Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik (100% Berhasil)

Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik – therantnation.com. Sejak kemunculannya tiga tahun lalu, Realme berhasil menjelma menjadi brand smartphone yang banyak diburu para pecinta gadget tanah air. Realme sendiri merupakan produsen ponsel pintar asal Tiongkok, yang terus giat melakukan ekspansi pasar di seluruh dunia. Lalu bagaimana cara reset HP Realme ke pengaturan pabrik?

HP Realme terus menghadirkan inovasi yang disematkan dalam produk buatannya, mulai dari produk ponsel pintar hingga produk AIoT atau Artificial Internet of Things. Meskipun terbilang baru dalam pasar smartphone global, namun merek yang awalnya merupakan sub-brand Oppo ini terbilang agresif dalam hal peluncuran produk.

Apabila berbicara mengenai masa pemakaian, tentu terdapat beberapa kondisi dimana perangkat ponsel Realme mengalami error atau lag secara tiba-tiba. Mungkin saja karena umur pakai ponsel yang terlalu lama, ataupun karena masalah-masalah lainnya. Salah satu fitur yang disematkan pada ponsel untuk mengatasi masalah tersebut adalah fitur factory reset.

Apa Itu Factory Reset Atau Mengembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Apa Itu Factory Reset / Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik?

Factory reset merupakan proses pengembalian ponsel ke pengaturan semula atau pengaturan pabrik, sehingga kondisi ponsel sama seperti ketika Anda mengeluarkan dari box saat pertama kali membeli.

Sehingga seluruh file maupun data lain yang tersimpan pada smartphone Anda mulai dari foto, video, dokumen, lagu, aplikasi, dan file lainnya akan terhapus. Seluruh pengaturan smartphone yang sebelumnya telah di-setting oleh pengguna pun akan berubah dan kembali seperti ketika pertama kali membeli.

Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Sebelum Anda melakukan factory reset, ada baiknya melakukan back-up atau mencadangkan data dan file yang ada di smartphone Realme Anda. Pasalnya, proses factory reset ini akan menghilangkan seluruh data dan file yang ada di ponsel secara permanen. Berikut ini langkah reset HP Realme ke pengaturan pabrik!

Pertama-tama pastikan smartphone Realme Anda dalam keadaan hidup, masih dapat diakses, dan tidak terkunci. Setelah itu, masuk ke menu pengaturan atau settings pada ponsel melalui panel notifikasi ataupun melalui menu pada layar home.

Selanjutnya pada menu pengaturan, scroll dan cari opsi menu “additional settings” yang umumnya terletak di bagian bawah. Setelah berhasil masuk ke menu additional settings, cari menu “backup and reset“. Nantinya pada bagian bawah Anda akan menemukan menu “factory data reset“, klik pada menu tersebut.

Langkah selanjutnya pilih opsi menu “erase all app and deletable apps“, lalu klik “erase data“. Tunggu beberapa saat hingga proses reset smartphone Realme Anda berhasil. Untuk lamanya waktu factory reset, umumnya bergantung pada banyaknya file yang ada pada ponsel tersebut.

Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik (Hard Reset)

Selain factory reset, Anda juga dapat melakukan hard reset pada smartphone Realme apabila Anda tidak dapat mengakses ponsel. Misalnya smartphone dalam kondisi mati total, bootloop, hardbrick, atau lupa password.

Berikut ini cara me-reset HP Realme yang menggunakan sistem operasi ColorOS contohnya Realme 5 Pro, Realme C2, Realme 6 Pro, dan lain-lain.

Tak seperti langkah pada factory reset yang mengharuskan perangkat ponsel dalam kondisi hidup, hard reset mengharuskan smartphone berada pada kondisi mati. Sehingga terlebih dahulu Anda perlu menonaktifkan smartphone sebelum memulai proses ini.

Setelah ponsel dipastikan mati tekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan, tunggu beberapa saat hingga Anda dapat mengakses menu recovery. Langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih bahasa, pilih opsi bahasa Inggris. Setelah itu klik “wipe data” pada opsi menu selanjutnya.

Jika sudah, klik pada opsi “wipe data (keep SMS, contact, and photos)”. Nantinya akan muncul pop-up box yang meminta konfirmasi untuk melakukan hard reset, klik “OK“.

Tunggu beberapa saat hingga proses hard reset berhasil. Setelah berhasil, akan tertera informasi “wipe all application data success” pada layar smartphone Realme Anda. Langkah terakhir, Anda perlu melakukan reboot untuk memulai kembali pengaturan smartphone.

Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Pabrik (Hard Reset UI)

Hard reset smartphone Realme UI berbeda dari Realme ColorOS, karena metode hard reset bergantung dari sistem operasi yang digunakan. Contohnya smartphone Realme 7 Pro yang menyematkan sistem operasi Realme UI teranyar.

Berikut cara reset HP Realme ke pengaturan pabrik yang memiliki sistem operasi Realme UI, caranya pun tak jauh berbeda dengan hard reset smartphone Realme ColorOS.

Pertama-tama pastikan smartphone berada dalam kondisi mati, sehingga Anda perlu menonaktifkan ponsel terlebih dahulu sebelum memulai proses hard reset. Setelah itu tekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan, tahan beberapa saat hingga logo Realme muncul pada layar.

Selanjutnya Anda diminta untuk memilih bahasa, pilih bahasa Inggris. Jika sudah, pilih opsi menu “wipe data and cache“. Nantinya akan muncul pop-up box yang meminta Anda untuk mengkonfirmasi proses hard reset, klik “yes” untuk menyetujui.

Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses hard reset berhasil. Jika proses telah selesai, lakukan reboot untuk memulai kembali pengaturan smartphone.

Cara Reset Hp Realme Ke Pengaturan Pabrik

Persiapan Sebelum Melakukan Factory Reset / Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik

Karena factory reset dapat menghilangkan pengaturan, file, serta data yang ada pada smartphone Anda, untuk itu lakukan beberapa persiapan di bawah ini sebelum memutuskan untuk me-reset ponsel kembali ke pengaturan pabrik.

Melakukan Back-up Kontak dan SMS

Salah satu hal penting yang wajib Anda lakukan sebelum memutuskan untuk me-reset ponsel adalah melakukan back-up kontak telepon. Anda dapat memindah kontak yang ada pada penyimpanan telepon ke penyimpanan SIM card, sehingga nantinya tidak hilang ketika proses factory reset selesai dilakukan.

Melakukan Back-up Chat WhatsApp

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan instan populer yang banyak digunakan. Apabila Anda menggunakan WA, tak lupa untuk melakukan back-up data agar riwayat pesan tidak akan hilang.

Melakukan Back-up File Penting

Selain kontak dan chat, Anda juga perlu melakukan pencadangan file seperti lagu, video, foto, dokumen, ataupun file penting lainnya. Anda dapat memindahkan data tersebut ke laptop ataupun komputer, atau dapat Anda simpan di dalam flashdisk atau hardisk terlebih dahulu.

Selain memindahkan ke perangkat lain, Anda juga dapat melakukan back-up melalui Cloud Storage Online mulai dari Dropbox, Mediafire, Google Drive, dan masih banyak lagi.

Melakukan Back-up Aplikasi

Meskipun aplikasi yang hilang karena proses factory reset nantinya masih dapat diunduh di Google Play Store, namun apabila jumlah aplikasi Anda cukup banyak maka akan sangat merepotkan jika harus mengunduh kembali aplikasi satu persatu.

Karena itu, Anda dapat melakukan back-up aplikasi dengan memanfaatkan aplikasi Titanium Back-up. Namun sebelum menggunakan aplikasi ini, smartphone Anda harus sudah berada pada kondisi root.

Demikianlah cara reset HP Realme ke pengaturan pabrik, bagi Anda yang ingin me-reset perangkat ponsel karena alasan tertentu. Untuk berjaga-jaga agar file dan data yang ada di SD Card smartphone Realme Anda tidak hilang, sebelum melakukan factory reset Anda dapat melepas SD Card terlebih dahulu. Semoga informasi diatas bermanfaat!