6 Cara Memperkecil Ukuran Video Secara Offline dan Online

Cara Memperkecil Ukuran Video – therantnation.com. Perkembangan teknologi yang kian berkembang pesat dari segala sektor sangat memudahkan kehidupan manusia, tak terkecuali dari segi teknologi pengiriman sinyal elektronik gambar bergerak atau video.

Karena banyaknya orang yang memanfaatkan video baik untuk mengabadikan momen ataupun keperluan lainnya, tak sedikit yang bertanya bagaimana cara memperkecil ukuran video agar memudahkan untuk mengupload video di Twitter, Facebook atau keperluan lainnya. Video sendiri adalah suatu teknologi yang berguna untuk menangkap, merekam, hingga mengolah gambar bergerak disertai suara.

Namun dalam pemanfaatannya, ukuran video yang besar kerap menjadi kendala bagi sebagian orang. Pasalnya, video dengan ukuran besar akan memakan banyak ruang penyimpanan data pada gadget, laptop, ataupun PC. Bagi Anda yang tak memiliki ruang penyimpanan besar di smartphone maupun laptop, memperkecil ukuran video menjadi pilihan tepat yang bisa Anda lakukan guna menghemat ruang penyimpanan.

Namun tak perlu khawatir! Bagi Anda yang ingin memperkecil ukuran video agar perangkat penyimpanan tidak lag atau lemot, Anda dapat mencoba untuk mengompres video. Apa itu kompres video?

Pengertian Kompres Video

Kompres atau kompresi video merupakan konversi data ke format yang lebih kecil, umumnya dilakukan agar data video dapat tersimpan dan disalurkan dengan lebih efisien. Proses mengompres video dapat dilakukan menggunakan aplikasi video converter maupun situs penyedia video compressor.

Lalu mengapa harus di kompres sebuah video? Apa gunanya? Yaitu agar memudahkan user seperti kita dalam mengupload video kita ke media sosial ataupun untuk mengecilkan ukuran file apabila ingin kita simpan di handphone atau komputer. Contoh saja lihat di tabel dibawah ini.

Tabel Youtube Guna Memperkecil Ukuran Video

Dari tabel diatas kita bisa melihat kebutuhan sebuah video yang harus di upload ke YouTube. Bayangkan saja apabila kita mempunyai ukuran video 1080p 30 fps dengan bit 80Mb, tentunya ukuran file video akan berat. Sedangkan yang dibutuhkan oleh YouTube hanya 8Mb saja? Tentunya disini kita harus bijak menyesuaikan kebutuhannya ya.

Lalu apabila ada yang bertanya, memang kenapa apakah salah menyimpan video dengan ukuran yang besar? Semua itu tidak salah, selagi penyimpananmu juga sangat besar. Namun akan lebih bijak lagi bisa menggunakan ukuran video yang standart namun tetap ukuran video yang bagus. Agar penyimpanan kita bisa menyimpan lebih banyak video.

Cara Memperkecil Ukuran Video Secara Offline Dan Online

6 Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Untuk penjelasan lengkap mengenai langkah-langkah memperkecil ukuran video, simak dalam artikel di bawah ini!

1. Menggunakan Situs VideoSmaller.com

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan ukuran video adalah dengan menggunakan situs VideoSmaller.com. Anda dapat memperkecil ukuran file video yang memiliki ukuran hingga 500 MB.

Pertama-tama buka browser Anda, lalu kunjungi situs VideoSmaller di https://www.videosmaller.com/. Selanjutnya klik tombol “Browse” dan cari video yang ingin Anda kompres. Setelah itu pilih pada opsi “Use low compression level (best quality)” agar nantinya kualitas video tetap baik.

Pilih ukuran video sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik “upload video”. Tunggu beberapa saat hingga proses kompres video selesai, klik “download” apabila video telah berhasil terkompres.

2. Menggunakan Situs Freeconvert.com

Selain menggunakan situs VideoSmaller, Anda juga dapat menggunakan situs Freeconvert.com. Situs yang satu ini didesain khusus untuk mengompres dan memformat video, dan tak menyediakan fitur lain seperti editing video.

Pertama-tama jalankan browser Anda lalu buka situs FreeConvert di freeconvert.com/video-compressor. Setelah itu klik pada ikon “choose files”, dan nantinya akan muncul tampilan jendela “open”. Pilih video yang ingin Anda kecilkan ukurannya, lalu klik “open”.

Selanjutnya Anda dapat mengatur pengurangan ukuran video dengan menarik ke kanan atau kiri pada Target Size, lalu klik “compress now”. Tunggu beberapa saat hingga proses kompres video selesai, lalu klik “download MP4” untuk video yang telah berhasil terkompres.

3. Menggunakan Aplikasi Movie Maker

Aplikasi Movie Maker juga dapat Anda jadikan pilihan untuk mengompres video. Aplikasi yang satu ini merupakan bawaan komputer dengan sistem operasi Microsoft, dan aplikasi ini cocok digunakan bagi Anda yang kurang mahir perihal editing video.

Selain memperkecil ukuran video, terdapat beragam fitur lain yang dapat digunakan mulai dari memberikan efek tertentu, memasukkan musik, hingga memotong video.

Untuk dapat mengompres video, terlebih dahulu install aplikasi Movie Maker. Setelah berhasil ter-install, buka aplikasi. Klik pada “add videos and photos” lalu cari video yang ingin Anda kompres. Tunggu beberapa saat hingga video berhasil termuat di Movie Maker. Klik pada menu “file”, “save movie”, lalu pilih pada “create custom settings”.

Selanjutnya akan muncul kotak dialog “create custom setting”, atur settingan video serta audio sesuai kebutuhan Anda. Nantinya akan tertera estimasi dari file video, jika telah sesuai klik “save”. Langkah terakhir, pilih “save movie” dengan memilih custom settings sesuai dengan pengaturan yang Anda buat. Tunggu hingga proses render video selesai.

4. Menggunakan Aplikasi HandBrake

Software open source selanjutnya yang didesain khusus untuk kompres video adalah HandBrake. HandBrake merupakan software yang dapat dipasang dalam sistem operasi apa saja, mulai dari Microsoft, Linux, hingga Macintosh.

HandBrake juga menawarkan banyak kelebihan mulai dari interface-nya yang sederhana, mendukung semua format video, transcode kilat, tool lengkap, hingga dapat digunakan secara gratis dan lintas platform.

Untuk dapat menggunakannya, install aplikasi terlebih dahulu di laptop maupun PC. Setelah itu buka aplikasi, lalu klik pada menu “file”. Nantinya pada opsi “source selection” akan muncul kotak dialog agar Anda dapat memilih video, pilih video yang ingin Anda kompres.

Setelah meng-klik “open”, pada tab menu “video” Anda dapat mengatur kualitas video sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya pada kolom “destination” Anda diminta untuk mengatur penyimpanan output. Klik pada “start encode” dan tunggu hingga proses encode selesai. Setelah itu akan tertera “queue finished” yang menandakan bahwa proses encode telah berhasil.

5. Menggunakan Aplikasi VidCompact

Cara memperkecil ukuran video selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi VidCompact. Aplikasi kompres video ini dapat mengubah ukuran video menjadi lebih kecil sehingga tak memakan banyak ruang memori. Tak hanya itu, VidCompact juga support dengan beragam format seperti AVI, MKV, 3GP, FLV, MPEG, MOV, WMV, dan lain-lain.

Fitur yang disediakan pun cukup lengkap, mulai dari trim and compress untuk memotong dan memperkecil ukuran video, lossless untuk mengurangi ukuran namun format video tetap sama, hingga convert to MP4 untuk mengkonversi seluruh video ke format MP4.

Pertama-tama install aplikasi VidCompact melalui Google Play Store. Setelah terpasang, buka aplikasi dan klik “pangkas & kompres”. Selanjutnya cari video yang ingin Anda kompres, atur ukuran video sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah, klik ikon panah untuk mengunduh.

Setelah itu ketuk tombol “simpan ke galeri”, tunggu beberapa saat hingga proses kompres video selesai. Apabila proses telah selesai, video akan langsung tersimpan di galeri Anda.

6. Menggunakan Aplikasi YouCut

Selain aplikasi diatas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi YouCut untuk mengkompres video. Aplikasi yang satu ini diklaim lebih sederhana, cepat, dan menghadirkan banyak fitur mulai dari mengatur ukuran, efek video, hingga memotong video.

Langkah pertama, download aplikasi YouCut melalui Google Play Store. Setelah aplikasi berhasil terpasang, buka aplikasi dan klik ikon + untuk menambahkan video yang ingin Anda kompres. Anda dapat mengedit video terlebih dahulu sebelum memperkecil ukurannya.

Setelah selesai mengedit, klik tombol “simpan”. Tentukan ukuran serta kualitas video sesuai kebutuhan Anda, setelah itu klik “simpan” kembali. Tunggu beberapa saat hingga proses export video selesai, selanjutnya periksa di galeri untuk hasil kompresan video tersebut.

Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Selain Kompresi Ada Pula Dekompresi, Apa Itu?

Jika kompresi adalah mengubah video ke format yang lebih kecil, dekompresi adalah proses pengembalian data dari file yang telah dikecilkan tersebut.

Demikianlah cara dan tips untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video, baik menggunakan situs kompres video ataupun aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store. Kini Anda pun dapat mengecilkan ukuran video dengan mudah dimana saja. Semoga bermanfaat!