Main Game High-End Tanpa Kartu Grafis – therantnation.com. Bermain game menjadi kegiatan menyenangkan yang disukai banyak orang. Baik menggunakan smartphone, PC, hingga laptop, bermain game dapat dilakukan melalui perangkat apapun.

Bagi sebagian gamers, perangkat yang paling banyak dipilih untuk menyalurkan hobi ini adalah PC atau laptop. Namun bagi pemilik laptop spesifikasi low-end, bagaimana cara main game high-end tanpa kartu grafis?

Pasalnya untuk dapat memainkan game high-end spesifikasi laptop umumnya harus mumpuni, agar dapat menghasilkan visual apik, anti lag, hingga audio yang menggelegar. Bagi laptop spesifikasi “kentang”, tak sedikit yang terkendala kartu grafis ketika ingin memainkan game high-end favorit mereka.

Cara Main Game High End Tanpa Kartu Grafis

Cara Main Game High-End Tanpa Kartu Grafis

Namun seiring dengan kemajuan teknologi, kini Anda dapat memainkan game kualitas HD di laptop spesifikasi low-end yang memiliki keterbatasan kartu grafis atau bahkan tanpa kartu grafis sekalipun. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan 3D Analyzer

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk dapat bermain game high-end tanpa menggunakan kartu grafis adalah dengan memanfaatkan aplikasi 3D Analyzer. Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk dapat memainkan beragam game berbasis DirectX, meskipun spesifikasi hardware Anda tidak begitu mumpuni.

Bekerja dengan mengoptimalkan CPU, sehingga dapat digunakan pada spesifikasi kartu grafis yang rendah sekalipun. Tak hanya itu, 3D Analyzer juga mendukung Open GL serta Direct3D. Sehingga tak hanya dapat digunakan untuk bermain game saja, namun juga rendering objek-objek 3D.

Untuk dapat menggunakannya, pertama-tama unduh 3D Analyzer terlebih dahulu di situs resminya yakni www.3dcenter.org/dateien/dateien/3d-analyze.zip. Setelah proses unduhan selesai, install aplikasi tersebut di laptop Anda.

Selanjutnya klik tombol “select” guna memilih file ekstensi .bat atau .exe yang ingin Anda mainkan. Setelah itu Anda akan menemukan deviceID serta vendorID dari kartu grafis berbeda, pilih salah satu. Masukkan deviceID dan vendorID yang terletak pada sebelah kiri kolom, lalu klik “run” untuk dapat mulai memainkan game favorit Anda.

2. Menggunakan Razer Cortex

Berikutnya Anda dapat mencoba menggunakan Razer Cortex, aplikasi yang bekerja dengan meningkatkan performa laptop maupun PC dengan baik. Razer sendiri merupakan merek yang mengkhususkan diri untuk memproduksi perangkat gaming, namun kini semakin berinovasi dan memperluas bisnisnya.

Aplikasi besutan Razer ini adalah kombinasi dari integrasi Twitch, fungsi library pada Steam, software penambah performa game, serta fungsi perekam video Nvidia Shadowplay. Sehingga nantinya software ini akan mematikan beberapa aplikasi yang berjalan di background, dan RAM dapat dialokasikan untuk bermain game kualitas high-end dengan baik.

Pertama-tama Anda diminta untuk mengunduh software Razer Cortex terlebih dahulu. Setelah berhasil ter-install, jalankan aplikasi dan buat akun terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya. Nantinya ketika ingin bermain game, Anda hanya perlu meng-klik kanan pada aplikasi dan jalankan game dengan Razer Cortex.

3. Menggunakan Swiftshader

Tak jauh berbeda dari 3D Analyzer, aplikasi berikut ini juga mampu meningkatkan performa laptop ataupun PC dengan dukungan interface pemograman seperti Open GL 2.0 serta DirectX9. Modular architecture yang satu ini dapat membantu laptop ataupun PC untuk rendering objek 3D, sehigga pengalaman bermain game pun akan semakin optimal.

Tak hanya itu, Swiftshader juga mampu menghasilkan kualitas grafik yang apik, dapat memproses Vertex Shader dan Pixel hingga versi 2, serta mampu berjalan pada DirectX versi 8 dan versi 9. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan laptop memiliki sisa RAM kosong sebesar minimal 1 GB.

Pertama-tama download Swiftshader terlebih dahulu. Setelah terunduh, ekstrak file zip dari unduhan Swiftshader tersebut. Copy file d3d9.dll dari dalam folder yang telah Anda ekstrak, lalu tempelkan file tersebut pada direktori game. Selanjutnya klik file .exe pada game dimana Anda menempatkan file d3d9.dll di dalamnya.

4. Menggunakan Wise Game Booster

Cara main game high-end tanpa kartu grafis selanjutnya adalah dengan Wise Game Booster. Aplikasi ini dapat mengoptimalkan proses sistem laptop maupun CPU Anda, bekerja dengan mendata seluruh proses serta menunda ataupun mematikan beberapa aplikasi agar sumber daya atau resource laptop dapat maksimal.

Pertama-tama download aplikasi Wise Game Booster terlebih dahulu. Jika sudah, install aplikasi di laptop Anda. Ikuti proses instalasi hingga sampai di jendela konfirmasi terakhir, setelah itu klik “finish”. Apabila proses instalasi telah selesai, buka dan jalankan aplikasi.

Secara otomatis Wise Game Booster akan melakukan listing seluruh permainan yang terdapat pada local disk laptop Anda, tunggu beberapa saat hingga proses listing selesai. Nantinya setelah seluruh game selesai ter-listing, aplikasi ini akan menjalankan tes performa untuk menganlisa kinerja laptop terhadap game-game tersebut.

Wise Game Booster memiliki interface sederhana, sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh penggunanya. Anda juga dapat menambahkan game HD yang ingin Anda optimalkan performanya dengan mengklik ikon + yang terdapat pada tab “My Games”.

5. Menggunakan Game Fire

Game Fire merupakan aplikasi selanjutnya yang dapat Anda coba untuk memainkan game high-end di laptop “kentang”. Aplikasi yang satu ini bekerja dengan mengoptimalkan penggunaan RAM, mematikan sejumlah aplikasi maupun fitur yang tidak diperlukan untuk gaming, mengurangi lag ketika Anda meminkan game, hingga dapat meningkatkan FPS dari game.

Pertama-tama download aplikasi Game Fire terlebih dahulu di laptop Anda. Setelah berhasil terunduh, install dan jalankan aplikasi. Selanjutnya akan muncul tampilan dari beberapa opsi menu seperti system status, applications, files defragment, dan windows tools. Klik pada tombol “switch to gaming mode”.

Setelah itu terdapat tampilan gaming profile, dimana Anda dapat mengatur konfigurasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jika sudah klik “ok”. Game Fire juga menghadirkan fitur laporan setiap kali Anda mengaktifkan maupun menonaktifkan aplikasi, dan laporan akan berisi tentang detail aplikasi yang diaktifkan maupun dinonaktifkan.

Tips Main Game High End Tanpa Kartu Grafis

Tips Membuat Laptop Spesifikasi Low-End Lancar Bermain Game HD

Selain meng-install aplikasi diatas, berikut ini tips yang dapat Anda ikuti agar dapat memainkan game HD di laptop low-end, apa saja?

Memperhatikan Suhu

Guna menjaga performa laptop Anda agar tetap prima ketika digunakan untuk bermain game kualitas high-end, jaga suhu laptop agar tidak terlalu tinggi. Anda dapat menggunakan laptop cooling atau kipas pendingin laptop untuk membantu menjaga suhu laptop.

Memeriksa Kompatibilitas

Anda perlu memeriksa game apa saja yang dapat dimainkan di laptop Anda. Selain itu cek spesifikasi game, apakah laptop Anda dapat memenuhinya atau tidak.

Memperhatikan Tipe Game

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan tipe game yang ingin Anda mainkan. Terdapat game-game jadul atau lawas yang masih dapat dimainkan hingga saat ini, tipe game masa kini pun ada pula yang memiliki grafis ringan sehingga dapat Anda coba untuk mainkan.

Demikianlah cara main game high-end tanpa kartu grafis bagi Anda pemilik laptop spesifikasi low-end, sehingga kini Anda dapat memainkan game HD dimanapun dan kapanpun. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!