Cara Share Lokasi di WhatsApp – therantnation.com. Berbagi lokasi terkini saat ini sangat mudah untuk dilakukan, terutama melalui WhatsApp. Dengan fitur share lokasi di WhatsApp, Anda bisa lebih mudah bertemu seseorang di suatu tempat tanpa harus bersusah payah bertanya alamat.

Pada pembahasan kali ini kita akan dijelaskan tentang cara share lokasi di WhatsApp yang dilakukan secara simpel dan mudah. WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki setiap orang. Fitur yang selalu dikembangkan membuat komunikasi dengan orang lain bisa lebih mudah, sebut saja fitur voice call dan video call.

Dengan fitur tersebut pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk tujuan serupa. Oleh sebab itu akan membuat memori didalam HP kita lebih sedikit dan bisa untuk keperluan yang lainnya.

Cara Share Lokasi Di Whatsapp Dengan Mudah

3 Cara Share Lokasi di WhatsApp dengan Mudah

Dengan menggunakan cara share lokasi di WhatsApp ini, diharapkan Anda tidak lagi kesulitan untuk memberikan lokasi kepada orang lain. Berikut untuk ulasan lebih lengkapnya.

1. Share Lokasi Live di Whatsapp

Ada dua macam share lokasi pada WhatsApp, yakni live location dan static location. Live location adalah membagikan tempat Anda saat ini secara langsung. Artinya, ketika berpindah tempat maka tempat tersebut juga akan berpindah mengikuti pergerakan. Anda bisa mengatur seberapa lama live location ini dihidupkan, mulai dari 15 menit, 1 jam, dan 8 jam. Untuk melakukannya, ikuti langkah ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka menu chat dengan orang yang ingin dibagi lokasinya.
  3. Pilih tombol Attachment yang berlambang paper clip di bagian bawah.
  4. Pilih menu Location yang berlambang peta.
  5. Pilih Share Live Location.
  6. Anda juga bisa menambah komentar untuk memberi keterangan tambahan.
  7. Setelah durasi dipilih, tekan tombol Send.
  8. Live location akan disematkan di halaman chat dengan pengguna WhatsApp lainnya.

2. Share Lokasi Statis di WhatsApp

Jika cara sebelumnya adalah mengirimkan live location, maka cara berikut ini adalah membagikan lokasi statis. Artinya, meskipun berpindah-pindah tempat saat mengirim, tempat yang dibagikan tidak akan berpindah mengikuti pergerakan. Untuk melakukannya cukup mudah, hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke menu percakapan.
  3. Tekan tombol Attachment yang berbentuk paper clip pada bagian bawah.
  4. Pilih menu Location yang bergambar peta.
  5. Pilih menu Send Your Current Location.
  6. Tunggu sampai titik menjadi lebih akurat sesuai lokasi Anda.
  7. Pilih Send dan lokasi akan tersemat di halaman chat pengguna lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Cara

Kedua cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang pertama adalah live location. Live location ini sangat berguna apabila sedang pergi berkendara secara rombongan beberapa kendaraan. Dengan fitur ini, maka orang lain akan bisa memonitor pergerakan Anda. Namun, kekurangannya adalah live location hanya berlangsung sesaat maksimal 8 jam saja.

Selain itu, live location juga hanya akan memberikan informasi lokasi dalam beberapa waktu saja. Ini cukup berguna jika ketika sedang melakukan COD atau transaksi di rumah. Ketika transaksi selesai dan waktu live location sudah berakhir, maka orang tersebut sudah tidak bisa mengakses tempat Anda lagi. Dengan begitu, privasi akan terjaga.

Berikutnya adalah static location. Static location bisa digunakan jika Anda ingin berbagi tempat secara permanen. Dari fitur ini tidak perlu takut masa aktif share lokasinya berakhir. Kekurangannya adalah Anda tidak bisa memanfaatkan ini ketika dalam perjalanan seperti pada jenis yang pertama. Dengan begitu, harus berkali-kali share lokasi jika berpindah tempat.

Cara Share Lokasi Di Whatsapp Dengan Google Maps

3. Share Lokasi Melalui Google Maps

Selain melalui WhatsApp, Anda juga bisa berbagi lokasi melalui Google Maps langsung. Kelebihan dari cara ini adalah tidak hanya bisa membagikan tempat saja, melainkan tempat lain. Sebagai contoh sedang berada di rumah dan ingin menunjukkan lokasi sebuah tempat wisata ke orang lain. Anda bisa menggunakan cara ini.

  1. Pastikan GPS sudah aktif.
  2. Buka aplikasi Google Maps.
  3. Ketik alamat atau tempat yang hendak dibagikan.
  4. Pilih Bagikan.
  5. Pilih aplikasi WhatsApp.
  6. Pilih kontak yang ingin dibagikan lokasi.

Baca : 17 Aplikasi Karaoke Terbaik dengan Fitur Melodi Lengkap dan Merdu

Itulah beberapa cara share lokasi di WhatsApp yang bisa dilakukan dengan mudah. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan fungsi masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan saat ini dan memilih cara yang paling tepat. Dengan begitu, fungsi share lokasi tersebut bisa lebih optimal.