5 Cara Mengatasi Instagram Checkpoint Required

Cara Mengatasi Instagram Checkpoint Required – therantnation.comInstagram kini menjadi salah satu sosial media paling banyak digunakan di dunia. Pasalnya, pengguna dapat membagikan apapun mulai dari foto, video, live, dan sebagainya.

Sayangnya, kerap terjadi beberapa masalah yang mungkin cukup mengganggu, salah satunya adalah Instagram Check Point Required. Ketika mengalami masalah Instagram Checkpoint Required, kebanyakan orang akan merasa panik karena takut terjadi apa-apa pada akun seperti terkena hack, tidak bisa login kembali, dll.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena semua itu akan dijelaskan pada pembahasan cara mengatasi Instagram Checkpoint Required pada kali ini. Jadi mohon untuk disimak secara baik dan teliti ya.

Cara Mengatasi Instagram Checkpoint Required

Tentang Masalah Instagram Checkpoint Required

Dalam setiap platform apapun, masalah ataupun error sudah sangat wajar terjadi. Hal tersebut biasanya disebabkan karena terdapat kesalahan pada sistem sehingga tidak dapat menjalankan fungsi tertentu.

Lalu bagaimana dengan kasus Check Point Required? Masalah ini terjadi disebabkan adanya aktivitas mencurigakan pada sebuah akun. Karena beberapa aktivitas tidak dapat dilakukan, kasus tersebut cukup mengganggu beberapa pengguna.

Penyebab Muncul Masalah Checkpoint Required

Seperti telah disebut di bagian sebelumnya, penyebab yang mungkin memicu error tersebut adalah adanya aktivitas mencurigakan pada sebuah akun Instagram. Aktivitas ini bisa karena menggunakan aplikasi tertentu, berlebihan dalam melakukan aktivitas, dan sebagainya.

Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan lengkap berikut ini. Dengan demikian, maka evaluasi bisa segera dilakukan agar tidak melakukan hal itu lagi.

1. Adanya aktivitas mencurigakan

Apabila Anda pernah melakukan beberapa aktivitas mencurigakan seperti terlalu cepat berganti-ganti perangkat untuk login, biasanya aktivitas ini akan memicu masalah tersebut.

Selain itu, menggunakan VPN ketika menjelajahi Instagram juga kemungkinan akan dianggap mencurigakan oleh sistem. Jadi, sebaiknya gunakan koneksi biasa ketika melakukan login dan tidak berganti-ganti perangkat dalam selang waktu singkat.

2. Adanya bug pada aplikasi

Setiap aplikasi pasti memiliki bug di dalamnya meskipun telah mengalami beberapa kali pengembangan. Hal tersebut memang bisa dikatakan hal cukup wajar mengingat tidak akan sistem yang sempurna, meskipun aplikasi tersebut sudah cukup besar dan digunakan jutaan orang.

Oleh sebab itu, ada kemungkinan masalah error check point muncul karena adanya bug aplikasi.

3. Server down

Memiliki jutaan pengguna yang mengakses bersamaan tentu akan sedikit mempengaruhi kondisi server. Tidak jarang pada suatu saat server akan mengalami down. Sebenarnya hal tersebut juga wajar terjadi pada platform apapun, bahkan oleh website terbaik sekali pun.

Jika server sedang down, maka satu-satunya hal bisa dilakukan hanya bersabar sambil menunggu server kembali pulih.

Bagaimana Cara Mengatasi Instagram Checkpoint Required?

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, Anda juga perlu memahami bagaimana cara mengatasi Instagram Checkpoint Required tersebut. Pastinya, Anda tidak perlu terlalu panik karena setiap permasalahan pasti akan ada solusinya.

Asalkan tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh pihak Instagram, maka bisa dipastikan tidak akan ada hal buruk terjadi pada akun Anda.

1. Menghapus cache

Ketika sudah cukup lama menggunakan aplikasi tertentu, maka jumlah cache akan semakin besar. Cache merupakan “sampah” sebuah aplikasi dan mungkin dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti aplikasi lemot, terjadi error pada beberapa fungsi, atau sebagainya.

Sebaiknya hapus cache minimal sebulan sekali agar aplikasi bisa berjalan secara optimal. Lalu, bagaimana cara menghapus cache? Ada beberapa metode yang bisa dilakukan, baik menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun melalui fitur pada ponsel.

Jika ingin membersihkan cache tanpa aplikasi, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini. Mungkin perbedaan tipe ponsel akan cukup berpengaruh. Akan tetapi, secara garis besar tentu akan sama.

  • Buka menu pengaturan
  • Pilih menu aplikasi
  • Pilih aplikasi Instagram
  • Buka menu penggunaan data
  • Klik “Bersihkan cache
  • Tunggu sampai cache berubah menjadi 0 KB
  • Selesai

2. Melakukan update aplikasi

Setiap selang waktu tertentu, aplikasi pasti akan dilakukan update guna memperbarui fitur ataupun menyelesaikan bug pada versi sebelumnya. Namun, beberapa ponsel mungkin tidak terdapat peringatan untuk melakukan update sehingga banyak pengguna tidak melakukannya.

Padahal, langkah ini cukup berpengaruh terutama jika kerap mengalami berbagai permasalahan. Cara melakukan update juga cukup mudah.

  • Membuka Google Play Store.
  • Setelah itu, pilih menu “Manajemen Aplikasi”.
  • Klik “Update” pada aplikasi Instagram.
  • Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.

Setelah itu, buka aplikasi kembali. Apabila error masih muncul, silahkan gunakan langkah berikutnya.

3. Melakukan verifikasi identitas

Sebagai salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak, pihak Instagram pasti tidak ingin ada oknum ingin melakukan kejahatan menggunakan identitas palsu. Itulah sebabnya kemudian terdapat sistem verifikasi identitas ketika membuat akun baru.

Jika kasus ini terjadi, silahkan lakukan verifikasi terlebih dahulu. Sistem dari Instagram pasti akan menaruh kecurigaan jika tidak segera dilakukan. Biasanya verifikasi ini menggunakan nomor handphone ataupun email aktif.

Pihak Instagram akan mengirimkan kode melalui metode tersebut dan Anda harus memasukkan kode pada kolom yang sudah disediakan.

4. Instal ulang

Melakukan instal ulang aplikasi juga bisa dilakukan apabila mengalami masalah Instagram Checkpoint Required. Silahkan copot pemasangan aplikasi, kemudian instal kembali. Cara ini biasanya akan mereset ulang seluruh komponen aplikasi mulai dari cache, penggunaan data, dan sebagainya.

Selain itu, instal ulang juga akan memperbarui versi update terbarunya secara otomatis. Apabila instal ulang aplikasi tidak berhasil, maka lakukan juga instal ulang ponsel.

Akan tetapi, metode ini tidak terlalu disarankan karena akan mengubah seluruh settingan ponsel seperti kondisi baru sehingga seluruh data akan terhapus. Lakukan ini hanya jika benar-benar terpaksa tidak ada cara lain.

Kalaupun terpaksa melakukan, sebaiknya back up seluruh data ponsel terlebih dahulu seperti menggunakan Google Drive.

5. Mencoba lagi secara berkala

Cara ini dapat dilakukan apabila penyebab utama masalah adalah masalah server down. Ketika server sedang down, maka Anda tidak bisa melakukan apapun. Satu-satunya hal dapat dilakukan hanya menunggu sampai semua kembali normal.

Anda bisa mengulangi membuka Instagram selang 6 jam atau lebih. Dalam kondisi cukup parah, perbaikan server biasanya memakan waktu minimal 1 x 24 jam.

Masalah Masalah Lain Yang Kerap Terjadi Di Instagram

Masalah-Masalah Lain yang Kerap Terjadi di Instagram

Sebagai pengguna Instagram, tentu Anda sepakat bahwa ada beberapa masalah lain yang kerap muncul. Misalnya, terdapat masalah ketika tidak bisa melakukan login akun. Biasanya ini terjadi karena terdapat aktivitas berlebihan seperti melakukan spam like ataupun follow dalam waktu singkat.

Aktivitas tersebut memang berpotensi besar menyebabkan akun terkena peringatan, salah satunya tidak bisa login. Kemudian, ada juga kasus ketika aplikasi Instagram keluar sendiri. Hal tersebut kerap terjadi ketika ruang penyimpanan atau RAM sudah penuh.

Cara mengatasinya adalah melonggarkan memori penyimpanan serta menghapus beberapa aplikasi lain.

Baca : Cara Mengetahui yang Melihat Postingan Instagram

Penutup

Itulah tadi pembahasan tentang penyebab serta cara mengatasi Instagram Checkpoint Required dengan mudah. Bisa disimpulkan bahwa masalah ini sangat wajar ditemui, terutama ketika pengguna melakukan aktivitas berlebihan seperti berganti perangkat dalam waktu singkat. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir dalam menghadapinya.