2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo [mudah banget]

Menyembunyikan aplikasi di HP OPPO – therantnation.com. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari tentu Anda tak dapat lepas dari gadget, terlebih smartphone atau ponsel pintar. Dari hal-hal yang bersifat umum hingga hal-hal yang menyangkut privasi pun ada di dalam perangkat OPPO Anda, seperti aplikasi M-banking, isi pesan, galeri, dan lain sebagainya.

Karena tak ingin hal privasi tersebut diketahui orang lain, Anda berniat untuk menyembunyikan hal tersebut. Bagi para pengguna ponsel OPPO, patut bersenang hati karena OPPO selalu menciptakan inovasi pada smartphone keluarannya. Tak hanya dari segi tampilan dan desain saja, namun juga dari segi kecanggihan dan fitur yang tersemat di dalamnya.

ColorOS merupakan suatu sistem yang terdapat dalam perangkat OPPO, dimana sistem yang satu ini menyuguhkan keamanan, tampilan, dan hal lain yang mengedepankan user experience. Dari segi penyimpanan, Anda dapat menikmati kemudahan menyimpan, memulihkan data, dan lain sebagainya.

Dari segi keamanan, OPPO menawarkan fitur privasi yang memungkinkan penggunanya merasa aman dalam menyimpan file, kontak, hingga aplikasi.

Baca : 3 Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV [cepat + berhasil]

Tips Dan Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Oppo

Tips dan Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Lantas bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di hp OPPO? Simak caranya di bawah ini.

1. Pusat Keamanan OPPO

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan pusat keamanan OPPO. Cara ini sangat mudah karena pusat keamanan merupakan fitur bawaan ponsel sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

  • Pertama-tama masuk ke menu pengaturan
  • Jika sudah pilih “keamanan”
  • Selanjutnya pilih Enkripsi Aplikasi, lalu pilih aplikasi apa saja yang akan Anda sembunyikan dengan mengaktifkan enkripsi pada aplikasi yang dipilih tersebut
  • Setelah itu masukkan kode rahasia lalu masukkan pertanyaan untuk dapat menyelesaikan proses enkripsi
  • Jika sudah selesai enkripsi aplikasi, buka pengaturan
  • Pilih keamanan lalu kunci aplikasi dengan memasukkan kode enkripsi
  • Tekan pada aplikasi terpilih lalu aktifkan “mulai verifikasi kode sandi” dan juga aktifkan fitur “sembunyikan ikon layar utama”
  • Anda akan menerima notifikasi untuk dapat membuat nomor akses yang berguna untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan tadi
  • Dalam pembuatan nomor akses, Anda perlu menggunakan pagar (#) pada awal dan akhir nomor akses, bagian tengahnya berupa kombinasi nomor. Contoh #1234#

Jika sudah berhasil cobalah kembali ke beranda atau layar utama, apakah aplikasi yang dipilih tadi berhasil disembunyikan. Untuk dapat mengakses aplikasi, masuk ke papan panggilan telepon lalu ketikan kode akses tadi.

Baca : 2 Cara Mengganti Email Facebook Lewat HP [Ubah/Hapus Email]

2. Private Protection

Selain melalui pusat keamanan OPPO, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi di hp OPPO dengan melalui fitur yang satu ini.

  1. Pertama-tama buka Security Centre atau Pusat Keamanan
  2. Jika sudah pilih Privacy Permission, lalu Privacy Protection
  3. Anda diminta untuk mengisi kata sandi, isikan kata sandi sesuai keinginan
  4. Jika sudah berhasil nantinya akan muncul menu Privacy Protection, pilih Private Application
  5. Selanjutnya hanya perlu memilih aplikasi apa saja yang akan disembunyikan
  6. Jika sudah memilih, aktifkan menu Advance Hiding
  7. Nantinya akan muncul notifikasi perizinan, klik OK

Bagaimana Cara Menonaktifkannya

Lalu Bagaimana Cara Menonaktifkannya?

Jika Anda sudah berhasil mengaktifkan mode sembunyikan aplikasi di atas, suatu saat pasti Anda merasa ingin menonaktifkan fitur tersebut. Begini cara mudah menonaktifkannya!

Jika menggunakan cara pertama yaitu pusat keamanan OPPO, hanya perlu menonaktifkan fitur sembunyikan ikon layar utama yang sebelumnya diaktifkan.

Jika menggunakan cara kedua yaitu private protection, maka perlu membuka pusat keamanan lalu pilih Privacy Permission. Jika sudah ketuk empat kali pada layar yang terdapat ikon kunci. Selanjutnya buka kembali akses aplikasi melalui menu Private Application.

Baca : 1 Mb Berapa Kb Pada Kuota Internet / Ukuran File? [penjelasan lengkap]

Pentingnya Melindungi Privasi Atau Data Pribadi

Pentingnya Melindungi Privasi atau Data Pribadi

Rupanya melindungi privasi atau data pribadi merupakan hal penting, terlebih di era modern dengan kecanggihan teknologi yang semakin pesat ini.

Privasi atau data pribadi yang ada di smartphone Anda sangat penting untuk dilindungi, guna mencegah terjadinya penyalahgunaan data pribadi Anda oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu dengan menjaga data pribadi dapat meminimalisir potensi penipuan jika kebetulan ponsel Anda hilang atau terjatuh. Yang tak kalah penting adalah untuk menghindari pencemaran nama baik yang bisa terjadi kapan saja.

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di hp OPPO. Mudah tanpa aplikasi tambahan, bukan?

Tags: