6 Cara Setting Router WiFi dengan Cepat dan Anti Ribet

Cara Setting Router WiFi – therantnation.com. Di era modern seperti saat ini, perkembangan teknologi begitu pesat sedikit banyak memengaruhi kehidupan manusia. Salah satu kemajuan teknologi tak terpisahkan dari keseharian manusia adalah internet.

Internet seperti WiFi seakan menjadi kebutuhan harus dipenuhi, baik untuk berkomunikasi hingga hiburan. Karenanya perlu mengetahui bagaimana cara setting router WiFi sendiri.

Memiliki koneksi WiFi sendiri di rumah ataupun kantor tentu dapat memudahkan untuk mengakses internet melalui perangkat apapun. Sehingga tak perlu kerepotan untuk berbagi koneksi internet, apabila ingin mengakses website ataupun platform lainnya melalui komputer.

Ketika membeli router WiFi, pasti akan menemukan buku panduan di dalam box kemasan. Meskipun terlihat sulit, namun rupanya memasang dan men-setting router WiFi sendiri di rumah ataupun di kantor dapat dilakukan sendiri tanpa perlu bantuan teknisi.

Mudah! Cara Setting Router Wifi Cepat Dan Anti Ribet

6 Cara Setting Router WiFi dengan Langkah Efisien

Untuk dapat men-setting router WiFi sendiri, berikut langkah yang harus dilakukan. Jangan sampai salah dalam mensetting, sebab bisa berakibat tidak bagus.

Baca : Cara Membuka Akun MI Cloud yang Terkunci dengan Mudah

1. Menentukan Lokasi Pemasangan

Pertama perlu menentukan lokasi tempat pemasangannya. Tempat terbaik untuk menempatkan router di rumah agar jangkauan sinyal merata ke seluruh area adalah pada area terbuka bagian tengah rumah.

Namun kondisi tersebut berbeda-beda bergantung dari area dan lokasi rumah, karena Anda juga harus menghubungkan router ke perangkat yang telah disediakan oleh ISP Anda.

Umumnya lokasi pemasangan akan ditempatkan di dekat dinding. Tak lupa untuk menghindari peletakan di area tertutup agar jangkauan sinyal tidak terhalang.

2. Menghubungkan Router

Setelah menentukan lokasi pemasangan, langkah selanjutnya adalah menghubungkan router dengan laptop ataupun komputer. Anda perlu menghubungkan ke salah satu perangkat komputer ataupun laptop menggunakan kabel LAN.

Selanjutnya perlu menyiapkan 2 kabel. Pertama adalah kabel digunakan untuk router dengan laptop atau PC, kedua adalah kabel untuk menghubungkan dan modem internet.

Kabel dari router ke perangkat nantinya akan dihubungkan ke salah satu port LAN, sedangkan kabel modem akan dihubungkan pada port WAN pada router dimana memiliki lokasi terpisah.

3. Menyalakan Router

Langkah selanjutnya menyalakan router dan modem. Lihat pada buku panduan untuk dapat melihat alamat lokalnya, contohnya seperti “http://192.168.1.2“. Setelah itu buka alamat pada browser laptop ataupun PC telah terhubung melalui LAN.

Jika sudah terbuka, akan muncul halaman meminta untuk memasukkan username serta password defaultnya. Umumnya username serta password WiFi default telah tersedia pada box ataupun buku panduan.

Jika tidak, Anda dapat mencoba mengisi username dan password admin / admin. Biasanya seperti itu untuk username dan password dari bawaan pabrik.

4. Mengkonfigurasi

Setelah berhasil, langkah selanjutnya diminta untuk men-setting router WiFi agar dapat terkoneksi dengan modem milik ISP. Pengaturan pada tiap-tiap ISP mungkin dapat berbeda, sehingga Anda bisa menanyakan langsung ke pihak ISP apabila menemukan kendala ketika pemasangan.

Namun pada umumnya Anda tak perlu mengotak-atik atau mengatur settingan dari awal, karena settingan tersebut akan terbaca secara otomatis.

Namun apabila tidak dapat membaca settingan secara otomatis, perlu mengisi settingan dari awal. Untuk set-up router D-Link umumnya berisi WAN access type, host name, MTU size, attain DNS automatically, set DNS manually, DNS server 1, dan DNS server 2.

5. Mengkonfigurasi SSID

Apabila telah terkonfigurasi, selanjutnya perlu mengkonfigurasi SSID. Proses ini ditujukan agar dapat digunakan tanpa menggunakan kabel ke perangkat. Anda perlu memilih “enable SSID broadcast“, lalu tentukan nama SSID agar mempermudah melihat hotspot tersebut.

Pilih mode 802.11b/g/n ataupun mode lain yang telah tersedia pada router WiFi Anda, lalu tentukan bandwith.

Pilih WPA2 AES yang ada pada Security Option, klik Pre-Shared Key lalu isikan password untuk dapat mengakses internet. Jika sudah, klik “apply“.

6. Menguji Koneksi

Apabila seluruh langkah telah dilakukan, tahapan terakhir adalah menguji koneksi apakah sudah dapat digunakan untuk mengakses internet. Caranya, carilah nama SSID pada daftar hotspot di perangkat yang ingin disambungkan dengan jaringan internet.

Jika menggunakan laptop atau komputer, pastikan perangkat sudah tersedia WiFi Dongle atau WiFi Receiver yang ter-install pada perangkat. Apabila menggunakan smartphone ataupun tablet, umumnya tak perlu menggunakan perangkat tambahan.

Setelah itu pilih hotspot dengan nama SSID yang telah ditentukan sebelumnya, lalu masukkan password sesuai dengan yang telah diisikan pada pre-shared key.

Perhatikan apakah berhasil terhubung dengan hotspot tersebut ataukah tidak, dengan mencoba membuka website ataupun media sosial untuk memastikan koneksi internet.

Bagaimana Jika Belum Berhasil Terhubung Dengan Hotspot?

Apabila sudah melakukan cara setting router WiFi diatas namun belum berhasil terhubung dengan hotspot, terdapat beberapa hal perlu diperiksa berikut ini.

  • Perhatikan apakah router WiFi dan modem internet dalam keadaan menyala atau mati. Jika dalam keadaan mati, tentu perlu menyalakan kedua perangkat tersebut.
  • Pastikan tidak salah mengisi password, karena password salah dapat menjadi penyebab mengapa tidak berhasil terhubung dengan hotspot.
  • Pastikan koneksi internet tidak bermasalah atau koneksi WiFi lemot.
  • Apabila koneksi mengalami gangguan sehingga membuat tidak dapat terhubung dengan hotspot, maka dapat melakukan reboot lalu matikan WiFi pada perangkat.

Baca : 8 Cara Download Video di Twitter Mudah dan 100% Berhasil

Cara Setting Router Wifi Apk

Tips Memasang Router WiFi Agar Sinyal Kencang!

Selain dari tips dan cara setting router WiFi diatas, terdapat beberapa tips memasang router WiFi agar sinyal lebih kencang dan dapat menjangkau seluruh area rumah, diantaranya sebagai berikut.

Jauhkan Dari Perangkat Elektronik

Selain memasang pada area tengah rumah dan dipasang setinggi mungkin, perlu meletakkan router jauh dari perangkat elektronik maupun benda logam besar lainnya. Pasalnya perangkat elektronik dapat mengganggu pancaran sinyal.

Perhatikan Posisi Antena

Selain posisi routernya, posisi antena pun menjadi hal krusial agar sinyal WiFi lebih kencang. Hindari memposisikan antena ke arah yang sama, sehingga Anda dapat memposisikan antena tegak lurus satu sama lain baik secara horizontal ataupun vertikal.

Update Firmware

Firmware bak sebuah program yang terdapat pada smartphone maupun komputer, sehingga perangkat hardware yang tak memiliki firmware maka tidak dapat berjalan dengan optimal. Karenanya apabila terdapat informasi update firmware terbaru, Anda dapat segera melakukan pembaharuan.

Kontrol Bandwith

Beberapa penyedia layanan internet ada yang memberlakukan sistem FUP atau Fair Usage Policy, dimana terdapat batas pemakaian wajar bagi penggunanya.

Sehingga ketika pengguna WiFi telah mencapai batas FUP, akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet yang melambat. Karena itu Anda dapat melakukan pembatasan bandwith agar koneksi internet Anda tetap stabil dan tidak melambat.

Demikianlah cara setting router WiFi yang mudah dan anti ribet, sehingga dapat memasang sendiri tanpa perlu memanggil teknisi. Tentunya dengan tidak menggunakan teknisi membuat tidak banyak budget yang keluar.