Cara Setting DNS Pribadi Xiaomi dengan Mudah

Cara Setting DNS Pribadi Xiaomi – therantnation.com. Bagi Anda pemilik HP Xiaomi, pastinya menginginkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Untuk melakukan hal itu, para pengguna dapat mencoba untuk melakukan setting DNS pribadi pada HP Xiaomi.

Selain bisa mempercepat internet, setting DNS pribadi Xiaomi juga bisa membuat penjelajahan internet lebih terjaga sebuah privasi. Dalam melakukan pengaturan sistem domain tersebut, di HP Xiaomi versi terbaru sudah diberikan fiturnya.

Namun pada versi lama hal itu belum ada sehingga perlu menggunakan aplikasi tambahan. Lalu sebenarnya apakah maksud dari fitur pengaturan domain private tersebut? Dan bagaimanakah cara menggunakannya? Nah agar lebih jelas tentang hal itu, ikutilah penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Setting Dns Pribadi Xiaomi Dengan Mudah

Pengertian Domain Name System Private

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang bagaimana cara setting DNS private HP Xiaomi, akan lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang fitur tersebut lebih jauh. DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. Fungsi utamanya adalah melakukan pemetaan alamat website.

Apabila tidak ada fitur ini, maka dalam mengakses sebuah website, Anda harus mengetikkan alamat IP 10 digit. Dengan kata lain, Domain Name System server bertugas untuk menerjemahkan alamat URL ke IP. Proses terjemahan tersebut biasanya dikenal dengan sebutan DNS transaction.

Proses tersebut umumnya terjadi saat seseorang sedang mengakses sebuah situs, saling berkomunikasi di sebuah platform tertentu dan saat sedang menggunakan aplikasi.

Proses transaksi tersebut dapat membuat nama domain tidak dapat mendapatkan enkripsi serta tidak punya mekanisme keamanan untuk melindungi transaksi. Kondisi tersebut tentunya dapat membuat siapa saja bisa mengetahui ataupun mencatat semua proses tersebut.

Dengan kata lain, saat transaksi yang dilakukan mencantumkan info pribadi, tentunya akan sangat berbahaya bagi privasi si pengguna. Melihat potensi berbahaya tersebut, maka dibutuhkan sebuah fitur yang dapat melindungi privasi dari setiap user saat sedang membuka situs di jejaring internet.

Oleh karena itulah, muncul istilah bernama DNS Private. Fitur tersebut dapat berguna untuk memberikan perlindungan terhadap privasi pengguna saat sedang mengakses website di dunia maya.

Penggunaan dari Domain Name System private ini berpedoman pada Transport Layer Security (TLS) dan Hypertext Transfer Protocol Security (HTTPS). Kedua macam protokol itu dapat melakukan enkripsi setiap sistem nama domain terkirim.

Jadi pada saat pengguna menggunakan dua protokol tersebut, pihak ketiga tidak akan dapat dengan mudah mengetahui aktivitas internet yang sedang dilakukan.

Cara Setting DNS Pribadi Xiaomi Tanpa Aplikasi

Pengaturan sistem nama domain pribadi di HP Xiaomi kurang lebih punya sistematika yang sama dengan pengaturan di HP lainnya. Semua pengaturan tersebut dapat dilakukan sesuai kebutuhan si pemilik HP. Jadi, pengguna dapat memilih hostname mana saja sesuai dengan keperluannya masing-masing.

Pada umumnya, pengaktifan DNS pribadi Xiaomi ini dilakukan untuk membantu pengguna dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan internet. Oleh karena itu, dalam pengaturannya terdapat berbagai macam hostname yang dapat digunakan.

Lantas bagaimanakah cara setting DNS pribadi Xiaomi ini? Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, bukalah menu pengaturan / settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian, pilih menu “Jaringan Internet”.
  • Pilih menu “Lanjutan”.
  • Selanjutnya pilih “DNS Pribadi”.
  • Terakhir, pilihlah menu pilihan: Non-aktif, hostname, otomatis.

Perlu diketahui, fitur pengaturan seperti ini tidak tersedia di semua varian HP Xiaomi. Kebanyakan fitur ini sudah diberikan pada HP Xiaomi keluaran terbaru. Namun hal tersebut bukan berarti HP lama tidak dapat untuk melakukan setting DNS pribadi Xiaomi tersebut.

Untuk melakukan pada HP versi lama, para pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Dengan begitu pengguna lama tetap bisa menikmati dan tidak ketinggalan zaman.

Cara Setting DNS Pribadi Xiaomi dengan Aplikasi

Seperti dikatakan pada bagian sebelumnya, tidak semua varian HP Xiaomi dapat menggunakan fitur pengaturan Domain Name System pribadi. Untuk itu, dibutuhkan bantuan dari aplikasi tambahan untuk dapat melakukannya.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses fitur ini adalah aplikasi Activity Launcher. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, Anda dapat langsung mencarinya di platform aplikasi resmi seperti Play Store ataupun App Store.

Lalu bagaimanakah cara setting DNS pribadi Xiaomi dengan aplikasi tersebut? Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, download dan instal aplikasi Activity Launcher.
  • Kemudian, buka recent activities.
  • Pilih “All Activities”.
  • Tunggulah sampai proses loading selesai.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings”.
  • Lalu, geser layar ke bawah dan pilih menu “More”.
  • Selanjutnya akan muncul network page dan internet.
  • Pilihlah menu “Private DNS”.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan untuk melakukan pengaturan. Anda dapat memilih beberapa pilihan seperti “OFF”, “Automatic”, “Private DNS Provider Hostname”.
  • Pilihlah menu “Private DNS Provider Hostname”.
  • Masukanlah nama host yang diinginkan.
  • Jika sudah, segera pilih menu save untuk menyimpan pengaturan.

Untuk nama host, Anda dapat mencari dan memasukkannya sesuai dengan keinginan. Anda bisa menggunakan host lain sesuai dengan kebutuhan. Seperti diketahui, berbagai host punya keunggulannya masing-masing. Jadi, Anda tinggal pilih saja sesuai keperluan.

List Nama Domain Name System Terbaik

List Nama Domain Name System Terbaik

Bagi yang mungkin masih baru mempelajari tentang pengaturan DNS, pastinya akan sedikit kebingungan dalam mencari hostname. Namun hal itu sepertinya tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya kini sudah terdapat banyak layanan yang bisa digunakan. Berikut ini adalah list dari nama layanan tersebut.

1. Google

Secara keseluruhan, Google punya tiga hostname private yang bisa digunakan. Hostname google-public-dns-a.google.com dan google-public-dns-b.google.com bisa dipilih saat pengguna ingin mendapatkan kecepatan. Sementara untuk hostname dns64.dns.google hanya dapat digunakan pada IPv6.

2. Adguard

Kemudian ada juga domain sistem Adguard. Secara umum, Adguard mempunyai tiga macam hostname. Hostname dns.adguard.com dan dns-family.adguard.com dapat dimanfaatkan untuk melakukan block terhadap website berbahaya, iklan mengganggu, serta munculnya konten dewasa.

Sementara untuk hostname dns-unfiltered.adguard.com bisa difungsikan untuk membuka situs yang terkena block oleh pemerintah. Maka ketiganya mempunyai tugasnya masing-masing.

3. CloudFlare

Berikutnya cloudflare juga bisa digunakan untuk mengatur DNS pribadi Xiaomi. Cloudflare memiliki empat buah host name.

  1. 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com berfungsi utamanya untuk melakukan block dan filter terhadap konten yang dibuka.
  2. dns64.cloudflare-dns.com berfungsi hanya diperuntukkan pada IPv6 saja.
  3. security.cloudflare-dns.com berfungsi untuk melawan malware serta serangan phising.
  4. family.cloudflare-dns.com berfungsi dari host tersebut untuk melakukan block terhadap situs bermuatan konten dewasa ataupun mencegah malware.

4. Quad9

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan Quad9 pada pengaturan DNS pribadi Xiaomi. Hostname dari Quad9 ini bernama dns.quad9.net. Fungsi utamanya adalah block malware dan phising.

Baca : Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Penutup

Kurang lebih seperti itulah tadi pembahasan tentang cara setting DNS pribadi Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mudah. Secara keseluruhan, cara di atas sangat mudah untuk diterapkan. Semoga dengan membaca informasi tersebut Anda kini sudah dapat melakukan pengaturan DNS private secara mandiri. Dengan begitu, setiap aktivitas Anda yang berkaitan dengan internet lebih dapat terlindungi lagi dari potensi kejahatan dunia maya.