Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV – therantnation.com. Saat hari-hari dilanda rasa bosan, banyak yang kebingungan ingin melakukan aktivitas apa untuk mengusir rasa jenuh. Bermain smartphone hingga menonton acara favorit di TV sudah dilakukan, namun tetap saja perasaan jemu tersebut belum hilang.

Namun karena tak puas dengan layar smartphone yang kecil, pernahkah berpikir untuk mengetahui cara untuk bisa menyambungkan HP Xiaomi ke TV? Sebagai salah satu brand smartphone yang banyak digunakan, Xiaomi tak henti-hentinya melakukan inovasi pada produknya.

Perusahaan elektronik asal Tiongkok ini masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2014 lalu, dan sukses diminati para pengguna ponsel mulai dari kelas entry-level hingga flagship. Untuk dapat bisa menyambungkan HP Xiaomi ke TV, pengguna dapat memanfaatkan fitur screen mirroring yang terdapat pada ponsel.

Cara Menyambungkan Hp Xiaomi Ke Tv

Apa itu Screen Mirroring?

Fitur-fitur yang dihadirkan pada smartphone yang dahulu bernama Dami ini terbilang lengkap dan canggih, salah satunya adalah fitur screen mirroring. Screen mirroring merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat menampilkan yang terlihat pada layar smartphone ke layar perangkat lain yang kompatibel seperti TV, tanpa menggunakan tambahan alat seperti kabel.

Sehingga dengan memanfaatkan fitur tersebut, pengguna dapat menghubungkan layar HP Xiaomi ke layar TV. Fitur screen mirroring terdapat di hampir seluruh tipe Xiaomi, seperti Mi A1, 4A, Redmi Note 7, Redmi Note 5, 5 plus, dan masih banyak lagi.

Hampir semua merek TV dapat digunakan untuk screen mirroring ini, mulai dari Sharp, Sony, Toshiba, LG, Sanyo, Samsung, Philips, Panasonic, Changhong, Hisense, Polytron, TCL, dan merek TV lainnya.

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV Mudah Banget

Untuk dapat menyambungkan perangkat Xiaomi ke TV atau screen mirroring, Anda memerlukan perangkat Xiaomi yang support Miracast serta TV berbasis Android dan smart TV. Untuk jenis TV lainnya, Anda dapat menggunakan bantuan alat yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat Xiaomi Anda dengan TV.

1. Tanpa Kabel atau Nirkabel (Smart TV)

Untuk dapat menghubungkan smart TV dengan smartphone Xiaomi Anda, caranya sangat mudah dan tak membutuhkan perangkat tambahan. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

  • Pertama-tama atur TV agar dapat support dengan perangkat ponsel dengan cara masuk ke pengaturan jaringan TV, aktifkan smart mirroring dengan fitur Miracast atau berbagi layar.
  • Setelah itu buka perangkat Xiaomi Anda dan buka menu settings atau pengaturan, lalu klik Lanjutan (More).
  • Selanjutnya pilih “Wireless Display” lalu tunggu hingga nama perangkat TV yang Anda gunakan muncul.
  • Setelah nama perangkat TV muncul, pilih untuk dapat menghubungkan smartphone dengan TV.
  • Tunggu beberapa saat hingga nanti tertera pemberitahuan atau notifikasi pada layar TV, jika perangkat Xiaomi dan TV berhasil terhubung.

2. Menggunakan Bantuan Alat (TV Tabung)

Tak perlu khawatir apabila Anda tak memiliki smart TV dan hanya memiliki TV tabung, karena Anda tetap dapat menyambungkan perangkat Xiaomi ke TV dengan bantuan beberapa alat.

Alat-alat yang harus Anda persiapkan diantaranya 2 buah charger HP, Mini HDMI2AV, Anycast HDMI Dongle, kabel RCA, serta aplikasi Miracast WiFi Display yang dapat diunduh di Google Play Store. Berikut ini langkah-langkahnya!

  • Pertama-tama Anda perlu menyambungkan perangkat Mini HDMI2AV dan Anycast HDMI Dongle.
  • Setelah itu sambungkan kabel RCA ke Mini HDMI2AV serta TV tabung.
  • Jika sudah pilih input TV ke AV.
  • Buka aplikasi Miracast WiFi Display yang telah diunduh pada perangkat Xiaomi Anda, lalu klik “Connect” agar dapat terhubung.
  • Selanjutnya akan muncul Dongle HDMI lalu pilih “Hubungkan”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses penyambungan smartphone dan TV berhasil.

3. Menggunakan USB

Cara yang satu ini tak jauh berbeda dari cara pertama, perbedaannya adalah Anda membutuhkan kabel sebagai konektor ponsel dan TV. Setelah menyiapkan MicroSD to HDMI, ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Pertama-tama sambungkan port USB ke MicroSD to HDMI serta Smart TV
  • Setelah itu pada TV, buka menu input dan ubah ke dalam mode HDMI
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi pada perangkat Xiaomi, pilih opsi HDMI
  • Tunggu beberapa saat hingga tampilan layar TV sama seperti layar ponsel Xiaomi Anda

Tata Cara Menyambungkan Hp Xiaomi Ke Tv Dengan Mudah

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV Dapat Digunakan untuk Apa Saja?

Anda dapat memanfaatkan fitur screen mirroring ini untuk melakukan beragam aktivitas yang biasa Anda lakukan di smartphone, diantaranya:

Untuk Menampilkan Gambar dan Video

Dengan fitur screen mirroring, Anda dapat menampilkan gambar serta video yang tersimpan pada penyimpanan eksternal perangkat Xiaomi Anda. Sehingga Anda dapat menampilkan foto dan video untuk dilihat bersama orang lain.

Untuk Menampilkan Game

Bagi Anda yang sedang bermain game di perangkat Xiaomi, Anda dapat memanfaatkan fitur screen mirroring untuk menghubungkan smartphone ke layar TV agar orang lain juga dapat melihat game yang sedang Anda mainkan.

Untuk Menampilkan Youtube

Anda ingin menonton Youtube di layar TV bersama dengan keluarga? Solusinya adalah menyambungkan layar smartphone ke layar TV dengan menggunakan fitur screen mirroring. Anda pun dapat puas menonton Youtube di layar TV bersama dengan keluarga atau teman, baik untuk media pembelajaran ataupun sekedar sebagai hiburan.

Untuk Menonton Film

Bagi Anda yang hobi menonton film di smartphone, kini Anda bisa puas menonton film di layar TV dengan menggunakan fitur screen mirroring. Streaming film dari berbagai platform pun semakin seru karena dapat ditonton di layar yang lebih luas.

Itulah cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV, sangat mudah bukan? Baik tanpa menggunakan kabel, menggunakan bantuan alat, hingga menggunakan USB dapat dipilih sesuai dengan kondisi TV Anda. HP anda Oppo? Bisa juga lho, silahkan lihat di menyambungkan hp Oppo ke TV ini ya. Semoga membantu!