3 Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi di Android dan Manfaatnya

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi – therantnation.com. Memiliki sebuah ponsel sudah menjadi kebutuhan utama dan sudah tidak bisa diabaikan jika tidak berada dalam genggaman setiap orang. Dalam setiap penggunaan ponsel saat ini, pengguna tidak bisa jauh dari namanya aplikasi terutama menikmati setiap fiturnya.

Walau terkadang banyak sekali muncul pemberitahuan mengganggu, sehingga perlu cara mudah menonaktifkan notifikasi aplikasi di Android secara mudah juga tentunya. Biasanya aplikasi paling banyak memunculkan pemberitaan adalah seperti seputar berita, email, game, hingga semacam sosial media.

Tingkat penggunaan dari aplikasi sejenis tersebut memang cukup tinggi, sehingga tidak bisa dipungkiri akan memunculkan banyak pemberitahuan. Keberadaan akan hal tersebut terkadang menjadi sangat mengganggu, sehingga perlu segera diatasi. Walau sebenarnya, dalam melakukan penghilangan notifikasi sendiri tergolong tidak ribet.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Alasan Penting Mematikan Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Sebenarnya masalah utama terkait notifikasi dimana harus dimatikan adalah agar ponsel sendiri kinerjanya tidak lambat. Banyaknya hal ini juga terkadang bisa mengganggu, karena bunyi dari tanda ponsel sendiri cukup keras hingga membuat sangat layar sangat ramai.

Bahkan, untuk beberapa aplikasi dimana jarang digunakan juga bisa menampilkan banyak notifikasi mendadak sehingga ponsel menjadi sangat sibuk. Mengerti pentingnya menonaktifkan notifikasi aplikasi terlebih dahulu sangat penting, supaya pengguna lebih paham mengapa harus dilakukan seperti berikut :

1. Pengguna lebih fokus

Seperti sudah disinggung, biasanya keberadaan notifikasi atau pemberitahuan akan membuat ponsel terus berbunyi atau bordering keras. Ini akan membuat pengguna biasanya menjadi kurang fokus, sehingga pada saat melakukan pekerjaan menjadi tidak sempurna.

Mematikan bagian notifikasi sendiri memang sangat disarankan, agar pengguna bisa jauh lebih tenang dan tidak merasa terganggu saat melakukan suatu kegiatan. Terlebih sedang bermain game yang harus fokus, namun karena ada notif tidak jelas membuat kita tidak fokus dan mengganggu.

2. Mengurangi spam

Pada beberapa kasus dimana menjadi perhatian adalah terlalu banyak dari sebuah notifikasi sehingga membuat menjadi kategori spam. Tentu ini sangat merugikan karena sangat mengganggu, karena bisa mengakibatkan ponsel cepat panas dan baterai cepat terkuras.

Karena memang beberapa aplikasi saat ini sering memberikan banyak informasi dimana jatuhnya menjadi cukup berisik dan mengganggu pengguna saat beraktifitas seperti biasa.

3. Mengurangi rasa penasaran

Seperti sudah diketahui, terkadang banyak pengguna justru akan menjadi semakin penasaran dengan keberadaan informasi dari notifikasi itu sendiri. Kemunculan dari informasi terkadang juga membuat seseorang menjadi cukup penasaran dan membuat menjadi sulit tidur.

Kondisi seperti ini tentu merupakan hal negatif dan harus segera diatasi. Terutama bila notifikasi seputar sosial media, dimana pengguna biasanya cukup aktif disini.

4. Menghindari kecanduan aplikasi

Sisi terakhir dan tidak kalah penting adalah menghindari setiap pengguna dari rasa kecanduan untuk selalu memakai aplikasi dimana muncul notifikasi. Hal ini tentu sangat merugikan bila terus menerus membuka aplikasi dan tidak bisa berhenti karena rasa kecanduan tersebut.

Oleh karenanya, sebagai pengguna agar bijak, sebaiknya memang mematikan notifikasi supaya jauh lebih baik saat memakai ponsel. Itulah beberapa manfaat utama dan terlebih dahulu harus dipahami oleh pengguna supaya bisa lebih bijak saat memakai aplikasi.

Mematikan sebuah bagian dari notifikasi sangat penting juga agar daya baterai ponsel bisa lebih panjang dan tidak merepotkan saat dibutuhkan. Bagian tidak kalah penting tentu sebagai pengguna harus tahu bagaimana metode terbaik dalam mematikan notifikasi tersebut.

Cara Untuk Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Langkah Mudah Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Bila tadi merupakan manfaat mematikan notifikasi aplikasi, maka berikut adalah cara terbaik untuk menonaktifkan notifikasi aplikasi setiap notifikasi di handphone dengan benar sebagai berikut :

1. Matikan dasar notifikasi sosial media

Melihat dari segi rutinnya pengguna secara keseluruhan, maka bagian terpenting adalah mematikan terlebih dahulu bagian aplikasi sosial media. Bukan tanpa alasan, karena akses terbesar pengguna ponsel dengan durasi waktu terbanyak memang dari sosial media bukan aplikasi lain.

Matikan setiap aplikasi sosial media yang ada dari bagian setelan pemberitahuan dimana agar selalu dihilangkan supaya tidak berbunyi lagi.

2. Gunakan mode silent

Bila ingin cepat dan tidak repot, maka memakai bagian mode ponsel yaitu silent juga bisa dilakukan walau tetap akan memunculkan notifikasi. Namun, setidaknya pengguna bisa membantu dari segi menghemat pengeluaran daya baterai ponsel perlahan. Tetapi, agar suatu hal penting tetap tidak terlewat maka harus atur pemberitahuan dengan pengecualian dari telepon atau pesan khusus.

3. Atur pemberitahuan email

Notifikasi tidak kalah penting dan tetap harus diperhatikan salah satunya adalah berasal dari email sebagai saluran informasi. Karena memang beberapa pekerjaan membutuhkan sisi ini untuk memudahkan, ponsel sendiri tentu juga tersambung dengan email tersebut.

Sebagai catatan, bila memang jatuhnya beberapa informasi mengganggu tidak ada salahnya mematikan supaya tidak mengganggu dengan memakai filternya.

Itulah beberapa bagian terpenting dari sebuah notifikasi dimana hampir setiap ponsel pasti akan terhubung dengan banyaknya pemberitahuan aplikasi. Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan setiap pengguna akan berbeda satu dengan lainnya dan tidak bisa jauh dari ponsel.

Pemberitahuan sendiri bisa berasal dari banyaknya aplikasi dimana kadang juga lupa tidak dihapus bila sudah jarang dipakai. Tetap bijak dalam memakai ponsel terutama menonaktifkan notifikasi aplikasi yang sekiranya sangat mengganggu.