Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung – therantnation.com. Untuk keperluan tertentu terkadang kita harus menyembunyikan aplikasi di HP Samsung kita. Hal ini karena aplikasi tersebut mengandung data dan informasi penting, seperti data keuangan, data perusahaan, dan sebagainya. Untuk itulah kita perlu mengetahui cara untuk menyembunyikan aplikasi di semua HP Samsung agar data dan informasi di dalamnya menjadi aman.

Dalam hal ini, paling tidak terdapat tiga cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Samsung kita. Cara pertama, kita melakukannya tanpa menggunakan aplikasi. Kemudian cara yang kedua dengan mendownload aplikasi yang disediakan oleh Samsung sendiri. Untuk cara ketiga, kita menggunakan aplikasi yang disediakan oleh developer atau pihak ketiga.

Step Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Samsung Secara Manual

6 Step Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Secara Manual

Terdapat beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dalam HP Samsung kita secara manual. Secara lengkap, prosesnya adalah sebagai berikut.

1. Membuka Menu Apps di HP Samsung

Pertama, kita buka menu Apps pada HP Samsung kita. Caranya dengan mencari dan mengklik ikon atau gambar dengan nama Apps yang ada di layar beranda.

2. Memilih Ikon Tiga Titik Vertikal

Selanjutnya kita akan melihat ikon tiga titik vertikal di bagian kanan, yakni di sebelah pojok atas. Setelah ikon ini diklik akan muncul menu pop-up.

3. Memilih Menu Settings

Setelah itu, kita pilih menu Settings yang terdapat dalam pop-up. Dengan mengklik menu ini, akan muncul halaman baru yang berisi menu Home Screen Settings.

4. Memilih Hide Apps

Setelah masuk ke dalam menu Home Screen Settings, kita pilih atau sentuh fitur Hide apps. Di dalamnya akan disajikan daftar aplikasi yang terdapat pada menu Apps.

5. Memilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Setelah semua aplikasi yang terdapat dalam menu Apps telah keluar, selanjutnya kita bisa memilih apa saja aplikasi yang ingin disembunyikan. Kita bisa memberikan centang biru di samping kiri aplikasi tersebut. Pada langkah ini, kita juga dapat memilih untuk menyembunyikan beberapa aplikasi sekaligus.

6. Menyentuh Tombol Apply

Letak tombol ini berada di bagian pojok sebelah kanan pada atas layar. Dengan menekan tombol Apply, semua aplikasi yang telah dipilih sebelumnya akan disembunyikan, yakni hilang dari menu Apps. Aplikasi-aplikasi yang tersembunyi tersebut tidak akan dihapus. Kita masih tetap dapat menggunakan dan menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut kapan saja.

Baca : 15 Kode Rahasia Xiaomi dan Fungsinya Semua Tipe Lengkap

7 Step Menyembunyikan Aplikasi Dengan Secure Folder

7 Step Menyembunyikan Aplikasi dengan Secure Folder

Selain dapat dilakukan dengan cara manual seperti langkah-langkah yang diberikan di atas, menyembunyikan aplikasi di HP Samsung juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bawaan. Aplikasi tersebut adalah Secure Folder yang dikembangkan oleh Samsung sendiri. Aplikasi ini juga terbilang hemat ruang karena hanya memiliki ukuran sekitar 8,6 MB.

Hanya saja ada hal yang cukup disayangkan. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada HP Samsung yang sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat, yakni Android 7.0, dan versi-versi sistem Android sesudahnya. Meskipun terdapat beberapa aplikasi lain dengan fungsi yang sama, penggunaan Secure Folder tetap lebih disarankan.

Pasalnya karena dikembangkan oleh induk perusahaannya, aplikasi ini akan menjadi lebih aman dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis yang lainnya. Di samping itu, dengan menggunakan Secure Folder, kita juga dapat menyembunyikan file-file yang sifatnya sensitif sehingga keamanannya lebih terjaga.

Selain itu, terdapat fitur dalam aplikasi ini yang tak kalah menariknya. Fitur tersebut adalah kemampuan untuk melakukan duplikasi atas aplikasi tertentu. Dengan fitur ini, orang-orang yang memiliki kebutuhan akan akun ganda, seperti akun WhatsApp atau akun media sosial lain misalnya, dapat menggunakan satu akun untuk pribadi dan satunya lagi untuk bisnis.

Nah sekarang bagaimana langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini di HP Samsung kita? Sebelumnya kita download terlebih dahulu aplikasi tersebut di Play Store. Kemudian cara selanjutnya adalah sebagai berikut.

1. Membuka Menu Setting

Pertama-tama, Anda harus masuk atau membuka menu Setting terlebih dahulu. Setelah itu pilihlah menu dengan nama Lock Screen & Security.

2. Memilih Menu Secure Folder

Pada langkah selanjutnya, Anda tinggal memilih menu Secure Folder. Kemudian setelah menu ini terbuka, Anda bisa menyentuh tombol Next yang tersedia.

3. Menekan Tombol Start

Setelah Anda menekan tombol Next, selanjutnya akan muncul tombol Start. Anda bisa langsung menekan tombol ini.

4. Mengisi Akun Samsung

Setelah itu akan ada perintah untuk mengisikan akun Samsung kita. Dalam hal ini, apabila sebelumnya Anda sudah pernah melakukan pendaftaran untuk akun Samsung Anda, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menekan tombol Confirm.

5. Memilih Metode Keamanan

Setelah melakukan konfirmasi, kita akan diminta untuk mengisi metode keamanan yang akan digunakan ketika membuka folder. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan, seperti pola, pemakaian PIN, penggunaan password, fingerprints, atau iris scanner.

6. Membuka Secure Folder

Setelah kita melakukan pengaturan keamanan untuk membuka aplikasi Secure Folder, selanjutnya aplikasi tersebut kita buka pada menu aplikasi atau App Drawer.

7. Memilih Aplikasi yang akan Disembunyikan

Pada aplikasi ini, kita tinggal menekan tombol Add Apps untuk memilih aplikasi mana saja yang akan kita sembunyikan. Pada langkah ini, kita juga bisa memilih untuk menyembunyikan beberapa aplikasi sekaligus.

Dalam hal ini, apabila kita ingin membuka atau menggunakan aplikasi yang disembunyikan tadi, caranya cukup mudah. Masuk ke aplikasi Secure Folder. Kemudian masukkan kunci keamanan yang telah kita pilih di awal.

Baca : 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa dan Pakai Aplikasi

Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Samsung Dengan Aplikasi Dari Pihak Ketiga

Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung dengan Aplikasi dari Pihak Ketiga

Aplikasi Secure Folder sebagai pengembangan dari Samsung hanya mendukung sistem Android 7.0 ke atas. Lalu bagaimana dengan sistem Android yang lebih awal? Dalam hal ini, kita masih bisa menyembunyikan aplikasi pada HP Samsung kita dengan menggunakan aplikasi tertentu yang disediakan oleh pihak ketiga.

Kabar baiknya saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi sejenis yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan yang dapat kita unduh secara bebas di Google Play Store. Dalam hal ini, salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah PrivacySafe. Sebagaimana Secure Folder, aplikasi ini juga dapat menyembunyikan aplikasi-aplikasi tertentu pada ponsel Samsung kita.

Hanya saja, berbeda dari aplikasi bawaan Samsung tersebut, PrivacySafe akan terlebih dahulu melakukan kloning atau duplikasi atas aplikasi-aplikasi yang akan kita sembunyikan. Setelah itu, aplikasi ini akan mengunci aplikasi-aplikasi tersebut ke dalam bentuk aplikasi kalkulator.

Sebenarnya di samping PrivacySafe masih terdapat beberapa jenis aplikasi lain dengan fungsi serupa. Namun dengan alasan kemudahan, PrivacySafe dapat Anda jadikan pilihan untuk menyembunyikan aplikasi atau file-file tertentu yang terdapat dalam ponsel Samsung Anda.

Demikianlah tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Samsung. Dalam hal ini, apakah ingin menggunakan cara manual atau menggunakan aplikasi tertentu, semuanya tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.