Cara Screenshot Panjang di HP Realme – therantnation.com. Fitur screenshot panjang (long screenshot) merupakan salah satu fitur yang paling banyak disukai oleh pengguna HP Realme. Sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana cara screenshot panjang di HP Realme ini khususnya para orang tua.

Padahal sebenarnya caranya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak keahlian. Namun karena belum adanya informasi yang didapatkan, maka membuat screenshot panjang masih membuat penasaran bagaimana caranya.

3 Cara Screenshot Panjang Di Hp Realme Dengan Cepat Dan Mudah

3 Cara Screenshot Panjang di HP Realme dengan Cepat dan Mudah

Meskipun fitur long screenshot sudah banyak dimiliki oleh smartphone tipe baru tapi bisa saja cara screenshot panjang di HP Realme dan HP merek lain seperti Vivo atau yang lainnya sangat berbeda. Sebab, ada yang sudah memiliki fitur long screenshot sendiri dan ada yang tidak sehingga Anda harus memperhatikannya baik-baik.

Untuk merek Realme sendiri, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan long screenshot. Jika Anda penasaran cara apa saja yang bisa digunakan maka perhatikan penjelasan di bawah ini.

1. Melakukan Long Screenshot dengan Gestur 3 Jari

Pertama, Anda harus mengaktifkan screenshot mode 3 jari terlebih dahulu agar lebih mudah dalam melakukan long screenshot. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka Pengaturan Telepon kemudian pilih Kepraktisan Pintar. Pilih Gerakan kemudian aktifkan pilihan menu Gambar Layar 3 Jari.

Setelah Anda mengaktifkannya maka selanjutnya Anda bisa pergi ke halaman yang ingin Anda screenshot. Ambil screenshot dengan menggeser ketiga jari Anda ke bawah secara bersama-sama lalu tunggu hingga gambar selesai ditangkap. Biasanya, hal ini ditandai dengan adanya bunyi klik atau layar yang berkedip sehingga Anda akan segera tahu.

Setelah selesai, hasil screenshot akan ditampilkan ke pengguna. Pilih menu Cuplik Panjang dari 3 menu pilihan yang ada di bagian bawah layar. Setelah itu, Anda bisa scroll secara manual ke bawah sampai semua layar yang ingin diambil tertangkap sempurna kemudian lepas dan pilih Selesai lalu tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

2. Melakukan Long Screenshot dengan Tombol Fisik

Menggunakan tombol fisik merupakan salah satu metode paling umum yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada HP Realme baik screenshot biasa maupun screenshot panjang. Caranya juga cukup sederhana karena Anda hanya perlu menekan tombol power dan tombol pengurangan volume yang bertanda (–) secara bersama-sama.

Setelah muncul bunyi klik atau layar berkedip maka akan muncul tanda pratinjau. Klik tanda tersebut kemudian baru Anda pilih opsi Screenshot Panjang. Cara ini bisa dikatakan lebih praktis karena bisa digunakan bagi sebagian besar HP Realme terutama perangkat yang menggunakan tampilan antarmuka seperti Realme U1.

3. Melakukan Long Screenshot dengan Aplikasi Tambahan

Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa digunakan oleh pengguna Realme terutama yang tipe lama. Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga yang memiliki fungsi untuk melakukan long screenshot dengan mudah meski smartphone Anda tidak memiliki fitur tersebut.

Anda cukup mencari aplikasi seperti apa yang diinginkan melalui toko aplikasi resmi kemudian unduh aplikasi yang Anda mau. Tunggu hingga proses download selesai kemudian baru Anda bisa mencoba mengambil long screenshot dengan aplikasi tersebut.

Apa itu Screenshot Panjang?

Sesuai namanya, screenshot panjang merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan screenshot biasa. Jika screenshoot biasa hanya mampu menangkap layar secara terbatas maka dengan fitur long screenshot maka Anda bisa screenshot seluruh isi halaman.

Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan screenshot berulang kali hanya untuk menyimpan informasi dengan lebih lengkap. Dengan kelebihan yang dimilikinya, tidak heran jika fitur long screenshot ini sangat disukai oleh pengguna Realme terutama yang masih berusia muda.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Namun, perlu diingat jika salah satu syarat terpenting untuk melakukan long screenshot adalah halaman yang ingin Anda screenshot bisa digulir atau scoll ke bawah. Jika tidak maka Anda hanya bisa melakukan screenshot biasa.

Apa Saja Risiko Melakukan Long Screenshot?

Sebenarnya, jika berbicara mengenai risiko hampir tidak ada risiko berarti yang perlu Anda khawatirkan. Namun, terlalu sering menggunakan fitur long screenshot juga bisa menimbulkan masalah pada smartphone Anda.

Pertama, tombol fisik di smartphone Realme Anda bisa cepat rusak jika terlalu sering digunakan untuk mengambil long screenshot. Sebab, untuk melakukan screenshot Anda perlu menekan tombol-tombol tersebut dengan cukup keras. Jika Anda tidak berhati-hati maka tombol tersebut bisa rusak sehingga mengganggu kualitas performa smartphone Realme Anda.

Kedua, dengan menggunakan metode 3 jari juga berpotensi membuat tangan Anda terkontaminasi oleh banyak kuman penyakit. Hal ini disebabkan oleh layar smartphone yang sering disentuh sehingga menjadi sarang kuman berbahaya. Oleh sebab itu, di masa pandemi seperti ini ada baiknya jika Anda mengurangi mengambil screenshot dengan cara ini.

Terakhir, meski menggunakan aplikasi dianggap lebih praktis dan cepat tapi Anda harus tetap waspada terhadap risiko aplikasi pembawa virus atau malware berbahaya. Biasanya, beberapa aplikasi terutama yang tidak diunduh di platform resmi memiliki risiko keamanan yang cukup tinggi sehingga ada baiknya jika Anda menghindari aplikasi-aplikasi yang asalnya tidak jelas.

Siapa Saja yang Cocok Menggunakan Fitur Long Screenshot Ini?

Meskipun fitur ini sudah mulai banyak digunakan di masyarakat tapi sayangnya tidak semua HP Realme mendukung fitur ini. Menurut beberapa informasi yang didapatkan, fitur long screenshot ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna HP Realme tipe C1, Realme Pro, Realme U1 dan setelahnya.

Jika Anda bukan pengguna Realme tipe-tipe tersebut maka sebaiknya Anda menggunakan aplikasi dari pihak ketiga saja. Sebab selain tidak kalah praktis dengan fitur long screenshot Realme asli, aplikasi tersebut juga bisa diunduh secara gratis.

Sangat cocok bagi Anda yang memang sering melakukan screenshot untuk menyimpan informasi. Dengan cara ini, Anda yang sering membaca berita dan sebagainya dari smartphone bisa menyimpan lebih banyak informasi cukup dengan 1 kali screenshot.

Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Long Screenshot Realme

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Long Screenshot Realme

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fitur long screenshot ini memiliki berbagai risiko yang cukup berbahaya jika Anda tidak hati-hati. Apalagi di situasi pandemi seperti sekarang ini. Jika Anda terlalu banyak menyentuh layar smartphone maka Anda akan lebih mudah terserang berbagai kuman penyebab penyakit terutama jika layar tersebut jarang dibersihkan.

Tidak hanya itu, tombol fisik yang rusak karena terlalu sering digunakan mengambil long screenshot juga tidak mudah diperbaiki. Anda membutuhkan tenaga ahli untuk memperbaikinya sehingga mau tidak mau Anda harus mengeluarkan biaya tambahan yang cukup besar agar fungsi tombol tersebut bisa kembali seperti sebelumnya.

Namun, sebenarnya fitur long screenshot juga memiliki manfaat yang cukup besar terutama untuk menghemat memori penyimpanan. Dengan adanya fitur ini maka Anda bisa menghemat waktu dan ruang penyimpanan karena tidak perlu menyimpan banyak screenshot hanya untuk menyimpan lebih banyak informasi.

Baca : Aplikasi Ojek Online Terbaik 2021, Order Via Ponsel Aja!

Penutup

Meskipun cara melakukan long screenshot bisa dikatakan lebih panjang dibandingkan screenshot biasa tapi mengingat kelebihan yang dimilikinya tentu hal tersebut tidak jadi masalah. Dengan menggunakan cara screenshot panjang di HP Realme seperti yang telah disebutkan di atas, Anda bisa melakukan screenshot dengan lebih mudah dan efektif.