5 Langkah Cara Cek Garansi HP Realme dengan Mudah

Cara Cek Garansi HP Realme – therantnation.com. Apabila membeli Realme baru, pastinya masih memiliki kartu garansi. Namun, apabila kartu tersebut hilang, bagaimana cara cek garansi HP Realme tersebut? Padahal, garansi tersebut dapat berguna jika sewaktu-waktu terjadi masalah, entah itu jatuh ataupun memang ada gagal produk dari sananya.

Dengan kartu tersebut dapat melakukan klaim apabila terjadi masalah. Selain melihat kartu garansi, terdapat cara lain untuk cek garansi HP Realme yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Cara Cek Garansi Hp Realme Dengan Mudah

5 Langkah Cara Cek Garansi HP Realme dengan Mudah

Dengan menggunakan langkah mudah yang telah admin rangkumkan untuk cek garansi HP Realme ini, semoga bisa dipahami semua dan bisa sukses. Berikut ini adalah langkah dan caranya yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Cek IMEI HP Realme Terlebih Dahulu

Sebelum mengecek garansi dari HP, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang nomor IMEI perangkat Realme. Hal itu karena untuk mengecek garansi membutuhkan adanya nomor IMEI. Untuk mengecek nomor IMEI tersebut dapat menggunakan cara berikut ini.

  • Pertama, bukalah Menu Telepon.
  • Kemudian dapat ketikan kode *#06#.
  • Setelah itu, secara otomatis akan muncul informasi tentang nomor IMEI.

Selain melalui menu panggilan tersebut dapat secara langsung mengecek kode IMEI pada bagian kardus kemasan. Biasanya, kode IMEI tersebut terletak pada bagian bawah kardus kemasan HP.

Anda juga dapat melihat nomor IMEI tersebut dengan menggunakan menu pengaturan. Caranya juga cukup mudah yakni masuk ke pengaturan dan masuk ke bagian “about ponsel”. Selanjutnya tinggal pilih “Status” dan cek IMEI. Mudah bukan? Jika sudah mendapatkan nomor IMEI jangan lupa untuk dicatat.

2. Buka Mesin Pencarian / Browser HP

Setelah mengetahui nomor IMEI, selanjutnya tinggal membuka browser. Anda dapat gunakan browser di perangkat laptop ataupun langsung melalui smartphone.

3. Masuk Ke Halaman Untuk Cek Garansi dari HP Realme

Langkah berikutnya dapat membuka halaman situs untuk mengecek garansi. Anda cukup buka situs www.realme.com/id/support/phonecheck pada browser. Situs tersebut merupakan situs resmi dari pihak Realme Indonesia. Jadi, hasil yang diberikan pada situs tersebut dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya.

4. Masukan Nomor IMEI HP Realme

Langkah selanjutnya memasukkan nomor IMEI di situs tersebut. Pastikanlah memasukkan kode IMEI tersebut dengan tepat dan benar. Apabila terjadi kesalahan dalam memasukkan kode, maka proses cek garansi akan gagal.

Setelah mengetikkan kode IMEI tersebut, selanjutnya tinggal klik saja “Cek Sekarang” untuk segera mulai proses pengecekan garansi . Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan selesai.

Pada saat proses validasi dilakukan, diharuskan untuk menggeser beberapa gambar ke daerah kolom yang telah disediakan di website tersebut.

5. Cek Masa Garansi

Setelah proses validasi selesai, akan muncul halaman informasi tentang nomor IMEI HP, waktu registrasi, dan juga warna dari smartphone. Anda dapat melihat waktu smartphone pertama kali dinyalakan di bagian waktu registrasi.

Anda lihat pada bagian waktu registrasi tersebut, dan cek apakah sudah lebih dari 12 bulan setelah HP Realme diaktifkan. Jika masih di bawah 12 bulan, maka garansi dari HP Relame masih berlaku. Namun, jika waktu sudah berlalu lebih dari 12 bulan dari waktu registrasi, maka sudah dipastikan garansi dari HP sudah mati.

Dengan menggunakan cara cek garansi tersebut, dapat mencari tahu apakah masa garansi dari HP Realme masih berlaku atau sudah mati. Meskipun demikian, tidak serta-merta dapat mengajukan klaim secara langsung.

Syarat Untuk Klaim Garansi Hp Realme

Syarat Untuk Klaim Garansi HP Realme

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk melakukan klaim garansi Realme, tidak serta-merta dapat dilakukan. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Apa sajakah syarat-syarat tersebut? Untuk mengetahuinya, dapat simak informasinya di bawah ini.

  • Datang Membawa Bukti.
  • Masa harus masih aktif atau berlaku.
  • Klaim hanya dapat diklaim saat terjadi kerusakan yang disebabkan dari pabrikan. Jika kerusakan terjadi karena kesalahan pengguna, maka klaim tidak dapat dilakukan.
  • Kerusakan juga tidak boleh disebabkan karena perbaikan atau pembongkaran di luar layanan service center resmi dari Realme Indonesia.
  • Pada saat datang untuk melakukan klaim, harus membawa faktur asli, bukti pembayaran pembelian valid, dan juga stiker nomor IMEI di kartu harus utuh atau tidak rusak. Apabila kartu dan bukti pembelian tidak dapat ditunjukkan, masih bisa klaim jika bisa menunjukkan jika HP masih berada di waktu atau masa garansi.
  • Smartphone tidak boleh berada dalam keadaan root.
  • Garansi tidak dapat diklaim jika kerusakan terjadi karena adanya penggunaan aksesoris bukan dari Realme.

Demikianlah cara untuk cek garansi HP Realme beserta syarat untuk melakukan klaim yang bisa therantnation.com berikan. Untuk memudahkan dan menghindarkan dalam urusan klaim garansi, memang sebaiknya kartu resmi dari Realme disimpan dengan baik dan aman.