Cara Mengaktifkan Control Center MIUI 12 – therantnation.com. Saat ini Anda mungkin sedang mencari cara mengaktifkan control center MIUI 12. Control center atau pusat kontrol sendiri adalah sekumpulan pintasan atau kontrol cepat pada sebuah smartphone untuk mengakses fitur atau pengaturan tertentu.

Setiap ponsel, baik yang didukung oleh sistem operasi Android maupun oleh iOS, sama-sama mempunyai pusat kontrol. Dalam hal ini, sebagai pengguna HP Xiaomi, Anda tentunya sudah familiar dengan istilah MIUI.

Ya, MIUI merupakan tampilan antarmuka atau user interface (UI) khas HP ini yang dikembangkan oleh perusahaan Xiaomi. Pada versi yang terbaru, yakni MIUI 12, terdapat fitur baru di tampilan pusat kontrol yang bisa diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Control Center Miui 12 Di Hp Xiaomi Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Control Center MIUI 12 dengan Mudah

Salah satu update yang dibawa oleh MIUI 12 ini adalah pada desain pusat kontrol. Terdapat fitur yang dapat diaktifkan dimana apabila Anda memilih fitur ini, bar notifikasi dan tampilan pusat kontrol dapat dipisah. Untuk mengaktifkannya, berikut langkah-langkah mengaktifkan control center MIUI 12 yang bisa dicoba.

1. Aktifkan Ponsel Xiaomi

Pertama-tama, aktifkan ponsel Xiaomi terlebih dahulu. Setelah itu pilih menu Pengaturan atau Settings. Pada beberapa ponsel, menu ini menggunakan nama yang agak berbeda, yakni Setelan.

2. Pilihlah Menu Tampilan

Setelah masuk ke dalam Settings, sekarang pilihlah menu Tampilan. Apabila ponsel Anda masih disetting untuk menggunakan bahasa Inggris, maka menu tersebut biasanya akan ditampilkan dengan nama Display.

3. Masuk pada “Pusat Kontrol & Layar Notifikasi”

Setelah itu, coba perhatikan tulisan “Pusat kontrol & Layar notifikasi” yang terletak agak ke bawah layar ponsel. Tulisan tersebut letaknya agak tepat di bagian tengah layar. Setelah menemukannya, selanjutnya klik atau sentuh saja menu tersebut.

4. Mengaktifkan Pusat Kontrol Baru

Setelah Anda mengakses menu Pusat Kontrol di atas, akan terdapat beberapa opsi lanjutan yang bisa dipilih. Sekarang perhatikan ke sebelah bawah lagi. Sebelum opsi terakhir, atau opsi paling bawah, terdapat tulisan “Gunakan Pusat kontrol yang baru”. Klik toggle tulisan tersebut atau geser tombol bulat di sampingnya sampai warna latarnya menjadi biru.

Apabila sudah selesai, sekarang ponsel Anda sudah menggunakan control center yang baru. Untuk melihat hasilnya, cobalah geser atau tarik ujung atas layar ke bawah. Maka akan muncul pusat kontrol yang tidak dicampur dengan bar notifikasi. Jadi layar ponsel hanya fokus pada pusat kontrol saja.

Kemudian untuk melihat atau mengakses bar notifikasi, geser atau tarik saja bagian ujung atas layar di sebelah kiri. Maka semua notifikasi akan dimunculkan. Sebagaimana pusat kontrol, tampilan ini kuga hanya fokus pada bar notifikasi saja tanpa dicampur dengan control center.

Jika diperhatikan, tampilan pusat kontrol baru tersebut mirip dengan tampilan digunakan oleh ponsel dengan sistem operasi iOS. Hanya bedanya, pada ponsel berbasis iOS, untuk mengakses panel pusat kontrol dilakukan dengan menarik ujung atas ponsel sebelah kanan. Sementara akses panel notifikasi dapat dilakukan dengan menarik ujung atas ponsel sebelah kiri.

Fitur Control Center Terbaru MIUI 12

MIUI 12 tidak hanya memberikan update dalam hal mengakses control center. Lebih dari itu, sekarang desainnya pun terlihat lebih menarik daripada yang terdapat pada versi sebelumnya. Pada pusat kontrol ini, pintasan yang terdapat di dalamnya dibuat lebih mudah dan lebih bersih.

Selain itu, untuk mengakses pengaturan untuk tiap tombol pintasan juga dibuat lebih mudah. Caranya cukup dengan menekan pintasan tersebut dan tahan sebentar. Anda akan segera dibawa masuk ke dalam pengaturan tiap pintasan tersebut.

Sebagai contoh misalnya pada tombol pintasan Data Seluler. Untuk mengakses pengaturannya, sentuh dan tahan tombol tersebut selama beberapa saat. Setelah itu, layar ponsel akan membawa Anda pada tampilan untuk pengaturan Data Seluler. Demikian juga untuk tombol-tombol pintasan yang lain. Gunakan cara tersebut untuk mengakses pengaturan fungsi-fungsi di panel pusat kontrol.

HP Xiaomi yang Mendukung Fitur Control Center MIUI 12

Fitur dengan tampilan terpisah untuk panel pusat kontrol dan panel notifikasi ini dapat digunakan pada semua ponsel Xiaomi yang telah beroperasi dengan MIUI 12. Berikut tipe-tipe HP Xiaomi sudah menggunakan MIUI 12.

1. Xiaomi Seri Mi

Pada seri ini, terdapat kurang lebih 19 varian di seri Mi yang masuk dalam daftar. Varian-varian tersebut adalah Xiaomi Mi 10 Pro, Xiaomi 10, Xiaomi 10 Youth Edition, Xiaomi Mi Note 10 Lite, Xiaomi Mi 9 Pro, Xiaomi Mi 9 Explorer Edition, Xiaomi Mi 9T.

Kemudian ada juga Xiaomi Mi 9T Pro, Xiaomi Mi 9, dan Xiaomi Mi 9 SE, Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, Xiaomi Mi 8 SE, Xiaomi Mi 8 Youth Edition, Xiaomi Mi Max 3, Xiaomi Mi CC9e, Xiaomi Mi CC9, Mi CC9 Pro, dan Xiaomi Mi Note 3.

2. Xiaomi Seri Redmi

Pada seri Redmi, sama dengan seri Mi sebelumnya, juga terdapat 19 ponsel telah menggunakan MIUI 12. Ponsel tersebut adalah Redmi K30 Pro, Redmi K30, Redmi K30 Pro Zoom Edition, Redmi K20 Pro, Redmi K20, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9.

Kemudian juga ada Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi Note 7 Pro, Redmi Note 7, Redmi 7, Redmi 7A, Redmi 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A, dan Redmi Note 5.

3. Xiaomi Seri Mi Mix

Terdapat tiga varian seri Mi Mix termasuk dalam daftar ini. Keempatnya adalah Xiaomi Mi Mix 3, Xiaomi Mi Mix 2, dan Xiaomi Mi Mix 2S.

4. Xiaomi Seri Poco

Pada seri ini hanya terdapat 2 varian atau tipe, yakni Poco F2 Pro dan Poco X2.

Cara Mengaktifkan Control Center Miui 12 Di Hp Xiaomi

HP dengan UI 11 atau Sebelumnya

Sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya bagaimana jika ponsel mereka menggunakan UI 11 atau sebelumnya. Dalam hal ini, Anda juga masih bisa menggunakan tampilan terbaru control center yang terpisah di atas. Caranya dengan melakukan upgrade terlebih dahulu pada UI terbaru, yakni UI 12, untuk mendapatkan akses pada fitur tersebut.

Hanya saja, setelah melakukan upgrade, fitur control center seperti ini tidak serta merta aktif secara default di ponsel Anda. Fitur ini masih perlu diaktifkan sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di bagian awal. Di samping itu, apabila masih belum terbiasa dengan tampilan seperti ini, Anda juga masih dapat menggunakan tampilan lama.

Caranya dengan menonaktifkan fitur tersebut. Setelah itu, pengaturan akan dikembalikan di settingan lama. Pada settingan ini, panel control panel dan bar notifikasi dapat diakses dengan cara sama, yakni menarik layar bagian atas.

Baca : 3 Cara Menyembunyikan Nomor di Telegram dengan Mudah dan Cepat

Penutup

Demikianlah langkah-langkah mengaktifkan control center MIUI 12. Secara keseluruhan, tampilan UI Xiaomi terbaru ini terlihat sangat baik. Selain itu, pada ponsel dengan MIUI 11 atau sebelumnya, fitur control center ini juga dapat digunakan, asalkan dilakukan upgrade terlebih dahulu. Juga apabila merasa masih belum terbiasa, Anda masih dapat menggunakan tampilan lama.