Cara Menonaktifkan Iklan di Xiaomi MIUI 12 – therantnation.com. Sebagai pengguna HP Xiaomi, terutama dengan tampilan antarmuka terbaru MIUI 12, mungkin Anda merasa kurang nyaman dengan kemunculan iklan tertentu. Maka ada inisiatif untuk menonaktifkan iklan tersebut.

Apalagi beberapa aplikasi dan sistem antarmuka Xiaomi sendiri memang didesain untuk terintegrasi dengan iklan. Namun, ada juga kabar baiknya. Terdapat cara yang dapat dicoba untuk menonaktifkan iklan di Xiaomi MIUI 12 ini.

Cara Menonaktifkan Iklan Di Xiaomi Miui 12 Yang Bisa Dicoba

6 Cara Menonaktifkan Iklan di Xiaomi MIUI 12 dengan Mudah

Pada artikel berikut, akan dibahas 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan iklan di Xiaomi MIUI 12 pada HP Xiaomi. Berikut ulasannya.

1. Menonaktifkan Iklan dengan Cara Mematikan Aplikasi MSA

MSA adalah singkatan dari MIUI System Ads. Sesuai dengan namanya, aplikasi inilah yang mengatur sistem periklanan pada ponsel Xiaomi. Untungnya aplikasi ini bisa dinonaktifkan sehingga beberapa persoalan mengenai periklanan yang dianggap mengganggu pada MIUI dapat diatasi.

Untuk menonaktifkannya, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel pengguna telah terhubung dengan koneksi internet, baik itu melalui jaringan seluler maupun WiFi. Setelah itu, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Membuka Settings atau Pengaturan

Nyalakan ponsel Anda kemudian pilih dan buka menu Settings. Di dalamnya terdapat beberapa menu lanjutan yang ditawarkan.

Memilih Menu Passwords & Security

Setelah itu pilihlah menu dengan nama Password & Security. Setelah masuk pada menu tersebut, akan terdapat menu selanjutnya yang bernama Authorization & Revocation.

Memilih Opsi MSA

Pada menu Authorization & Revocation, Anda akan menemukan menu pengaturan MSA. Pada bagian ini, klik atau geser toggle sehingga MSA dinonaktifkan. Tunggulah beberapa saat sampai muncul tulisan Revoke. Kemudian tekan tombol tersebut.

Setelah menekan tombol Revoke, Anda akan mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa pengguna tidak dapat mencabut otorisasi untuk mengatur sistem MSA tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir. Cobalah terus cara di atas sampai izin pencabutan diberikan oleh sistem.

Apabila izin telah diberikan, sebagian besar iklan akan dihilangkan. Namun hal ini hanya berkaitan dengan iklan yang terdapat pada sistem antarmuka MIUI. Iklan-iklan lain, juga iklan yang terdapat pada beberapa aplikasi Xiaomi, tetap perlu dinonaktifkan satu per satu.

2. Menonaktifkan Rekomendasi untuk Iklan Pribadi

Apabila otorisasi MSA telah berhasil dicabut, selanjutnya silakan menonaktifkan rekomendasi iklan yang dikirimkan oleh MIUI. Untuk melakukannya, silakan mengikuti langkah-langkah berikut.

Masuk pada Menu Settings

Seperti cara pertama, silakan masuk pada menu Pengaturan terlebih dahulu. Kemudian carilah menu dengan nama Privacy Protection. Klik pada menu tersebut.

Memilih Menu Ad Services

Selanjutnya carilah menu dengan nama Ad Services. Klik pada tombol tersebut. Selanjutnya Anda akan melihat tulisan dengan nama Personalised Ad Recommendations. Klik atau geser toggle pada tulisan tersebut.

Sekarang rekomendasi untuk iklan pribadi sudah dinonaktifkan. Iklan-iklan yang biasanya muncul berdasarkan preferensi dan kebiasaan Anda saat menggunakan ponsel tidak akan lagi dimunculkan.

3. Menonaktifkan Iklan pada Aplikasi Mi Security dan Mi Browser

Cara ketiga untuk meminimalisir iklan pada ponsel Xiaomi adalah dengan menonaktifkan iklan yang terdapat pada Mi Security dan Mi Browser. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti.

Menonaktifkan Iklan pada Mi Security

Silakan pilih aplikasi Security. Klik menu tersebut. Kemudian klik tulisan Settings atau Pengaturan. Selanjutnya akan terdapat opsi dengan nama “Receive Recommendations”. Geser toggle untuk berhenti menerima saran rekomendasi.

Menonaktifkan Iklan pada Mi Browser

Kemudian untuk menghentikan iklan dari sistem pencarian, silakan menuju Mi Browser. Buka aplikasi tersebut. Kemudian perhatikan bagian bawah pada sisi kanan. Disitu akan terdapat tulisan Profile. Klik pada tab tersebut. Setelah itu, masuklah ke bagian pengaturan mesin pencari ini. Silakan tekan ikon berbentuk baut yang terdapat di bagian atas pada sebelah kanan.

Setelah itu akan muncul beberapa setelan lanjutan. Sekarang perhatikan tulisan Add Ads. Hapus centang yang terdapat di samping tulisan tersebut. Kini mesin pencarian Anda tidak akan lagi dipenuhi dengan sejumlah rekomendasi iklan.

4. Menonaktifkan Rekomendasi Iklan pada Musik dan Video

Aplikasi musik dan video pada ponsel Xiaomi juga merupakan salah satu tempat untuk menerima rekomendasi iklan. Untuk menonaktifkannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Menonaktifkan Iklan di Mi Music

Silakan buka aplikasi Mi Music Anda. Klik pada ikon profil yang terletak di sebelah kiri bagian atas. Setelah itu, akan ada beberapa menu yang dapat diakses. Sekarang tekan menu Settings. Menu tersebut akan mengantar Anda pada beberapa menu lanjutan. Pilih menu dengan nama “Advanced Settings” atau “Pengaturan Lanjutan” dan klik.

Setelahnya akan muncul beberapa opsi yang dapat dipilih. Scroll ke bawah sampai terdapat tulisan “Receive recommendations”. Pada beberapa ponsel Xiaomi, tulisan tersebut berupa “Receive Referrals and Show Ads”.

Kemudian geser toggle sehingga opsi ini dalam keadaan off atau mati. Opsi tersebut memiliki fungsi untuk menampilkan iklan dan rekomendasi mengenai hal-hal yang berkenaan dengan musik sesuai preferensi penggunanya. Kini iklan tersebut tidak akan dikirimkan lagi pada ponsel Anda.

Menonaktifkan Iklan di Video

Bukalah aplikasi video pada ponsel Anda. Klik tombol Profil di bagian bawah paling kanan. Setelah itu akan muncul beberapa menu. Pilih menu Pengaturan. Setelah itu, akan ada beberapa opsi lanjutan. Di antaranya tulisan “Online recommendations”. Klik tulisan tersebut atau toggle di sampingnya untuk menghentikan iklan yang berkaitan dengan preferensi Anda.

5. Menonaktifkan Iklan pada Aplikasi Tema

Setelah musik dan video, tema MIUI 12 juga terkadang menampilkan iklan tertentu. Silakan Anda nonaktifkan dengan mengikuti langkah berikut.

Membuka Aplikasi Tema

Pertama-tama, bukalah aplikasi Tema pada ponsel Xiaomi. Selanjutnya klik tombol Profil yang terletak di bagian bawah, pada ujung kanan. Pada beberapa ponsel, mungkin terdapat tombol “Akun” yang memiliki fungsi serupa.

Memilih Pengaturan

Selanjutnya akan ada beberapa opsi lanjutan. Di antaranya adalah opsi dengan tulisan “Recommendations”. Silakan sentuh opsi tersebut atau geser tombol bundar yang terletak di sebelah kanannya sampai warna latar pada tulisan ini menjadi gelap. Kini tema ponsel sudah bebas dari rekomendasi iklan.

Cara Menonaktifkan Iklan Di Xiaomi Miui 12 Pada Menu Manajemen File

6. Menonaktifkan Iklan pada Menu Manajemen File

Menu terakhir adalah Manajemen File atau File Manager. Disini terkadang Anda juga mendapatkan tampilan beberapa iklan. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk menghentikannya.

Membuka Menu File Manager

Bukalah menu File Manager pada ponsel. Carilah menu Pengaturan yang terdapat di dalamnya kemudian klik. Selanjutnya akan terdapat beberapa menu lanjutan.

Memilih Tombol “About”

Sekarang coba perhatikan tulisan dengan nama “About” atau “Tentang”. Klik tulisan tersebut. Setelah tulisan tersebut disentuh, akan muncul beberapa opsi. Di antaranya opsi dengan tulisan “Recommendations”. Silahkan sentuh tulisan tersebut atau toggle di sebelahnya sampai warna baris tersebut menjadi redup. Kini iklan pada menu Manajemen File telah berhasil dinonaktifkan.

Baca : 2 Cara Mencari Akun Terhapus di Telegram yang Dapat Dicoba

Penutup

Demikianlah beberapa cara menonaktifkan iklan di Xiaomi MIUI 12 yang bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Meskipun enam cara di atas harus dilakukan satu per satu, hal tersebut tetap mudah untuk dilakukan. Silakan sediakan waktu untuk mengatur penonaktifan iklan pada menu dan aplikasi tersebut.