4 Cara Reset iPhone dengan Mudah Dijamin Berhasil

Cara Reset iPhone – therantnation.com. Siapa yang tidak ingin memiliki iPhone, salah satu perangkat komunikasi dengan teknologi berbasis Apple dan sudah dibekali banyak fitur menarik. Namun ketika terjadi kondisi tertentu maka terkadang solusi terbaik pada ponsel tersebut adalah dengan melakukan reset iPhone sesuai kebutuhan.

Sama halnya dengan ponsel Android, ketika melakukan reset pada iPhone juga harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya apa tujuan dilakukannya reset tersebut, lalu jenis reset apa yang akan dipakai.

Sebab nantinya ada beberapa metode yang bisa digunakan. Tentunya setiap orang memiliki opsinya sendiri-sendiri. Maka bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan dalam melakukan reset tersebut.

Untuk itu wajib juga membaca banyak informasi sebelum melakukan reset iPhone. Karena akan ada data-data yang bisa hilang semuanya ataupun sebagian saja.

Cara Reset iPhone dengan Mudah Dijamin Berhasil

4 Cara Reset iPhone dengan Mudah

Ada tiga pilihan reset iPhone yang bisa dipilih, masing-masing memiliki peruntukkan yang berbeda-beda. Mau tahu?

1. Hard Reset

Pilihan ini biasanya dilakukan untuk kebutuhan menjual iPhone yang sudah dipakai beberapa lama. Supaya data pribadi yang tercantum di dalam perangkat bisa terhapus otomatis, kemudian pemilik barunya dapat melakukan pengaturan sendiri terhadap ponsel tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Pastikan Anda sudah melakukan backup data penting di iPhone ke perangkat lain. Baik itu komputer atau media penyimpanan sementara. Sebagai saran, bisa dipindahkan ke iCloud dan finder untuk memudahkan menyimpan kembali ke iPhone baru atau perangkat Apple lainnya
  • Aktifkan iPhone, pilih menu settings dan pilih opsi reset
  • Akan muncul banyak pilihan reset, Anda tinggal pilih mau melakukan reset yang mana. Jika ingin mengatur ulang semua sistem perangkat maka pilih reset all settings. Kalau mau melakukan perubahan pengaturan jaringan maka pilih reset network settings, dan pilihan lainnya
  • Khusus untuk hard reset iPhone, Anda cukup pilih erase all content and settings
  • Klik pada tombol erase iPhone, lalu tunggu sampai proses selesai
  • Masukkan password Apple ID yang sudah Anda miliki, gunanya untuk penghapusan find my iPhone dari perangkat tersebut
  • Proses selesai dan iPhone sudah kembali ke pengaturan pabrik

2. Soft Reset

Pilihan kedua ini bisa juga disebut dengan restart atau nama lain reboot iPhone, biasanya dilakukan ketika ponsel tersebut mengalami masalah hang atau tidak berfungsi dengan baik saat sedang digunakan.

Meskipun secara umum beda tipe iPhone akan sedikit berbeda cara soft reset yang dilakukan, namun untuk kondisi umum bisa menggunakan langkah berikut ini:

  • Tekan bersamaan tombol home pada bagian bawah layar dan tombol sleep selama lebih kurang 10 detik
  • Tunggu sampai layar iPhone berubah menjadi warna hitam, yang menandakan ponsel dalam kondisi mati. Lepaskan dua tombol yang ditekan sebelumnya
  • Tunggu sampai muncul kembali logo Apple pada perangkat tersebut, lalu biarkan sistem perangkat melakukan restart otomatis.
  • Jangan gunakan iPhone terlebih dahulu sebelum proses selesai
  • Coba sentuh layar, jika sudah bisa berfungsi kembali seperti biasa maka tandanya proses soft reset sudah selesai dan Anda bisa menggunakan perangkat tersebut seperti biasa.

3. Find My iPhone

Selanjutnya ada juga cara reset iPhone yang dapat Anda coba, yaitu dengan memanfaatkan fitur Find My iPhone menggunakan bantuan perangkat komputer. Bagaimana caranya?

  • Buka laptop atau Mac lalu pilih browser yang sering Anda gunakan untuk bermain internet
  • Pilih tab baru dan klik iCloud.com , lalu login ke akun iCloud milik Anda menggunakan ID Apple yang sudah dibuat sebelumnya
  • Klik pada menu “find iPhone” dan pilih menu “all devices”
  • Klik perangkat iPhone yang ingin di reset dan pilih opsi “erase iPhone”
  • Tunggu proses berlangsung, secara otomatis pengaturan di iPhone sudah kembali pada pengaturan default saat Anda pertama kali membeli

4. Aplikasi Tambahan

Selain memanfaatkan tombol dan menu yang tersedia pada perangkat iPhone, cara reset iPhone juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi tambahan terpercaya. Ada aplikasi Phone Rescue dan AnyFix yang banyak direkomendasikan.

a. PhoneRescue

Aplikasi ini membantu memastikan apakah Anda hanya ingin melakukan pengaturan sistem saja atau sekaligus dengan penghapusan semua data di dalam perangkat. Caranya adalah:

  • Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi PhoneRescue khusus iOS pada perangkat komputer disarankan menggunakan Mac untuk mempermudah sinkronisasi
  • Koneksikan iPhone dengan komputer menggunakan kabel khusus USB iPhone
  • Buka aplikasi PhoneRescue, pilih opsi iOS repair tools mode
  • Lanjutkan dengan memilih repair mode. Ada dua opsi pilihan, pertama advance mode untuk upgrade pengaturan ke versi terbaru tanpa menghapus data. Kedua standard mode dimana upgrade dilakukan sekaligus penghapusan data pada perangkat.
  • Setelah memilih salah satu opsi, pilin menu recovery dan ikuti langkah recovery yang muncul sesuai pilihan opsi reset yang dipilih
  • Klik tombol download untuk mengunduh sistem baru yang akan diterapkan pada iPhone
  • Jika proses download sudah selesai, Anda tinggal menunggu reset otomatis pada perangkat iPhone.

b. AnyFix

Tidak jauh beda dengan PhoneRescue, aplikasi Anyfix juga menyediakan fitur untuk melakukan reset iPhone. Caranya juga relatif sama, hanya saja pilihan opsi reset agak berbeda.

  • Unduh Aplikasi Anyfix pada perangkat komputer, koneksikan iPhone ke komputer tersebut
  • Buka aplikasi lalu pilih hard reset, lalu lanjutkan dengan memilih opsi mode yang diinginkan
  • Jika sudah selesai, perangkat akan masuk pada tahap recovery mode dan unduh sistem reset yang sudah dipilih
  • Proses reset berjalan otomatis, Anda tinggal menunggu sampai selesai

Kenapa Harus Reset iPhone?

Kenapa Harus Reset iPhone

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin melakukan reset pada iPhone mereka. Bisa saja karena masalah sistem atau karena ingin menjualnya kembali.

iPhone Lambat

Sebenarnya ketika kondisi iPhone melambat dari biasanya, masih banyak cara lain sebelum memutuskan untuk melakukan reset. Namun, ketika semua cara tidak berhasil maka langkah pamungkas memang mengatur kembali sistem menjadi pengaturan awal pabrikan.

Solusi ini biasanya diambil ketika pengguna memang butuh perbaikan cepat dari iPhone, ketimbang harus mencoba-coba berbagai solusi lain karena biasanya dengan dilakukan pengaturan ulang akan berhasil mengungkap penyebab lambatnya sistem iPhone.

Mengganti Password

Kalau Anda ingin mengganti password dengan yang baru, sementara kata kunci lama tidak diingat maka satu-satunya cara bisa dilakukan adalah dengan reset iPhone. Dimana nantinya pengaturan kembali seperti awal ketika pertama membeli, lalu Anda bisa membuat kembali kata kunci baru tanpa harus pusing mengingat password sebelumnya.

Menjual iPhone

Saat akan menjual iPhone untuk berbagai alasan, tentunya Anda tidak ingin data pribadi yang ada di dalam perangkat tersebut diketahui orang lain. Oleh karena itu, memindahkan data kemudian melakukan reset adalah solusi terbaik demi keamanan privasi sendiri.

Menggunakan Kembali Fungsi Default Pabrik

Terkadang setelah membuat pengaturan sendiri pada iPhone, ada bagian fitur dasar yang ternyata tidak lagi muncul dan bisa dipakai. Untuk mengembalikan fungsi pengaturan tersebut, menggunakan cara reset iPhone adalah langkah masuk akal.

Solusi Beberapa Masalah iPhone

Masalah iPhone yang sering hang, sering restart sendiri dan lainnya bisa diatasi salah satunya dengan mereset ponsel tersebut.

Penutup

Semoga informasi di atas membantu Anda menemukan cara reset iPhone paling tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan. Apabila ada masalah yang cukup serius yang tidak terpecahkan oleh reset HP maka saran therantnation untuk dibawa ke service center dikota Anda.

Baca Juga