Cara Mengganti Default Browser Oppo – therantnation.com. Untuk alasan tertentu, Anda mungkin ingin mengganti default browser Oppo yang biasanya Anda gunakan. Bisa karena aplikasi tersebut sering mengalami masalah, terasa berat saat digunakan, atau karena ingin mencoba menggunakan mesin penelusuran baru.

Pasalnya kini memang terdapat banyak jenis mesin penelusuran dengan tawaran dengan kualitas sangat baik yang patut dicoba. Sebenarnya secara default browser, HP Oppo menyediakan dua jenis browser atau mesin penelusuran yang dapat digunakan.

Mesin pertama disebut dengan istilah peramban. Biasanya inilah yang dijadikan default mesin penelusuran internet oleh pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Mesin kedua adalah Google Chrome.

Cara Mengganti Default Browser Oppo Dengan Mudah

6 Step Mengganti Default Browser Oppo dengan Cepat

Default browser dapat diganti. Jika awalnya menggunakan mesin peramban, bisa diubah dengan mesin Google Chrome atau browser lainnya. Dengan mengganti default browser ini, tiap kali ada tautan yang mengharuskan Anda untuk menggunakan mesin penelusuran, maka yang akan dipakai adalah Google Chrome-nya dan bukan peramban lagi.

Berikut uraian secara step by step apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengganti default browser Oppo dengan mudah dan cepat.

1. Menyalakan HP Oppo

Pertama, nyalakan atau aktifkan ponsel Anda. Kemudian pilih menu Pengaturan atau Settings.

2. Memilih Manajemen Aplikasi

Pada menu Pengaturan, Anda akan melihat banyak menu lanjutan lainnya. Carilah menu dengan nama “App Management” atau “Manajemen Aplikasi” lalu pilih atau klik pada menu tersebut.

3. Memilih Aplikasi Bawaan

Setelah itu, akan ada beberapa menu lanjutan lagi. Sekarang coba perhatikan menu dengan nama “Aplikasi Bawaan”. Pada beberapa varian Oppo, menu tersebut kadang juga ditulis sebagai “Apli Bawaan”. Jika ponsel Anda menggunakan bahasa Inggris, nama menunya biasanya “Default App”. Klik pada menu tersebut.

4. Memilih Browser

Setelah masuk pada “Aplikasi Bawaan”, cobalah cari menu “Browser” di antara sekian menu yang ditawarkan. Klik pada menu tersebut.

5. Memilih Jenis Mesin Penelusuran

Setelah masuk pada “Browser”, akan Anda lihat bahwa yang digunakan sebagai default adalah aplikasi penelusuran yang disebut dengan nama Peramban. Dalam pengaturan pabrik, aplikasi Peramban inilah yang dianjurkan sebagai alat pencarian atau mesin penelusuran. Di bawahnya terdapat daftar mesin pencarian lainnya yang juga terdapat dalam ponsel.

Namun biasanya, akan terdapat tulisan peringatan tentang penggunaan mesin pencarian selain Peramban. Peringatan tersebut menyatakan bahwa aplikasi selain peramban mungkin tidak bisa membuka file pada internet dengan cukup baik. Selain itu, stabilitas dan kompatibilitas ponsel akan terpengaruh.

Apabila Anda sudah cukup yakin untuk mengganti Peramban sebagai setelan default, maka pilihlah salah satu dari beberapa jenis mesin penelusuran lain yang terdapat dalam daftar tersebut. Anda cukup memilih dengan cara mengkliknya.

6. Mengganti Browser

Apabila sudah diklik, akan muncul dua opsi: “Ganti Browser” atau “Batalkan”. Pada tahap ini, jika sudah memutuskan pilihan, pilih saja opsi yang pertama. Dengan demikian default browser pada smartphone sekarang sudah berganti sesuai dengan pilihan Anda.

Setelah penggantian default selesai, Anda bisa mengecek atau mencobanya. Cobalah pilih sebuah tautan yang mengharuskan Anda memasuki mesin pencarian. Biasanya Anda akan diarahkan pada browser yang sudah dipilih tadi.

Sebagai tips, mungkin ada jenis mesin penelusuran baru yang ingin dicoba tapi belum terdapat dalam ponsel Anda. Nah supaya bisa dipilih atau digunakan, aplikasi tersebut harus didownload dari Google Play Store kemudian diinstal terlebih dahulu. Baru sesudahnya, aplikasi ini dapat dipilih sebagai setelan default.

Mengganti Default Browser Oppo

Baca : 7 Aplikasi Vector Terbaik di HP Android Terbaru

Penutup

Demikianlah cara dan langkah-langkah untuk mengganti default browser Oppo yang bisa dicoba. Selain cukup mudah, cara ini juga bisa digunakan untuk berbagai tipe dan varian ponsel merek Oppo. Selamat mencobanya!