3 Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Realme dengan Mudah

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Realme – therantnation.com. Jika Anda pemilik HP Realme dan sering bermasalah dengan sinyal 4G LTE sebenarnya bisa melakukan pengaturan khusus. Sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana cara mengunci jaringan 4G LTE di HP Realme masing-masing.

Fitur penguncian ini sangat umum ditemukan pada HP Android seperti Realme. Namun, tidak semua varian HP Realme memiliki pengaturan seperti mengunci jaringan 4G LTE di HP Realme, sebab hanya perangkat yang sudah mendukung sinyal 4G saja yang bisa menggunakannya.

Selain itu, pastikan jika Anda memiliki paket internet 4G dan daerahnya sudah bisa menerima sinyal tersebut. Kalau belum? Ya pastinya tidak bisa ya!

Cara Mengunci Jaringan 4g Lte Di Hp Realme Dengan Mudah

3 Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Realme yang Simpel

Oleh sebab itu, bagi pengguna Realme yang ingin menikmati internet berkecepatan tinggi tanpa adanya gangguan berikut beberapa cara mengunci jaringan 4G LTE di HP Realme Anda. Tidak ribet dan jelas sangat mudah untuk diikuti.

1. Menggunakan Menu Pengaturan

Cara ini merupakan cara penguncian jaringan 4G paling mudah dan tidak perlu keahlian khusus. Anda hanya perlu menggunakan menu pengaturan yang ada di HP masing-masing.

  1. Cukup buka menu Pengaturan atau Setting.
  2. Lalu pilihlah Kartu SIM & Data Seluler yang ada di HP Realme.
  3. Pilih kartu SIM mana yang ingin dikunci jaringannya.
  4. Kemudian masuk ke menu Info & Pengaturan SIM.
  5. Ubah opsi jenis jaringan yang disukai menjadi 4G LTE dan tunggu hingga prosesnya selesai.

2. Menggunakan Kode Rahasia

Jika cara sebelumnya tidak berhasil maka bisa mencoba cara ini. Namun, harus membuka mode pengembang di HP terlebih dahulu. Selanjutnya, harus mengetikan kode rahasia berupa *#*#3646633#*#* di menu dial atau papan telepon HP.

Jika kode di atas tidak berhasil maka bisa mencoba kode alternatif lain seperti *#*#4636#*#* atau *#800#. Kegagalan tersebut biasanya terjadi karena kode rahasia dimasukkan sudah tidak berlaku lagi sehingga Anda perlu mencoba semua kode alternatif yang ada.

Setelah muncul tampilan log & debugging, temukan tampilan telephony dengan cara menggeser layar ke kiri. Klik menu Networking Selecting kemudian pilih kartu SIM yang ingin dikunci jaringannya. Pada kolom Set Preference Network Type pilihlah LTE Only dan tunggu hingga proses selesai.

Perhatikan ikon sinyal HP Anda, apakah sudah berubah menjadi tanda 4G LTE atau belum. Jika cara di atas tidak berhasil, coba cek letak kartu SIM terlebih dahulu. Biasanya hal ini dikarenakan posisi kartu SIM  tidak tepat atau bahkan terbalik sehingga harus dipindahkan lebih dahulu.

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika kedua cara di atas tidak berhasil maka bisa menggunakan cara terakhir yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini juga tidak sulit karena hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di platform resmi secara gratis.

Setelah mengunduh dan menginstalnya biasanya akan diarahkan secara otomatis ke tampilan berisi informasi HP Realme sendiri. Perlu diingat jika setiap aplikasi memiliki cara yang berbeda-beda sehingga pastikan mengikuti cara penguncian jaringan 4G diinstruksikan oleh aplikasi tersebut.

Apa itu Penguncian Jaringan 4G?

Bagi yang belum paham, penguncian jaringan 4G merupakan salah satu cara untuk membuat HP menolak sinyal lain dan hanya akan menerima sinyal 4G LTE saja. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat jika memiliki banyak kuota internet 4G LTE.

Seperti yang diketahui, paket internet 4G banyak ditawarkan oleh operator seluler tanah air karena menawarkan kecepatan internet yang bagus. Sayangnya, tidak semua daerah bisa mendapatkan sinyal 4G bagus, sehingga kadang-kadang akan dialihkan ke sinyal 3G atau bahkan 2G.

Dengan mengunci jaringan 4G LTE di HP Realme maka ketika membutuhkan akses internet stabil maka kecepatan internet tidak akan tiba-tiba berubah menjadi internet 3G yang notabene jauh lebih lambat.

Kelebihan dan Kekurangan Penguncian Jaringan 4G di HP Realme

Sama seperti fitur lainnya, opsi penguncian jaringan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh sebab itu, sebelum melakukan penguncian jaringan ada baiknya jika mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Pertama, dari segi keuntungan tentu saja masalah koneksi internet akan semakin stabil dan cepat. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami buffering ketika menonton video secara online. Browsing di internet semakin lancar karena akses internet sudah tidak lambat lagi.

Tidak hanya itu, penguncian jaringan juga akan memudahkan Anda untuk menggunakan kuota internet. Provider seluler di Indonesia biasanya membagi-bagi kuota internet ditawarkannya menjadi kuota jaringan 4G, jaringan 3G, dan sebagainya.

Hal ini tentu akan menyulitkan yang memiliki kuota internet 4G lebih banyak. Sebab, dengan jaringan tidak stabil maka kuota internet 4G tentu tidak akan bisa digunakan dengan baik. Ini akan membuat perangkat banyak menyedot kuota internet jaringan lain.

Namun sayangnya penguncian jaringan ini hanya akan berfungsi di daerah yang sudah memiliki sinyal 4G LTE. Jika berada di daerah belum tersentuh sinyal 4G maka perangkat tidak akan bisa menerima sinyal seluler apapun. Bahkan sinyal 2 G untuk menerima panggilan telepon atau SMS sekalipun.

Tidak hanya itu, jika mengaktifkan fitur ini maka kuota internet yang dimiliki akan semakin boros sehingga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli paket internet. Jika ingin meminimalisir kekurangan tersebut maka bisa melakukan pengaturan ulang di HP menjadi LTE/GSM Auto PRL.

Siapa yang Cocok Menggunakan Fitur Ini?

Selama masa pandemi seperti sekarang rasanya hampir semua orang membutuhkan internet kencang baik untuk bekerja maupun belajar daring dari rumah. Dengan koneksi 4G lebih stabil maka tidak ada lagi video buffering atau akses internet lemot ketika digunakan.

Tidak hanya untuk para pekerja dan pelajar saja, fitur penguncian jaringan ini juga akan cocok digunakan oleh para pencinta game mobile. Sebab, game online membutuhkan akses internet stabil agar bisa dimainkan dengan leluasa.

Apa Risiko Melakukan Penguncian Jaringan 4g Di Hp

Apa Risiko Melakukan Penguncian Jaringan 4G di HP?

Menurut beberapa sumber, ada sedikit risiko yang bisa dialami oleh pengguna HP Realme melakukan penguncian jaringan 4G yaitu suhu HP yang akan cepat panas. Meskipun risikonya cukup kecil namun hal ini perlu Anda perhatikan mengingat suhu terlalu panas bisa menyebabkan baterai cepat rusak.

Kenaikan suhu tersebut sebenarnya cukup wajar. Sebab HP akan “dipaksa” untuk mampu menangkap sinyal 4G meskipun kemampuannya hanya bisa menangkap sinyal 3G atau bahkan 2G.

Baca : 4 Cara Mengatasi Notifikasi Telegram Tidak Muncul dengan Mudah

Penutup

Jika Anda termasuk orang sangat membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara mengunci jaringan 4G LTE di HP Realme seperti dicontohkan di atas. Sebab, keuntungan diperoleh akan jauh lebih besar dibandingkan risiko yang mungkin Anda dapatkan.