Kode Rahasia Samsung – therantnation.com. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi tentang “kualitas smartphone Samsung“. Memiliki rentang harga dari yang ekonomis sampai paling mewah menjadikannya sangat mudah menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

Fitur-fitur yang dihadirkan pun cukup lengkap. Bagi Anda pengguna Samsung, mungkin Anda tidak akan asing dengan berbagai kode rahasia Samsung yang bisa mengakses fitur tertentu.

Beberapa fitur dari kode rahasia Samsung ini memang dapat diakses melalui pengaturan biasa. Akan tetapi, ada juga fitur-fitur rahasia yang hanya dapat dibuka menggunakan kode tersebut.

Kode Rahasia Samsung Untuk Semua Tipe Dan Fungsinya

17 Kode-Kode Rahasia Samsung Serta Fungsinya Secara Lengkap

Beberapa fitur rahasia ini antara lain mengunci sinyal 4G, mengecek nomor IMEI, melakukan setelan pabrik dengan cepat, melakukan backup data, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

1. Kode *#0*#

Kode tersebut digunakan untuk mengecek kondisi layar apakah terjadi kerusakan atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mengakses fitur-fitur lainnya seperti speaker, kamera depan, sensor, dan lain-lain. Kode ini sangat bermanfaat ketika Anda ingin membeli handphone Samsung bekas dan melakukan pengecekan kondisi dengan cepat.

Baca : Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi dengan Mudah

2. Kode *#06#*

Selanjutnya, kode ini bisa Anda gunakan untuk melihat nomor IMEI dari handphone Samsung. Mengecek nomor IMEI memang cukup penting, terutama ketika Anda membeli handphone baru maupun bekas.

Pastikan bahwa nomor IMEI handphone tersebut cocok dengan nomor pada kartu identitas. Jika nomor berbeda, Anda patut curiga karena ada banyak kemungkinan yang terjadi seperti handphone tidak ori, pernah ganti hardware, dan sebagainya.

3. Kode *#0228#/#8999*228#

Kode ini dapat Anda gunakan ketika hendak melihat informasi terkait dengan baterai. Dalam selang waktu tertentu, kondisi baterai memang harus dipantau untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti baterai bocor atau kembung.

4. Kode *#8999*837#

Merasa kesulitan dalam mengetahui spesifikasi hardware dari handphone Samsung? Jika iya, kode ini bisa menjadi jawabannya. Anda bisa melihat informasi terkait RAM, ROM, GPU, dan sebagainya. Cara ini dapat Anda lakukan untuk mencocokkan apakah spesifikasi handphone tersebut sama dengan apa yang beredar di internet.

5. Kode #*2562#

Kode ini berfungi untuk melakukan restart atau reboot pada handphone Samsung. Umumnya restart dapat dilakukan dengan menekan tombol power. Namun, apabila terjadi sedikit masalah pada tombol tersebut, kode ini bisa Anda gunakan sebagai alternatif.

6. Kode *#2255#

Mungkin kode ini tidak terlalu penting karena ada cara yang lebih praktis. Kode ini berfungsi untuk melihat seluruh daftar nomor handphone yang terdapat pada ponsel. Meskipun Anda juga bisa melakukan lewat menu Kontak, namun tidak salahnya jika mengetahui kode tersebut.

7. Kode #*5376#

Kode yang berikutnya ini berfungsi untuk menghapus semua pesan yang terdapat pada handphone Samsung. Banyaknya pesan-pesan spam dari nomor yang tidak dikenal semakin lama pasti akan memakan memori. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan kode ini untuk menghapus pesan tersebut secara langsung.

8. Kode *2767*226372#

Jika Anda pernah merasa kurang cocok dengan pengaturan kamera pada handphone Samsung, kode ini bisa Anda gunakan. Fungsi dari kode ini adalah untuk mengembalikan pengaturan kamera seperti semula. Setelah menggunakan kode ini, Anda bisa mengatur ulang apa yang sebelumnya kurang cocok dan membuatnya menjadi lebih nyaman.

9. Kode *2767*3855#

Factory reset atau setelan pabrik memang diperlukan untuk beberapa kasus, salah satunya adalah ketika terdapat berbagai masalah pada sistem seperti aplikasi yang sering menutup sendiri, sistem terasa berat, dan sebagainya. Gunakan kode ini untuk melakukan factory reset dan mengembalikan semua pengaturan seperti handphone dalam kondisi baru.

Baca : 3 Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik untuk Semua Tipe

10. Kode *#8999*636#

Kode di atas berfungsi untuk mengetahui seberapa besar kapasitas asli dari memori internal ponsel Samsung Anda. Dengan mengetahui kapasitas memori tersebut, Anda bisa memperkirakan seberapa banyak data yang disimpan atau aplikasi yang hendak diinstal.

11. Kode *#0000#

Jika Anda ingin mereset bahasa supaya kembali ke pengaturan awal, gunakan saja kode ini. Kode ini sangat berguna apabila Anda tidak sengaja mengganti bahasa ponsel ke bahasa asing yang tidak dimengerti seperti Tagalog atau Mandarin. Masukkan kode tersebut dan bahasa akan kembali seperti semula.

12. Kode *#*#1472365#*#*

GPS memiliki peran yang cukup penting, terutama untuk Anda yang gemar jalan-jalan ke tempat baru. Fungsinya sebagai penunjuk arah sangat penting untuk memperkirakan rute mana yang akan ditempuh. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengecek performa GPS terlebih dahulu sebelum bepergian. Caranya cukup mudah, masukkan kode tersebut dan Anda bisa mengecek kondisi GPS di ponsel Anda.

13. Kode *#*#197328640#*#

Kode ini bisa Anda gunakan untuk mengakses fitur-fitur yang terdapat pada Service Mode. Beberapa fitur tersebut antara lain back up, restore data, factory test, debug info, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang gemar mengotak-atik atau ingin mempelajari ponsel lebih dalam, kode ini sebaiknya tidak Anda lewatkan begitu saja.

14. Kode *#*#3264#*#*

Setiap handphone Samsung memiliki versi dan kapasitas RAM yang berbeda-beda. Dengan memasukkan kode ini, Anda bisa melihat versi sekaligus kapasitas RAM dari ponsel Samsung Anda. Kapasitas RAM memang cukup berpengaruh, terutama untuk menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.

15. Kode *#*#273283*255*663282*#*#*

Satu hal yang cukup penting untuk dilakukan namun juga sering dilupakan adalah melakukan back up data. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang seperti handphone tiba-tiba mati, aplikasi error, atau kejadian lain yang membuat seluruh data di ponsel hilang. Oleh karena itu, luangkan setidaknya sebulan sekali untuk melakukan back up file. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kode ini.

16. Kode *#*#0842#*#*

Mode Silent sangat berguna ketika sedang berada di pertemuan penting dan getar adalah hal yang cukup penting untuk memberikan tanda ada pesan ketika suara dinonaktifkan. Untuk mengecek apakah fungsi getar pada handphone Anda bekerja dengan baik, gunakan kode ini.

17. Kode *#9998*523#

Kode rahasia ini berfungsi untuk mengatur kecerahan layar dari ponsel Anda. Meskipun untuk mengatur kecerahan dapat dilakukan di menu pengaturan, menggunakan kode ini bisa menjadi salah satu shortcut untuk melakukan dengan cepat. Namun, di sebagian besar handphone Samsung biasanya sudah memiliki fitur ini di menu pop up layar di bagian atas.

Baca : Cara Private Number di HP Samsung (Menggunakan dan Mengetahui )

Cara Menggunakan Kode Rahasia Di Handphone Samsung

Cara Menggunakan Kode Rahasia di Handphone Samsung

Cara untuk mengaktifkan kode-kode di atas sangatlah mudah dan cepat. Berikut ini untuk tata cara menggunakan kode rahasia Samsung ini.

  1. Anda hanya perlu masuk ke menu dial up.
  2. Mengetikkan kode yang ingin digunakan.
  3. Secara otomatis, jendela-jendela dari fitur yang dihadirkan akan keluar setelah mengetikkan bagian kode terakhir.
  4. Sebagai contoh Anda ingin mengecek kondisi beberapa komponen seperti LCD atau speaker, maka masuk ke menu dial up dan ketikkan kode *#0*#.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak kode rahasia Samsung lainnya. Akan tetapi, kode-kode tersebut biasanya jarang digunakan karena fungsinya yang tidak terlalu signifikan. Namun, jika Anda ingin mengetahuinya, Anda bisa mencari di berbagai sumber di internet dengan mudah.