Cara Mengubah Suara di Telegram – therantnation.com. Salah satu cara untuk mengirimkan pesan melalui aplikasi Telegram cukup banyak dipakai saat ini adalah voice note atau pesan berupa suara. Dalam hal ini, terkadang pengguna juga ingin mengubah suara karena alasan tertentu.

Pada artikel ini, akan dibahas bagaimana cara mengubah suara di Telegram pada saat mengirimkan voice note. Pesan suara memang memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah pengguna dapat menyampaikan pesan dengan lebih baik, terutama untuk hal-hal yang memerlukan penjelasan secara verbal atau lisan.

Selain itu, mengubah suara di Telegram itu penting sebab pesan ini juga berguna apabila terjadi masalah pada papan tombol ponsel sehingga pengguna dapat melakukan alternatif pengiriman pesan melalui suara.

Cara Mengubah Suara Di Telegram Saat Mengirimkan Pesan Voice Note

Cara Mengubah Suara di Telegram dengan Menggunakan Aplikasi Vidogram

Untuk mengubah suara saat melakukan pengiriman pesan, dibutuhkan sebuah aplikasi tambahan yang disebut dengan Vidogram. Aplikasi ini merupakan salah satu klien dari Telegram.

Dalam hal ini, sistem operasi Telegram memang dibuat open (terbuka) atau dapat diakses secara bebas dan gratis dengan syarat melakukan pendaftaran terlebih dulu pada Telegram sebagai klien.

Vidogram sendiri merupakan sebuah aplikasi memanfaatkan data dan sistem milik Telegram untuk mengembangkan sistemnya. Dalam hal ini, aplikasi tersebut menggunakan application programming interface atau API pada Telegram untuk melakukan kustomisasi lebih lanjut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Vidogram merupakan kustomisasi atau modifikasi dari Telegram. Sebagai hasil kustomisasi, tentunya aplikasi ini memiliki fitur-fitur tambahan lain, yang di antaranya adalah mengubah mode suara ketika berkirim voice note.

Di samping itu, karena merupakan kustom atau modifikasi, Vidogram memiliki tampilan antarmuka atau user interface (UI) yang sama persis dengan UI pada Telegram. Kembali pada topik awal, berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mengubah suara di Telegram cukup mudah dilakukan.

1. Mengunduh Aplikasi Vidogram

Silakan instal aplikasi Vidogram terlebih dahulu di HP Anda. Aplikasi ini dapat dicari dan diunduh di Google Play Store secara gratis. Untuk versi terbarunya aplikasi ini memiliki kapasitas yang dapat dibilang cukup besar, yakni sekitar 45 MB.

Sebagai perbandingan, Telegram sendiri untuk versi terbarunya hanya memiliki kapasitas sebesar 24 MB. Dengan begitu, aplikasi tersebut memiliki ukuran hampir dua kali lebih besar daripada Telegram.

2. Memilih Bahasa

Setelah proses instal selesai, silakan Anda buka aplikasi ini. Hal pertama harus dilakukan adalah memilih bahasa. Terdapat beberapa pilihan bahasa tersedia. Pada pop-up biasanya akan ditawari pilihan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, atau Lainnya.

Sesuaikan dengan preferensi Anda. Setelah itu klik pada bahasa yang diinginkan. Kemudian klik tombol “OK”. Anda juga tidak perlu khawatir jika sudah terlanjur memilih bahasa di luar preferensi. Pasalnya pengaturan ini tidak bersifat permanen. Anda dapat mengubahnya lagi nanti di menu Pengaturan.

3. Memulai Aplikasi

Setelah mengatur bahasa, akan muncul laman pertama Vidogram yang menjelaskan fitur dan fungsi aplikasi ini. Di bawahnya terdapat tulisan “Lanjutkan dengan Bahasa Indonesia”. Hal ini apabila di awal memilih pengaturan bahasa Inggris. Juga terdapat tulisan “Start Messaging”. Anda bisa memilih salah satu dari tulisan tersebut.

4. Melakukan Pendaftaran

Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan nomor HP. Dalam hal ini, pilihan negara sudah ditampilkan secara default untuk negara Indonesia.

Oleh karena itu, tidak perlu memasukkan angka pertama, yakni angka 0 (nol), dalam menu ini. Setelah memasukkan nomor HP, tekan send atau tombol kirim.

Selanjutnya akan muncul pop-up yang meminta izin untuk mengakses lokasi perangkat HP. Tekan “Izinkan”. Setelahnya aplikasi ini akan mengirimkan kode berjumlah 5 digit ke akun Telegram Anda. Masukkan kode tersebut ke dalam baris yang sudah disediakan.

Setelah itu akan muncul pop-up lagi yang meminta izin untuk menggunakan mikrofon dan kamera. Tekan tombol OK karena hanya terdapat pilihan tersebut. Kemudian akan muncul beberapa pop-up lanjutan untuk izin akses audio, foto, dan sebagainya. Silakan klik tombol “Izinkan” sampai selesai.

5. Masuk pada Menu Utama

Setelah proses registrasi selesai, Anda akan dibawa pada laman utama atau beranda. Seperti yang akan Anda lihat, tampilan antarmuka pada aplikasi ini hampir sama persis dengan tampilan antarmuka pada Telegram. Hal yang membedakan adalah penambahan 2 fitur baru di bagian atas, yakni fitur video call atau video conference dan fitur timeline.

Kemudian di bagian bawah, di atas tombol navigasi, terdapat 5 ikon dengan fungsi masing-masing. Dari kiri ke kanan, ikon-ikon tersebut digunakan untuk kontak secara umum, kontak perseorangan, grup, notifikasi, dan notifikasi grup.

Selanjutnya Anda perlu masuk pada menu utama. Untuk mengaksesnya dibutuhkan langkah yang sama seperti untuk masuk pada Telegram. Caranya silakan klik ikon tiga garis bertumpuk yang terdapat di sebelah kiri bagian atas.

6. Memilih Pengaturan Vidogram

Setelah masuk pada menu utama, akan terdapat banyak menu lanjutan yang bisa dipilih. Seperti sebelumnya, tampilan antarmuka pada bagian ini juga persis sama dengan tampilan pada Telegram.

Pada bagian ini, terdapat dua Pengaturan atau Settings. Settings atau Pengaturan yang pertama itu untuk akun Telegram. Skip saja bagian ini dan trus scroll ke bawah. Disitu nanti akan terdapat Pengaturan Vidogram atau Vidogram Settings. Menu inilah yang harus dipilih. Klik pada menu tersebut.

7. Memilih Menu Perpesanan

Pada menu Settings ini, terdapat empat sub menu lanjutan yang dapat dipilih. Pilihlah menu Perpesanan atau Messaging yang terdapat pada baris ketiga. Klik opsi tersebut maka selanjutnya akan muncul beberapa opsi lanjutan.

Setelahnya, pada opsi Media, coba perhatikan tulisan “Voice Mode” atau “Mode Suara”. Di sampingnya, di sebelah kanan, terdapat tulisan “normal mode” atau “mode normal” yang berwarna biru. Sekarang klik pada tulisan dengan font biru ini.

8. Menentukan Mode Suara

Terdapat 7 pilihan mode suara, selain mode normal, yang dapat dipilih. Setelah memilih mode suara yang dikehendaki, dari mode 1 sampai mode 7, kembalilah ke bagian awal. Kini pesan suara yang disampaikan kepada pengguna Telegram yang terdapat dalam kontak Anda akan terdengar berbeda.

Dalam hal ini, Vidogram tidak menyediakan fitur demo untuk menunjukkan seperti apa suara pada mode-mode tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya pengguna dapat memakai cara manual, yakni dengan menggunakannya satu demi satu.

9. Melakukan Percobaan

Cobalah mengirimkan pesan suara kepada orang terdekat Anda. Kemudian dengarkan bagaimana suara Anda terdengar di HP tersebut. Atau bisa juga dengan meminta mereka mengirimkan balik pesan suara tersebut ke HP Anda.

Apabila memungkinkan, cobalah semua tujuh mode suara tersebut. Hal ini untuk menentukan jenis suara yang ingin Anda gunakan nantinya. Bahkan apabila Anda memutuskan untuk tidak menggunakannya dalam waktu dekat.

Cara Mengubah Suara Di Telegram Dengan Mudah Dan Cepat

Baca : 7 Aplikasi Meditasi untuk Kesehatan Mental Lebih Nyaman dan Kuat

Penutup

Demikianlah cara mengubah suara di Telegram yang bisa dicoba. Memiliki tampilan antarmuka yang sama dengan Telegram, Vidogram juga menyimpan semua nomor kontak yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, hal yang unik dari aplikasi ini adalah Vidogram dapat menjadi pengganti Telegram apabila suatu saat Anda tanpa sengaja menghapus aplikasi tersebut.