7 Cara Mencegah dan Mengatasi Smartphone Panas (Overheat)

Cara Mencegah dan Mengatasi Smartphone Panas (Overheat) – therantnation.com. Manusia di zaman modern semakin dituntut untuk melakukan banyak hal yang bisa meningkatkan produtivitas. Hal tersebut dikarenakan tuntutan hidup yang semakin banyak.

Hal produktif harus dilakukan agar seseorang bisa mendapatkan upah yang sesuai dengan apa yang telah dilakukan. Semakin banyak hal produktif yang dilakukan, semakin banyak pula pendapatan yang bisa diambil.

Melihat fenomena tersebut, perkembangan teknologi tidak lepas tangan. Teknologi yang ada sekarang ini justru bisa membantu manusia untuk meningkatkan produktivitas yang harus dikerjakan.

Mengatasi Smartphone Panas Overheat (1)

Salah satu perkembangan teknologi yang cukup terasa kehadirannya adalah smartphone. Smartphone sudah digunakan oleh hampir seluruh masyarakat. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa menggunakan smartphone karena berbagai macam alasan.

Misalkan, anak kecil yang menggunakan smartphone untuk mencari hiburan. Ada banyak sekali konten menarik di smartphone yang bisa didapatkan. Namun, penggunaan smartphone oleh anak kecil masih harus selalu dipantau oleh orang dewasa.

Terbukanya smartphone untuk melakukan banyak hal dikhawatirkan bisa mengganggu proses penyerapan informasi yang belum sesuai dengan usianya.

Berbeda dengan anak kecil, orang dewasa menggunakan smartphone untuk berbagai macam hal. Biasanya, smartphone digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang sekarang ini sangat bergantung pada keberadaan smartphone. Hal tersebut dikarenakan kemudahan yang bisa didapat oleh seseorang bila pekerjaannya menggunakan smartphone.

Kemudahan yang bisa didapatkan oleh seseorang ketika menggunakan smartphone sangat ditolong dengan keberadaan berbagai macam aplikasi yang bisa dipasang di smartphone tersebut. Banyaknya aplikasi yang tersedia sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada beberapa orang yang sangat bergantung dengan aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas, seperti notes, alarm, catatan pengingat dan lain sebagainya.

Namun, ada pula pengguna yang memiliki fokus untuk menggunakan smartphone sebagai sumber hiburan yang mudah untuk didapatkan.

Dari berbagai macam kebutuhan yang mungkin dimiliki oleh pengguna smartphone, tapi tetap ada hambatan yang mungkin sering dirasakan. Teknologi smartphone masih belum banyak yang memiliki ketahanan.

Biasanya, smartphone yang digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan efek panas pada smartphone tersebut. Tentu saja keadaan ini sangat tidak baik bila diteruskan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Keadaan panas yang berlebihan atau biasa disebut dengan istilah overheat bisa menyebabkan smartphone tidak awet atau tidak bisa bertahan lama. Mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari kondisi tersebut terjadi beberapa kali.

7 Cara Mencegah dan Mengatasi Smartphone Panas (Overheat) yang Tepat

Apa saja hal yang harus dilakukan? berikut ini jawabannya.

Tips Mencegah Smartphone Panas

1. Menyimpan smartphone di lokasi yang sesuai

Kebanyakan pengguna smartphone masih belum terlalu memerhatikan di mana mereka meletakkan ponsel ketika tidak digunakan. Padahal lokasi tersebut bisa menjadi salah satu indikator apakah smartphone bisa bertahan lama atau tidak.

Hal yang harus anda perhatikan ketika menyimpan ponsel saat tidak digunakan adalah meletakkannya di tempat yang tidak terlalu tertutup. Kebiasaan yang masih sangat banyak dilakukan adalah meletakkan ponsel di saku celana.

Selain tidak begitu aman karena kemungkinan terjatuhnya yang besar, meletakkan ponsel di saku celana bisa menyebabkan ponsel atau smartphone berada di kondisi overheat. Tentu saja kebiasaan ini harus segera diubah.

Akan lebih baik bila smartphone milik anda diletakkan di tempat lain, seperti tas atau yang lainnya.

2. Jangan menggunakan smartphone secara terus menerus

Kebiasaan lain yang harus segera dihentikan oleh pengguna smartphone adalah untuk tidak menggunakannya saat keadaan overheat. Banyak sekali pengguna smartphone yang tetap memaksakan keadaan.

Seharusnya, smartphone yang sedang berada dalam kondisi overheat tidak digunakan untuk sementara waktu. Bila kondisi sudah demikian, tunggulah beberapa saat sampai smartphone tidak lagi terasa panas.

Saat smartphone tetap digunakan ketika dalam kondisi overheat, lama-kelamaan hal tersebut akan berdampak pada kondisi baterai. Baterai akan mengalami keadaan yang cukup merugikan bagi anda karena bisa rusak dalam jangka waktu yang cepat.

3. Tidak menggunakan smartphone ketika daya baterai sedang diisi ulang

Keinginan untuk terus menggunakan smartphone, bahkan ketika daya baterai sedang diisi ulang, harus segera dihentikan. Hal tersebut akan membahayakan kondisi anda.

Bila daya baterai memang sudah saatnya untuk diisi, lebih baik jangan digunakan untuk melakukan kegiatan yang lain. Baik dari kegiatan yang cukup memakan daya baterai ataupun kegiatan lain yang cukup remeh.

Menggunakan smartphone ketika daya baterai sedang diisi bisa menjadi sumber kecelakaan. Sudah banyak sekali kejadian yang menjadi bukti bahwa menggunakan smartphone ketika daya baterai sedang digunakan bisa menyebabkan kecelakaan.

Daya baterai bisa meledak sehingga sangat membahayakan penggunanya.

4. Perhatikan aplikasi yang sedang digunakan

Banyaknya aplikasi yang sedang digunakan dalam smartphone anda juga harus diperhatikan. Tidak sedikit aplikasi yang justru memakan banyak daya baterai sehingga menyebabkan kondisi overheat sering terjadi.

Aplikasi yang membutuhkan banyak daya baterai lebih baik untuk tidak sering digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bila keadaan ini terus terjadi, kondisi baterai akan semakin berkurang kualitasnya dari satu waktu ke waktu lainnya.

5. Matikan fitur smartphone yang tidak perlu

Pernahkah anda menggunakan fitur penangkap sinyal wifi dan mobile data dalam waktu yang bersamaan? Hal tersebut tentu saja akan mengakibatkan kondisi baterai semakin cepat menipis dari waktu ke waktu.

Hal ini tentu saja sangat tidak baik untuk dilakukan. Lebih baik untuk mematikan fitur dalam smartphone yang tidak perlu. Mematikan fitur yang tidak perlu bisa membuat kondisi baterai lebih awet dari biasanya.

Tentunya hal ini juga bisa digunakan untuk menghindarkan smartphone dari keadaan overheat secara terus-menerus.

6. Gunakan jenis pelindung smartphone yang sesuai

Produsen penghasil pelindung smartphone biasanya tidak terlalu memerhatikan bahan apa yang digunakan. ada banyak sekali produsen yang membuat pelindung smartphone yang justru dapat mengakibatkan smartphone berada dalam kondisi overheat.

Perhatikan penggunaan bahan pelindung smartphone yang anda gunakan. Bahan pelindung yang baik tidak akan membuat handphone anda berada dalam kondisi overheat dalam jangka waktu yang lama.

Dengan memilih bahan pelindung smartphone yang sesuai, anda bisa menghemat pengeluaran yang lain karena baterai anda akan menjadi awet.

Cara Mencegah Smartphone Panas

7. Spesifikasi smartphone harus tetap diperhatikan

Bila anda memutuskan untuk menggunakan smartphone, pastikan spesifikasi yang dimiliki smartphone memang memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Meletakkan aplikasi yang membutuhkan banyak kualitas tinggi akan tidak cocok bila spesifikasi smartphone yang kamu miliki tidak mendukung. Memperhatikan spesifikasi smartphone berarti juga akan memperhatikan kondisi lain yang mungkin saja bisa terjadi.

Dari banyaknya hal yang harus diperhatikan seperti apa yang telah dijelaskan, ada baiknya bagi anda untuk terus memerhatikan hal tersebut karena dapat menjaga kualitas baterai yang digunakan. Bila anda ingin memiliki smartphone yang awet, maka kondisi overheat harus selalu dihindari.