3 Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik untuk Semua Tipe

Cara Reset HP Xiaomi – therantnation.com. Bagi pengguna HP Xiaomi tidak jarang menemukan permasalahan seperti HP tiba-tiba error, freezing, atau masalah lainnya yang membuat jengkel dan kesal. Hal tersebut biasa terjadi pada HP yang sudah lama digunakan atau terlalu besar penggunaannya.

Salah satu solusinya adalah dengan melakukan factory reset HP, namun bagaimana caranya tersebut? Sebenarnya cara tersebut sangatlah mudah dan simpel untuk dilakukan. Sebab hanya membutuhkan beberapa langkah saja maka HP Xiaomi bisa direset.

Akan tetapi perlu diingat bahwa reset bukanlah satu-satunya solusi mengatasi HP yang lemot ataupun lag. Sebab bisa jadi ada permasalahan lainnya yang mestinya diselesaikan tanpa harus mereset HP.

3 Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik untuk Semua Tipe

Bagi yang sudah tidak sabar untuk mengetahui tentang reset HP Xiaomi ke setelan pabrik, maka berikut adalah beberapa opsi yang bisa dijadikan sebuah opsi. Lakukan sesuai keinginan mau yang mana.

1. Menu Settings

Dengan menu setting sangat mudah untuk dilakukan, karena pengguna hanya perlu mengakses pengaturan. Sebelum memulai proses reset tidak lupa lakukan persiapan yang telah disebutkan diatas.

Berikut caranya.

  • Pertama-tama siapkan HP Xiaomi Anda lalu buka menu Settings
  • Jika sudah, klik pada opsi menu Additional Settings
  • Setelah itu pilih menu Backup and Reset, lalu klik pada Factory Reset
  • Selanjutnya klik Reset Phone, lalu konfirmasi dengan mengklik Delete
  • Jika sudah tunggu hingga proses reset pabrik berhasil
  • Jika proses reset telah berhasil, secara otomatis HP Xiaomi akan melakukan proses Reboot
  • Factory reset pun telah berhasil dilakukan
  • Setelah perangkat Xiaomi merestart secara otomatis, akan dibawa ke menu Home Screen
  • Selanjutnya hanya perlu mensetting kembali smartphone seperti sedia kala
  • Selesai

2. Recovery Mode

Cara reset selanjutnya adalah hard reset melalui recovery mode. Namun sebelum melakukan cara yang satu ini, pastikan baterai perangkat Xiaomi tidak kurang dari 50%.

Sehingga nantinya proses hard reset dapat berjalan dengan baik. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Sebelum memulai proses hard reset dengan menu recovery mode, terlebih dahulu matikan ponsel Xiaomi
  • Setelah itu, perlu mengakses recovery mode dengan cara menekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo Xiaomi
  • Jika sudah, masuk ke menu Mi Recovery dan pilih Bahasa Inggris pada pilihan bahasa yang tersedia
  • Setelah itu klik Wipe Data atau Factory Reset untuk memulai proses hard reset
  • Selanjutnya klik All Wipe Data dan konfirmasi dengan memilih Yes
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset berhasil
  • Apabila proses tersebut berhasil, maka perangkat Xiaomi akan melakukan proses reboot secara otomatis

3. Mi Cloud

Cara terakhir dapat menjadi alternatif apabila kedua cara diatas tidak berhasil dilakukan. Untuk dapat reset menggunakan cara ini, Anda perlu mengakses situs Mi Cloud melalui komputer atau laptop.

Anda juga perlu melakukan Sign In menggunakan akun Mi yang digunakan di perangkat Xiaomi yang akan di-reset.

Berikut caranya

  • Pertama-tama buka Browser di komputer atau laptop, lalu ketik us.i.mi.com
  • Setelah itu klik pada opsi Sign in with Mi Account
  • Selanjutnya diminta untuk memasukan email serta nomor HP yang digunakan pada akun Mi
  • Jika sudah, ketikkan password lalu pilih [Sign in
  • Langkah selanjutnya klik Find Device pada pilihan menu yang tersedia
  • Lalu tunggu beberapa saat hingga nantinya tertera tipe Xiaomi apa saja yang terdeteksi oleh Mi Cloud
  • Setelah itu klik Wipe Device untuk memulai proses hard reset
  • Jika sudah, nantinya akan muncul halaman yang menampilkan data apa saja yang akan terhapus
  • Klik Wipe untuk mengkonfirmasi penghapusan
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai dilakukan
  • Setelah itu perangkat Xiaomi akan melakukan reboot dengan sendirinya
  • Selesai

Apa itu Reset HP

Reset HP adalah sebuah tindakan melakukan penghapusan serta mengembalikan settingan awal sebuah HP. Reset biasanya dilakukan ketika HP mengalami masalah serius atau ingin menjualnya.

Reset HP juga bisa dibilang proses mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Sehingga setelah proses ini berhasil maka smartphone akan kembali seperti ketika pertama kali mengeluarkan dari box.

Factory reset HP Xiaomi memiliki beragam fungsi, mulai dari membersihkan file cache atau sampah yang menumpuk di HP, menghapus data-data privat, menghapus virus serta malware, hingga mengatasi smartphone error.

Hal itu dilakukan karena dengan mereset maka semua data dan settingan akan terhapus semuanya. Dengan begitu apabila ingin menjual HP maka tidak takut apabila banyak data atau file yang ikut terjual kepada pembali yang baru.

Perbedaan Reset dan Restart

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah membaca tutorial dalam reset Xiaomi? Dan kemungkinan besar berpikir bahwa langkah tersebut sama dengan melakukan restart. Padahal keduanya memang mempunyai perbedaan cukup signifikan.

Terlebih lagi bagi Anda yang sering membaca tips dan trik mengenai macam-macam error pada smartphone dan cara mengatasinya, mungkin akan diminta untuk melakukan reset ataupun restart.

Kendati demikian, masih banyak dari Anda pasti berpikir bahwa keduanya mempunyai kesamaan fungsi. Padahal apabila dilihat lebih jauh lagi, sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan cukup signifikan.

Itulah mengapa untuk menjawab rasa penasaran Anda, maka kami sudah menyiapkan ulasan lengkapnya dibawah ini. Sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui apa pengertian baik dari reset ataupun restart tersebut.

Reset sendiri merupakan sebuah tindakan dimana dapat dilakukan ketika users smartphone ingin mengembalikan pengaturan atau settingan ponsel kembali ke seperti awal ketika Anda baru pertama kali membeli perangkat tersebut.

Tindakan satu itu biasanya dapat dilakukan ketika ponsel yang Anda miliki tersebut sering mengalami error cukup berat. Sebab hanya dengan melakukan restart saja, ternyata tidak mampu untuk mengatasi masalah yang sudah menyerang pada ponsel.

Lain halnya dengan pengertian restart pada smartphone yakni sebuah kegiatan dimana Anda dapat menonaktifkan atau mematikan perangkat untuk beberapa saat. Kemudian bisa menghidupkan atau mengaktifkan perangkat tersebut.

Berbeda dengan reset sebelumnya, untuk restart ini biasanya hanya akan dilakukan untuk mengatasi masalah error kecil pada perangkat. Salah satunya adalah mengatasi sinyal internet yang lemot sehingga dengan menonaktifkan perangkat maka diupayakan bisa berfungsi kembali.

Untuk memahami lebih jauh mengenai perbedaan keduanya, maka Anda bisa membaca beberapa perbedaan yang terdapat dibawah ini:

1. Tujuan Utama

Perbedaan pertama adalah terletak pada tujuan utama dari kegiatan keduanya dimana juga mempunyai sejumlah perbedaan cukup mendalam. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa reset Xiaomi biasanya hanya akan dilakukan pada masalah cukup berat saja.

Seperti ketika ponsel mengalami bootloop, terinfeksi malware atau virus, ingin membuang atau menghapus data, file atau aplikasi tidak penting dan masih banyak lagi. Untuk reset sendiri biasanya dibedakan menjadi factory reset dan hard reset.

Sedangkan untuk restart biasanya hanya akan dilakukan untuk mengatasi masalah ringan saja. Dimana masalah tersebut bisa meliputi sinyal susah atau hilang, aplikasi mengalami error, ponsel menjadi lemot dan lain sebagainya.

Jadi apabila masalah pada ponsel Anda tersebut hanya ringan maka hanya akan disarankan untuk melakukan restart saja. Terlebih lagi melakukan reset ternyata bisa menghapus setelan awal bahkan data-data penting yang terdapat didalamnya.

2. Data-data Yang Dihapus

Perbedaan lainnya adalah hasil ketika Anda melakukan kedua aktivitas tersebut. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa reset hp Xiaomi memungkinkan penggunanya akan kehilangan file ataupun data penting.

Sedangkan apabila hanya melakukan restart atau memuat ulang maka data didalamnya tidak akan hilang. Oleh karena itulah, apabila Anda benar-benar akan mereset perangkat, disarankan agar melakukan backup data terlebih dahulu.

3. Kapan Waktu Untuk Melakukannya

Masih ada hal yang perlu diketahui yakni seputar kapan waktu untuk melakukan kedua kegiatan tersebut. Dimana untuk memuat ulang dapat dilakukan kapan saja tetapi untuk kegiatan satunya, diharuskan agar mempertimbangkannya dengan baik-baik sebelum melakukannya.

4. Proses

Terakhir adalah berkaitan dengan proses melakukannya yakni untuk memuat ulang ternyata mempunyai proses yang cukup mudah karena hanya menekan tombol power. Sedangkan satunya mungkin harus masuk ke recovery mode terutama apabila ponsel mengalami masalah berat bukan.

Persiapan Sebelum Reset HP Xiaomi

Persiapan Sebelum Reset HP Xiaomi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kegiatan mereset hp android memang mempunyai banyak risiko di dalamnya. Apabila Anda sembarangan dalam melakukannya, tentu akan kehilangan semua data-data penting didalam perangkat bukan?

Oleh karena itulah sebelum mereset perangkat android, maka kami sarankan agar melakukan backup terlebih dahulu. Dimana backup merupakan kegiatan mencadangkan file ataupun data penting ke cloud ataupun penyimpan eksternal.

Terlebih lagi didalam perangkat pastinya terdapat sejumlah data penting bukan? seperti sms, kontak telefon, aplikasi, chat, foto ataupun file lainnya. Nah berikut ini beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan reset ponsel.

1. Mencadangkan Chat dari WhatsApp

Siapa tidak tahu WhatsApp? Ya, ini merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling popular di dunia. Sebab didalamnya menawarkan kegiatan chatting yang sangat mudah sekaligus simple sehingga tetap bisa terhubung dengan orang lain.

Pastinya didalam WhatsApp juga menyimpan chat penting dari orang bukan? karena itulah sangat disarankan agar melakukan backup terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mereset HP. Untuk melakukan backup pada WhatsApp sangat mudah, berikut tutorialnya.

  • Silahkan menuju ke Setelan pada Aplikasi WhatsApp
  • Pilihlah menu Chatting dan tab pada Cadangkan Chat
  • Nantinya Anda akan diminta untuk menemukan menentukan akun gmail yang akan digunakan untuk backup
  • Selain itu terdapat beberapa pilihan menu lainnya seperti menentukan waktu melakukan backup dan lain sebagiannya
  • Tab pada tulisan Backup dan pastikan gunakan jaringan internet stabil
  • Selesai

2. Backup SMS Android

Masih ada persiapan sebelum reset HP berikutnya adalah mencadangkan SMS didalamnya. Terkadang ada juga pesan SMS dari seseorang dimana bersifat penting dan akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

Inilah pentingnya agar Anda perlu mencadangkan SMS yang terdapat didalamnya dahulu. salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi bernama App Backup, berikut ini panduan dalam melakukannya:

  • Silahkan download dan install App Backup melalui Playstore di HP Xiaomi
  • Buka aplikasi dan pilihlah Personal
  • Klik Backup
  • Selesai dan data SMS bisa langsung tersimpan dengan cara mendownload aplikasi App Backup sesudah mereset.

3. Mencadangkan Aplikasi

Masih ada persiapan lainnya dimana perlu diperhatikan yakni dengan mencadangkan aplikasi di dalam ponsel Anda tersebut. Sebenarnya aplikasi android di HP Xiaomi bisa didapatkan melalui Google Playstore.

Tetapi apabila Anda mempunyai jumlah aplikasi cukup banyak, tentu akan membutuhkan waktu lama untuk mengunduh semua aplikasi tersebut. Maka dari itu, kami sarankan agar melakukan backup dahulu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti dari App Backup. Jangan khawatir karena dengan aplikasi itulah, ternyata tidak membutuhkan proses rooting sehingga bisa digunakan kapan saja.

4. Mencadangkan Foto, Video, Musik dan File Penting Lainnya

Jangan lupa sebelum melakukan reset, maka disarankan agar mencadangkan foto, video, musik ataupun file penting lainnya. Terlebih lagi apabila Anda mempunyai koleksi foto dan video dengan penuh momen, tentunya tidak ingin hilang begitu saja bukan?

Itulah sebabnya persiapan sebelum reset HP adalah dengan mencadangkan foto, video, musik ataupun file penting lainnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan SD card, berikut panduan dalam melakukannya:

  • Silahkan hubungkan ponsel ke komputer atau laptop dengan kabel USB. Lepaskan SD card dari perangkat, dan pasang ke card reader dan hubungkan ke komputer
  • Tunggu beberapa saat hingga perangkat PC mendeteksi file-file dimana tersimpan dalam SD card
  • Silahkan copy atau salin semua file dan folder yang terdapat di SD card ke dalam komputer atau PC.
  • Selesai

Selain bisa menggunakan cara diatas, Anda sebenarnya juga bisa melakukan pencadangan dengan menggunakan cloud seperti GDrive tetapi memang membutuhkan waktu lebih lama. Terlebih lagi apabila Anda mempunyai file cukup banyak didalamnya bukan?

5. Melepaskan SD Card Sebelum Melakukan Reset

Persiapan terakhir yang perlu diperhatikan setelah melakukan beberapa hal di atas adalah dengan melepaskan SD card pada perangkat. Apabila tidak dilepaskan, maka risiko data-data hilang didalamnya ternyata juga cukup tinggi.

Itulah mengapa kami sarankan agar melepaskan SD card terlebih dahulu. Namun apabila ingin melakukan flashing atau costum ROM maka harus memasangnya kembali sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Keuntungan Melakukan Setelan Pabrik Xiaomi

Keuntungan Melakukan Setelan Pabrik Xiaomi

Melakukan factory reset pada smartphone mendatangkan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Namun hal ini lantas tidak harus melakukannya setiap saat.

Berikut keuntungannya.

1. Membuat Kinerja Ponsel Lebih Optimal

Pengaturan default yang dilakukan dapat memengaruhi kinerja perangkat ponsel. Sehingga ketika kinerja HP kerap mengalami error dan terasa berat, factory reset dapat mengoptimalkan kembali perangkat smartphone.

2. Membersihkan Ponsel dari Virus

Factory reset dapat membersihkan ponsel dari malware berbahaya yang dapat merusak sistem HP Android. Untuk dapat menghilangkannya, cukup dengan melakukan reset HP Xiaomi tersebut.

3. Membuang File Sampah

Smartphone menyimpan file sampah yang telah lama tersimpan di HP Anda. Sehingga apabila menumpuk terlalu banyak, tak menutup kemungkinan berdampak pada kinerjanya.

Dengan melakukan reset pabrik, smartphone akan menjadi lebih lancar dan ringan karena file sampah telah terhapus hingga ke akarnya.

4. Membuat Ruang Penyimpanan Ponsel Lebih Lega

Tak hanya itu reset pabrik pada smartphone dapat membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih lega dan longgar.

Pasalnya file dan data yang ada pada smartphone akan terhapus secara keseluruhan. Sehingga ponsel pun dapat bekerja lebih cepat dan ringan layaknya perangkat ponsel baru.

Risiko Melakukan Reset HP

Sebagai pemilik ponsel Xiaomi, melakukan reset Xiaomi memang menjadi salah satu bahan pertimbangan yang sering dilakukan. Terlebih lagi kalau perangkat sudah mengalami masalah cukup berat dan tidak bisa kalau hanya dimuat ulang begitu saja.

Sebenarnya tujuan utama dari mereset perangkat sendiri adalah untuk mengembalikan sistem perangkat lunak seperti kondisi awal yakni sesuai dengan standar pabrik. Oleh karena itulah, setelah Anda melakukan hard reset tersebut, mungkin perlu melakukan setting ulang pada aplikasi ataupun menu.

Mereset HP Android Xiaomi inilah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang karena akan memberikan sejumlah keuntungan seperti kinerja ponsel akan semakin baik karena bersih dari virus ataupun malware. Kendati demikian, Anda juga perlu berhati-hati dengan sejumlah risiko yang terdapat dibawah ini.

1. Semua Data Dalam Memori Internal Akan Terhapus

Seperti sudah disinggung pada poin sebelumnya bahwa ketika Anda mereset ponsel maka bersiap-siaplah semua data yang terdapat didalamnya akan hilang. Memang nantinya, Anda akan memperoleh performa ponsel semakin bagus.

Tetapi salah satu dampak yang tidak boleh diremehkan begitu saja adalah terhapusnya semua data di dalam memori internal. Bahkan tidak tanggung-tanggung lagi data seperti foto, lagu, kontak ataupun file penting lainnya akan hilang.

Karena itulah sebelum Anda memutuskan untuk melakukannya, maka disarankan agar melakukan backup data ke memori eksternal ataupun cloud dahulu. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut akan kehilangan data.

2. Bisa Mengakibatkan Bootloop

Walaupun fungsi reset android adalah untuk mengembalikan fungsi perangkat agar bisa normal kembali, tetapi apabila prosesnya tidak berjalan dengan baik atau sempurna maka dapat mengakibatkan kerusakan pada ponsel semakin parah.

Terlebih lagi pada bagian software sistem operasinya dimana tidak akan bisa melakukan booting atau bootloop. Hal tersebut biasanya terjadi apabila Anda melakukan reset tetapi baterai perangkat dalam keadaan lemah.

Solusinya adalah Anda bisa melakukan pengisian daya baterai terlebih dahulu minimal 50 persen. Dengan begitu, maka prosesnya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

3. Risiko HP Menjadi Terkunci

Risiko melakukan reset HP berikutnya adalah kemungkinan besar perangkat justru akan terkunci. Didalam HP android, pastinya Anda akan menemukan adanya fitur bernama FRP alias factory reset protection dimana memungkinkan HP menjadi aman ketika meresetnya.

Kendati sudah memanfaatkan adanya fitur tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan akan tetap mendapatkan masalah. Terlebih lagi kalau Anda tidak mengetahu akun Google yang digunakan pada HP.

Itulah sebabnya, kami sarankan agar melakukan pencegahan terlebih dahulu agar perangkat tidak sampai terkunci. Salah satunya adalah menghapus akun android terlebih dahulu agar HP tidak terhubung ke salah satu akun.

4. Logout dari Semua Akun Sosial Media

Terdengar cukup sepele karena nantinya Anda bisa masuk kembali ke akun sosial Media kalian, tetapi bagaimana jika lupa dengan detail akun seperti username dan password? Tentu hal tersebut justru menjadi masalah bagi sebagian besar orang.

Memang risiko dari melakukan reset sendiri adalah logout dari semua akun sosmed karena perangkat dikembalikan ke setelan pemula. Untuk mengatasi masalah inilah, maka kami sarankan agar menyimpan ataupun menulis ulang email sekaligus password di buku atau catatan.

5. Aplikasi Bisa Berhenti Tiba-tiba

Siapa sangka terdapat risiko dimana aplikasi bisa berhenti tiba-tiba akibat dari melakukan hard reset tersebut. Perlu diketahui bahwa sebenarnya ketika Anda mereset ponsel maka dapat memunculkan masalah baru termasuk dengan aplikasi dimana tiba-tiba berhenti begitu saja.

6. Mengalami Masalah Pada Layar

Risiko terakhir yang bisa saja terjadi pada perangkat kesayangan adalah mengalami masalah pada layar perangkat. Dimana layarnya bisa saja macet ataupun susah untuk digeser sehingga membuat Anda tidak nyaman.

Selain itu, juga terdapat risiko lainnya yakni kekuatan jangkauan sinyal pada perangkat menjadi terganggu. Dengan begitu, jelas akan menimbulkan masalah tersendiri terutama apabila Anda mengandalkan internet setiap saat.

Warning!

Tiap brand smartphone menyarankan untuk melakukan factory reset maksimal tiga kali saja. Sehingga apabila tidak ada masalah serius pada smartphone, ada baiknya untuk tidak melakukan reset pabrik pada HP.

Penutup

Demikianlah cara reset HP Xiaomi untuk semua tipe, baik yang lama atau baru. Setelah berhasil melakukan reset pabrik ada baiknya mengatur penginstallan aplikasi agar tidak memberatkan kinerja ponsel.

Cukup install aplikasi yang penting dan dibutuhkan saja agar nantinya tidak menjadi beban bagi ponsel Anda. Semoga bermanfaat ya untuk Anda semuanya.

Baca Juga