HP yang Support MHL – therantnation.com. Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi seakan tak terbendung. Jika dahulu manusia berkomunikasi melalui surat ataupun berkirim kabar melalui SMS, kini sarana komunikasi semakin canggih semenjak kehadiran perangkat smartphone.

Fitur yang ditawarkan smartphone pun beragam, salah satunya MHL. Namun tak semua ponsel support fitur ini, sehingga Anda perlu mengetahui HP yang support MHL. Fitur-fitur yang tersemat pada perangkat ponsel tak hanya memungkinkan penggunanya untuk chatting, browsing, mengambil gambar, memutar video ataupun memutar musik saja.

Namun fitur bermanfaat seperti MHL dapat membantu pengguna smartphone untuk dapat menyambungkan ponsel ke perangkat TV. Apa sebenarnya pengertian MHL? Merek dan tipe ponsel pintar apa saja yang support dengan fitur canggih ini? Berikut ini daftar smartphone atau HP yang support MHL yang dilengkapi dengan teknologi canggih.

Bagaimana Cara Mengecek Hp Support Fitur Mhl Atau Tidak

Apa Itu MHL?

MHL merupakan singkatan dari Mobile High-Definition Link, yang merupakan interface atau antarmuka standar yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan perangkat gadget contohnya smartphone, tablet, dan lain-lain ke perangkat televisi. Sehingga MHL dapat mengubah layar televisi menjadi suatu extender display ponsel pintar Anda.

Teknologi canggih ini dapat menyalurkan data display dari gadget Anda sehingga dapat ditampilkan pada layar televisi, dengan tampilan yang proporsional dan ideal baik kualitas HD hingga 4K.

MHL memungkinkan pengguna smartphone untuk menikmati tampilan layar yang lebih besar ketika mengakses multimedia, mulai dari melihat video berkualitas HD atau 4K, melihat foto kualitas high resolution, memainkan game grafis tinggi, dan masih banyak lagi.

Daftar HP yang Support MHL Terbaru dan Terbaik

Setelah mengetahui pengertian dari MHL, berikut ini daftar HP yang support MHL! Yuk segera tentukan budget dan beli langsung HP yang sudah therantnation.com list untuk semuanya.

1. Xiaomi Redmi Note 7

Di jajaran pertama ada Xiaomi Redmi Note 7, yang diluncurkan pada bulan Maret 2019 silam. Smartphone yang satu ini diklaim menjadi gawai kelas menengah yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni, salah satunya fitur MHL. Disenjatai dengan chipset Snapdragon SDM660, smartphone keluaran perusahaan elektronik Tiongkok ini dibandrol dengan harga Rp 2 hingga 3 jutaan.

Namun untuk dapat menghubungkan Xiaomi Redmi Note 7 ke televisi Anda, Anda memerlukan tambahan aksesoris berupa kabel MHL yang nantinya akan menggunakan sebagai penghubung antara smartphone dengan televisi.

2. Xiaomi Mi 2S

Meskipun tergolong smartphone lawas, namun jangan salah karena Xiaomi Mi 2S menjadi salah satu smartphone yang mendukung fitur MHL. Dirilis pada tahun 2013, ponsel pintar yang satu ini hadir dengan layar IPS 4,3 inchi resolusi 720×1280 pixel.

Meskipun smartphone keluaran lama, namun spesifikasi ponsel ini tak kalah mumpuni dan lengkap mulai dari kamera bokeh, fitur autofokus, fitur LED flash, fitur MHL, dan masih banyak lagi.

3. Oppo F5

Beralih ke merek Oppo, yang juga menyematkan fitur MHL pada beberapa tipe smartphone buatannya. Salah satunya Oppo F5, yang rilis di Indonesia pada bulan November 2017 lalu.

Smartphone kelas flagship yang satu ini masih diminati hingga saat ini, karena dibandrol dengan harga murah serta dibekali beragam fitur canggih salah satunya fitur MHL. Dengan fitur MHL, pengguna dapat menyambungkan smartphone Oppo F5 ke TV dengan mudah baik untuk sekedar bermain game hingga menonton film.

4. Oppo F7

Selain Oppo F5, ada pula Oppo F7 yang juga dibekali dengan teknologi MHL pada perangkat ponselnya. Smartphone yang rilis pada tahun 2018 ini mengusung title selfie expert, yang dilengkapi kamera beresolusi 25 MP dengan kamera belakang 16 MP serta fitur AI Beauty 2.0.

Performanya terbilang apik, dengan chipset Mediatek Helio P60 yang dibenamkan pada smartphone ini. Fitur yang dihadirkan pada Oppo F7 mulai dari face unlock, fingerprint, hingga fitur MHL.

Selain dapat menyambungkan smartphone ke TV, ponsel pintar keluaran Oppo yang satu ini juga dapat digunakan sebagai remote peralatan elektronik di sekitar Anda.

5. Samsung Galaxy S5

Jajaran HP yang support MHL selanjutnya ada Samsung Galaxy S5. Smartphone buatan perusahaan multinasional asal Korea Selatan ini menawarkan spesifikasi mumpuni dengan fitur yang lengkap dan canggih di kelasnya.

Dengan layar 5,1 inchi resolusi 1080×1920 pixel, layar sentur Galaxy S5 juga dibekali dengan super amoled capacitive touchscreen. Ketajaman warna dari layar smartphone ini juga dapat membuat tampilan ponsel semakin terlihat mewah. Selain fitur MHL, Samsung Galaxy S5 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dan sensor detak jantung.

6. Samsung Galaxy Note 4

Salah satu smartphone flagship populer dari brand Samsung adalah Galaxy Note 4. Seri Note sendiri dihadirkan oleh Samsung bagi konsumen yang berkeinginan memiliki tablet serta ponsel pintar dalam satu perangkat. Desain smartphone ini pun terlihat elegan dan berkelas, dengan penambahan kulit lembut pada bodinya.

Dari dapur pacu, masing-masing tipe Samsung Galaxy Note 4 dibekali dengan chipset berbeda yakni Exynos 5433 dan Qualcom Snapdragon 805. Fitur yang ada pada smartphone kelas atas ini pun cukup lengkap, mulai dari fitur S Health atau aplikasi kesehatan, sensor detak jantung, pengukur tingkat stres, hingga fitur MHL.

7. Asus Zenfone 5

Perangkat ponsel besutan perusahaan Taiwan ini juga tak mau kalah menghadirkan smartphone dengan fitur MHL. Asus Zenfone 5 menawarkan kenyamanan serta fitur-fitur menarik bagi pengguna setianya, karena dinilai menjadi smartphone kelas menengah atas yang mampu bersaing dengan merek ponsel pintar lainnya.

Selain fitur MHL, Asus Zenfone 5 juga dibekali dengan fitur canggih mulai dari proximity, acelerometer, compass, fingerprint, hingga gyro. Kapasitas baterainya pun tergolong besar, sehingga aktivitas multitasking dapat berjalan dengan lancar.

8. Asus Padfone 2

Di jajaran terakhir masih dari keluarga Asus, yakni Asus Padfone 2. Hadir dengan layar super IPS+ 4,7 inci resolusi 1280×720 pixel, generasi Padfone yang satu ini dibekali dengan chipset Qualcomm S4 serta RAM 2 GB.

Baterainya pun besar, yakni 5000 mAh dengan sistem operasi Android 4.0 ICS yang dapat di-ugrade ke Jelly Bean. Pada bagian belakang bodi, tersedia slot guna menyelipkan Padfone agar dapat mengubah smartphone menjadi tablet. Selain itu, terdapat pula keyboard dock yang dapat membuat smartphone menjadi notebook touchscreen.

Daftar Hp Yang Support Mhl Terbaru Dan Terbaik

Bagaimana Cara Mengecek HP Support Fitur MHL atau Tidak?

Apabila smartphone Anda tidak ada dalam list dan ingin melihat apakah ponsel Anda dengan cek support MHL atau tidak, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek.

Menggunakan MHL Checker

Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga di Google Play Store yakni MHL Checker. Apabila sudah terunduh, buka aplikasi dan klik tombol “check” agar aplikasi dapat memeriksa apakah smartphone Anda didukung fitur MHL atau tidak.

Menggunakan Browser

Selain aplikasi, Anda juga dapat mengecek dengan menggunakan website https://www.mhltech.org/devices.aspx. Periksa pada kolom tipe perangkat lalu pilih “mobile“. Lihat apakah smartphone Anda tertera pada website tersebut atau tidak. Jika tidak, itu berarti perangkat ponsel Anda tidak didukung fitur MHL.

Itulah daftar HP yang support MHL mulai dari Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, Samsung, hingga Asus. Sehingga smartphone dapat dikoneksikan dengan TV untuk menunjang beragam aktivitas Anda. Tentunya pula akan sangat nyaman apabila untuk menonton film bioskop ataupun untuk melihat YouTube. Semoga bisa terhibur ya 🙂