Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik – therantnation.com. Bagi Anda pengguna smartphone Xiaomi, tak jarang menemukan permasalahan seperti HP tiba-tiba error, freezing, atau masalah lainnya. Hal tersebut terkadang membuat penggunanya merasa kesal, sehingga mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan factory reset ponsel, namun bagaimana cara reset HP Xiaomi ke pengaturan pabrik itu? Xiaomi sendiri menjadi salah satu brand smartphone yang difavoritkan banyak orang, dengan jumlah pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Vendor smartphone asal negeri tirai bambu ini hadir dengan menawarkan ponsel harga miring, namun dibekali dengan fitur dan spesifikasi canggih.

Bahkan di pasar Indonesia, Xiaomi berhasil masuk ke jajaran tiga besar smartphone populer. Tak heran karena selain harganya yang terbilang murah, Xiaomi juga mengusung desain ponsel yang elegan dan unik hasil besutan perusahaan inovatif. Bagi Anda pengguna smartphone Xiaomi yang ingin melakukan factory reset, berikut ini cara reset HP Xiaomi ke pengaturan pabrik yang mudah dan aman dilakukan!

Cara Reset Hp Xiaomi Ke Pengaturan Pabrik

Persiapan Sebelum Melakukan Factory Reset

Factory reset merupakan proses me-reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik, sehingga setelah proses ini berhasil maka smartphone akan kembali seperti ketika pertama kali mengeluarkan dari box.

Factory reset memiliki beragam fungsi, mulai dari membersihkan file cache atau sampah yang menumpuk di HP, menghapus data-data privat, menghapus virus serta malware, hingga mengatasi smartphone error.

Namun sebelum melakukan reset pabrik, terlebih dahulu Anda perlu melakukan beberapa persiapan penting. Pasalnya, factory reset dapat menghilangkan seluruh file dan data yang ada di smartphone Anda. Sehingga sebelum melakukan proses ini, pastikan:

  1. Melakukan pencadangan file penting seperti kontak, foto, video, dokumen, maupun file penting lainnya. Anda dapat memindah seluruh file di perangkat lain ataupun menyimpannya di cloud storage online seperti Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.
  2. Mem-backup riwayat chat dari aplikasi perpesanan yang ada di smartphone Anda.
  3. Melakukan pencadangan aplikasi yang ada di ponsel Anda, sehingga nantinya Anda tak perlu mengunduh kembali aplikasi-aplikasi tersebut.

3 Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik untuk Semua Tipe yang Mudah

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mengetahui tentang cara reset HP Xiaomi ke pengaturan pabrik, maka berikut ini adalah beberapa opsi yang bisa Anda mau. Lakukan sesuai keinginan Anda mau yang mana, sebab setiap orang memiliki pilihan yang berbeda-beda.

1. Cara Reset Pabrik HP Xiaomi Melalui Menu Settings

Cara pertama berikut ini sangat mudah untuk dilakukan, karena pengguna hanya perlu mengakses menu settings atau pengaturan. Sebelum memulai proses reset pabrik, tak lupa lakukan persiapan yang telah disebutkan diatas. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Pertama-tama siapkan HP Xiaomi Anda lalu buka menu settings atau pengaturan pada ponsel.
  2. Jika sudah, klik pada opsi menu additional settings.
  3. Setelah itu pilih menu backup and reset, lalu klik pada factory reset (kembalikan ke setelan pabrik).
  4. Selanjutnya klik reset phone, lalu konfirmasi dengan mengklik delete/hapus.
  5. Jika sudah tunggu hingga proses reset pabrik berhasil.
  6. Jika proses reset telah berhasil, secara otomatis ponsel Xiaomi Anda akan melakukan proses reboot.
  7. Factory reset pun telah berhasil dilakukan.

Setelah perangkat Xiaomi me-restart secara otomatis, Anda akan dibawa ke menu home screen. Selanjutnya Anda hanya perlu men-setting kembali smartphone Anda seperti sedia kala.

2. Cara Hard Reset HP Xiaomi Melalui Recovery Mode

Cara reset HP Xiaomi ke pengaturan pabrik selanjutnya adalah hard reset melalui recovery mode. Namun sebelum melakukan cara yang satu ini, pastikan baterai perangkat Xiaomi Anda tidak kurang dari 50%. Sehingga nantinya proses hard reset dapat berjalan dengan baik. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Sebelum memulai proses hard reset dengan menu recovery mode, terlebih dahulu matikan ponsel Xiaomi milik Anda.
  2. Setelah itu, Anda perlu mengakses recovery mode dengan cara menekan tombol volume up dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo Xiaomi.
  3. Jika sudah, masuk ke menu Mi Recovery dan pilih bahasa Inggris pada pilihan bahasa yang tersedia.
  4. Setelah itu klik wipe data atau factory reset untuk memulai proses hard reset.
  5. Selanjutnya klik all wipe data dan konfirmasi dengan memilih yes.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses reset berhasil.
  7. Apabila proses tersebut berhasil, maka perangkat Xiaomi Anda akan melakukan proses reboot secara otomatis.

3. Cara Hard Reset HP Xiaomi Melalui Mi Cloud

Cara terakhir berikut ini dapat menjadi alternatif apabila kedua cara diatas tidak berhasil dilakukan. Untuk dapat me-reset menggunakan cara ini, Anda perlu mengakses situs Mi Cloud melalui komputer atau laptop. Anda juga perlu melakukan sign in menggunakan akun Mi yang Anda gunakan di perangkat Xiaomi yang akan di-reset.

  1. Pertama-tama buka browser di komputer atau laptop, lalu ketik us.i.mi.com.
  2. Setelah itu klik pada opsi Sign in with Mi Account.
  3. Selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan email serta nomor HP yang digunakan pada akun Mi Anda.
  4. Jika sudah, ketikkan password Anda lalu pilih Sign in.
  5. Langkah selanjutnya klik Find Device pada pilihan menu yang tersedia.
  6. Lalu tunggu beberapa saat hingga nantinya tertera tipe Xiaomi apa saja yang terdeteksi oleh Mi Cloud.
  7. Setelah itu klik Wipe Device untuk memulai proses hard reset.
  8. Jika sudah, nantinya akan muncul halaman yang menampilkan data apa saja yang akan terhapus.
  9. Klik Wipe untuk mengkonfirmasi penghapusan.
  10. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai dilakukan.
  11. Setelah itu perangkat Xiaomi Anda akan melakukan reboot dengan sendirinya.

Factory Reset Di Hp Xiaomi

Keuntungan Factory Reset HP

Melakukan factory reset pada smartphone mendatangkan banyak keuntungan, diantaranya:

Membuat Kinerja Ponsel Lebih Optimal

Pengaturan default maupun pengaturan aplikasi yang dilakukan pengguna rupanya dapat memengaruhi kinerja perangkat ponsel. Sehingga ketika kinerja ponsel Anda kerap mengalami error dan terasa berat, factory reset dapat mengoptimalkan kembali perangkat smartphone Anda.

Membersihkan Ponsel dari Virus

Factory reset juga dapat membersihkan ponsel dari virus serta malware berbahaya yang dapat merusak sistem ponsel Android Anda. Untuk dapat menghilangkannya, cukup dengan melakukan reset pabrik yang langkah-langkahnya telah dijelaskan diatas.

Membuang File Sampah

Smartphone menyimpan file sampah yang telah lama tersimpan di ponsel Anda. Sehingga apabila menumpuk terlalu banyak, tak menutup kemungkinan berdampak pada kinerja ponsel Anda. Dengan melakukan reset pabrik, smartphone akan menjadi lebih lancar dan ringan karena file sampah telah terhapus hingga ke akarnya.

Membuat Ruang Penyimpanan Ponsel Lebih Lega

Tak hanya itu, reset pabrik pada smartphone juga dapat membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih lega dan longgar. Pasalnya file dan data yang ada pada smartphone akan terhapus secara keseluruhan, sehingga ponsel pun dapat bekerja lebih cepat dan ringan layaknya perangkat ponsel baru.

Factory Reset Hp Xiaomi

Warning!

Tiap brand smartphone menyarankan untuk melakukan factory reset maksimal tiga kali saja. Sehingga apabila tidak ada masalah serius pada smartphone, ada baiknya untuk tidak melakukan reset pabrik pada ponsel.

Demikianlah cara reset HP Xiaomi ke pengaturan pabrik untuk semua tipe Xiaomi. Setelah berhasil melakukan reset pabrik, ada baiknya Anda mengatur penginstallan aplikasi agar tidak memberatkan kinerja ponsel. Cukup install aplikasi yang penting dan Anda butuhkan saja, agar nantinya tidak menjadi beban bagi ponsel Anda.