3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP OPPO dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP OPPO – therantnation.com. Aplikasi bawaan HP OPPO kerap kali tidak terlalu dibutuhkan dan hanya memakan ruang penyimpanan saja. Oleh karena itu, banyak pengguna yang mencari cara untuk menghapus aplikasi bawaan HP OPPO untuk setidaknya membuat aplikasi tersebut nonaktif.

Untuk menghapus pada aplikasi bawaan tersebut, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Anda dapat menonaktifkan atau hapus aplikasi bawaan tersebut dalam mode HP sudah root dan juga tanpa root.

Serta bisa juga menghapus menghapus aplikasi bawaan HP OPPO dengan bantuan aplikasi tambahan. Kekurangan apabila dengan aplikasi tambahan tentunya kita harus mempunyai ruang tambahan yang kosong untuk pemasangannya.

3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp Oppo Dengan Mudah

3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP OPPO dengan Mudah

Dari berbagai macam cara berikut, Anda bisa memilih mana yang paling sekiranya cocok untuk digunakan. Berikut ini adalah cara mudah untuk menghapus aplikasi bawaan HP OPPO beserta langkah-langkahnya.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Harus Root HP

Cara pertama yang dapat digunakan untuk menonaktifkan atau menghapus di aplikasi bawaan dari OPPO ini tidak perlu akses root pada HP. Jadi tidak perlu repot untuk melakukan rooting pada HP OPPO. Namun, perlu diketahui bahwa cara ini hanya sekadar menonaktifkan saja, jadi aplikasi bawaan masih tetap ada namun sudah tidak memakan data dan berjalan di background HP.

Untuk melakukannya, dapat simak langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama langsung menuju ke bagian Pengaturan HP.
  • Setelah itu segera masuk ke bagian aplikasi. Di sini dapat melihat berbagai aplikasi yang terdapat di HP.
  • Selanjutnya tinggal cari saja aplikasi bawaan mana yang ingin dinonaktifkan.
  • Jika sudah ketemu, langsung saja tap pada aplikasi tersebut.
  • Berikutnya terlebih dahulu menekan atau tap bagian “Force Stop” untuk menghentikan aplikasi yang masih berjalan.
  • Kemudian pilih “Disable” untuk menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut. Aplikasi yang sudah disable tidak akan berjalan secara otomatis di background sehingga tidak akan memengaruhi kinerja dan memori HP.
  • Selesai. Aplikasi bawaan sudah dinonaktifkan.

Perlu diingat, cara dan langkah di atas hanya untuk menonaktifkan aplikasi bawaan saja. Namun tidak perlu khawatir karena hal itu juga dapat membuat RAM HP tidak terbebani. Selain itu juga bisa mengaktifkan kembali aplikasi tersebut jika suatu saat Anda membutuhkannya.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Bantuan Aplikasi Tambahan

Selain cara yang disebutkan di atas juga bisa menghapus atau menonaktifkan aplikasi dengan bantuan dari aplikasi ketiga. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah aplikasi CCleaner. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakannya.

  • Pertama-tama harus instal terlebih dahulu aplikasi CCleaner.
  • Setelah itu langsung saja masuk ke aplikasi CCleaner.
  • Kemudian, masuk saja bagian “Options”.
  • Kemudian, masuk ke bagian “App Manager”.
  • Di bagian App Manager bisa melakukan pengelompokan daftar aplikasi berdasarkan system, disabled, dan installed.
  • Selanjutnya bisa pilih saja daftar aplikasi di system dan cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan.
  • Jika sudah bisa pilih menu “Reboot Now” untuk membuat perubahan diterapkan.
  • Selesai.

3. Menghapus Aplikasi Bawaan Dengan Akses Root

Cara terakhir ini dapat dipilih jika menginginkan aplikasi bawaan dari HP OPPO tersebut benar-benar terhapus. Namun, seperti yang telah dibahas di awal tadi, untuk melakukan hal ini dibutuhkan akses root di HP Anda. Perlu diketahui, root merupakan suatu proses atau perlakukan di sistem operasi HP yang membuat pengguna bisa melakukan akses untuk memberikan perubahan di sistem HP Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi di HP OPPO yang sudah di root:

  • Pertama, Anda dapat melakukan proses root terlebih dahulu di HP OPPO. Anda bisa menggunakan SuperSu untuk melakukan root.
  • Jika proses root selesai, selanjutnya instal aplikasi bernama System App Remover.
  • Setelah itu, akan muncul pemberitahuan tentang izin akses ke SuperSu untuk melakukan akses root sistem.
  • Pilih saja “Grant/Izinkan” untuk memberikan akses pada aplikasi System App Remover.
  • Selanjutnya, tinggal cari aplikasi bawaan mana yang ingin dihapus.
  • Jika sudah, pilih “Uninstall” untuk menghapusnya.
  • Berikutnya dapat pilih “Yes” untuk mengonfirmasi.
  • Selesai.

Dengan melakukan root pada HP OPPO, maka bisa menghapus pada aplikasi bawaan tersebut dari memori HP Anda. Hal ini tentunya dapat membuat memori HP menjadi lebih lega saat aplikasi bawaan dihapus.

Namun, terdapat hal yang perlu diketahui sebelum melakukan root pada HP OPPO. Melakukan root mempunyai beberapa risiko yang harus siap ditanggung. Beberapa risiko tersebut antara lain adalah HP bisa mudah terinfeksi virus, file penting pada sistem dapat terhapus sehingga membuat HP mengalami bootloop, dan lain sebagainya.

Mengapa Harus Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Mengapa Harus Menonaktifkan Aplikasi Bawaan?

Banyaknya aplikasi yang terinstal di HP OPPO Anda, tentunya juga akan membuat memori HP menjadi cepat penuh. Apalagi untuk aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak terlalu penting dan jarang sekali digunakan. Oleh karena itu, jika dibiarkan begitu saja, tentu ruang memori HP akan cepat penuh.

Tidak hanya itu saja, terlalu banyak aplikasi yang ada di HP OPPO tentu dapat membuat kerja dari RAM menjadi lebih berat. Hal tersebut terkadang bisa menyebabkan kinerja dan performa smartphone menurun atau melambat. Nah, karena hal itulah sebaiknya menonaktifkan atau menghapus di aplikasi bawaan tersebut.

Baca : 5 Cara Cek IMEI HP OPPO Untuk Semua Varian dengan Mudah

Itulah tadi 3 cara menghapus aplikasi bawaan HP OPPO yang dapat dilakukan. Secara keseluruhan, cara yang disebutkan di atas sangat mudah dilakukan. Anda hanya tinggal memilih cara mana yang dianggap paling mudah dan juga aman untuk HP OPPO.