Cara Menggunakan Aplikasi Zoom – therantnation.com. Melihat perkembangan dari sebuah teknologi terutama aplikasi, sebagai masyarakat tentu secara pelan tapi pasti bisa merasakan perubahan tersebut. Apalagi sejalan dengan segala kegiatan harus dilakukan di rumah saja memang berdampak munculnya aplikasi seperti video call grup seperti Zoom.

Walau begitu, belum semua orang bisa mengetahui dan mengerti cara menggunakan aplikasi Zoom dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi sekelas Zoom sejatinya adalah aplikasi berbasis internet dimana berguna dalam membantu saling berhubungan dengan banyak orang dengan mudah.

Keberadaan perangkat lunak satu ini dirasa cukup membantu terutama dalam kegiatan sekolah atau pekerjaan. Mengenai hal ini, tentu sangat penting agar efisiensi kerja dan kegiatan sekolah juga semakin tinggi dan membantu berbagai aktifitas tersebut. Maka dari itu pahami cara pakai dan menggunakan aplikasi Zoom ini secara menyeluruh.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Keuntungannya

Apa itu Aplikasi Zoom?

Perlu diperhatikan, sejatinya akun untuk membantu dalam melakukan Zoom sebenarnya akan memakan biaya sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas. Walau berupa panggilan dengan banyak orang, Zoom membantu dalam memanggil melalui video dan suara dengan waktu bebarengan sekaligus.

Ketika melakukan percakapan sekalipun, para pengguna bisa melakukan namanya merekam agar hasil saat panggilan bisa didapatkan serta putar ulang. Media untuk bisa akses terhadap aplikasi Zoom adalah ponsel atau semacam komputer agar membantu pengguna lebih puas. Aplikasi Zoom sebenarnya berbasis internet, kestabilan kecepatan internet saat melakukan panggilan sangat penting karena berpengaruh terhadap kualitas suara atau video saat berjalan.

Perlu diketahui juga, bahwa sebenarnya ketika menggunakan aplikasi Zoom sebaiknya memakai layanan premium agar lebih puas sebagai pembuat acara. Data terakhir didapatkan, pengguna aktif sekarang ini untuk Zoom cukup besar yaitu hingga 2 juta orang lebih hingga sekarang. Orang yang paling membutuhkan ini adalah guru, dosen, atau pengusaha dimana agar terus terhubung dan bisa membagikan informasi terkini terhadap grup miliknya.

Alasan sebaiknya premium adalah karena bila tidak, durasi penggunaan hanya bisa selama 40 menit saja sebelum akan selesai dimana jika premium adalah bebas waktu.

Cara Dalam Menggunakan Aplikasi Zoom Sesuai Perangkat

Karena terbagi akan dua perangkat seperti sudah ketahui, maka perbedaan paling jelas terlihat adalah kepuasan terkait tampilan. Membandingkan layar dari ponsel maupun komputer sendiri rasanya memang cukup besar perbedaan dan dari segi kenyamanannya. Terutama akibat ketika pada saat Zoom ada yang melakukan presentasi dan akan jelas terlihat bagaimana kualitas sisi satu ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom via Komputer

Mengenal cara penggunaan aplikasi, maka berikut bila memakai lewat komputer dan langkah yang harus dilakukan :

  1. Pastikan tersambung internet dan buka browser bawaan perangkat komputer, kemudian kunjungi situs zoom.us nantinya.
  2. Buat akun terlebih dahulu jika belum memiliki, namun bila sudah pastikan bahwa informasi akun cukup lengkap dan bisa mengundang akun lainnya.
  3. Nantinya akan terdapat deskripsi berupa link, password, dan beragam keterangan seputar ruangan dari pembuatan pertemuan tersebut.
  4. Lakukan copy seluruh deskripsi tadi dan bagikan ke orang yang ingin diundang agar segera masuk.
  5. Bila sebagai pengguna bukan host, maka cukup akses link kemudian masukkan username dan password agar bisa ikut dengan pembuat acara.
  6. Maka dengan begitu setiap pengguna sudah masuk ke dalam aplikasi dan bisa mulai pertemuannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom via Ponsel

Tidak hanya komputer saja, namun ponsel bisa tetap akses dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini tentunya :

  1. Langsung saja unduh aplikasi Zoom terlebih dahulu pada tempat resmi dari sistem operasi ponsel tersebut.
  2. Lakukan login jika sudah punya akun, ketika belum maka buat terlebih dahulu dengan data email manual atau tersambung sosial media pribadi.
  3. Bila ingin mengundang, maka langsung saja menuju pengaturan agar menemukan personal meeting ID dimana berguna sebagai pengundang.
  4. Lakukan penyalinan terhadap seluruh keterangan meeting ID tadi dan langsung saja kirim kepada teman terpilih.
  5. Sama seperti dengan komputer, bila hanya perlu gabung tidak perlu harus membuat akun resmi sehingga bisa langsung masuk ke dalam ruangan telah dibuat.
  6. Ketika link sudah diklik, maka Zoom secara otomatis akan mendapatkan pilihan mengenai bergabung pada konferensi video tersebut.
  7. Jangan lupa masukkan ID atau password jika dimintai, bila sudah maka secara otomatis pengguna akan masuk dan bisa memulai pertemuan virtual dengan baik.

Perbedaan pada kedua perangkat memang hanya sedikit, tetapi kembali lagi dengan kenyamanan terkait pengguna agar tidak salah. Apalagi, Zoom juga memfasilitasi pembuat acara untuk menjadwalkan supaya tidak lupa bila terjadi pertemuan penting melalui hal tersebut.

Itulah mengapa Zoom cukup fleksibel melihat dari kegunaan dan fitur tersedia. Melihat langkah dan apa itu aplikasi Zoom, rasa penasaran tentu sudah hilang pastinya sejalan dengan rutin penggunaan.

Apalagi, fitur bawaan menarik milik Zoom cukup banyak dimana bisa melakukan rekaman, membuat jadwal pertemuan, melakukan chat, dan mengaktifkan video melalui webcam bila diperlukan. Adanya aplikasi semacam ini, tentunya memudahkan dalam pengguna bisa terhubung secara berkelompok tanpa ada kesulitan lagi.

Cara Membuat Undangan untuk Zoom Meeting di PC atau Laptop

  1. Download aplikasi Zoom Cloud for PC.
  2. Install Zoom Cloud Meeting for PC.
  3. Buat akun zoom, disini Anda juga bisa masuk menggunakan akun Gmail, Facebook, dan SSO.
  4. Masuk ke aplikasi zoom.
  5. Pilih opsi New Meeting untuk membuat room baru.
  6. Copy link zoom meeting dengan cara pilih menu invite pada bagian bawah layar. Anda juga bisa membagikan ID meeting beserta password dengan mengklik pada ikon “i” di bagian pojok kiri atas.
  7. Bagikan link yang telah disalin melalui email atau WhatsApp.

Cara Membuat Undangan untuk Zoom Meeting di Android dan iOS

  1. Unduh dan pasang aplikasi Zoom Cloud Meetings for Android di Play Store atau App Store.
  2. Daftar akun zoom atau gunakan akun Gmail, Facebook, dan SSO untuk masuk.
  3. Pada tampilan utama, pilih opsi New Meeting.
  4. Lakukan pengaturan di beberapa tampilan seperti Use Personal Meeting ID dan Video On.
  5. Pilih tombol “participants” dan klik “invite”.
  6. Pilih “Copy invite link”.
  7. Bagikan link kepada peserta lain melalui email atau WhatsApp untuk segera bergabung.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Cara Membuat Jadwal pada Zoom Meeting

  1. Unduh aplikasi Zoom Cloud Meeting.
  2. Di halaman utama, pilih tombol “schedule”.
  3. Atur waktu, durasi, tanggal, dan nama rapat.
  4. Jika rapat bersifat rutin dan berulang, pilih centang di bagian “Recurring Meeting”.
  5. Pastikan zona waktu sudah tepat.
  6. Atur Meeting ID untuk kepentingan keamanan. Apabila rapat bisnis yang akan dilakukan, pilih menu “Generate automatically” untuk mendapatkan kata sandi rapat guna perlindungan tambahan.
  7. Masuk ke pengaturan audio dan video untuk memilih opsi mengaktifkan atau menonaktifkan video peserta dan host ketika bergabung dengan rapat.
  8. Pilih menu “Advanced Options”.
  9. Pastikan mengecek bagian “Enable waiting room”, “Mute participant on entry”, dan “Only authenticated users can join”.
  10. Atur juga apakah Anda ingin merekam rapat otomatis atau tidak.
  11. Jika sudah selesai mengatur, pilih “Schedule” di bagian kanan bawah jendela. Rapat zoom akan dijadwalkan dan informasi akan dikirimkan ke kalender.

Cara Membuat Zoom Meeting Lebih Dari 40 Menit

Sebagai aplikasi yang banyak digunakan selama pandemi, limit waktu 40 menit yang ditawarkan oleh Zoom jelas dirasa kurang. Jika bersedia sebenarnya Anda bisa menggunakan layanan Zoom premium sebagai cara membuat Zoom Meeting lebih dari 40 menit. Namun, tentu hal ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit.

Sebenarnya, selain menggunakan layanan berbayar Anda masih bisa menggunakan Zoom Meeting lebih dari 40 menit secara gratis. Hanya saja caranya sedikit ribet sehingga tidak semua orang mengetahuinya. Jika Anda tertarik, Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

1. Log in ke akun Zoom pribadi

Pertama, Anda harus masuk ke akun Zoom lebih dulu baru mengadakan meeting dengan menggunakan fitur Schedule. Tunggu hingga beberapa saat hingga tampilannya terbuka seluruhnya baru Anda bisa mengatur jadwal meeting sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, gunakan fitur Recurring agar meeting bisa berjalan lebih dari 40 menit.

2. Gunakan fitur Advance Options

Jika Anda ingin pengaturan yang lebih lengkap maka Anda bisa menggunakan fitur Advance Options yang memiliki lebih banyak fungsi. Setidaknya ada fungsi yang tersedia yaitu Enable joint host, Mute participant upon entry dan Automatically record meeting on the local computer lalu pilih salah satu yang Anda butuhkan.

3. Undang peserta meeting

Setelah memilih fungsi yang Anda inginkan maka selanjutnya Anda bisa menekan tombol Save. Anda akan dialihkan ke Google Calendar kemudian pilih e-mail yang sedang Anda gunakan lalu tekan tombol Allow untuk meneruskan ke proses selanjutnya.

Ketika Anda sudah masuk ke Google Calendar maka selanjutnya Anda bisa menemukan undangan rapat lewat Zoom. Anda tinggal menyalin undangan tersebut dan membagikannya ke peserta rapat yang lain. Jika sudah selesai, Anda bisa menekan tombol Save.

Setelah itu, prosesnya sudah selesai dan Anda bisa memulai meeting seperti biasanya. Meskipun cara membuat Zoom Meeting lebih dari 40 menit seperti ini terkesan ribet dan masih belum begitu banyak diketahui tapi setidaknya cara ini merupakan cara yang paling mudah dipahami oleh Anda yang masih awam.

Cara Share Link Zoom Meeting ke Whatsapp

Beberapa cara share link zoom meeting ke whatsapp yang perlu dilakukan adalah:

  1. Pastikan terlebih dahulu aplikasi Zoom sudah diunduh pada perangkat komputer atau HP Anda.
  2. Jika belum, tinggal buka terlebih dahulu website Zoom dan pilih menu download supaya aplikasi bisa langsung terpasang pada perangkat Anda.
  3. Buka aplikasi tersebut, kemudian login dengan memilih antara login dengan SSO, akun Google, atau Facebook.
  4. Untuk proses yang lebih cepat, bisa memilih menggunakan akun Google Anda. Tapi, pastikan untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum login, sehingga prosesnya bisa lebih lancar dan aman.
  5. Pada halaman utama Zoom, pilih opsi “new meeting” dengan ikon kamera putih di dalam kotak biru pada sisi kiri halaman.
  6. Kemudian akan muncul halaman utama meeting Zoom. Anda tinggal menekan tombol centang hijau yang terletak pada sisi kiri atas halaman meeting untuk melihat link meeting tersebut.
  7. Akan terlihat detail meeting lengkap dengan meeting ID, siapa host meeting tersebut, juga passcode yang harus dipakai participant untuk bisa masuk ke halaman meeting.
  8. Selanjutnya, pilih menu “participant” di halaman meeting yang sudah dibuat. Tepatnya di taskbar bagian bawah halaman.
  9. Lanjutkan dengan memilih menu “invite” yang terletak di bagian bawah box participant.
  10. Anda tinggal pilih opsi “copy invite link” yang tersedia pada box “invite people to join meeting”. Maka link sudah siap untuk dibagikan ke berbagai aplikasi lain salah satunya Whatsapp.
  11. Saatnya membuka aplikasi Whatsapp, pilih kontak yang ingin diundang mengikuti meeting, kemudian pilih opsi “paste” pada kotak chat sampai muncul link zoom yang sudah dibuat.
  12. Lalu tinggal kirim chat berisi link tersebut kepada nomor kontak tersebut.
  13. Jangan lupa untuk memastikan informasi yang tersedia pada link tersebut sesuai dengan data meeting yang sudah dibuat sebelumnya.
  14. Cara ini juga berlaku untuk pengiriman link zoom untuk grup-grup yang Anda ikuti. Tapi, memang harus dipastikan terlebih dahulu link meeting sudah dicopy dari halaman utama aplikasi zoom.
  15. Lalu Anda tinggal meminta penerima chat, untuk membuka link tersebut supaya bisa langsung terhubung menjadi participant di dalam meeting yang akan digelar.

Cara Menjadwalkan Zoom Meeting Untuk Besok

Jika Anda ingin membuat meeting via zoom besok, maka tinggal pakai cara menjadwalkan zoom meeting untuk besok berikut ini.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Zoom pada perangkat Anda, baik itu komputer, laptop, maupun jenis gadget lainnya.
  2. Jika sudah, maka saatnya untuk login terlebih dahulu agar mendapatkan akses masuk ke dalam halaman utama aplikasi tersebut. Anda bisa memanfaatkan akun Google untuk masuk lebih mudah.
  3. Setelah masuk ke halaman utama Zoom, lanjutkan dengan memilih menu “schedule” yang terdapat pada sisi kiri bawah halaman dengan ikon kalender.
  4. Saatnya untuk mengatur jadwal meeting besok dengan mengisi hari, tanggal, jam berapa dimulai, berapa lama meeting akan berlangsung. Termasuk juga tema atau nama meeting yang akan digelar.
  5. Jangan lupa untuk mencentang kotak “recurring meeting” jika meeting tersebut dilakukan secara kontinu di hari berikutnya. Juga pilih zona waktu supaya jam meeting yang diterima semua peserta nantinya adalah sama.
  6. Selanjutnya, Anda bisa masuk ke menu meeting ID untuk pengaturan identitas meeting. Disarankan, jika Anda ingin melakukan meeting bisnis terbuka maka pilih opsi “generate automatically”. Tapi, jika ingin melakukan meeting pribadi dengan orang-orang tertentu maka gunakan “personal meeting ID”.
  7. Jangan lupa untuk membuat password meeting dengan mencentang pada opsi “require meeting password”.
  8. Pengaturan berikutnya adalah Video dan Audio, dimana Anda sebagai host bisa memilih mengaktifkan video dan audio atau tidak. Begitu juga dengan pengaturan pada peserta meeting, apakah mereka boleh mengaktifkan video dan audio atau tidak.
  9. Selanjutnya adalah pengaturan kalender, apakah Anda mau mengirimkan link jadwal tersebut ke aplikasi kalender yang ada pada perangkat Anda atau tidak.
  10. Jika pengaturan kalender sudah selesai, pilih “advance option” untuk pengaturan lainnya, dimana Anda bisa pilih “enable waiting room” untuk memperbolehkan peserta menunggu di waiting room sampai meeting dimulai.
  11. Kemudian pilih juga “mute participant on entry” untuk memastikan peserta tak bisa bersuara selama meeting berlangsung. Kemudian, ada juga pilihan “only authenticated users can join”. Opsi ini pilihan, bukan wajib digunakan.
  12. Tapi, satu opsi yang wajib dinonaktifkan adalah “enable join before host” dimana nantinya peserta tak boleh masuk ruang meeting lebih dulu sebelum host.
  13. Jika semua pengaturan sudah selesai, maka Anda tinggal pilih schedule maka penjadwalan meeting sudah selesai dilakukan.

Cara Menjadi Host di Zoom Bagi Pemula

Cara berikut ini dapat dilakukan bagi Anda yang ingin menjadi host di meeting Zoom.

  1. Pertama-tama buka aplikasi Zoom Cloud Meeting, lalu klik sign in.
  2. Setelah itu masukkan email serta password Anda, lalu klik pada “new meeting“.
  3. Jika sudah klik pada “start a meeting“, dan secara otomatis Anda telah menjadi host meeting.
  4. Langkah selanjutnya Anda diminta untuk mengundang para peserta meeting dengan memilih opsi menu “participant“, lalu klik “invite“.
  5. Setelah itu Anda akan dihadapkan dengan beberapa opsi menu cara invite zoom meeting, mulai dari email, pesan, invite zoom contacts, serta salin URL. Pilih salah satu opsi tersebut.
  6. Langkah terakhir Anda dapat membagikan informasi meeting tersebut ke media sosial seperti grup WhatsApp dan lain-lain.
  7. Untuk lebih memudahkan Anda, Anda dapat memilih opsi salin URL untuk selanjutnya dibagikan ke media sosial lain sehingga peserta dapat bergabung langsung ke video conference Anda.

Cara Menjadikan Peserta Sebagai Host di Zoom

Apabila Anda ingin menjadikan peserta meeting sebagai host, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  1. Pertama-tama klik pada opsi “participants“, dan nantinya akan tertera daftar peserta meeting.
  2. Pilih salah satu nama peserta meeting yang ingin Anda jadikan host, lalu klik pada opsi “make host“.
  3. Langkah terakhir klik “yes” untuk mengkonfirmasi penggantian host meeting.

Menggunakan Aplikasi Zoom

Apa Kewenangan Host di Zoom Meeting?

Dalam Zoom meeting, host memiliki kewenangan penuh pada meeting ataupun webinar yang sedang berlangsung. Host berwenang untuk mengizinkan siapa saja peserta yang boleh masuk ke room, memulai dan mengakhiri meeting atau webinar, mengatur siapa yang akan menjadi co-host, mematikan atau me-mute mikrofon peserta, dan masih banyak lagi.

Co-host dalam meeting Zoom merupakan akun yang bertugas untuk membantu host dalam mengatur kegiatan meeting. Karena dalam meeting atau webinar besar seorang host akan kerepotan jika mengerjakan semua tugasnya seorang diri. Co-host pun memiliki kewenangan yang sama layaknya seorang host.

Sedangkan participants atau peserta Zoom meeting adalah peserta biasa, yang tidak memiliki kewenangan apapun terkait dengan pengaturan teknis meeting ataupun webinar.

Bagaimana? Cukup jelas dan lengkap bukan cara menggunakan aplikasi Zoom ini. Semoga dan tentunya bisa membantu teman-teman semua dalam membuat ataupun yang ingin mencoba aplikasi Zoom.