Cara Report Akun TikTok yang Membuat Konten Tidak Pantas

Cara Report Akun TikTok – therantnation.com. Tiktok saat ini sedang mendapatkan popularitas luar biasa. Hampir semua kalangan usia memiliki aplikasi tersebut. Hal tersebut tentunya membuat konten diunggah ke platform Tiktok jumlahnya banyak sekali.

Namun, tidak semua orang tersebut patuh terhadap aturan dalam membuat konten. Oleh karena itulah, pihak Tiktok juga memberikan cara report akun Tiktok orang lain. Hal dilakukan oleh pihak Tiktok tersebut bertujuan agar konten yang diunggah di platform mereka dapat lebih terkontrol sehingga nyaman digunakan oleh para penggunanya.

Untuk memudahkan pengguna untuk membuat keputusan terkait report akun tersebut, Tiktok juga mengeluarkan kategori-kategori seperti apa yang layak dan pantas untuk dilaporkan.

Cara Report Akun Tiktok Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Report Akun TikTok dengan Mudah dan Cepat

Sebagai seorang warga negara Indonesia yang baik, tidak boleh diam saja pada saat terjadi hal tidak pantas di sekitar Anda, termasuk juga di TikTok. Hal tersebut karena mungkin saja suatu konten tersebut biasa saja bagi Anda, namun bisa saja konten tersebut dapat memberikan pengaruh buruk kepada orang lain atau bahkan pada anak masih di bawah umur.

Untuk itulah, wajib untuk segera melakukan gerakan dan tindakan dengan cara melaporkan akun TikTok yang mengandung hal-hal negatif dan dilarang oleh pihak TikTok. Dengan melakukan pelaporan tersebut, pemilik akun dapat diberikan teguran sampai dengan sanksi berat berupa penutupan akun. Untuk melakukan report akun TikTok, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu Aplikasi TikTok milik Anda.
  2. Kemudian, buka profil akun yang membuat konten terlarang.
  3. Jika sudah, pilih icon titik tiga di kanan atas pojok profil dari si pembuat konten.
  4. Kemudian, pilih ikon berbentuk bendera untuk membuat laporan.
  5. Setelah itu, pilih saja postingan atau konten melanggar kebijakan TikTok. Pelaporan bisa dilakukan terhadap akun ataupun konten.
  6. Kemudian, pilih alasan apa yang membuat melaporkan akun atau konten tersebut.
  7. Jika sudah, dapat baca kebijakan TikTok dan kemudian pilih atau tap “Kirim”.
  8. Laporan telah berhasil dikirimkan. Selanjutnya hanya tinggal menunggu tindak lanjut dilakukan oleh pihak TikTok. Apabila pelaporan masuk akal dan sesuai dengan aturan dari pihak TikTok, pasti akun tersebut langsung mendapatkan teguran serta juga sanksi.

Hal yang penting dan harus diperhatikan adalah dalam membuat laporan pastikan dengan benar bahwa konten dibuat memang melanggar ketentuan dari pihak TikTok. Jangan membuat laporan pada akun atau konten hanya karena kalian tidak suka dengan si konten creator.

Pengguna Wajib Pandai Mengelola Akun TikTok

Seperti yang telah disebutkan tadi, video diunggah di TikTok jumlahnya sangat banyak setiap hari. Tentu hal tersebut akan membuat TikTok membutuhkan waktu untuk melakukan filter terhadap semua konten tersebut. Namun, dengan adanya fitur report akun , dapat melakukan tindakan juga terhadap konten yang dianggap kurang pantas.

Berdasarkan hal itulah dan semua pengguna TikTok harus lebih pandai lagi dalam mengelola akun masing-masing. Apabila menemukan konten atau postingan dirasa meresahkan serta melanggar rule yang sudah ditetapkan oleh pihak TikTok, jangan ragu untuk segera melakukan laporan. Dengan begitu, konten tersebar di TikTok dapat lebih dikontrol sehingga ramah untuk pengguna.

Kategori Konten Tidak Pantas

Telah disebutkan sebelumnya bahwa pihak TikTok telah memberikan panduan berupa kategori konten dianggap kurang pantas dan layak untuk dilaporkan. Lalu, apa sajakah kategori-kategori yang dimaksud? Berikut adalah daftar-daftar dari jenis konten dilarang serta dianggap kurang pantas untuk pihak TikTok.

  1. Tentang individu dan organisasi berbahaya seperti gerakan separatis, grup kebencian, serta juga kriminal.
  2. Menunjukkan aktivitas ilegal seperti promosi terhadap aktivitas kriminal, penjualan barang terlarang, penipuan, dan juga tindakan scam.
  3. Berisi hal tentang kekerasan dan sesuatu mengerikan.
  4. Adanya tindak kejahatan kepada hewan.
  5. Berisi ujaran kebencian.
  6. Berisi tentang aksi ekstrem dan berbahaya, melukai diri sendiri, serta juga bunuh diri.
  7. Mengandung adegan pelecehan baik kepada diri Anda, selebritis, keluarga, dan lain sebagainya.
  8. Mengandung unsur-unsur pornografi ataupun memperlihatkan anggota tubuh vital.
  9. Anak masih di bawah umur, seperti penyiksaan, kenakalan anak, dan lainnya yang tidak pantas untuk anak di bawah umur.
  10. Berisi tentang pelanggaran HAKI atau hak atas kekayaan intelektual, seperti pelanggaran merek produk dan pelanggaran hak cipta lagu.

Apabila Anda menemukan postingan dan konten dengan kriteria seperti di atas, maka jangan ragu untuk langsung membuat laporan terhadap akun tersebut. Selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana membuat konten positif agar tidak di melaporkan akun TikTok kita.

Cara Report Akun Tiktok Yang Membuat Konten Tidak Pantas

Buatlah Konten TikTok yang Bermanfaat dan Positif

Setelah mengetahui kategori konten negatif dan cara untuk melaporkan akun atau yang tidak pantas, kita semua harus lebih bijak dan berhati-hati dalam membuat konten TikTok. Lebih baik, Anda membuat konten yang memiliki manfaat positif bagi orang lain. Konten-konten seperti tutorial, edukasi, resep masakan, dan lain sebagainya dapat dijadikan pilihan.

Selain konten positif seperti itu, Anda juga dapat membuat konten berisi hiburan, aktivitas harian, dance, ataupun konten berisi tentang motivasi. Dengan begitu, isi konten di TikTok dapat menjadi lebih terkontrol dan aman digunakan oleh para pengguna yang mungkin masih di bawah umur. Hal terpenting, patuhi aturan sudah ditetapkan oleh TikTok serta hindari membuat konten negatif.

Baca : Cara Mengaktifkan Control Center MIUI 12 di HP Xiaomi dengan Mudah

Penutup

Bagaimana? Mudah sekali bukan untuk membuat laporan terhadap akun atau konten TikTok yang tidak pantas? Setelah mengetahui cara report akun TikTok di atas, diharapkan Anda dapat melakukan tindakan lebih terhadap konten yang dianggap negatif. Dengan begitu, halaman FYP TikTok dapat menjadi lebih sehat dan baik lagi untuk Anda serta pengguna TikTok lainnya.