5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri yang Mudah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri – therantnation.com. Tentunya akan sangat menyebalkan jika sedang bermain ponsel, tiba-tiba ponsel tersebut mati sendiri. Mungkin Anda cukup sering mengalami hal ini, dan ini pun bisa terjadi kepada merk smartphone atau ponsel pintar apapun, termasuk Xiaomi.

Apakah pernah ponsel Xiaomi Anda mati sendiri? Lantas apa yang harus dilakukan untuk atasi hal tersebut? Jelas ada cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri yang bisa dilakukan. Untuk mengetahui caranya bisa langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Sendiri Yang Mudah

Penyebab Smartphone Xiaomi Mati Sendiri

Sebelum mengetahui cara mengatasi HP yang mati sendiri, Anda pun perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya, maka sebagai pemilik tentunya bisa berhati-hati dalam penggunaan agar ponsel bisa lebih awet dan tidak mudah magi sendiri.

Ternyata memang ada beberapa hal yang bisa menyebabkan HP Xiaomi tiba-tiba mati saat digunakan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini.

  1. Ada file sistem dan aplikasi yang sudah rusak atau dikarenakan memang aplikasi tersebut memang tidak support untuk smartphone Xiaomi Anda.
  2. Ponsel sudah dalam kondisi root, untuk itu jangan asal root ponsel sebab memang memiliki berbagai resiko berbahaya bagi ponsel.
  3. Suhu CPU / Prosesor terlalu tinggi atau Overheat, hal ini dapat terjadi karena pemakaian yang terlalu sering, menggunakan ponsel saat di cas, atau menggunakan ponsel sampai baterai habis.
  4. Kapasitas RAM sudah habis, karena hal inilah silakan untuk instal smartphone yang tidak berat terlebih lagi jika RAM kecil.
  5. Ada malware atau virus yang sudah menginfeksi sistem atau apk di ponsel, salah satu penyebab virus di ponsel adalah karena Anda mengklik link phising atau link yang tidak jelas.
  6. Melakukan custom ROM abal-abal.
  7. Sering menginstall aplikasi dari pihak tidak resmi atau download di platform tidak resmi seperti Play Store.
  8. Terjadi kesalahan saat melakukan flashing firmware Xiaomi.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan ponsel pintar Xiaomi Anda mati sendiri. Ada baiknya menghindar semua penyebab di atas yang sudah dijelaskan, agar ponsel tetap awet dan nyaman digunakan sampai waktu yang lama.

Tentunya masih ada beberapa penyebab lainnya, untuk itu memang sebagai pengguna harus pintar dalam mencari informasi dan pintar dalam menjaga smartphone agar bisa awet.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Sendiri Tanpa Ribet

5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri tanpa Ribet

Jika memang ponsel atau HP sudah sering mati sendiri, tentunya masih ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri adalah sebagai berikut ini.

1. Uninstal Aplikasi

Salah satu caranya adalah dengan uninstal atau copot pemasang aplikasi. Ya, terkadang ada aplikasi yang bisa membuat HL menjadi mati sendiri, seperti aplikasi yang sudah rusak, HP tidak support aplikasi, dan aplikasi yang didownload secara tidak resmi termasuk aplikasi mod atau modifikasi.

Selain itu, ada juga beberapa aplikasi yang tetap berjalan di background seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagian. Aplikasi yang tetap berjalan di background tentunya akan selalu melakukan sinkronisasi data secara terus-menerus.

Sehingga ada baiknya untuk log out setelah bermain media sosial. Lalu jika ada game yang sudah tidak dimainkan, maka lebih baik uninstal game tersebut. Ini dilakukan agar sistem tetap ringan sehingga tidak mudah macet.

2. Lakukan Factory Reset

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset atau membuat smartphone kembali ke pengaturan pabrik. Cara satu ini termasuk cukuplah ampuh untuk mengatasi Xiaomi yang sering mati sendiri.

Tak hanya itu saja, factory reset pun dapat mengatasi beberapa permasalahan lainnya seperti menu error, Bootloop, WiFi eror, HP yang lemot, dan beberapa permasalahan lainnya.

3. Unroot Sistem

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika root bisa menyebabkan beberapa masalah pada smartphone termasuk bisa menyebabkan HP sering mati sendiri. Hal ini pun bisa terjadi kepada merk smartphone atau ponsel apapun termasuk Xiaomi.

Ya, meskipun root memang bisa menambah power untuk meningkatkan performa smartphone, tapi memang ada berbagai resiko. Untuk itu, jika ponsel Xiaomi Anda sudah di-root dan sering magi sendiri, maka ada baiknya untuk unroot sistem agar keamanannya tetap terjaga.

4. Jalankan Antivirus

Sebelumnya pun dijelaskan jika salah satu penyebab HP Xiaomi tiba-tiba mati sendiri adalah karena adanya virus atau malware. Untuk itu tak ada salahnya jika menginstal antivirus dan menjalankan apknya untuk mengatasi masalah HP mati sendiri.

Virus di ponsel bisa membuat kinerja dari CPU Overload sehingga akibatnya HP akan sering macet, kuota data internet sering habis tersedot, banyak aplikasi yang tidak bekerja, lalu membuat menu di Xiaomi hilang dan error atau masalah lainnya.

5. Flash Ulang Firmware

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan flash ulang terhadap firmware smartphone Anda. Melakukan hal ini pun tentunya bisa mengatasi berbagai masalah pada smartphone.

Tapi tidak semua pemilik bisa melakukan hal ini. Jika memang Anda tidak bisa melakukan flash ulang maka bisa untuk langsung saja mengunjungi service center Xiaomi atau bisa datang ke tempat servis HP terpercaya di kota Anda.

Lebih baik ditanganinya ahlinya jika memang tidak bisa. Sebab jika asal-asalan tentunya bisa menyebabkan masalah lainnya. Tentunya akibat dari kesalahan tersebut bisa fatal dan HP tidak bisa kembali seperti semula. Tentu ini akan menjadi kerugian yang cukup besar untuk Anda semuanya.

Baca : Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri yang bisa kita lakukan. Bagaimana apakah Anda sudah melakukan beberapa langkah atau cara di atas untuk mengatasi masalah ini? Semoga cara di atas bisa bermanfaat dan bisa memperbaiki smartphone Anda, sehingga tetap bisa menggunakan smartphone dengan nyaman dan aman.