5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP OPPO Cepat Panas dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi HP OPPO Cepat Panas – therantnation.com. Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengguna smartphone adalah cepat panas, termasuk pada handphone OPPO. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah seperti baterai cepat bocor dan komponen cepat rusak.

Untuk mengatasi HP OPPO ini memang susah susah gampang, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu. Namun kalau sudah sultan ya apabila HPnya cepat panas langsung beli baru dong. Akan tetapi sebagai kaum rebahan yang bukan sultan seperti admin, sangat perlu mengetahui cara untuk mengatasi HP OPPO cepat panas ini ya.

5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Oppo Cepat Panas Dengan Mudah

5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP OPPO Cepat Panas yang Mudah

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan HP OPPO menjadi lebih cepat panas. Beberapa penyebab ini mungkin sering Anda temui dan sebaiknya segera hindari mulai dari sekarang. Berikut ulasan mengatasi HP OPPO cepat panas yang semoga bisa memecahkan masalahmu.

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Penyebab yang pertama adalah terlalu banyak pada aplikasi yang berjalan sekaligus. Mungkin secara tanpa sadar Anda sudah membuka banyak aplikasi namun lupa untuk menutupnya. Aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa membuat kinerja mesin menjadi lebih berat dan mengakibatkan handphone cepat panas.

Untuk mengatasinya bisa menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Ada banyak cara untuk menutup aplikasi ini dan setiap seri handphone mungkin akan sedikit berbeda. Namun pada intinya bisa melakukan swipe pada menu aplikasi latar belakang pada handphone sampai benar-benar tertutup.

Selain itu juga bisa melakukan force close pada aplikasi yang tidak terlalu penting. Caranya yaitu masuk di menu Pengaturan. Selanjutnya pilih menu Aplikasi. Pilih aplikasi yang sudah tidak diperlukan dan tap pada pilihan force close atau paksa berhenti.

2. Paket Data Selalu Hidup

Paket data yang selalu hidup memang cukup penting untuk berjaga-jaga apabila ada pesan yang tiba-tiba muncul. Namun, di sisi lain hal ini juga bisa menyebabkan handphone menjadi lebih cepat panas. Hal ini dikarenakan ponsel akan terus mencari sinyal kapan saja.

Untuk mengatasinya bisa mematikan paket data atau menghidupkan mode pesawat ketika benar-benar tidak membutuhkan koneksi internet. Agar menghindari miskomunikasi apabila ada seseorang yang ingin menghubungi Anda namun Anda tidak sedang online, tambahkan memo singkat di akun pesan Anda seperti status WhatsApp.

Tulis saja “Apabila tidak ada respons, pemilik sedang tidak bisa diganggu. Pesan akan dibalas ketika sudah selesai.” Dengan begitu, orang yang menghubungi Anda akan memahami dan menunggu sampai membalas pesan tersebut.

3. Menggunakan HP Ketika Sedang Dicharge

Kesalahan ini kerap dilakukan oleh para pengguna smartphone. Mereka biasa menggunakan smartphone sambil mengisi daya, baik itu sambil mendengarkan musik, memutar video, maupun bermain game. Namun, kebiasaan inilah yang bisa merusak handphone secara perlahan, baik itu membuat baterai cepat bocor, mesin cepat panas, dan handphone cepat rusak.

Sebisa mungkin tinggalkan handphone ketika sedang dicharge. Agar pengisian daya lebih cepat, Anda bisa menyalakan mode pesawat. Proses pengisian dari nol persen sampai penuh mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dalam kondisi normal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak menggunakan ponsel untuk kebaikan jangka panjang.

4. Salah Memilih Charger

Saat ini banyak penjual charger OPPO dengan harga murah dan tentu akan salah memilih charger apabila Anda menggunakannya. Tentu saja hal ini patut dicurigai karena banyak juga charger yang tidak ori dijual dengan harga murah. Dampaknya, proses pengisian daya menjadi tidak maksimal dan risiko paling buruk adalah bisa merusak komponen pada handphone sehingga menjadi cepat panas.

Untuk mengatasinya, pastikan untuk membeli charger ori dari OPPO. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun keamanan ponsel juga akan menjadi lebih terjamin. Selain itu, charger resmi biasanya memiliki garansi apabila terdapat masalah. Hal ini tidak akan ditemukan ketika membeli charger dengan kualitas abal-abal.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Oppo Cepat Panas

5. Terlalu Banyak Data Cache Aplikasi

Penyebab HP OPPO cepat panas yang terakhir adalah terlalu banyak data dan cache aplikasi yang telah digunakan. Semakin lama aplikasi digunakan, maka akan semakin banyak pula data yang tersimpan secara otomatis.

Jika data tersebut tidak dibersihkan secara berkala akan membuat performa handphone menjadi lebih berat dan menyebabkan mesin cepat panas. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menghapus cache data aplikasi maksimal sebulan sekali.

Baca : 4 Cara Mengatasi My Telkomsel Tidak Bisa Login dengan Mudah

Dengan cara di atas, Anda sudah bisa mengatasi HP OPPO cepat panas dengan mudah. Pada intinya, untuk mendapatkan performa handphone yang maksimal dibutuhkan perawatan yang tekun. Oleh sebab itu, jangan pernah lelah untuk selalu merawat handphone dengan baik dan benar.