3 Cara Reset HP Samsung ke Pengaturan Pabrik Semua Seri

Reset HP Samsung memang terkadang kita butuhkan pada saat tertentu. Entah itu karena HP yang sedang kita gunakan lemot ataupun hang dan ingin kita jual HP tersebut.

Meskipun begitu, perangkat smartphone Samsung pasti pernah mengalami beberapa masalah ketika digunakan. Mulai dari ponsel lemot, error, freezing, dan masalah lainnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan reset HP Samsung atau bahasa Indonesianya mengatur ulang keposisi awal. Apa itu factory reset?

Cara Reset Hp Samsung Ke Pengaturan Pabrik Semua Seri

Pengertian Factory Reset

Factory reset atau reset pabrik merupakan suatu proses dimana ponsel akan kembali seperti pengaturan pabrik. Sehingga kondisi ponsel sama persis ketika Anda membeli ponsel yang baru dikeluarkan dari box.

Pengaturan ponsel serta seluruh data dan file yang tersimpan termasuk lagu, foto, video, dokumen, aplikasi, akun, dan file lainnya akan hilang.

Reset pabrik dapat dilakukan apabila Anda ingin memberikan ponsel tersebut ke orang lain, ingin menjual kembali ponsel tersebut, atau ketika terjadi permasalahan pada ponsel yang berkaitan dengan sistem operasi atau software.

3 Cara Reset HP Samsung ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan reset HP Samsung dengan mudah dan cepat. Silahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam menggunakannya.

1. Reset Melalui Menu Settings

Reset Melalui Menu Settings

Cara di bawah ini dapat dilakukan bagi pengguna ponsel Samsung dengan sistem operasi Oreo atau diatasnya. Caranya pun sangat mudah, hanya dengan mengakses menu pengaturan untuk dapat melakukan reset pabrik.

Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Pertama siapkan smartphone Samsung Anda, lalu buka menu settings atau pengaturan.
  • Selanjutnya pada layar settings, scroll hingga Anda menemukan opsi menu general management atau manajemen umum lalu klik menu tersebut.
  • Setelah itu pada layar general management, klik pada menu reset atau atur ulang.
  • Selanjutnya klik pada opsi factory data reset atau reset data pabrik.
  • Langkah selanjutnya klik pada opsi reset device atau atur ulang perangkat.
  • Tunggu beberapa saat hingga smartphone masuk ke mode Android Recovery.
  • Gunakan tombol volume down untuk memilih opsi factory reset atau wipe data, lalu klik pada tombol power untuk memilih.
  • Pada pop-up box peringatan, klik “ya” untuk melanjutkan.
  • Tunggu kembali beberapa saat hingga ponsel masuk ke mode Android Recovery.
  • Nantinya pada layar akan tertera opsi reboot system now, pilih dengan menggunakan tombol power.

Apabila cara diatas digunakan untuk smartphone Samsung yang menjalankan sistem operasi Oreo keatas, cara berikut ini digunakan untuk ponsel Samsung yang menggunakan sistem operasi Marshmallow dan versi sebelumnya.

  • Pertama-tama masuk ke menu settings atau pengaturan.
  • Setelah itu pada layar settings, klik pada back up and reset atau cadangkan dan atur ulang.
  • Pada opsi menu back up and reset, klik pada factory data reset atau atur ulang data pabrik.
  • Selanjutnya klik pada reset device atau reset data pabrik, lalu pilih opsi delete all atau hapus semua.
  • Setelah ponsel berhasil diatur ulang, pengguna akan melihat layar welcome serta dapat mengatur kembali perangkat seperti sedia kala.

2. Reset Melalui Recovery Mode

Reset Melalui Recovery Mode

Selain menggunakan menu settings, Anda juga dapat me-reset pabrik smartphone Samsung Anda dengan menggunakan mode recovery.

Namun cara reset HP Samsung yang satu ini digunakan apabila ponsel tidak dapat mengakses menu dial atau menu pengaturan, sehingga cara ini umumnya digunakan bagi perangkat smartphone yang error atau blank.

Sebelum mencoba cara yang satu ini, pastikan kondisi baterai ponsel Anda berada di atas 75%. Setelah itu nonaktifkan ponsel sebelum memulai proses reset.

Setelah ponsel dipastikan mati, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menahan tombol home serta tombol volume down secara bersamaan.

Namun bagi smartphone Samsung yang tidak dibekali tombol home, Anda dapat menekan tombol power serta tombol volume up secara bersamaan.

Tahan beberapa saat hingga ponsel masuk ke recovery mode. Setelah berhasil masuk, gunakan tombol power untuk memilih menu dan tombol volume untuk berpindah menu.

Setelah itu pilih menu wide data / factory reset, lalu tekan tombol power. Selanjutnya akan tertera tulisan yes – delete all data, pilih perintah tersebut dengan menekan tombol power.

Tunggu beberapa saat hingga proses reset berhasil. Apabila proses telah selesai, Anda hanya perlu memilih opsi menu reboot system now guna me-reset smartphone Samsung Anda agar kembali seperti sedia kala.

3. Reset Melalui Kode Reset

Reset Melalui Kode Reset

Tahukah jika pada perangkat Samsung tersimpan kode-kode khusus yang memiliki banyak fungsi?

Kode rahasia tersebut memiliki fungsi masing-masing, mulai dari melihat nomor IMEI, mengetahui spesifikasi ponsel, mengecek kondisi HP, hingga melakukan factory reset ponsel.

Kode khusus Samsung untuk factory reset adalah *#*#7780#*#*, sedangkan kode khusus untuk hard reset adalah *2767*3855#.

Apabila kedua kode tersebut tidak dapat berfungsi pada tipe smartphone Samsung Anda, gunakan kode berikut *2767*2878#.

Untuk menggunakan kode reset tersebut, terlebih dahulu pastikan baterai ponsel Anda tidak kurang dari 40%. Setelah itu buka menu dial dari menu utama, lalu masukkan salah satu kode reset yang telah disebutkan di atas.

Setelah Anda selesai mengetik kode khusus tersebut, umumnya ponsel akan langsung memberikan respon. Apabila tidak ada respon, klik tombol panggil atau dial. Setelah itu tunggu hingga proses reset ponsel berhasil.

Apabila berhasil ter-reset, maka smartphone akan me-restart secara otomatis.

Back-up Data Sebelum Melakukan Factory Reset!

Sebelum memutuskan untuk melakukan reset pabrik, terlebih dahulu Anda perlu melakukan pencadangan data dan file penting yang ada di smartphone Samsung Anda.

Mulai dari backup kontak, SMS, riwayat chat WhatsApp, memindahkan foto, video, dokumen, serta file penting lain ke perangkat lain atau ke memori eksternal, hingga meng-export aplikasi menjadi file berformat apk agar tidak perlu mengunduh ulang.

Apakah Setelah Melakukan Reset HP Samsung Data Benar-Benar Hilang?

Apakah Setelah Melakukan Factory Reset Data Benar Benar Hilang

Mungkin tak sedikit dari Anda bertanya-tanya apakah setelah melakukan reset pabrik, data serta file benar-benar hilang dan tidak dapat dikembalikan seperti semula.

Jawabannya ada kemungkinan setelah melakukan factory reset data dan file pada ponsel tersebut masih dapat dikembalikan. Layaknya tulisan dengan pena yang ditimbun dengan tip-x dan dapat dikembalikan kembali, data digital pun tak jauh berbeda.

Sehingga agar lebih yakin, ada baiknya sebelum melakukan factory reset data di enkripsi terlebih dahulu. Fitur enkripsi tersebut umumnya terdapat pada menu settings, security, lalu encrypt data.

Namun tak sedikit smartphone keluaran baru telah melakukan enkripsi data secara otomatis, sehingga pengguna tak perlu merasa khawatir. Namun agar data lebih sulit untuk di-recovery, Anda dapat melakukan beberapa cara.

  1. Cara pertama adalah mengisi smartphone dengan data dummy atau data palsu setelah enkripsi data dan factory reset. Misalnya isi smartphone dengan gambar umum, video umum, atau film hingga memori internal hampir penuh. Setelah itu enkripsi kembali dan factory reset kembali.
  2. Cara kedua, Anda dapat menggunakan aplikasi shredder untuk menghancurkan data secara permanen yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Setelah mengunduh aplikasi, hapus data pribadi Anda kemudian lakukan factory reset.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan reset pabrik pada ponsel kesayangan anda semua.

Tentunya sebelum memilih cara reset HP Samsung ke pengaturan pabrik sudah membaca tips-tips diatas dengan cermat. Soalnya ini hal yang sangat penting dan wajib untuk kita ketahui bersama.