10 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus – therantnation.com. Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat memudahkan manusia untuk berkomunikasi satu sama lain adalah smartphone.

Smartphone juga mendukung seseorang dalam mengerjakan aktivitas seperti tugas sekolah, pekerjaan, hingga menyimpan file penting. Namun ketika Anda tak sengaja menghapus file, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di Android?

Di era modern dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat ini, Anda tak perlu kesulitan lagi untuk menyimpan file atau data penting. Pasalnya, smartphone dirancang agar dapat menyimpan beragam file milik penggunanya.

Sehingga tak heran ketika pengguna smartphone kehilangan file berharga, pasti kebingungan untuk mencari cara mengembalikannya. Namun tak perlu khawatir, kecanggihan teknologi dapat memulihkan file yang hilang karena terhapus secara sengaja ataupun tidak disengaja.

Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat memulihkan data tersebut, mulai dari menggunakan aplikasi hingga software. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Sukses

Tak perlu bingung apabila Anda tak sengaja menghapus file penting. Berikut ini cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan data Anda yang hilang.

1. Menggunakan Recuva File Recovery

Dengan Recuva File Recovery, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus di Android melalui PC. Software pemulihan data ini diklaim menjadi salah satu software terbaik yang patut Anda coba. Pertama-tama buka browser pada PC lalu unduh software Recuva. Jika sudah, jalankan aplikasi lalu sambungkan perangkat Android Anda dengan menggunakan kabel USB.

Setelah itu akan tertera file type atau tipe file apa saja yang ingin Anda kembalikan, mulai dari all file, foto, musik, dokumen, video, compressed, hingga email. Jika Anda kebingungan memilih, pilih all files untuk semua data yang terhapus. Klik next, lalu pilih dimana tempat penyimpanan file tersebut sebelum hilang.

Selanjutnya aplikasi akan melakukan scanning untuk mencari data Anda yang hilang. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian file selesai.

2. Menggunakan DiskDigger

Selanjutnya Anda dapat menggunakan aplikasi DiskDigger. Aplikasi yang satu ini dapat bekerja secara optimal apabila perangkat Android Anda telah di-root sebelumnya. Sehingga apabila Anda belum melakukan proses rooting, pemindaian file hanya dapat dilakukan dengan terbatas.

Pertama-tama Anda perlu mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Apabila aplikasi meminta izin untuk proses root, klik izinkan. Setelah itu akan muncul pop-up peringatan untuk upgrade ke versi pro, pilih “no thanks” apabila Anda tidak ingin meng-upgrade.

Selanjutnya Anda diminta mencari folder dimana file tersebut berada, tentukan formatnya lalu pilih “ok”. Aplikasi akan melakukan scanning file dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Jika sudah, Anda dapat memilih file mana saja yang ingin dikembalikan.

3. Menggunakan Wondershare Dr.Fone

Software selanjutnya yang juga terbukti dapat memulihkan file Android yang hilang adalah Wondershare Dr.Fone. Anda dapat menjalankan software ini melalui PC lalu dikoneksikan dengan perangkat Android.

Pertama-tama buka browser pada PC Anda lalu download Dr. Fone. Setelah itu sambungkan smartphone Android Anda dengan PC menggunakan kabel USB. Aktifkan mode USB Debugging pada ponsel Anda, lalu pilih jenis file mana saja yang ingin dipulihkan. Selanjutnya software ini akan memindai secara otomatis dan mengembalikan file yang terhapus Anda yang hilang.

4. Menggunakan Undeleter Recover Files & Data

Aplikasi yang satu ini juga mengharuskan Anda untuk melakukan rooting perangkat Android terlebih dahulu agar hasil pemindaian maksimal.

Pertama-tama unduh aplikasi Undeleter Recover Files & Data melalui Google Play Store. Apabila muncul permintaan dari aplikasi untuk dapat mengakses root, klik izinkan. Setelah itu carilah folder yang menyimpan file hilang tersebut.

Nantinya Anda diminta untuk memilih Journal Scan atau Deep Scan. Apabila Anda memilih Journal Scan, aplikasi akan melakukan scan pada video, foto, hingga SMS.

Sedangkan Deep Scan dapat dipilih apabila Anda ingin menentukan file apa yang ingin Anda scan. Pilih salah satu dari kedua opsi tersebut lalu klik scan. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian file berhasil.

5. Menggunakan MobiKin Doctor

MobiKin Doctor adalah software yang diprogram khusus untuk menjaga keamanan data pada smartphone Anda, fitur yang ditawarkan salah satunya adalah pemulihan data.

Pertama-tama buka browser pada PC lalu unduh software Mobikin Doctor. Jika sudah terunduh, sambungkan perangkat Android Anda ke PC dengan kabel USB. Setelah itu aktifkan mode USB Debugging pada Android, lalu pilih file mana saja yang ingin Anda kembalikan. Klik recover dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.

6. Menggunakan Dumpster

Seperti namanya, Dumpster adalah recycle bin atau tempat sampah daur ulang yang dirancang khusus untuk pengguna Android. Aplikasi ini cukup populer karena telah diunduh lebih dari 40 juta kali. Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap, mulai dari pembersihan otomatis, pencadangan aplikasi maupun file, pengambilan file secara instan, dan masih banyak lagi.

Pertama-tama unduh aplikasi Dumpster di Google Play Store. Setelah itu buka aplikasi lalu tentukan file mana saja yang ingin Anda simpan di Dumpster. Nantinya file seperti dokumen, foto, hingga video akan tersimpan secara permanen pada aplikasi ini. File yang terhapus juga akan tersimpan dalam folder tersendiri.

7. Menggunakan Restore Image (Super Easy)

Apabila Anda ingin mengembalikan foto yang terhapus, aplikasi Restore Image merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan foto. Tak perlu melakukan rooting terlebih dahulu, sehingga Anda pun tak akan direpotkan untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Pertama-tama download aplikasi Restore Image (Super Easy) di Google Play Store. Setelah itu tentukan folder dimana file yang terhapus tersebut berada. Jika sudah, pilih foto yang ingin Anda pulihkan lalu klik restore image. Tunggu hingga proses selesai dan foto akan kembali pada folder semula.

8. Menggunakan Deleted Photo Recovery

Aplikasi lain yang juga dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah Deleted Photo Recovery. Tampilan antarmukanya sederhana, sehingga Anda tak akan kebingungan dalam menjalankan aplikasi pemulihan foto ini.

Pertama-tama Anda perlu mengunduh aplikasi Deleted Photo Recovery di Google Play Store. Setelah Anda membuka aplikasi, nantinya akan langsung melakukan pemindaian direktori serta sub direktori smartphone.

Lamanya waktu scanning bergantung pada jumlah file yang terdapat pada perangkat Android Anda. Jika proses telah selesai, akan muncul foto-foto yang terhapus dan dapat Anda pilih mana saja yang ingin dikembalikan.

9. Menggunakan FonePaw Android Data Recovery

Aplikasi yang satu ini support di banyak merek ponsel Android, sehingga dapat digunakan pada smartphone Android apapun. Langkah untuk memulihkan file pada FonePaw tak jauh berbeda dengan MobiKin Doctor.

Pertama-tama buka browser pada PC lalu unduh FonePaw Android Data Recovery. Setelah itu hubungkan perangkat Android Anda dengan PC, lalu pilih jenis file mana saja yang ingin dipulihkan. Jika Anda tak ingin repot memilih, Anda dapat mencentang semua file. Klik next lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

10. Menggunakan ES File Explorer

Cara terakhir untuk dapat mengembalikan file yang terhapus di Android adalah dengan aplikasi ES File Explorer. Fitur yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari foto, dokumen, musik, aplikasi, hingga film. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur tempat sampah atau recycle bin.

Pertama-tama unduh ES File Explorer melalui Google Play Store. Buka aplikasi lalu pilih ikon sidebar di bagian kiri atas. Klik Recycle Bin lalu aktifkan dengan menggulir bulatan ke kanan. Apabila Anda ingin memulihkan file yang terhapus, cukup dengan memilih folder Recycle Bin dan Anda dapat melihat seluruh file yang telah terhapus.

Menyimpan File Di Smartphone Android Agar Tidak Mudah Hilang

Tips! Menyimpan File di Smartphone Android Agar Tidak Mudah Hilang

Meskipun Anda dapat mengembalikan file yang terhapus atau hilang di smartphone, namun ada baiknya ikuti tips di bawah ini untuk menjaga file Anda tetap aman.

Back-Up Data Rutin

Tak sedikit pengguna smartphone yang malas untuk melakukan back-up data karena prosesnya yang cukup merepotkan dan memakan waktu lama. Meskipun begitu, back-up data secara rutin tetap penting dilakukan untuk menjaga file Anda agar tetap aman.

Simpan File di Google Drive

Aplikasi besutan Google yang satu ini bermanfaat untuk menyimpan data secara online, sehingga dapat Anda gunakan untuk back-up data agar file tetap aman dan tidak hilang.

Demikianlah 10 cara mengembalikan file yang terhapus di Android, mudah dan terbukti berhasil. Semoga membantu!