperkecil Ukuran Video Secara Offline dan Online

2. Menggunakan Situs Toolur.com

Selain situs Compress JPEG, Anda juga dapat memanfaatkan situs Toolur.com untuk mengecilkan ukuran foto secara online. Toolur memiliki tampilan sederhana, dan didesain khusus untuk mengubah ukuran foto. Sehingga Anda dapat mengompres foto JPG atau PNG untuk menghemat ruang penyimpanan baik di smartphone maupun PC.

Pertama-tama jalankan browser Anda dan buka website Toolur di https://compressimage.toolur.com/. Setelah website terbuka, klik pada tombol “upload images” untuk mengunggah foto yang ingin Anda kecilkan ukurannya.

Selanjutnya setelah proses upload foto berhasil, Anda dapat mengatur kualitas foto hasil kompresan sesuai kebutuhan Anda. Setelah selesai mengatur kualitas, klik pada “compress images” untuk memperlihatkan keterangan foto hasil kompres tersebut. Langkah terakhir, Anda hanya perlu mengklik tombol “download” untuk menyimpan foto.

3. Menggunakan TinyJPG.com

TinyJPG.com juga dapat Anda gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil. Website yang satu ini cukup banyak digunakan, terlebih bagi para blogger pengguna WordPress untuk mengecilkan foto yang diunggah pada artikel.

Untuk dapat mengompres foto, pertama-tama buka website TinyJPG.com di https://tinyjpg.com/ pada browser Anda. Setelah halaman utama terbuka, Anda akan disuguhkan dengan tampilan bertema panda dengan kotak perintah untuk meng-upload foto. Anda dapat mengunggah hinga 20 foto, dengan ukuran file maksimal 5 MB untuk setiap fotonya.

Setelah itu klik pada kotak “drop your .png or .jpg files here!”. Nantinya setelah foto Anda berhasil ter-upload, secara otomatis foto akan langsung terkompres. Tunggu beberapa saat hingga proses pengompresan foto selesai, dan Anda dapat men-download file dengan mengklik tombol “save to Dropbox” atau “download all”.

4. Menggunakan Microsoft Paint

Selain menggunakan situs yang bisa diakses secara gratis, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan perangkat Windows untuk mengecilkan foto yakni Paint. Paint merupakan salah satu fitur yang dihadirkan Windows untuk membuat ataupun mengedit gambar. Aplikasi ini dapat menjadi alternatif yang mudah digunakan tanpa harus meng-install aplikasi pihak ketiga.

Pertama-tama jalankan Paint dan klik pada tab menu “file”. Setelah itu pilih “open”, lalu pilih foto mana saja yang ingin Anda kecilkan ukurannya. Selanjutnya klik pada tombol “resize” untuk mengurangi resolusi foto, dan ketik berapa dimensi foto yang Anda inginkan pada kolom yang tersedia.

Jika sudah, simpan file dengan mengklik tab menu “file”, pilih opsi “save as”, “JPEG picture”, lalu foto akan tersimpan di penyimpanan laptop maupun PC Anda.

5. Menggunakan Adobe Photoshop

Cara memperkecil ukuran foto selanjutnya adalah dengan menggunakan Adobe Photoshop. Dikembangkan oleh Adobe Systems, software yang satu ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit foto berkualitas tinggi.

Tak sedikit yang menganggap penggunaan aplikasi ini sulit, padahal Photoshop dapat digunakan dengan mudah untuk mengecilkan ukuran foto. Langkah pertama Anda perlu menjalankan Adobe Photoshop, lalu klik pada “file” untuk membuka file foto yang ingin Anda kompres. Setelah itu buka menu “file” kembali, klik “export” dan pilih “save for Web”.

Nantinya akan muncul pop-up box, dan Anda hanya perlu memperhatikan pengaturan dari “preset”, “quality”, serta “image size”. Pastikan preset berada pada pilihan “JPEG Medium”, kualitas foto “medium”, serta “image size” yang diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah seluruh proses tersebut selesai, klik “save” untuk menyimpan hasil akhir foto dan tentukan lokasi penyimpanan pada folder yang diinginkan.

6. Menggunakan PhotoScape

Aplikasi selanjutnya yang juga mudah untuk digunakan untuk kompres foto adalah PhotoScape. Perangkat lunak yang dikembangkan oleh MOOII Tech Korea ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto dengan mudah disertai beragam tool yang disediakan, dan cocok digunakan untuk pemula dalam bidang editing.

Pertama-tama buka PhotoScape yang ada di laptop maupun PC Anda. Setelah itu klik pada fitur “editor”, pilih “open file” atau “drag and drop” untuk memilih file foto yang ingin Anda kecilkan. Klik “resize” dan atur resolusi foto yang Anda inginkan. Setelah selesai klik “ok”, “save”, lalu pilih lokasi penyimpanan sesuai dengan keinginan Anda.

Baca : Tips & Cara Main Game High-End Tanpa Kartu Grafis yang Mudah

7. Menggunakan Aplikasi Photo Compress 2.0

Photo Compress 2.0 - Ad Free
Photo Compress 2.0 - Ad Free

Bagi pengguna smartphone, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Photo Compress 2.0 yang diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi besutan Saawan Apps yang satu ini menyuguhkan tampilan sederhana namun dapat menghasilkan foto kompresan yang baik.

Pertama-tama unduh aplikasi Photo Compress 2.0 melalui Google Play Store. Setelah aplikasi berhasil terpasang, jalankan aplikasi. Klik “gallery” untuk mengambil foto dari galeri, klik “camera” untuk mengambil foto baru, atau klik “compress and resize multiple photos” untuk memilih beberapa foto sekaligus.

Selanjutnya klik “compress” dan atur resolusi foto sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menggeser slider untuk mengurangi resolusi foto. Langkah terakhir, klik pada “exit” dan secara otomatis file foto akan tersimpan dalam memori smartphone Anda.

8. Menggunakan ImageBatch

Software yang satu ini adalah rekomendasi terbaik untuk anda semua. Sebab admin therantnation.com juga menggunakan ImageBatch. Dengan ukuran yang kecil, namun mempunyai manfaat yang luar biasa. Cara menggunakan juga cukup mudah, bisa mendownload langsung di websitenya imagebatch.org.

Lokasinya ada diketerangan “Version 1.2: ImageBatch.zip (378K).” apabila ada yang bingung. Langsung download dan ikuti keterangan pemasangan di laptop atau komputer anda semua. Apabila sudah terpasang dan buka aplikasinya, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.

Memperkecil Ukuran Foto Imagebatch

Setelah terbuka apabila ingin menggunakan langsung saja klik “input directroty”, maka akan diarahkan ingin mengganti gambar yang mana. Setelah sudah ditentukan maka anda bisa mengambil tindakan mau dipindahkan kemana file yang sudah diganti, apabila tidak ingin dipindah cukup klik “use input directory bla bla bla”.

Langkah selanjutnya kita mau membuat apa di gambar kita tersebut? Risize? Crop? Rotate? Format conversion (jpeg ke png, png ke jpeg dll)? dan lain sebagainya. Lanjutkan dengan klik “start” untuk memulainya. Maka hanya hitungan detik saja semua gambar kita akan terformat dengan sendirinya.

Baca : 8 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Smartphone untuk Anak dan Orang Tua

Inilah Panduan Ukuran Gambar di Media Sosial

Memperkecil Ukuran Foto Online Dan Offline

Untuk mengunggah foto di Instagram, Anda dapat mempersiapkan foto bentuk square dengan aspek rasio 1:1. Namun Anda juga dapat meng-upload foto dengan bentuk portrait ataupun landscape. Untuk Instagram Story, Anda perlu menyiapkan foto dengan aspek rasio 9:16.

Sedangkan untuk Facebook, Anda dapat menyiapkan foto dengan aspek rasio 40:21 untuk postingan, dan aspek rasio 9:16 untuk Facebook Story. Bagi Anda pengguna Twitter yang ingin mengunggah foto, persiapkan gambar dengan ukuran maksimal file 5 MB, dengan ukuran maksimal 1024px x 512px. Terakhir untuk media sosial Pinterest, yang memiliki 3 jenis ukuran foto mulai dari squre dengan aspek rasio 1:1, standard dengan aspek rasio 1:1.5, dan tall dengan aspek rasio 1:2.1.

Demikianlah cara memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitas. Mulai dari menggunakan situs gratis, aplikasi bawaan, hingga aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh di smartphone Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat!