3 Cara Screenshot Panjang di HP Vivo yang Cepat dan Mudah

Cara Screenshot Panjang di HP Vivo – therantnation.com. Bagi pengguna smartphone Vivo, screenshot panjang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Sayangnya, tidak semua tahu cara screenshot panjang di HP Vivo sehingga banyak yang masih melakukan screenshot berkali-kali sehingga membuat memori cepat penuh.

Oleh sebab itu, untuk menghindarinya maka ada baiknya jika Anda juga memahami seluk-beluk soal screenshot panjang ini. Maka akan sangat rekomended untuk membaca artikel screenshot panjang di HP Vivo ini sampai selesai. Sebab disini admin akan memberikan artikel yang sangat bermanfaat dan membuka wawasan kita semua.

Cara Screenshot Panjang Di Hp Vivo Yang Cepat Dan Mudah

Apa itu Screenshot Panjang?

Selain screenshot biasa, ada juga yang namanya screenshot panjang. Sesuai namanya, fitur ini mampu menangkap layar (screenshot) dengan ukuran yang lebih panjang dibandingkan screenshot biasa. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan lebih banyak informasi dalam 1 gambar saja. Tidak perlu melakukan screenshot berkali-kali seperti pada umumnya.

Fitur ini sebenarnya sudah umum ditemukan di smartphone Vivo. Namun, masih banyak pengguna yang belum tahu tentang fitur tersebut atau bahkan tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Hal ini tampaknya wajar mengingat jika cara screenshot panjang di HP Vivo ataupun di setiap smartphone bisa berbeda-beda tergantung merek, tipe serta OS yang digunakannya.

3 Cara Melakukan Screenshot Panjang di HP Vivo yang Mudah

Sebenarnya, ada berbagai macam cara untuk melakukan screenshot panjang di HP Vivo. Baik itu menggunakan fitur bawaan maupun aplikasi tambahan. Namun sebaiknya menggunakan fitur bawaan saja karena fitur ini merupakan aplikasi bawaan pabrik dari Vivo, sehingga dinilai lebih aman dibandingkan aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Usapan atau Swipe 3 Jari

Menggunakan usapan atau swipe 3 jari bisa dilakukan untuk sebagian besar smartphone Vivo. Cara ini dianggap lebih cepat sehingga lebih disukai oleh pengguna Vivo. Oleh sebab itu, jika ingin menangkap layar panjang maka bisa menggunakan kombinasi kedua cara tersebut.

Caranya juga tidak rumit, berikut tata caranya:

  1. Pertama-tama hanya perlu mengatur posisi tampilan layar smartphone ke area yang akan diambil.
  2. Selanjutnya, cukup mengusapkan 3 jari ke arah bawah lalu tunggu hingga beberapa detik.
  3. Jari-jari yang digunakan biasanya adalah jari tengah, telunjuk dan jari manis sehingga lebih mudah dipraktekan.
  4. Tunggu hingga muncul notifikasi yang berada di bagian kiri bawah layar lalu klik tombol Tangkap Layar Panjang.
  5. Scroll ke bawah pada area yang ingin diambil lalu tunggu kembali sampai prosesnya selesai.
  6. Setelah selesai, hanya perlu menekan tombol Simpan dan hasil screenshot panjang tersebut secara otomatis akan tersimpan di memori smartphone Vivo.
  7. Setelah itu, proses pengambilan screenshot panjang pun selesai.

Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan untuk kita lakukan 🙂

2. Menggunakan S-Capture

Fitur S-Capture merupakan fitur bawaan dari smartphone Vivo yang diperuntukkan untuk melakukan screenshot lebih cepat dan mudah termasuk juga screenshot panjang. Untuk melakukan menangkap layar dengan fitur ini maka sebaiknya menentukan area yang ingin diambil screenshootnya lebih dulu.

Setelah itu, baru buka fitur S-Capture dengan menggunakan Control Center atau menu bar. Usap dengan 2 jari mulai dari bagian atas lalu ke arah bawah kemudian pilih S-Capture. Jangan lupa untuk memilih opsi yang diinginkan lebih dulu sebelum mulai mengambil screenshot.

Perlu ketahui, ada 4 opsi yang ditawarkan oleh Vivo yaitu Tangkapan Layar Persegi Panjang, Tangkap Layar Lucu, Tangkap Layar Panjang dan yang terakhir adalah opsi screenshot biasa. Pilih opsi yang menurut Anda paling dibutuhkan yaitu Tangkap Layar Panjang.

Jika sudah selesai maka bisa langsung menyimpan hasil menangkap layar dengan menekan tombol Simpan. Jika Anda ingin mengeceknya maka bisa langsung membuka Galeri smartphone dan cari folder Screenshot. Semua hasil screenshoot baik yang biasa maupun screenshot panjang akan disimpan di folder ini.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ini banyak digunakan pada smartphone Vivo yang tidak memiliki fitur S-Capture. Saat ini, aplikasi yang bisa membantu Anda mengambil screenshot panjang sudah sangat banyak jumlah. Meski cara penggunaannya berbeda-beda tapi secara umum aplikasi tersebut mudah digunakan bahkan jika Anda awam terhadap teknologi.

Anda hanya perlu ke toko aplikasi resmi di smartphonemu kemudian pilih aplikasi yang dibutuhkan. Instal dan tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah itu baru bisa mulai mencoba mengambil screenshot.

Apa Risiko Screenshot Panjang?

Sebenarnya, hampir tidak ada risiko berarti jika Anda melakukan screenshot panjang. Namun, sebaiknya perlu berhati-hati jika melakukan screenshot panjang dengan aplikasi tambahan. Biasanya aplikasi dari pihak ketiga memiliki banyak celah keamanan terutama aplikasi yang diunduh di luar platform resmi.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga sebaiknya pilih aplikasi yang terpercaya dan dipasang di toko aplikasi resmi. Hal ini bisa dilihat dari review yang diberikan oleh pengguna lain. Jika banyak pengguna memberikan respon positif maka bisa mencoba mengunduhnya.

Jangan terlalu sering melakukan menangkap layar panjang yang tidak penting karena hal tersebut bisa membuat memori cepat penuh. Atau, jika memang membutuhkan banyak screenshot maka sebaiknya sering-sering menghapus file yang tidak penting agar performa smartphone Vivo Anda tidak terganggu.

Siapa yang Bisa Cocok Menggunakan Fitur Ini?

Meskipun sekilas terlihat panjang prosesnya tapi sebenarnya melakukan screenshot panjang cukup mudah. Bahkan jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan soal smartphone sekalipun. Hanya saja, fitur ini tidak dimiliki oleh semua tipe smartphone Vivo.

Sejauh ini kedua cara mengambil screenshot panjang seperti di atas hanya bisa digunakan untuk Anda pengguna smartphone Vivo seri Y, Vivo seri V, Vivo seri X dan juga Vivo seri Z. Selain itu, Vivo seri S dan seri terbaru juga sudah bisa mengambil screenshot panjang.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Screenshot Panjang Di Hp Vivo

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Screenshot Panjang di HP Vivo

Sama seperti fitur lain, menangkap layar panjang juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, sebagai pengguna smartphone Vivo perlu memahaminya dengan baik. Jika tidak maka bisa jadi hal ini justru membuat kondisi dan fungsi smartphone Anda menurun dan sulit digunakan secara normal.

Kelebihan

Kelebihan fitur screenshot panjang ini adalah bisa menangkap tampilan lebih besar sehingga informasi yang diambil juga lebih banyak. Hal ini tentu akan lebih efisien dari segi waktu dan memori sebab Anda tidak perlu melakukan screenshot berkali-kali. Cukup sekali saja dan semua tampilan di layar smartphone bisa langsung ditangkap (capture).

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur screenshot panjang ini hanya ada di beberapa tipe Vivo saja terutama yang Vivo tipe terbaru. Jika Anda pengguna smartphone Vivo seri lama, maka hanya bisa aplikasi pihak ketiga atau menggunakan cara manual dengan menggunakan swipe 3 jari atau kombinasi tombol power dan volume.

Kekurangan

Sayangnya, terlalu sering menggunakan tombol power dan volume di smartphone Vivo Anda bisa menyebabkan tingkat sensitivitas tombol tersebut berkurang. Jika sudah begitu, Anda akan kesulitan untuk menggunakannya seperti sedia kala.

Selain itu, karena masih pandemi maka menggunakan swipe 3 jari juga terhitung sangat berbahaya. Sebab, layar smartphone diketahui bisa menjadi sarang berbagai kuman penyebab penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, jika jarang dibersihkan maka bisa memiliki risiko untuk terkena berbagai penyakit berbahaya.

Memang jika dibandingkan screenshot biasa, screenshot panjang lebih efisien digunakan. Hanya saja cara screenshot panjang di HP Vivo yang cukup panjang ini tidak banyak diketahui. Diharapkan dengan adanya penjelasan di atas bisa mulai mempraktekan cara-cara di atas agar lebih mudah menangkap layar ini.