Cara Mengatur Alarm di HP OPPO dengan Mudah

Cara Mengatur Alarm di HP OPPO – therantnation.com. Fitur alarm di HP memang sangat bermanfaat sebagai pengingat. Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan jika di semua jenis smartphone fitur tersebut selalu ada.

Salah satu pabrikan HP terkemuka OPPO juga tidak ketinggalan menggunakan fitur tersebut. Dengan mengatur alarm di HP OPPO, para pengguna dapat menjalankan kegiatan sesuai waktu yang direncanakan.

Keberadaan fitur alarm tentu dapat lebih memudahkan para pengguna dalam mengatur alarm di HP OPPO dibandingkan menggunakan jam weaker tradisional. Nah bagi yang mungkin kebetulan belum begitu tahu mengenai cara pengaturan alarm tersebut, langsung saja lihat pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatur Alarm Di Hp Oppo Dengan Mudah

Cara Mengatur Alarm di HP OPPO Tanpa Ribet

Pada bagian ini akan diberikan penjelasan serta langkah-langkah dalam mengatur alarm di HP OPPO Sebenarnya, untuk melakukan pengaturan alarm caranya sangat sederhana sekali. Jadi, para pengguna tidak akan mengalami kesulitan saat mengaturnya.

Berikut adalah langkah-langkah mengatur alarm di HP OPPO dengan mudah dan cepat.

  • Pertama, bukalah menu “Jam” melalui layar HP atau lewat menu UI yang tersedia.
  • Jika sebelumnya belum terdapat pengaturan alarm yang dibuat, maka bisa membuat baru dengan cara pilih tanda (+).
  • Selanjutnya, lakukan pengaturan waktu dengan cara menggeser ke bawah ataupun ke atas.
  • Setelah pengaturan selesai, pilih “Simpan” untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Sampai langkah di sini, pengaturan pengingat sudah berhasil diaktifkan. Jadi, pada saat waktu yang ditentukan, alarm akan berbunyi dengan sendirinya.

Pengguna juga bisa melakukan pengaturan tersebut untuk jangka waktu harian ataupun setiap hari. Jadi, tinggal sesuaikan saja setting pengingat tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengatur Alarm di HP OPPO dengan Google Assistant

Selain menggunakan fitur UI atau menu Jam, pengaturan pengingat juga bisa dilakukan menggunakan bantuan Google Assistant. Cara ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang mungkin menyukai langkah yang lebih praktis.

Seperti diketahui, fitur Google Assistant ini bisa dijadikan layaknya asisten pribadi yang dapat mengerjakan perintah pemiliknya. Cukup dengan bermodalkan suara saja, pengingat dapat diatur dengan mudah menggunakan Google Assistant.

Penasaran bagaimanakah cara mengatur alarm di HP OPPO? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, tekan tombol home dan tahan beberapa saat untuk masuk ke menu Google Assistant.
  • Selanjutnya, masuklah menggunakan akun Google dan pilih menu “Lanjutkan
  • Berikutnya, pilihlah menu “Microphone” dan kemudian berikan perintah menggunakan suara.
  • Pengaturan pengingat ini juga bisa dilakukan untuk diri sendiri. Sebagai contoh, pengguna bisa masukkan perintah suara seperti “Bangunkan saja jam 8 pagi” atau semacamnya. Perlu diketahui, pengaturan ini sangat fleksibel sehingga mudah sekali diatur sesuai kebutuhan.
  • Setelah semua pengingat diatur dengan baik, lakukanlah pemeriksaan sekali lagi terhadap konfigurasi waktunya. Pengaturan pengingat untuk hari-hari tertentu juga bisa dilakukan menggunakan fitur assistant ini.

Menggunakan bantuan dari Google Assistant ini terbilang sangat mudah sekali. Cukup dengan mengeluarkan perintah dalam bentuk suara, secara otomatis pengingat akan diaktifkan.

Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah untuk dapat menggunakan fitur ini, terlebih dahulu harus melakukan pengaturan suara di Google Assistant. Tujuannya adalah agar fitur ini bisa mengenali suara Anda.

Cara Mengganti Nada Pengingat di HP OPPO

Seperti halnya dalam proses pengaturan alarm, nada pengingat juga bisa diatur dengan sangat mudah. Di dalam pengaturannya, telah tersedia pilihan nada yang bisa digunakan untuk pengingat. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sendiri nada alarm sesuai dengan keinginan.

Nah, berikut ini adalah cara untuk mengganti nada pengingat di HP OPPO yang bisa dilakukan dengan mudah dan simpel.

  • Pertama, masuklah ke menu pengaturan Jam di HP
  • Kemudian, pilihlah salah satu menu alarm yang sudah dibuat sebelumnya. Jika belum punya, maka dapat menambahkan pengingat baru di menu tersebut.
  • Setelah itu, pilihlah bagian “Nada Dering
  • Selanjutnya, akan muncul berbagai macam nada yang bisa digunakan sebagai pengingat. Pilihan nada juga bisa diambil dari musik yang berasal dari gallery Anda.
  • Pilihlah nada yang diinginkan.
  • Selesai.

Sebagai saran, sebaiknya gunakanlah nada pengingat dengan tempo yang cepat dan keras. Tujuannya tentu agar saat nada berbunyi Anda dapat langsung mengetahuinya.

Cara Mengatasi Masalah Alarm Hp Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Masalah Alarm HP Tidak Bisa Digunakan

Pada beberapa jenis smartphone, terkadang alarm tidak bisa digunakan seperti biasa. Umumnya masalah tersebut terjadi dikarenakan suatu hal.

Jika memang pengingat sedang dalam kondisi aktif tetapi tidak dapat bunyi, maka penyebabnya bisa dikarenakan banyak hal salah satunya adalah volume alarm yang lupa untuk dihidupkan.

Lantas, apabila masalah seperti itu terjadi, bagaimanakah cara mengatasinya? Sebenarnya, untuk mengatasi permasalahan tersebut tidaklah terlalu sulit. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya.

1. Mengatur Volume Alarm

Pada saat menu pengingat sedang mengalami masalah, sebaiknya Anda mulai berpikir kembali apa saja kemungkinan penyebabnya. Bisa saja masalah alarm tidak berbunyi disebabkan karena memang volume nada alarm belum dinyalakan.

Jika memang volume belum aktif, tidak heran jika fungsi pengingat menjadi tidak seperti seharusnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu menghidupkan kembali volume pengingat. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pilihlah menu “Jam” pada HP
  • Selanjutnya, masuklah ke menu “alarm
  • Pilih menu “Pengaturan Alarm
  • Jika sudah, carilah pengaturan “Alarm Volume
  • Aturlah volume sesuai dengan kebutuhan.
  • Apabila pengaturan sudah selesai, pilih “OK

Bagi sebagian pengguna smartphone, fitur pengingat ini memang kurang begitu diperhatikan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila volume pengingat belum diaktifkan. Oleh karena itu, saat pengingat aktif namun tidak berbunyi, Anda bisa mencoba untuk cek dan atur kembali volume-nya.

2. Cek Fungsi Repeat

Penyebab masalah pada menu pengingat adalah matinya fungsi repeat. Jika memang seperti itu kondisinya, maka mau tidak mau Anda harus kembali mengaktifkannya. Kondisi seperti ini memang kerap kali terjadi karena memang alarm pengulangan yang di atur tidak dapat langsung aktif secara otomatis.

Untuk itu, diperlukan pengaturan lebih detail terkait hal tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali fungsi repeat pada menu pengingat HP:

  • Pertama, langsung saja masuk pada menu “Clock” atau “Jam
  • Selanjutnya, pilihlah menu “Alarm
  • Pilih/tap pada menu pengingat yang ingin diulangi
  • Kemudian pilihlah “Repeat” untuk mengaktifkan mode pengulangan.
  • Jika sudah, tentukan juga rentang pengulangan waktunya. Anda bisa pilih di hari tertentu ataupun setiap hari.

Pengaturan pengulangan ini terkadang kurang begitu diketahui oleh para pengguna HP. Oleh karena itu, saat mencoba menggunakannya, terkadang pengguna lupa untuk mengaktifkan mode “Repeat”.

Pastinya, jika mode tersebut belum diaktifkan, nada pengingat tidak akan berbunyi di waktu yang sudah ditentukan. Untuk itu, pastikan Anda menghidupkan “repeat” saat ingin mengatur alarm secara berulang.

Baca : HP Oppo Dengan Fitur NFC

Penutup

Begitulah tadi beberapa penjelasan tentang cara mengatur alarm di HP OPPO yang bisa disetting dengan mudah. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya fitur pengingat di HP ini sangat bermanfaat. Apalagi bagi Anda yang mempunyai jadwal serta agenda padat yang harus dilakukan setiap harinya.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, Anda dapat lebih mudah mengingat jadwal kegiatan seperti meeting, rapat, ataupun bangun tidur. Maka tidak heran apabila fitur alarm mempunyai segudang manfaat. Semoga bermanfaat dan menambah informasinya untuk Anda semua.