Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps – therantnation.com. Untuk mengurangi dan mengurai kemacetan, beberapa kota di Indonesia telah menggunakan sistem berkendara ganjil genap di ruas jalan dan waktu tertentu. Terkadang, hal tersebut masih membuat bingung beberapa pengendara.

Namun, untuk mengatasi hal itu Anda dapat menggunakan cara setting ganjil genap di Google Maps dan juga Waze. Dengan menggunakan bantuan dari salah satu aplikasi tersebut, dapat mengetahui ruas jalan mana saja yang sedang memberlakukan kebijakan sistem ganjil genap.

Hal itu tentunya dapat memudahkan dalam menentukan rute mana yang akan di ambil. Apabila hari tersebut bukan hari plat nomor Anda, maka dapat mencari rute lainnya. Jadi sangat penting untuk mengetahui cara untuk setting ganjil genap di Google Maps ini ya.

Cara Setting Ganjil Genap Di Google Maps Dengan Mudah

Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps dengan Mudah

Nah agar tidak bingung untuk melihat kondisi jalan mana saja yang sedang menerapkan ganjil genap, dapat menggunakan bantuan Google Maps. Bagaimana caranya? Berikut adalah setting ganjil genap di Google Maps dengan mudah untuk langkah-langkahnya.

1. Buka Google Maps Melalui Smartphone Anda

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatur ganjil genap di Google Maps adalah buka terlebih dahulu Google Maps melalui smartphone Anda. Jangan lupa untuk menyalakan sistem GPS pada smartphone agar maps dapat terbaca sesuai dengan lokasi Anda berada.

2. Masukkan Tempat Tujuan dan Pilih Transportasi Apa yang Digunakan

Seperti halnya menggunakan Maps biasanya, juga harus memasukkan dimana tempat yang menjadi titik tujuan. Biasanya di aplikasi Google Maps terdapat saran atau perkiraan nama lokasi pada saat mengetikkan tempat tujuan.

Jika sudah memasukkan alamat atau titik tujuan, selanjutnya dapat memilih dengan cara tap atau klik di menu “Rute” yang terdapat di bagian menu bawah. Untuk melakukan pengaturan tentang ganjil genap, selanjutnya dapat pilih moda atau jenis alat transportasi yang digunakan.

Jenis transportasi yang dapat dipilih cukup banyak seperti motor, sepeda, mobil, kendaraan umum, dan lain sebagainya. Jadi silahkan ditentukan sesuai dengan kendaraan yang sedang digunakan. Sebab akan berbeda nantinya antara menggunakan mobil ataupun sepeda motor.

3. Masukkan Plat Nomor

Untuk melakukan pengaturan ganjil genap di Google Maps, sebenarnya dapat menggunakan dua pilihan cara. Pertama, dapat menggunakan pilihan menu yang terdapat di bawah pilihan moda transportasi yang bertuliskan “Avoiding odd plate roads” jika ganjil dan “Avoiding even plate roads” untuk nomor genap.

Setelah memilih ganjil atau genap, Google Maps akan memberikan rute terbaik sesuai dengan kebijakan ganjil genap yang diterapkan. Apabila Anda sedang menggunakan plat ganjil dan kebijakan yang diberlakukan juga sistem ganjil, maka Google Maps akan mencari rute yang melewati ruas jalan ganjil genap.

Namun jika plat kendaraan tidak sesuai dengan kebijakan ganjil genap yang sedang diterapkan, maka Google Maps akan memberikan saran rute yang tidak melewati ruas jalan yang sedang diterapkan kebijakan ganjil genap.

Cara yang kedua, juga dapat mengatur rute ganjil genap dengan cara pilih atau tap ikon titik tiga yang terdapat ada di sebelah “Your Location”. Kemudian, Anda tinggal klik “route option”.

Selanjutnya akan muncul pilihan apakah sedang menggunakan nomor ganjil atau sedang menggunakan nomor genap. Pilih yang sesuai dengan plat dan pilih “Selesai”. Gmaps akan memberikan rute terbaik untuk Anda.

Cara Mengatur Ganjil Genap di Aplikasi Waze

Selain menggunakan Google Maps juga dapat mengetahui rute ganjil genap dengan menggunakan aplikasi Waze. Aplikasi tersebut pada awalnya hanya dapat menunjukkan rute biasa saja, namun setelah mendapatkan update, Waze juga dapat mendukung adanya fitur rute ganjil genap.

Untuk menggunakannya, cukup dengan menentukan lokasi tujuan dan mendaftarkan atau memasukkan nomor plat kendaraan. Selanjutnya, Waze akan menunjukkan rute terbaik yang dapat diambil. Nah, berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Pertama, buka smartphone dan menyalakan fitur GPS.
  2. Setelah itu, masuk saja pada menu aplikasi Waze dan pilih “Setting”.
  3. Kemudian pilih menu “Navigation”.
  4. Selanjutnya pilih bagian “License Plate Restriction”.
  5. Pada bagian ini, dapat masukkan dua angka terakhir dari plat nomor yang digunakan.
  6. Setelah itu, tinggal masukkan titik yang dituju.
  7. Dengan otomatis, Waze akan memberikan rute jalan yang sesuai dengan plat nomor kendaraan yang digunakan.

Manfaat Adanya Kebijakan Ganjil Genap

Apabila dari kita semua masih ada yang bingung atau bertanya-tanya, apa sih manfaat dari kebijakan ganjil genap itu? Berikut beberapa jawaban yang mana untuk memperlurus pola pikir kita semua.

1. Mengurangi Polusi Udara

Polusi udara pasti akan terus terjadi selama jalanan masih dalam keadaan yang ramai oleh kendaraan bermotor. Namun, hal tersebut masih dapat dikurangi dengan adanya sistem ganjil genap.

Hal itu karena selain untuk mengurangi tingkat kemacetan dengan mengurangi jumlah kendaraan di jalan, sistem ganjil genap juga dapat menurunkan tingkat polusi di kota-kota besar, terutama dari kendaraan bermotor.

2. Mengurangi Tingkat Volume Kendaraan

Salah satu alasan diberlakukannya sistem ganjil genap adalah untuk mengurangi terjadinya penumpukan dan kemacetan di beberapa ruas jalan yang padat. Kemacetan karena penumpukan kendaraan tersebut biasanya terjadi pada saat jumlah kendaraan motor sudah melebihi kapasitas normal dari jalan.

Untuk itu penerapan kebijakan ini disesuaikan juga dengan waktu pada seperti saat berangkat atau pulang kerja. Jadi diharapkan sebuah jalan tersebut tidak akan terlalu padat dan membuat macet yang panjang.

3. Mendorong Masyarakat Untuk Beralih ke Sepeda

Adanya pemberlakuan ganjil genap diharapkan bisa memberikan motivasi tambahan untuk Anda beralih ke kendaraan non-motor seperti sepeda. Semakin banyak orang yang beralih menggunakan sepeda atau kendaraan umum, tentunya akan membuat kondisi jalanan semakin lengang dan udara di kota menjadi lebih baik kualitasnya.

Selain itu, dengan bersepeda Anda juga dapat memperoleh kondisi tubuh yang lebih sehat dan bisa membuang penyakit melalui keringat yang telah kita keluarkan

Keuntungan Mengetahui Rute Ganjil Genap Dengan Google Maps Dan Waze

Keuntungan Mengetahui Rute Ganjil Genap dengan Google Maps dan Waze

Setelah mengetahui manfaat dari adanya sistem ganjil genap ini, Anda tentu harus mendukung dan tertib dalam mengikuti kebijakan tersebut. Dengan menggunakan kedua aplikasi tersebut pula, dapat menemukan rute terbaik untuk dilewati.

Terkadang, orang lupa atau tidak aware tentang aturan atau jadwal penerapan ganjil genap sehingga tidak tahu ruas jalan mana yang sedang diterapkan ganjil genap. Untuk itu, dengan berbekal smartphone dan aplikasi tersebut Anda dapat dengan cepat menentukan rute jalan tanpa perlu khawatir salah masuk ruas jalan.

Perlu diketahui, pada saat berada pada ruas jalan yang menerapkan ganjil genap dan nomor kendaraan tidak sesuai maka dapat terkena tilang. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Selain rugi karena denda yang diberikan, juga akan rugi waktu karena perjalanan menjadi terhambat.

Baca : Cara Report Akun TikTok yang Membuat Konten Tidak Pantas

Penutup

Itulah tadi beberapa hal terkait sistem ganjil genap serta cara setting ganjil genap di Google Maps dan Waze. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menentukan rute terbaik saat dilakukan kebijakan ganjil genap. Dengan begitu, perjalanan dapat berjalan dengan lancar tanpa harus repot dan bingung mencari rute jalan saat sedang diberlakukan sistem ganjil genap.