Cara Menghapus Akun Google Play Store – therantnation.com. Mungkin tidak sedikit pengguna Android yang ingin menghapus akun Google Play Store karena berbagai alasan, salah satunya karena membeli HP baru sehingga ingin menghapus akunnya di HP lama.

Untuk tata cara menghapus akun Google Play Store di Android sendiri pun sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, karena hanya memerlukan beberapa langkah saja.

Cara Menghapus Akun Google Play Store Di Android Dengan Mudah

2 Cara Menghapus Akun Google Play Store di Android dengan Mudah

Menghapus akun berarti akan menghapus akun dari perangkat tersebut untuk kemudian digunakan di perangkat lain, atau menghapus akun tersebut secara permanen sehingga nantinya tidak dapat diakses kembali selamanya. Langsung saja berikut ini cara mudah menghapus akun Google Play Store milik Anda!

1. Cara Menghapus Google Play Store di Android Sementara

Cara di bawah ini dapat dilakukan apabila nantinya akan login dengan akun tersebut di perangkat ponsel lain di lain waktu, sehingga akun tidak akan terhapus secara permanen.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Google Play Store di ponsel Android.
  2. Klik pada ikon profil yang terletak di sisi pojok kanan atas.
  3. Setelah itu klik pada opsi menu “kelola akun di perangkat ini“.
  4. Jika sudah, klik pada akun Google Play Store yang ingin dihapus dari perangkat.
  5. Selanjutnya klik pada “hapus akun” untuk mengkonfirmasi penghapusan.
  6. Tunggu beberapa saat hingga nanti akun telah terhapus dari sistem ponsel Android.

2. Cara Menghapus Google Play Store di Android Selamanya

Bagi yang ingin menghapus akun Google Play Store secara permanen dan tidak ingin digunakan kembali di perangkat lain, berikut ini langkah yang harus diikuti:

  1. Langkah pertama buka aplikasi Google Play Store di ponsel Android.
  2. Setelah itu klik pada ikon foto profil, lalu pilih pada opsi “kelola akun Google Anda“.
  3. Jika sudah, klik pada opsi “data dan personalisasi“.
  4. Selanjutnya scroll layar ke bawah hingga menemukan menu “download, hapus, atau buat rencana untuk data Anda“.
  5. Klik pada “hapus layanan atau akun Anda“.
  6. Setelah itu klik pada “menghapus akun Google Anda“.
  7. Sebelum melanjutkan, ada baiknya terlebih dahulu membaca dengan teliti apa saja yang akan terjadi kepada akun ketika nanti berhasil terhapus.
  8. Apabila Anda benar-benar ingin melanjutkan, klik pada tombol “hapus akun“.

Pengertian dan Fungsi Google Play Store

Google Play Store yang sebelumnya bernama Android Market, merupakan layanan distribusi digital yang dioperasikan oleh Google. Google Play Store memiliki fungsi sebagai apps market atau toko aplikasi resmi bagi sistem operasi Android, sehingga penggunanya dapat mencari dan mengunduh aplikasi apapun yang dikembangkan dengan SDK serta diterbitkan oleh Google.

Google Play Store juga menawarkan program buku, musik, televisi, musik, hingga film. Seluruh program dan aplikasi yang tersedia di Google Play dapat diunduh secara gratis maupun berbayar.

Kelebihan Google Play Store

Jika dibandingkan dengan iOS, Google Play Store menawarkan beberapa kelebihan yakni:

Banyak Pilihan Aplikasi

Berdasarkan data statistik pada tahun 2017 silam, Android unggul dalam hal jumlah aplikasi yang ada di Google Play Store dengan jumlah lebih dari 3,3 juta aplikasi.

Dapat Mencoba Aplikasi Sebelum Rilis

Tak sedikit aplikasi yang menawarkan pengetesan fitur terbaru mereka melalui kanal beta testing, tak terkecuali fitur penghapusan pesan pada WhatsApp di tahun 2017 silam.

Rekomendasi Berdasarkan Selera

Di Google Play Store akan mendapatkan rekomendasi aplikasi sesuai dengan selera. Google Play pun memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk dapat mengatur sendiri rekomendasi aplikasi untuk mereka.

Risiko Menghapus Google Play Store

Sebelum memutuskan untuk menghapus Google Play Store, ada baiknya mengetahui apa saja risiko menghapus akun Google Play. Terlebih jika ingin menghapus akun tersebut secara permanen. Berikut ini risiko menghapus Google Play:

  • Akan kehilangan musik yang dahulu beli di tempat lain lalu ditambahkan di Google Play.
  • Tidak dapat meng-update ataupun menginstal game hingga aplikasi dari Google Play Store.
  • Apabila terdapat game yang diunduh, progres, pencapaian, hingga data-data lain terkait game akan hilang dari akun.
  • Anda tidak dapat lagi menonton film, mendengarkan musik, hingga membaca majalah ataupun buku yang telah membeli sebelumnya.

Cara Memulihkan Akun Google Play Store

Apabila baru-baru ini menghapus Google Play Store bukan secara permanen, itu berarti akun Anda masih dapat dipulihkan ketika dibutuhkan. Namun apabila akun tersebut telah lama dihapus, maka kemungkinan besar tidak dapat memulihkan data yang ada di akun tersebut. Berikut ini langkah-langkah untuk memulihkan akun Google Play Store:

  1. Pertama-tama diminta untuk mengikuti langkah-langkah memulihkan akun seperti menjawab beberapa pertanyaan agar dapat mengkonfirmasi akun Anda.
  2. Apabila menemui masalah, dapat mencoba opsi “tips untuk menyelesaikan langkah pemulihan akun“.
  3. Setelah itu diminta membuat kata sandi yang belum pernah digunakan untuk akun tersebut.

4 Cara Mengatasi Google Play Store Yang Bermasalah

4 Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah

Apabila ingin menghapus akun karena Google Play Store mengalami masalah, terdapat beberapa alternatif lain yang dapat dilakukan selain menghapus akun. Apa saja?

1. Bersihkan Cache

Apakah termasuk salah satu pengguna HP yang jarang membersihkan cache? Jika iya, kali ini harus rajin membersihkan cache Google Play Store. Pasalnya, mungkin saja Google Play Store bermasalah karena cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan.

Caranya buka menu pengaturan, lalu cari menu Apps and Notifications. Setelah itu scroll hingga menemukan Google Play Store, lalu klik “storage” dan “clear cache“. Jika sudah, klik pada “clear data“.

2. Periksa Koneksi Internet

Terlihat sepele, namun memeriksa koneksi internet juga menjadi salah satu cara mengatasi Google Play Store yang error. Pastikan koneksi internet 3G atau 4G, atau jika memungkinkan gunakan koneksi WiFi. Setelah itu coba buka Google Play Store kembali.

3. Periksa Memori Penyimpanan

Apabila kapasitas memori internal HP Anda tidak mencukupi, mungkin saja hal tersebut yang menyebabkan proses unduhan ataupun penginstallan terhenti secara tiba-tiba. Sehingga perlu memeriksa apakah memori penyimpanan internal ponsel mencukupi atau tidak. Anda juga dapat mencoba mencabut SD card lalu memasangnya kembali.

4. Periksa Update Android

Android versi lawas juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa Google Play Store tidak dapat bekerja dengan optimal. Sehingga perlu memperbarui smartphone dengan sistem Android paling baru, guna menghindari error pada Google Play Store.

Baca : 7 HP Vivo Dengan Fitur NFC Terbaik di Indonesia

Penutup

Demikianlah cara menghapus akun Google Play Store di Android bagi Anda yang ingin menghapusnya karena berbagai alasan. Apabila Google Play Store masih bermasalah dan cara diatas masih belum berhasil, langkah terakhir yang dapat coba lakukan adalah dengan melakukan factory reset atau me-reset ponsel ke pengaturan pabrik.